Friday, May 2, 2014

bagaimana cara menyembuhkan darah rendah?

Q. sering mengalami pusing2 adalah gejala darah rendah. sebenarnya apa sich penyebabnya? bagaimana cara mengatasinya?
tolong kasi solusi yang tepat, karena saya orang yang vegetarian!!

A. Darah rendah yang Anda maksud dapat berarti tekanan darahnya yang rendah (rasanya ketika kecapekan atau saat bangun dari tiduran ke berdiri kepala jadi sempoyongan sekejap atau gelap) atau isi darahnya yang rendah (anemia).
Jika permasalahannya di tekanan darah yang rendah (tekanan sistolik/ tekanan atas < 90 mmHg), maka upaya efektif hanyalah olahraga-olahraga dan sekalilagi olahraga! Fitness serta latihan beban adalah efektif. Namun jika mau yang lebih murah, jogging min.30 menit 2x seminggu atau berenang tidak kalah efektifnya. Disamping itu Anda harus banyak minum air putih.
Apabila permasalahan adalah anemia (dan ini lebih umum terjadi pada kaum vege dan wanita yang masih rutin kehilangan darah dari haid) maka intervensi makanan adalah penting.. Makanlah sayur-sayuran yang berdaun hijau, buah-buahan yang berwarna orange. Tetapi yang lebih penting adalah memperhatikan cara memasak sayuran tersebut, contohnya apabila Anda merebus bayam maka semua kandungan nutrisi akan larut dalam kuahnya sehingga yang lebih tepat adalah meminum kuahnya dibanding memakan bayam yang sudah 'kosong' tersebut. Pada saat haid, sebaiknya dibantu dengan suplemen besi ( seperti Sangobion) 1 kali sehari.
Selamat mencoba!

apa ciri2 darah rendah dan darah tinggi,,?hampir sama kah,,?
Q.

A. @DARAH RENDAH....; http://medicastore.com/penyakit/632/Tekanan_Darah_Rendah___Hipotensi.html
1 Jumlah darah yang dipompa dari jantung
Semakin banyak darah yang dipompa dari jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung), semakin tinggi tekanan darah. Banyaknya darah yang dipompa mungkin berkurang jika irama jantung melambat atau kontraksinya melemah, seperti yang bisa terjadi setelah suatu serangan jantung (infark miokardium).
Denyut jantung yang sangat cepat, yang bisa mengurangi efisiensi pompa jantung, juga bisa mengurangi curah jantung.

2 Volume darah di dalam pembuluh darah
Semakin banyak darah berada di dalam sirkulasi, semakin tinggi tekanan darah.
Kehilangan darah karena dehidrasi atau perdarahan bisa mengurangi volume darah dan menurunkan tekanan darah.

3 Kapasitas pembuluh darah.
Semakin kecil kapasitas pembuluh jantung, semakin tinggi tekanan darah.
Pelebaran (dilatasi) pembuluh darah menyebabkan menurunnya tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah menyebabkan tekanan darah meningkat

@DARAH TINGGI....; http://id.inaheart.or.id/?p=65
Tekanan darah tinggi dapat menimbulkan tanda dan gejala berupa diantaranya:
* kelelahan
* bingung
* mual atau gangguan pencernaan
* gangguan atau masalah penglihatan
* keringat yang berlebihan
* kulit yang nampak pucat atau kemerahanâmimisan
* kecemasan atau kegugupan
* denyut jantung yang kuat, cepat atau tidak teratur
* bunyi berdengung atau berdering di telinga
* impotensi
* pusing kepala
* sakit kepala

apa bedanya tekanan darah rendah dg anemia?
Q. atau sama ?

A. Tekanan darah rendah dan anemia itu berbeda. Tekanan darah itu adalah kekuatan volume darah yang dipompakan ke jantung, ada yang namanya sistolik dan diastolik. Sistolik itu adalah tekanan pada saat jantung berkontraksi, nilai normanya sekitar 120 mmHg dan diastolik adalah tekanan pada saat jantung relaksasi normalnya sekitar 80 mmHg.

Tekanan darah rendah memiliki nilai sistolik/diastolik kurang dari 90/60 mmHg. Jadi pada saat seseorang mengalami dehidrasi berat (kekurangan cairan yang cukup parah) maka pada tahap awal ia akan memiliki tekanan darah tinggi untuk tahap kompensasi setelah itu tekanan darahnya akan semakin rendah hingga ia mengalami syok.

Anemia merupakan kekurangan jumlah atau volume sel darah merah di tubuh. Dimana sel darah merah ini mengandung hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Otomatis ketika hemoglobin ini berkurang maka kadar oksigen dalam tubuh juga akan berkurang dan mengakibatkan pola napas yang tidak stabil sebagai kompensasi adanya gangguan gas dalam tubuh.

Mau tanya darah rendah nih.?
Q. gan, tekanan darah gua 70. apakah gua termasuk darah rendah? trus kalo iya bahaya apa ga?

A. tekanan darah rendah atau hipotensi (kebalikan dari hipertensi) digambarkan sebagai suatu kondisi tekanan darah yang tidak normal.
Seseorang dikatakan menderita tekanan darah rendah bila tensi nya kurang dari 90/60 mmHg.
Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pemicu hipotensi :
1. Dehidrasi karena kurang minum, demam, diare hebat dan muntah.
2. Mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi, obat jantung, anti depresi, obat disfungsi ereksi atau obat untuk parkinson. Menggunakan obat diuretik secara berlebihan (misalnya pil pelangsing)
3. Mengalami anemia, infeksi berat, gangguan jantung, gangguan sistem saraf pusat, gangguan endokrin.
4. Terlalu lama terpapar udara panas, kehamilan, terlalu lama berbaring karena sakit, atau faktor usia yang makin tua.

Cara Mengatasi Hipotensi :
Pada prinsipnya tekanan darah rendah tidak memerlukan pengobatan. Bila anda merasakan gejalanya segeralah beristirahat dan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi garam dapur atau makanan asin sebanyak 10-20 gram (1-2 sendok makan)
Penyakit ini juga dapat diatasi dengan memperbanyak konsumsi kopi, bayam, cabe, coklat, lada, hati ayam kampung atau sapi atau kambing, susu, mentega, keju dan jahe merah. Hindari makanan yang pahit, asam dan ketimun.

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup banyak (antara 8-10 gelas).
Khusus untuk wanita, kenakanlah stocking elastis untuk memperlancar peredaran darah.

bagaimana cara mengatasi darah rendah?
Q.

A. Tergantung pada penyebab tekanan darah rendah, Anda mungkin dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk membantu mengurangi atau bahkan mencegah gejala. Beberapa saran meliputi:

1. Minum lebih banyak air, kurang alkohol. Alkohol adalah menyebabkan dehidrasi dan dapat menurunkan tekanan darah, bahkan jika Anda minum berlebihan. Air, di sisi lain, memerangi dehidrasi dan meningkatkan volume darah.
2. Ikuti pola makan yang sehat. Dapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk kesehatan yang baik dengan berfokus pada berbagai makanan, termasuk biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan daging ayam dan ikan. Jika dokter Anda menyarankan meningkatkan asupan natrium Anda tetapi Anda tidak suka banyak garam pada makanan Anda, coba gunakan kecap alami - suatu setara 1.200 miligram natrium per sendok makan - atau menambah campuran sup kering, juga sarat dengan natrium.
3. Bergerak perlahan ketika mengubah posisi tubuh. Anda mungkin dapat mengurangi rasa pusing dan pening yang terjadi dengan tekanan darah rendah pada waktu berdiri dengan bergerak perlahan ketika Anda pindah dari tidur ke posisi berdiri. Sebelum turun dari tempat tidur di pagi hari, bernapas dalam-dalam selama beberapa menit dan kemudian pelan-pelan duduk sebelum berdiri. Tidur dengan kepala tempat tidur Anda sedikit lebih tinggi juga dapat membantu memerangi efek gravitasi. Jika Anda mulai mendapatkan gejala sambil berdiri, silangkan paha dalam mode gunting dan remas, atau letakkan satu kaki di atas pinggir meja atau kursi dan bersandar ke depan sejauh mungkin. Manuver ini mendorong darah mengalir dari kaki ke jantung Anda.
4. Makan sedikit, makanan dengan karbohidrat rendah. Untuk membantu mencegah tekanan darah menurun tajam setelah makan, makan porsi kecil beberapa kali sehari dan batasi makanan karbohidrat tinggi seperti kentang, nasi, pasta dan roti. Minum kopi atau teh berkafein dengan makanan mungkin untuk sementara waktu meningkatkan tekanan darah, dalam beberapa kasus sebanyak 3-14 milimeter air raksa (mm Hg). Tapi karena kafein dapat menyebabkan masalah lain, tanyakan kepada dokter Anda sebelum meningkatkan asupan kafein Anda.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment