Tuesday, May 6, 2014

Apa penyebab rambut ber uban pada usia muda? dan bagaimana cara mengatasinya?

Q. Ingin tahu

A. Penyebab Uban/Rambut Putih di Usia Muda
Meskipun gen tertentu yang membawa sifat dari uban prematur belum ditemukan, tapi alasan genetika sudah sangat umum dan turun-temurun terjadi. Uban yang muncul di usia mudah lebih banyak karena faktor genetik atau keturunan. Uban terjadi karena pigmen rambutnya sudah tidak ada lagi. Padahal, pigmen inilah yang menentukan warna rambut. Pada orang Asia, memiliki pigmen rambut yang disebut dengan eomelanin. Karena pigmen eomelanin berwarna gelap atau hitam, maka tak hanya kulit, tapi rambut pun ikut berwarna gelap. Selain itu ada sebagian orang yang tubuhnya memang tidak bisa memperoduksi pigmen. Misalnya pada kasus albinism (albio) dan vitiligo. Sehingga rambutnya pun tak bisa berwarna hitam.


Kekurangan gizi juga bisa menyebabkan berkurangnya kadar pigmen. Sehingga rambut pun akan semakin pirang dan kemudian putih, beruban. Selain itu juga seseorang yang menderita penyakit imunologi anemia pernisiosa, yakni jenis kekurangan darah juga bisa menyebabkan rambut beruban. Vitamin B12 bertanggung jawab untuk menghasilkan jumlah sel darah merah yang sehat di sumsum tulang. Anemia pernisiosa ditandai dengan gejala seperti kelelahan, kurang nafsu makan, penurunan berat badan, sakit kuning dan sakit kepala.

Stres juga dianggap sebagai penyebab uban prematur. Stres, banyak beban pikiran dan kecemasan juga dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu, vitiligo adalah kondisi sistem autoimun yang merusak melanosit, sel-sel yang menghasilkan pigmen yang bertanggung jawab untuk warna rambut.Menurut sebuah studi tahun 1996 yang diterbitkan dalam British Medical Journal, orang yang merokok empat kali lebih mungkin mengalami uban prematur ketimbang orang non-perokok.

Dalam beberapa kasus, penggunaan obat bisa menjadi penyebab untuk uban prematur. Penyebab pasti di balik fenomena ini tetap tidak diketahui, tetapi hubungan terlihat antara uban prematur dan obat-obatan tertentu, seperti lithium. Terakhir adalah pemakaian zat kimia, misalnya cat rambut atau pemakaian jenis sampo yang banyak mengandung sulfur yang tinggi.

Pencegahan
Sebaiknya jangan gunakan cat rambut terlalu sering. Apalagi jika kulit kepala Anda tergolong sensitif, sebab kondisi ini bisa memicu dermatitis kontak atau eksim pada kulit kepala. Gunakan sampo yang tidak terlalu alkalis (terlalu berbusa), sehingga malah membuat rambut jadi terlalu kering. Labih bagus lagi jika menggunakan kondisioner rambut secara terpisah.

apakah rambut ber uban bila dibotak akan ada lagi?
Q. saya memiliki sedikit masalah dengan uban. umur 22 sudah banyak uban (20-30 uban) kadang minder... yang saya tanyakan, dengan membotak rambut.. apakah nanti uban itu tumbuh lagi?

A. Munculnya rambut putih merupakan gejala adanya gangguan sintesa protein. Sel melanosit jadi tak mampu lagi menghasilkan pigmen (melanin) sehingga rambut menjadi kehilangan warna. Proses kejadian ini seringkali dihubungkan dengan bertambahnya usia. Namun ada juga penyebab lain yang bisa mendorong munculnya uban walau usia masih muda.

Faktor genetik merupakan faktor pencetus yang cukup kuat. Jika ayah atau ibu Anda sudah beruban ketika menginjak usia 30-an, Anda pun kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama.

Stres, kurang gizi, syok, kekhawatiran atau kesedihan yang terlalu dalam, ketegangan, dan sakit keras juga bisa memperlambat produksi melanin sehingga muncullah rambut putih atau uban.

Ada yang percaya bahwa kalau uban kita cabut, maka uban yang muncul akan semakin banyak. Ini hanya mitos saja. Saat ada satu uban muncul, berarti pertanda ada masalah dengan produksi melanin. Dengan demikian, pada saat uban dicabut, kemungkinan besar memang sudah ada beberapa uban lain yang akan tumbuh.

Tentang rambut ber uban?
Q. saya mempunya masalah rambut beruban pada usia dini akibat keturanan ibu. umur saya jln 16 thn. saya suka malu pada teman saya dan menjadi bahan olok2an

ada yg tau cara ngilangin rambut beruban tanpa cat? seperti lewat obat2 tan tradisional atau apa yg kalian tau?

A. uban itu terjadi karena rambut tidak bisa memproduksi sel hitam dan akhirnya rambut menjadi putih. ubanmu tidak bisa diobati karena sudah keturunan dan itu merupakan hal yang wajar bagi yang orangtuany seperti itu juga. kalau penyembuhan lwt obat saya krg tau. jadi terima saja takdirmu kalau ad tmnmu yg mengolokmu jgn tanggapin. perhatikan tmn2 seolah semut tau kerikil saja. nanti mereka sendiri yang capek mengolok2mu.
semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih!!!!

Apa ya sebabnya tumbuhnya rambut uban padahal aku msh umur 16 thn?
Q. kesehatan

A. Rambut ubanan bisa disebabkan :
1. Pemakaian shampoo yg tdk cocok.
Coba perhatikan kondisi rambut kamu dng shampoo yg kamu pakai, pilihlah shampoo yg agak natural atau tertulis sudah dites secara dermatology. Jgn terpengaruh oleh iklan shampoo.
2. Bisa juga dipengaruhi oleh hormon krn gen keturunan.
Coba lihat apakah org tua mu ubannya juga banyak? Jika memang bnyk berarti adanya gen keturunan.
3. Bisa juga disebabkan krn stress.
Stress bisa menyebabkan kita ubanan cepat, krn capek pd pikiran. Generator otak kita pakai terus-terusan tanpa istirahat. Cobalah unk refreshing.
4. Bisa juga krn kekurangan vitamin rambut.
Uban bisa juga disebabkan krn kurangnya asupan vitamin & mineral yg terdpt pd sayuran & buah-buahan segar.

rambut cepet memutih/uban?
Q. umur w baru 30th,tapi rambut w sebagian dah ubanan,tolong donk solusinya......'ntar w kasih bintang buat yg ngasih ide bagus

A. toning rambut aja minimal 3 bulan sekali... Kalo memang keturunan ya susah.. rambutnya udah nggak ada pigmennya.. Kalo dicabutin terus ntar malah botak... udah deh mending di toning aja... daripada semir rambut bikin rambut kering...




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment