Monday, May 19, 2014

Apa Bahaya kurang tidur?

Q.

A. Akibat Kurang Tidur .......Banyak orang menganggap kurang tidur merupakan hal biasa padahal menurut sebuah penelitian dari Universitas Pennsylvannia, kekurangan tidur sama berbahaya dengan tidak tidur. ..Para peneliti menemukan orang yang tidur hanya empat sampai enam jam per malam bereaksi lebih lambat dibanding mereka yang tidur selama delapan jam. Kondisi ini juga sama pada mereka yang tidak tidur selama dua malam walaupun mereka mengatakan tidak merasa lelah padahal ini adalah awal dari sebuah masalah. Menurut penelitian orang dewasa membutuhkan tidur selama delapan jam dalam satu hari. Jumlah ini akan bervariasi dari satu orang ke orang lain tergantung jumlah kegiatan yang dilakukan... Penelitian yang dilakukan pada 48 orang dewasa sehat yang berumur 21 sampai 38 tahun, usia dimana paling dikaitkan dengan kekurangan tidur akibat tuntutan pekerjaan... Kekurangan tidur mungkin tidak terlalu berpengaruh pada penampilan rutinitas sepanjang hari namun dapat memicu masalah fisik seperti: .,Obesitas: Tidur memegang peranan dalam kemampuan tubuh untuk mengeluarkan neurohormon karena ketika jumlah pengeluaran hormon menurun, kesempatan bertambah berat badan meningkat.,. Tekanan darah: Tekanan darah secara alami akan turun selama tidur. Namun akibat kekurangan tidur dapat memicu hipertensi dan masalah kardiovaskular. ..Diabetes: Kemampuan tubuh menggunakan insulin dapat terganggu akibat kekurangan tidur sehingga memicu diabetes. Menurut National Sleep Foundation dalam sebuah polling tahun 2002 di Amerika ditemukan sebanyak 47 juta orang dewasa tidak mendapatkan jumlah minimal tidur yang mereka butuhkan setiap malam. Naahâ¦jangan sepelekan istirahat ya..Mari kita coba atur porsi bekerja dan istirahat kita sebaik mungkin agar terhindar dari penyakit di kemudian hari.

Kamu tau ngk apa penyebabnya bagi orang yg kurang tidur?
Q. penyakit apa yg timbul

A. Kurang tidur bisa menyebabkan menderita penyakit berbahaya seperti di bawah ini

1. Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular atau penyakit kardiovaskular adalah kelas penyakit yang melibatkan pembuluh jantung atau darah (arteri dan vena). Dalam sebuah studi pada 2010 yang dipublikasikan di jurnal Sleep, peneliti dari Sekolah Kedokteran Universitas West Virginia me-review data dari 30.397 orang yang berpartisipasi dalam National Health Interview Study pada tahun 2005 menemukan bahwa partisipan yang tidur kurang dari 7 jam semalam memiliki peningkatan risiko pada penyakit jantung. Bahkan bagi wanita yang berusia di bawah 60 tahun dan tidur 5 jam atau kurang dalam semalam memiliki risiko dua kali lipat mengalami penyakit jantung.


2. Diabetes

Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal Diabates pada 2011, peneliti dari Universitas Chicago dan Universitas Northwestern menemukan penderita diabetes tipe 2 yang kurang tidur di malam hari memiliki tingkat glukosa 9 persen lebih tinggi, tingkat insulin 30 persen lebih tinggi dan tingkat resistensi insulin 43 persen lebih tinggi. Bahkan penderita diabetes dengan insomnia kondisinya lebih buruk, tingkat glukosanya bisa mencapai 23 persen lebih tinggi dan tingkat insulinnya 48 persen lebih tinggi dan tingkat resistensi insulinnya 82 persen lebih tinggi daripada penderita diabetes yang tidak memiliki insomnia.

3. Kanker Payudara

Penelit di Pascasarjana Sekolah Kedokteran Universitas Tohoku di Sendai, Jepang yang telah mempelajari hampir 24.000 wanita berusia 40-79 tahun menemukan bahwa wanita yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki risiko terserang kanker payudara 62 persen lebih tinggi, sementara yang tidur kurang dari 9 jam semalam memiliki risiko 28 persen lebih rendah.


4. Masalah Uriner/Buang Air Kecil

Dalam sebuah temuan yang dipresentasikan di pertemuan Asosiasi Urologi Amerika pada Mei 2011, peneliti di Institut Penelitian New England di Watertown, Massachusetts me-review data dari 4.145 pria dan wanita paruh baya. Penelitian tersebut menemukan waktu tidur yang terlalu sedikit dalam lima tahun (kurang dari 5 jam semalam) dapat meningkatkan risiko kebutuhan wanita untuk bangun di malam hari dan buang air kecil (nokturia) hingga 80-90 persen. Peneliti pun berteori bahwa kurangnya tidur mengakibatkan peradangan yang dapat mengakibatkan pada masalah uriner.

5. Kanker Usus Besar

Dalam sebuah studi pada 1.240 orang yang dipublikasikan pada 2011, peneliti dari Universitas Case Western menemukan orang yang tidur kurang dari 6 jam semalam 47 persen lebih berisiko memiliki polip kolorektal, yang bisa menjadi kanker, daripada orang-orang yang memiliki jam tidur setidaknya 7 jam.


6. Kematian

Sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun pada sekitar 16.000 orang oleh peneliti di Universitas Kopenhagen menghubungkan antara kurang tidur dan resiko kematian. Ternyata para pria yang dilaporkan memiliki kebiasaan tidur yang buruk, terutama yang berusia di bawah 45 tahun, memiliki risiko kematian dua kali lipat daripada pria yang tidurnya baik.

efek kurang tidur..?
Q. aku seringkali tidur hanya sekitar 4jam dlm 24jam.. ud kebiasaan.. merasa kantuk klo ud di atas jam 2. padahal siang kerja pisik, di bengkel. saat ini belum aku rasakan efek negatifnya, olahraga masih kuat, masih juga sering naik gunung.. apa efek ini seperti gunung es (semakin lama semakin besar) ??

A. ORANG yang kurang tidur ternyata mempunyai kecenderungan menjadi gemuk dibandingkan yang memiliki jumlah jam tidur berlebih. Kenapa?

Menurut sebuah penelitian, istirahat ekstra pada malam hari adalah kunci mengurangi berat badan dan melawan kegemukan. "Tidur ekstra kemungkinan cara yang tepat untuk melangsingkan tubuh," kata Karine Spiegel, seorang neuroscientist, seperti yang ditulis untuk organisasi publik biologis, medis, dan riset kesehatan publik.

Kebiasaan makan dan kurang berolahraga adalah salah satu peran penunjang dalam masalah kegemukan. Namun, menurut Spiegel, sebanyak 30 survei yang dilakukannya diberbagai negara menunjukkan kurang tidur menjadi salah satu penyebab meningkatnya berat badan, baik itu pada usia anak-anak maupun dewasa.

Studi pertama kali yang dilakukan pada 1992 ini menunjukkan, permasalahan tersebut lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Menurut dia, peningkatan penderita obesitas di Amerika pada pertengahan ke-20 rata-rata karena kurangnya tidur. Hal ini didasarkan pada jawaban para koresponden yang dimintai keterangan dalam survei.

"Ada dua hormon penting diproduksi pada malam hari yang mengatur nafsu makan," katanya, yakni grehlin membuat kita lapar. Dengan begitu, membuat metabolisme melambat dan berkurangnya kemampuan dalam membakar lemak dalam tubuh.

Sementara itu, leptin adalah protein hormon yang diproduksi jaringan lemak yang berfungsi mengendalikan cadangan lemak. "Kita telah membuktikan kurangnya tidur (2-4 jam sehari), mengakibatkan kehilangan 18 persen leptin dan tambahan 28 persen grehlin," ujarnya.

Perubahan hormonal akan membuat kita lapar dan hal itu menjadi suatu masalah yang cukup merugikan untuk urusan bobot tubuh ini. Kebanyakan bila kita lapar, orang-orang akan lebih memilih untuk mengemil dan itu menjadi sebuah masalah besar. Biasanya untuk ngemil kita cenderung mengonsumsi makanan, seperti biskuit, kue, kacang-kacangan, juga makanan yang mengandung gula berlebih.

Kehilangan istirahat mengakibatkan bertambahnya rasa ingin makan sekitar 23-24 persen. Hal itu, menurut Spiegel, bila terjemahkan akan ada penambahan sekitar 350-500 kali kalori perharinya. "Untuk anak-anak dan orang dewasa bila ingin memiliki berat normal, bisa menganalisis hal tersebut," ujarnya. Yang jelas, kurangi istirahat membuat tubuh kehilangan keseimbangan dalam mengatur dua hormon penting dalam tubuh. Kurang istirahat bukannya membuat keseimbangan, melainkan ketidakstabilan di dalam tubuh.

Sebuah kajian yang dipublikasikan di Washington pada Februari lalu juga menunjukkan anak-anak yang kurang tidur menghadapi masalah kegemukan lebih besar daripada anak-anak yang mendapatkan istirahat cukup. Menurut analisis epidemiologikal yang dilakukan Johnny Hopkinson dari Fakultas Kesehatan Bloomberg, tidur atau istirahat ekstra dapat mengurangi risiko kelebihan berat badan pada anak-anak sebanyak 9 persen.

"Sangat jelas perbedaannya bagi anak-anak kurang mendapatkan istirahat akan memiliki kecenderungan peningkatan berat badan sebanyak 92 persen lebih tinggi dari anak cukup tidur," ujarnya, seperti diterbitkan dalam jurnal Obesity.

"Untuk itu, keinginan tidur yang berlebih pada anak adalah investasi penting bagi kehidupannya pada masa datang, bukan sebaliknya," tambah Youfa Wang, peneliti senior dalam penelitian ini.

Para peneliti juga menerbitkan 17 hasil dari penelitiannya. Semua membuktikan kalau lamanya tidur sangat berpengaruh terhadap obesitas pada anak-anak. Beberapa peneliti memuji anak di bawah lima tahun yang memiliki waktu istirahat sebanyak 11 jam sehari. Selain itu, para peneliti menganjurkan anak yang berusia lebih dari lima tahun harus memiliki waktu sekitar 10 jam per harinya untuk tidur. Untuk anak yang lebih tua, hanya membutuhkan waktu tidur sekitar sembilan jam sehari.

Apa benar lingkaran mata panda akibat kurang tidur?
Q. Bila salah,, apa yg menyebabkan munculnya lingkaran mata panda??
Lalu apa benar bisa dihilangkan dengan produk dgn slogan "bye, bye mata panda"??
Klo yg alami pake apa ya??

makasih untuk jawaban yg informatif..

A. benar.. kurang tidur menyebabkan mata panda..
banyak produk untuk menghilangkan mata panda, ga salah untuk dicoba..
tapi harus hati2, karena area mata ialah area yang sensitif :)

cara yang alami adalah cukup tidur, jangan stress dan jangan kelamaan nonton tv/komputer..
atau kompres mata dengan timun, kantung teh bekas dan produk herbal lainnya yang berfungsi mengurangi warna mata panda..

Poll, kurag makan atau kurang tidur =:) mana yg lebih brdampak negatif bagi kesehatan tubuh?
Q. BQ. Apakah kamu slalu membaca doa ,sebelum makan dan sebelum tidur =:)

Met malam semuanya.titik

A. kurag makan atau kurang tidur =:) mana yg lebih brdampak negatif bagi kesehatan tubuh?
DUA-DUANYA GAN.
BQ. Apakah kamu slalu membaca doa ,sebelum makan dan sebelum tidur =
Insya Allah sebelum makan dan sebelum tidur selalu panjatkan do'a.

Do'a Sebelum Makan
اÙÙÙÙÙÙÙÙ٠بÙارÙÙÙ ÙÙÙÙا ÙÙÙÙÙا رÙزÙÙÙتÙÙÙØ§Ø ÙÙÙÙÙÙا عÙØ°Ùاب٠اÙÙÙÙارÙ
"Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar"
Artinya :
Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka

Do'a Sebelum Tidur
Do'a sebelum tidur adalah do'a untuk mengingatkan kita bahwa Allah swt lah yang menghidupkan kita serta Allah swt pula yang akan memanggil kita (kematian). Intinya bahwa kita harus tetap mengingat Allah swt sewaktu kita hidup karena suatu saat kita pun akan menemui ajal kita yaitu kematian.

بÙاسÙÙÙÙ٠اÙÙÙÙÙÙÙ٠أÙØ­ÙÙÙاÙÙØ£ÙÙÙÙتÙ
bismikallahumma ahya wa amutu
Artinya : "Dengan Menyebut Nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan menyebut Nama-Mu Ya Allah aku mati."

Ada tambahan do'a sebelum membaca do'a sebelum tidur ini yaitu :
1. Membaca Ayat kursi agar kita terhindar dari gangguan syaitan di saat kita tidur
2. Membaca Surat Al-Falaq agar terhindar dari gangguan sihir
3. Membaca Surat Al-Ikhlas




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment