Wednesday, June 26, 2013

epilepsi sekaligus jantung, diabetes dan darah tinggi?

Q. kalo lg epilepsi nya kambuh trus di periksa malah ada jantung, diabetes dan darah tinggi...
bisa gk??

bahaya gk klo kambuh nya swaktu tidur??

A. Berarti epilepsi yang diderita termasuk epilepsi grand mal..(epilepsi yang hanya muncul saat tidur, karna kekacauan gelombang kelistrikan otak)
Berbahaya atau tidaknya tergantung bagaimana kita menangani pengidap epilesi yang sedang terkena serangan. Yaitu dengan mengosongkan isi mulutnya (dari makanan, muntahan, atau apapun) yang dapat membuatnya tercekik, menyelipkan saputangan agar tidak menggigit lidahnya sendiri, menjaga badannya agar tetap lurus telentang (bisa sambil dipangku).
Biasanya penderita epilepsi kambuh karena merasa terlalu kecewa/sedih/marah/senang/takut/kelelahan.

Untuk diabetes, penyakit jantung dan darah tinggi dapat dikurangi dengan diet khusus diabetes dan gaya hidup sehat.

Semoga membantu.

Mengapa harus ada EPILEPSI???
Q. Epilepsi itu apa ya? apa penyebabnya? bagaimana mengatasinya? Tolong informasi mengenai epilepsi ya! Aku sekarang butuh banget nihh... kalau ada referensi atau situs web mengenai epilepsi, tolong kasih tahu juga ya! Terimakasih atas jawabannya!

A. Ayan atau epilepsi adalah penyakit saraf menahun yang menimbulkan serangan mendadak berulang-ulang tak beralasan. Kata 'epilepsi' berasal dari bahasa Yunani (epilepsia) yang berarti 'serangan'.
Otak kita terdiri dari jutaan sel saraf (neuron), yang bertugas mengoordinasikan semua aktivitas tubuh kita termasuk perasaan, penglihatan, berpikir, menggerakkan [otot].
Pada penderita ayan, terkadang sinyal-sinyal tersebut, tidak beraktivitas sebagaimana mestinya. Hal ini dapat diakibatkan oleh berbagai unsur-unsur, antara lain; trauma kepala (pernah mengalami cedera di daerah kepala), tumor otak, dan lain sebagainya.
Umumnya ayan mungkin disebabkan oleh kerusakan otak dalam proses kelahiran, luka kepala, pitam otak (strok), tumor otak, alkohol. Kadang-kadang, ayan mungkin juga karena genetika, tapi ayan bukan penyakit keturunan. Tapi penyebab pastinya tetap belum diketahui.

ttg epilepsi n' selaput dara?
Q. apa dampaknya klo epilepsi ringan tp jarang minum obat.??
trus knapa.??

ttg selaput dara, apakah benar klo selaput dara bisa rusak karna hal" yg gak berhubungan dgn seks.?? terus klo iya, contohnya apa.??

please.. jawab yah..

A. epilepsy pada prinsipnya disebabkan oleh pelepasan listrik yang berlebihan pada otak yang belum diketahui sebabnya, ada beberapa faktor pencetus antara lain yang paling sering adalah demam tinggi dan stress.
sebaiknya kalo memang positif epilepsi minum obat teratur dan yang paling penting hindari faktor pencetus. masing-masing individu bisa berbeda faktor pencetusnya.

selaput dara bisa rusak walaupun tanpa berhubungan sex. secara anatomi tubuh selaput dara terletak 1,5 cm - 2,5 cm dari permukaan vagina, yang paling sering menyebabkan kerusakan selaput dara adalah benturan seperti terjatuh dari sepeda dll

kalau penderita epilepsi stadium 2 kemudian dosis obatnya ditambah, itu tandanya apa?
Q. saudara saya menderita epilepsi stadium 2, kemarin ketika cek up ke dokter dosis obatnya ditambah, kalau dosis obatnya ditambah kira-kira apa penyababnya? apa maksudnya sang dokter menambah dosis obatnya?

A. lebih baik anda bantu saudara anda mengurangi gejala epilepsinya... gunakan KK Liforce (www.kkliforce.com) untuk membantu permasalahan epilepsi tersebut... sebab KK Liforce bisa bantu mengatasi keluhan2 penyakit syaraf...

Testimony mereka yg punya gangguan syaraf:
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=195555900520032&set=a.105882202820736.9157.100001968706560&type=3

Gan, apakah penyakit Epilepsi bisa di turunkan ke Anak dan Cucu ?
Q. Gan, ada seorang Bapak yang mengalami epilepsi berumur 60 tahun. Dan seorang ibu tidak ada mengalami epilepsi.
Dan mempunyai anak 3 orang yang sudah berumur 25 tahun keatas yaitu 2 orang perempuan dan 1 orang laki-laki. Tapi dilihat dari ke 3 anak tersebut tidak ada mengalami epilepsi semenjak dari kecil.

1.Apakah kemungkinan epilepsi juga bisa terjadi pada ke 3 anak tersebut dalam umur semasa dewasa sekarang ???
2. Apakah suatu saat ke tiga anak tersebut menikah juga resiko ditularkan kepada anak - anaknya ??

Terimakasih
( kasus dalam keluarga )

A. Kemungkin diturunkan ke anak dan cucu memang ada, tetapi hal itu tidak sering terjadi.

Jangan kuatir, epilepsi bisa disembuhkan:
Sekitar 80% dari epilepsi dapat dikontrol dengan obat-obatan. Jika obat gagal mengontrol epilepsi, pasien dapat mempertimbangkan mengambil langkah operasi. Operasi juga tidak menjamin kesembuhan 100%, namun kemungkinan besar akan mampu mengurangi frekuensi serangan.

Namun tidak semua epileptik menderite epilepsi yang cocok untuk dioperasi. Kecocokan ini berdasarkan jenis epilepsi yang dialami.

Menurut dr Ira, epilepsi grandmal sulit untuk dioperasi karena kita tidak dapat memastikan awal terjadinya epilepsi. Epilepsi parsial lebih memungkinkan untuk dioperasi karena biasanya serangan dimulai dari daerah kecil di tubuh. Nah, dengan itu dokter bisa memperkirakan titik awal terjadinya epilepsi.

Diagnosa ini kemudian dicocokkan dengan hasil EEG. EEG ini harus dilakukan ketika serangan epilepsi terjadi sehingga hasilnya dapat menunjukkan pola awal serangan yang dapat diasosiasikan dengan daerah saraf tertentu. Jika selama tes tidak terjadi serangan, tes harus diulang. Sehingga biasanya pasien dipersiapkan untuk mendapat serangan dengan memancing pemicu, misalnya sengaja dibuat kelaparan atau stress.

Terkadang MRI juga dilakukan untuk menentukan sumber epilepsi (misalnya apakah ada tumor dll).

Semua hasil ini kemudian dicocokkan untuk mengambil kesimpulan. Jika hasil-hasil ini tidak mengarah pada sumber yang sama, operasi tidak dapat dilakukan.

Letak sumber juga menentukan. Jika sumber berada di otak bagian samping kepala, operasi lebih memungkinkan karena bagian otak ini tidak terlalu banyak berhubungan dengan fungsi saraf yang penting. Namun jika berada di otak besar (di bagian tengah kepala), kemungkinan besar dokter tidak akan menyarankan operasi karena terlalu beresiko.

Jika semua kondisi sesuai dengan persyaratan operasi, maka operasi dapat dilakukan. Saat ini, sepertinya hanya dokter Zainal Muttaqin yang mampu melakukan operasi ini. Beliau juga sepertinya melatih beberapa dokter lain untuk ini.

Salah seorang pasien beliau, Aska, menceritakan pengalamannya menjalani operasi. Setelah menjalani tes, didapati bahwa epilepsi Aska berasal dari otak dibagian samping. Persyaratan lain pun terpenuhi sehingga Aska menjalani operasi.

Aska bercerita bahwa sesudah dioperasi, kondisinya tidak langsung normal dan masih diperlukan masa pemulihan. Awalnya dia kesulitan mengingat. âBahkan jika dititip membeli sesuatu, aku akan lupa apa itu. Awalnya harus menelpon ke rumah berkali-kali.â

Dia terus melakukan latihan otak, seperti berusaha mengingat tanpa mencatat, dan melakukan terapi seperti koordinasi tubuh dll, akhirnya setelah setengah tahun, kondisinya kembali normal.

Sesudah operasi, dia juga masih mengkonsumsi obat. Tetapi sejalan dengan waktu, dosis obat dikurangi dan dia sangat beruntung karena sekarang dia sudah bebas obat sama sekali.

âTidak semua orang bisa bebas obat. Namun, kondisi umumnya akan membaik. Misalnya dulu harus makan 3 macam obat, sesudah operasi mungkin cukup makan 1 saja. Kalau dulu dosisnya tinggi, sesudah operasi bisa dikurang,â kata dr Ira.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment