Wednesday, June 26, 2013

Efektifkah penggunaan ABD pada anak?

Q. Anak yang didiagnosa menderita gangguan pendengaran dan disarankan memakai ABD, apakah memang akan BISA MENDENGAR dengan jelas seperti anak normal?
Atau ada tips khusus untuk memperbaiki pendengaran pada anak?

A. Biasanya alat ini dapat dipasang pada bahagian dalam telinga manusia ataupun pada bagian sekitar telinga. Alat bantu dengar tersebut dibuat untuk memperkuat rangsangan bahagian sel-sel sensorik telinga bagian dalam yang rusak terhadap rangsangan suara dan bunyi-bunyian dari luar. Alat Bantu dengar tersebut merupakan sebuah alat elektronik yang menggunakan batere dimana dalam pemakaiannya terdapat mikrofon yang mengubah gelombang dari suara tersebut menjadi energi listrik yang kemudian diterima amplifier yang dapat memperbesar volume suara dan mengirimkannya pada speaker yang ada pada bagian dalam telinga. Jika ingin menggunakan alat Bantu dengar ini maka terlebih dahulu harus memeriksakan ambang pendengaran dengan alat yang dinamakan audiogram. Setelah itu barulah dapat ditentukan jenis dan model apa yang cocok digunakan untuk kasus kerusakan pendengaran yang dialami. sehingga untuk BISA MENDENGAR dengan jelas seperti anak normal memang ditentukan dulu kasusnya semacam apa.


menggunakan alat bantu dengar tidak jauh berbeda dengan menggunakan kacamata.. fungsi dari kaca mata bagi orang yang kurang dalam melihat jarak jauh atau jarak dekat adalah membantu untuk melihat lebih jelas suatu objek. sedangkan pada alat bantu dengar yaitu membantu dalam mendengar lebih baik suatu bunyi. jadi dengan menggunakan alat bantu dengar anda akan dapat mendengar lebih baik dari pada tidak menggunakkan alat bantu dengar. sehingga bagi anak yang memiliki keterbatasan dalam pendengaran, maka ABD sangat membantunya.

Bagaimana caranya agar saya bisa kembali melihat dan mendengar?
Q. Saya seorang Laki-laki berusia 16 Tahun, Saya mengalami Gangguan Pendengaran di telinga sebelah kiri pada tahun 2002, beberapa tahun kemudian Telinga Sebelah Kiri Saya Juga mengalami Ganngguan Pendengaran hingga pada Akhirnya telinga sebelah kanan Saya bisa hampir dipastikan Tuli. Tidak lama kemudian saya mengalami Gangguan Penglihatan sehingga Saya harus memakai kacamata Min + Alat Bantu Dengar, selain itu tangan sebelah kiri Saya juga pernah di pelintir Orang saat aku masih kecil.Pertanyaan Saya adalah:

1.Bagaimana caranya Agar Kedua telinga saya dapat kembali berfungsi dengan normal tanpa harus memakai alat bantu Dengar?

2.Bagaimana caranya Agar Ke Dua Mata Saya dapat kembali melihat dengan Normal tanpa harus memakai kacamata?

3.Bagaimana caranya Agar Tangan Sebelah kiri Saya dapat kembali lurus dengan Normal?

A. 1. Telinga anda perlu di periksa dulu apakan gendang telinganya masih utuh dan mengalami gangguan atau terjadi kerusakan, bila gendang telinganya masih utuh kemungkinan masih bisa disembuhkan.
2. Mata Min, teknologi canggih pengobatan mata saat ini yg memungkinkan unt mengobati mata min dg cepat yaitu dg Lasik, bila proses lasik berhasil maka, anda akan terbebas dari kacamata.
3. Susahnya bila lengan anda tidak lurus, akibat trauma masa kecil, biasanya sudah sulit unt di betulkan, karena mungkin tulang-tulang anda sudah permanen, anda bisa coba ke pijat sangkal putung yg benar-benar ahli,
Kalo secara medis, perlu di pastikan dulu mengapa tangan anda tidak lurus, dg X ray, baru dapat diambil tindakan, mungkin dengan operasi.

Alat bantu dengar yang terjangkau?
Q. saya punya anak umur 4,5 bln, divonis dokter terkena gangguan pendengaran total.Hal ini dikarenakan istri saya yang terkena rubella ketika mengandung. untuk itu saya mencari informasi dimana bisa mendapatkan alat bantu denger diatas 110 db dengan harga terjangkau? kalau bisa yang second, karena kita berasal dr keluarga yang pas pasan. mohon info kalau ada orang atou badan yang bisa membantu.
terima kasih atas bantuanya

A. Alat bantu dengar yang bapak maksud adalah perangkat elektronik.
Dalam perangkat tersebut komponen utamanya:
1.headset/speaker kuping
2.micropon kondenser, kecil
3.modul penguat mic
4.batere
Bapak tanyakan pada tukang servis elektronik di kota Bapak tinggal. Semoga alat dengan spesifikasi di atas 110db ada.

tolong bantu saya! saya sedang menghadapi masalah besar.?
Q. Saya adalah seorang pria berumur 15 tahun, dahulu sekitar 2 tahun yang lalu saya adalah orang yang paling di banggakan di sekolah, hampir seluruh anak-anak di sekolah saya mengenal saya, tetapi kini hidupku berubah menjadi lebih buruk 180 derajat setiap harinya, bahkan saya tidak tahu apa yang ada di dalam diri mereka sehingga setiap kali kadang-kadang saya selalu di cuekin oleh semua teman-teman sekelas dan saat saya bergaul/berteman saya selalu kena sial, misalnya yaitu: saat saya berteman pakaian saya selalu di coret-coret pakai pulpen, wajah saya di beri penghapus papan tulis, mengambil barang milik saya, dan lain-lain, apakah itu yang dinamakan berteman/bergaul??. di sisi lain saya sendiri mengalami gangguan pendengaran, meski saya sudah memakai alat bantu dengar di sekolah. bahkan saya sempat mendengar dari beberapa anak di sekolah bahwa saya adalah orang yang idiot,bodoh,culun,bego, dan lain-lain. oleh karena itu saya ingin bertanya:

1.bagaimana caranya agar saya dapat dan bisa menjadi seorang yang aktif dan kreatif di sekolah?

2.ada apa dengan diri Saya?

3.tolong solisinya?

TERIMA KASIH.

A. Hi There...

Menurut gue salah satu penyebab kamu ditinggalkan adalah karena mereka menganggap kamu punya kekurangan (kamu bilang kamu kurang pendengaran). Mereka menganggap kamu idiot, culun, bego dan lain-lain karena kamu menjadi kurang tanggap akibat kekurangan kamu itu. Ini adalah analisa saya.

1. Orang yang aktif dan kreatif tidak harus ditunjukan oleh berlarian kesana kemari atau menjerit-jerit. kamu bisa aktif dan kreatif dengan menekuni salah satu aktivitas yang sangat kamu minati atau hobby kamu. Tekuni dan buktikan kalo kamu memang mampu. Saran saya karena kamu punya kelemahan dalam indra pendengaran, lebih baik jangan terlalu banyak menggunakan indra ini karena kamu akan menjadi kurang tanggap. Menulis adalah salah satu yang saya rasa bermanfaat buat kamu. Kamu tau Raditya Dika? dia menulis semua ketololan sehari-harinya dan jadi buku yang bestseller. Awalnya dia memasukan tulisannya di Blog dia, kemudian dipublikasikan dalam bentuk buku dan terakhir bukunya, Kambing Jantan, difilmkan. Kamu pasti bisa karena kamu pernah dikenal banyak orang, ini menunjukan kalo kamu punya potensi.

2. Gak ada yang salah dengan diri kamu. Cuma lingkungan dan teman kamu belum bisa menerima kamu dengan segala kelebihan dan kekurangan kamu. Kamu akan sulit merubah mereka tapi kamu harus bisa adjust (beradaptasi) dengan lingkungan yang tidak ramah. Tapi tidak berarti kamu harus mengalah. Mereka melakukan bullying (pelecehan) dan kamu sebenarnya bisa melaporkan ke guru atau orang dewasa lainnya. Buktikan kalo kamu memang handal. Kamu gak salah.

3. Solusinya adalah kamu harus membuktikan kamu memang terbaik tanpa harus merendahkan diri kamu. Jika mereka melakukan tindakan pelecehan apalagi yang mengganggu kamu secara fisik dan psikis (mencoret baju, mencoret muka, mencuri barang kamu) kamu harus bisa membela diri. Saya memang tidak menyarankan kamu berkelahi tapi jika harus membela diri, kenapa tidak. Langkah teraman dan terbaik adalah tidak berteman dan mendekati mereka yang memperlakukan kamu dengan tidak baik (biasanya ada kelompok pertemanan dan biasanya ada kelompok anak yang bak-baik), bertemanlah dengan anak yang bisa teriam kelebihan dan kekurangan kamu. Jika kamu tidak nyaman, kamu bisa melaporkan ke guru pembimbing atau orang tua. Karena tidakan bullying tidak diterima di dunia pendidikan.

Just be yourself, prove that you are some one and Try harder than anyone.

Selamat berjuang....

Dari skala 1 : 10, seberapa seringkah kamu mendengarkan musik melalui headseat?
Q. nb : bahaya headseat bagi pendengaran
musik memang membuat kita nyaman, waktu mendengarkan membuat kita seakan ikut menari, namun taukan anda kalau kebiasaan mendengarkan musik lewat headset dapat membuat pendengaran kita melemah, dikutip dari salah satu forum online indonesia yang sedang membahas waspad penggunaan headset ini mengatakan bahwa Para peneliti dari University of Southern Mississippi menyimpulkan bahwa 55% pengguna iPod atau pemutar musik lainnya, terancam mengalami gangguan pendengaran karena terlalu sering mendengarkan musik dengan tingkat volume yang sangat tinggi.
Para peneliti tersebut telah melakukan survei terhadap 31 mahasiswa di universitasnya untuk mengetahui kebiasaan mendengarkan musik. Hasilnya sebanyak 55 % menyetel volume iPod di atas 85 dB (A) atau masuk kategori sangat keras. Sedangkan 26 % mendengarkan musik dengan kategori keras, sekira 70-85 dB (A), dan hanya 19 % saja yang mendengarkan musik di bawah level 70 dB (A).
Menurut juru bicara penelitian, sejauh ini memang belum banyak keluhan gangguan pendengaran dari para pengguna iPod. Tapi sebaiknya, hal ini menjadi catatan penting bagi para pemilik iPod dan pemutar musik lainnya. Berdasarkan standar kesehatan telinga, seseorang hanya boleh menerima paparan energi suara 80 dB (A) secara terus menerus selama maksimum 8 jam. Lebih dari 8 jam, maka akan memberikan kecenderungan gangguan pada pendengaran (baik sementara maupun permanen). Jika intensitas energi suara yang diterimanya menjadi 2 kali lipatnya atau menjadi 83 dB (A), maka maksimum waktu paparan suaranya menjadi hanya 4 jam. Bila intensitas energi suara yang didengarkan adalah 86 dB (A), maka durasi maksimumnya menjadi 2 jam saja. Apabila energi suaranya lebih dari 90 dB (A), maka seharusnya durasi mendengarkannya tidak boleh lebih dari 1 jam, supaya telinga tidak mengalami gangguan pendengaran, baik itu permanen maupun sementara. begitu mengerikan nya mendengarkan headset terlalu sering, apalagi pada waktu menggunakan

A. 4
awalnya lumayan sering
gara2 telinga sakit trus capek, jadi berhenti dech..




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment