Friday, May 23, 2014

bagaimana mengobati gusi berdarah?

Q.

A. tidak usah takut gusi berdarah itu mungkin gusi dan gigi kamu termasuk yang sensitif
kamu bisa pakai pasta gigi yang tanpa deterjen seperti sensodyne
dan biasakan menyikat gigi dengan teratur

trus coba kamu beli obat kumur itu sangaat membantu,berkumurlah setelah menyikat gigi

kiki

Aku lg hamil, gusi berdarah setiap gosok gigi, kenapa ya?
Q. Dulu sich wkt blm hamil hampir ga pernah, tp skrg kok sering banget & jml darahnya agak banyak. Solusinya gimana?

A. Hi,

jangan khawatir ibu @Stella, pada kehamilan memasuki tri-mester pertama sampai ketiga memang ibu hamil mengalami peradangan pada gusi atau gigi dan rongga mulut.
dan terkadang gusi kita rasakan agak membengkak dari biasanya serta terlihat berwarna merah dari biasanya

semuanya diakibatkan peningkatan hormon estrogen dan progesteron ketika hamil.

nah ! faktor GINGIVITIS pada masa kehamilan disebabkan oleh 2 faktor;

> penyebab primer

iritasi lokal seperti '' plak /kalk pada gigi '', keadaan ini juga dpt terjadi pada ibu yg tidak hamil
akan tetapi karena tubuh mengalami perubahan akibat meningkatnya hormon estrogen dan progesteron maka reaksi peradangan ini menjadi bertambah berat pada gusi

jadi tidak heran kalau kita menggosok gigi belum apa2 gigi sudah berdarah, atau kalau gusi tertekan terasa sakit dan mudah berdarah, belum lagi tambalan yg kurang baik malah semangkin menjadi parah - meradang.

perasaan takut kalau menggosok gigi nanti gigi akan berdarah, mual dan muntah2 membuat para ibu hamil MALAS mengurus kebersihan rongga mulut. maka tidak heran peradangan semangkin bertambah2. dimana penumpukan plak / kalk semangkin banyak.situasi ini memperburuk keadaan gusi dan gigi

> penyebab sekunder

masa kehamilan merupakan keadan fisiologis yang mengakibatkan perubahan keseimbangan hormonal, terutama perubahan hormon estrogen dan progesteron.dalam tubuh. peningkatan konsentrasi hormon estrogen dan progesteron pada masa kehamilan mempunyai efek bervariasi pada jaringan, di antaranya pelebaran pembuluh darah yang mengakibatkan bertambahnya aliran darah sehingga gusi menjadi lebih merah, bengkak dan mudah mengalami perdarahan.

solusinya adalah ;

'' tetap membersihkan rongga mulut - gigi dan gusi setiap hari. terutama kalau selesai muntah karena mual maka asam yg tertinggal didalam mulut serta celah2 gigi harus dibersihkan, jangan ditinggalkan apalagi banyak para ibu setelah muntah langsung mengemut permen / bon2 , dalam hal ini tingkat asam akan semangkin menumupk pada gigi dan membuat penimbunan kalk/plak.

belilah di apotik obat kumur mulut sesudah menggosok gigi - LISTERINE.
pilihlah sikat gigi yg soft / halus sikatnya.
sikatlah gigi perlahan dan berkumurlah sesering mungkin ''.

perhatikan untuk mengkonsumsi vitamin C dalam buah2-an.

thnx

kenapa gusi sering berdarah? padahal baru bangun tidur dan malamnya sudah gosok gigi.?
Q.

A. Gusi sering berdarah kemungkinan terbesarnya adalah karena peradangan gusi (Gingivitis) yg disebabkan oleh sisa makanan yg tidak terbersihkan dgn baik oleh sikat gigi & kemudian menjadi karang gigi. Sebaiknya lakukan Scaling (pembersihan Karang Gigi) secara teratur tiap 6 bulan sekali.

kalau gusi berdarah kurang vitamin apa?
Q. kalau habis sikat gigi gusiku berdarah,,
tapi baru2 ini aza,,
sebelumnya ga pernah,,

A. Gusi berdarah itu bukan karena kurang vitamin, tapi banyak karang gigi yang menempel di gigi anda. Segeralah ke dokter gigi untuk minta dibersihkan karang gigi.

Semoga bermanfaat.

darah ditelan dari gusi yang berdarah?
Q. Gusi saya sering berdarah, apakah darah yang tertelan dari gusi yang berdarah itu masih bisa dimanfaatkan oleh tubuh, atau sudah rusak akibat beroksidasi dengan udara? Apakah vitaminnya sudah berkurang ketika tertelan?

A. Darah dari gusi yang berdarah ?

Darah kita mengandung beberapa jenis sel yang terangkut di dalam cairan kuning yang disebut plasma darah. Plasma darah tersusun atas 90% air yang mengandung sari makanan, protein, hormon, dan endapan kotoran selain sel-sel darah.

Vitamninnya justru masih segar, tapi jangan suka minum darah dunk....
diobatin pake vitamin K, karena perdarahan gusi juga berhubungan dengan beberapa penyakit, antara lain kekurangan vitamin C dan kelainan darah. Kekurangan vitamin C terjadi pada orang yang tidak makan sayur atau buah dalam jangka waktu lama. Gusi pada penderita kekurangan vitamin C menjadi bengkak, berwarna keunguan dan terjadi perdarahan. Keadaan kekurangan vitamin C ini dinamakan Scurvy. Cara penanganannya adalah dengan memberikan vitamin C.

Kelainan darah yang biasanya berkaitan dengan perdarahan gusi adalah leukemia dan trombositopenia. Leukemia adalah keganasan sel darah putih sedangkan trombositopenia adalah kondisi di mana terjadi penurunan jumlah trombosit dalam darah. Pada penderita leukemia, gusi terinfiltrasi oleh sel-sel darah putih ganas. Secara klinis gusi tampak membesar. Karena pada leukemia umumnya juga terjadi trombositopenia maka gusi penderita leukemia juga mudah berdarah. Trombosit adalah salah satu elemen darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Apabila jumlahnya menurun sampai di bawah batas normal maka kemungkinan terjadi perdarahan lebih besar. Trombositopenia dapat merupakan penyakit yang berdiri sendiri atau bagian dari penyakit lain, misalnya demam berdarah. Jadi apabila didapati gusi berdarah disertai gejala-gejala lain seperti badan mudah lelah, demam, penurunan berat badan, berkeringat di waktu malam dan lain-lain sebaiknya segera datang ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment