Monday, June 3, 2013

kapan batas waktu umur menstruasi?

Q. batas datang menstruasi

A. Menstruasi dimulai saat pubertas dan menandai kemampuan seorang wanita untuk mengandung anak, walaupun mungkin faktor-faktor kesehatan lain dapat membatasi kapasitas ini. Menstruasi biasanya dimulai antara umur 10 dan 16 tahun, tergantung pada berbagai faktor, termasuk kesehatan wanita, status nutrisi, dan berat tubuh relatif terhadap tinggi tubuh.
Menstruasi berlangsung kira-kira sekali sebulan sampai wanita mencapai usia 45 - 50 tahun, sekali lagi tergantung pada kesehatan dan pengaruh-pengaruh lainnya. Akhir dari kemampuan wanita untuk bermenstruasi disebut menopause dan menandai akhir dari masa-masa kehamilan seorang wanita.

Menstruasi/Haid pasti rasanya perih !?
Q. Kenapa sich, menstruasi harus saakit, peerih, dan kadang gak nyaman ?

A. Nyeri haid (dismenorrhea) adalah rasa nyeri/ sakit yang timbul sewaktu akan haid atau selama haid (menstruasi), dengan gejala seperti mulas pada perut bagian bawah sampai ke pinggang dan paha. Penyebab nyeri haid diantaranya, karena beberapa penyakit (seperti radang panggul), stres, endometriosis, tumor atau kelainan letak uterus. Tapi penyebab nyeri haid yang paling sering, diduga karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal dan tidak ada hubungan dengan organ reproduksi. Seperti yang sudah disinggung diatas, gejala nyeri haid, ditandai dengan nyeri pada perut bagian bawah, yang bisa menjalar ke punggung bagian bawah dan tungkai. Nyeri dirasakan sebagai kram yang hilang-timbul. Biasanya nyeri mulai timbul sesaat sebelum atau selama menstruasi, mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan setelah 2 hari akan menghilang. Nyeri haid juga sering disertai oleh sakit kepala, sembelit, mual, atau diare dan sering berkemih. Kadang sampai terjadi muntah. Untuk mengobati nyeri haid, berikut saya sajikan obat tradisional untuk nyeri haid: Bahan: - Bubuk Kulit Kayu Manis (0,5 - 2,5 gram)
- Air Panas (1/2 gelas) Pemakaian: Seduh bubuk kayu manis menggunakan air panas. Minum ramuan ini 2 kali sehari dengan dosis yang sama.
Semoga Obat nyeri haid diatas bermanfaat bagi para wanita yang mengalai nyeri saat menstruasi.

Bahaya menstruasi tidak lancar?
Q. Aku sering mengalami menstruasi tidak lancar, tapi sebelumnya hal itu tidak pernah terjadi, aku butuh informasi tentang obat-obatan herbal yang dapat melancarkan menstruasi, dan apakah bahaya yang disebabkan oleh menstruasi yang tidak lancar?? Tolong informasinya ya!!

A. bukan apa bahaya menstruasi tdk lancar..

Tapi... Menstruasi tdk lancar adalah akibat...

Yaitu..
Akibat dari stress â yg menyebabkan gangguan hormone

cukup d'obati dg rileksasi, kurangi aktftas brlebih hngga menyebabkan kelelahan n stress..
Minum bxk air putih, dan olah raga...

Mg bs membntu

Menstruasi yang tidak normal?
Q. Saya berumur 41 tahun, single dan mengalami menstruasi yang tidak nrmal/tidak lancar. Terakhir saya menstruasi 3 tahun yang lalu dan sampai sekarang tidak pernah menglamai menstruasi, saya jadi takut apakah ada kelainan atau penyakit di rahim saya? Tolong informasi bagaimana menanggulangi menstruasi yang tidak normal ini. Terima kasih.

A. Kamu mengalami ketidakseimbangan hormon. Perlu kamu ketahui, dalam sistem hormon reproduksi wanita, ada dua hormon yang bekerja, yaitu estrogen dan progesteron. Mereka harus berada dalam komposisi yang tepat untuk menentukan kapan pembentukan sel telur, kapan ovulasi (pelepasan sel telur), dan kapan menstruasi (luruhnya dinding lahir akibat tidak adanya pembuahan sel telur). Jadi, kemungkinan besar yang terjadi pada kamu adalah ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan tidak adanya / jarangnya pembentukan sel telur.
jika kamu periksakan ke dokter,dokter akan menyarankan kamu untuk melakukan terapi hormon. Ya memang sifatnya akan terus menerus, tiap hari kamu mungkin harus mengkonsumsi hormon tertentu, tetapi ini demi kebaikan kamu juga. Hormon yang seimbang akan menyebabkan siklus haid yang rutin, mengurangi nyeri haid, dan yang terpenting, menjaga fertilitas (kesuburan) kamu.
Saran saya, cobalah kamu kembali melakukan pemeriksaan ke dokter, apalagi sekarang frekuensinya semakin jarang. jangan sampai kamu menderita menopause dini, apalagi jika kamu saat ini belum memiliki keturunan.

menstruasi 2x dalam sebulan?
Q. belakangan ini saya sering menstruasi 2x dalam sebulan,darahnya yg keluar juga berwarna merah kehitaman seperti tinta.apakah ini normal ??

A. siklus menstruasi bisa bertambah atau berkurang bila keadaan kita stres. karena kan yg mempengaruhi itu hormon yg diatur otak. coba di cek dulu apa sedang stres atau kecapekan. kalau iya artinya normal saja. kalau stresnya sudah hilang biasanya kembali normal




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment