Friday, June 28, 2013

bagaimana mengatasi penyakit radang paru-paru?

Q. diagnosa dokter aku terkena radang paru-paru.bagaimana pola hidup yang benar bagi penderita radang paru-paru?
adakah obat traditional yang berkasiat untuk menyembuhkan penyakit ini?

A. Pneumonia yang kerap disebut paru-paru basah termasuk jenis penyakit berbahaya. Perkuat tubuh dengan gizi seimbang dan menjaga lingkungan adalah langkah terbaik nmnghindarinya.

Ketika seorang anak atau orang dewasa berbaring di lantai tanpa alas, kerap muncul seruan, "Eh, jangan tiduran begitu, nanti kena paru-paru basah, lho!"Yang ditegur pun menurut, lalu pindah ke sofa atau tempat tidur.

Banyak orang menganggap, lembabnya udara dari lantai atau yang kita hirup bisa menyebabkan paru-paru basah. Benarkah? Apa sebenarnya paru-paru basah itu?

30 Sumber Infeksi

Dalam dunia kedokteran, tidak dikenal istilah paru-paru basah. Yang ada pneumonia, yaitu infeksi yang menyebabkan paru-paru meradang. Kantong-kantong udara dalam paru (alveoli) dipenuhi nanah dan cairan, sehingga kemampuan menyerap oksigen berkurang.

Dr. Prajna Paramita, MD, FCCP, menyebutkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh sekitar 30 macam sumber infeksi. Namun, penyebab utamanya adalah bakteri, virus, mikroplasma, jamur, berbagai senyawa kimia, dan partikel.

Meski kasus pneumonia akibat bakteri tidak terlalu banyak, jenis ini cenderung menimbulkan infeksi lebih berat daripada yang disebabkan oleh nonbakteri. Virus sinsitial pernapasan (respiratory syncitial virus atau RSV), painfluenzae, influenzae, dan adenovirus merupakan yang paling kerap menyebabkan pneumonia.

Umumnya infeksi virus saluran pernapasan bawah berlangsung selama musim dingin atau hujan. Dan RSV yang paling umum menjadi penyebab pneumonia, terutama pada bayi.

Sulit Bernapas

Pneumonia muncul karena kuman penyakit terhirup hidung dan mulut. Bila lingkungan di sekitar ada orang atau anak yang terinfeksi, risiko tertular sangat besar, apalagi bila daya tahan tubuh sedang tidak baik.

"Pneumonia termasuk penyakit yang serius dan berbahaya," ujar spesialis paru dari RSPAD Gatot Subroto yang akrab disapa Dr. Mita ini.

Gara-gara nanah dan cairan memenuhi paru-paru, oksigen di selsel tubuh pun berkurang dan tidak bisa bekerja. Akibatnya, selain penyebaran infeksi ke seluruh tubuh, penderita bisa meninggal.

Pneumonia ditandai oleh batuk disertai sulit bernapas, napas sesak, atau terjadi penarikan dinding dada sebelah bawah ke dalam (severe chest indrawing). Gejala sulit bernapas bisa juga disertai gejala sianosis (kebiruan di bagian kulit dan mukosa karena hemoglobin berkurang dalam darah kapiler) sentral dan tidak dapat minum.

Pada anak usia di bawah 2 bulan, pneumonia berat ditandai kerapnya frekuensi bernapas. Bisa 60 kali permenit atau lebih tarikan napas, dengan penarikan kuat pada dinding dada sebelah bawah ke dalam.

Gejala lain adalah radang tenggorokan (laringitis). Akibatnya suara berubah serak karena di sekitar pita suara banyak terdapat lendir.

Lewat pemeriksaan rontgen dada, bisa diketahui ada masalah di paru. Tanda klinis yang bisa ditemui biasanya flek pada paru. Namun, tanda klinis ini tidak mencukupi sebab tuberkulosis pun ditandai oleh flek ini.

Karena itu, pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, dahak, serta gejala sangat penting untuk menentukan flek ini pertanda TBC atau pneumonia.

Perlu Mengatur Makan

Pengobatan awal untuk pneumonia biasanya berupa antibiotika. Bila penyebabnya bakteri, mikroplasma, dan rickettsia, biasanya antibiotika ini cukup manjur. Untuk pneumonia akibat virus, sampai saat ini belum ada panduan khusus, meski beberapa obat antivirus telah digunakan.

Selain antibiotika, pasien juga akan mendapat terapi tambahan berupa pengaturan makan dan oksigen untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam darah. Istirahat panjang diperlukan untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Langkah untuk Mencegah

Jenis dan parahnya penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk usia, jenis kelemin, musim, dan kepadatan penduduk. Pada anak, infeksi lebih sering mengenai laki-laki dibanding anak perempuan. Puncak serangan infeksi antara usia 2 dan 3 tahun dan sesudahnya akan menurun sedikit demi sedikit.

Beberapa kasus pneumonia tidak disebabkan infeksi mikroorganisme. Bisa juga akibat aspirasi makanan atau asam lambung, benda asing, hidrokarbon, bahan lipoid, reaksi hipersensitivitas dari saluran napas, akibat obat, radiasi, serta kondisi lingkungan.

Agar terhindar dari pneumonia perlu beberapa langkah strategis seperti:

* Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
* Mengusahakan sirkulasi udara yang baik.
* Hindari rokok dan penderita batuk.
* Makanlah dengan gizi seimbang,
* Lakukan imunisasi, terutama untuk anak. Vaksin Hb sudah banyak dipakai untuk menangkal pneumonia, selain meningitis. Vaksin ini untuk menangkal serangan bakteri Haemophyllus influenzae tipe B yang bisa menyebabkan kedua jenis penyakit itu.

Sudah Ada Vaksinnya

Pneumonia Bakteri
Jenis ini bisa menyerang bayi sampai usia lanjut. Pecandu alkohol, pasien pasca operasi, penderita penyakit pernapasan, sedang terinfeksi virus atau kekebalan tubuh menurun, rentan terkena penyakit ini.

swktu ponakan saya terkena ini, saya

gejala penyakit radang paru paru, nama virus penyebab penyakitnya terus sama bagian tubuh yang diserang?
Q. bisa ngasih tau gak gejala penyakit radang paru paru, nama virus penyebab penyakitnya terus sama bagian tubuh yang diserang TOLONG YAA.... MAKASIH!!! (BINTANG % KALO BERHASIL)

A. pneumonia atau radang paru2 adalah peradangan paru2 dimana alveolus berisi cairan eritrosit
yang berlebihan

jenis pneumonia yang umum : pneumonia bakteri
--> infeksi dalam alveolus ---> membran paru2 mengalami peradangan dan berlubang-lubang jadi cairan eritrositnya masuk ke dalam. dengan demikian alveolus terinfeksi oleh cairan eritrosit
infeksi disebarkan oleh bakteri dari satu alveolus ke alveolus lainnya, dapat meluas ke seluruh lobus bahkan paru2

nama bakteri : Bacterial pneumonia

kalau yang jenis infeksi dari virus
nama virus: Viral pneumonia

dari jamur:
Fungal pneumonia

dari parasit:
Parasitic pneumonia

lebih lanjut baca di
http://en.wikipedia.org/wiki/Pneumonia

bagaimana cara hidup sehat setelah terkena radang paru-paru.?
Q. Anak saya baru keluar dari rumah sakit karena terkena radang paru-paru fase awal, anak saya berusia 14 bulan.

A. untuk nutrisi yang paling baik dan murah bisa dengan ganggang laut, metode pembaharuan molekul ini telah terbukti bisa menyembuhkan pasien saya yang jantungnya bocor.

konsultasi bisa di 0815-10314468

Apakah boleh pakai inhaler semprot untuk radang paru paru yg penuh cairan (efusi pleura)?
Q. paru paru kakakku dipenuhi cairan yg sudah 3x sedot tapi masih aja cairan itu terus menerus memenuhi paru paru mengakibatkan sesak nafas yg hebat. Apakah boleh pakai inhaler semprot atau hirup untuk mulut seperti yg dipakai penderita asma? Apa ada pengaruhnya pakai alat itu bagi kakakku yg kena radang paru paru (efusi pleura)? Kasihan banget kalo lihat kakak sesak nafas sampai gak bisa istirahat.
Semoga teman2 bisa bantu aku. Makasih.

A. Mestinya Kaga bakal ngefek sih..kl ga percaya coba aja..
Silahkan deh ditanya ke dokter yg merawatnya..
Krn beda fungsinya..
Pada pasien asma terjadi penyempitan saluran nafas: bronchi,bronchiolus, alveoli.. Fungsi ventolin adalah melebarkan si bronchi, atau bronchiolus dan alveolus yg menyempit itu.
Coba deh buka buku biologi.atau googling gambar paru2:biar apa yg saya terangkan nyambung/dipahami.

Paru2 seperti pohon yang bercabang2..yg besarnya namanya bronchus, cabang sedang namanya bronchiolus, cabang kecil2 namanya alveolus.nah cabang2 ini tentu saja berongga kan untuk dilewati udara.pada pasien asma; saluran2 nafas ini mudah mengerut krn rangsangan debu, emosi, dingin,dll.

Lalu apa pleura itu?pleura adalah bungkus si paru2.pleura ada 2 lapis.pleura bag.dalam yang nempel ke paru2.(namanya pleura visceralis)
pleura yang luar (yang nempel ke tulang rusuk) namanya pleura parietal.
Normalnya kedua pleura ini menempel erat,dengan hanya sdkt cairan pelumas diantara ke-dua pleura tsb.
Sementara pada kasus efusi pleura pada keluarga km,
yang terjadi adalah ada cairan di antara (di tengah2 ke 2 pleura tersebut). Cairan ini timbul biasanya krn infeksi dari kuman/bakteri yang menyerang paru2.kuman2 itu menghasilkan cairan nanah, yang dibuangnya ke rongga di antara 2 pleura tsb..jumlah cairan yg makin banyak. Tentunya akan mendesak ke 2 pleura tsb.
Nah,karena pleura yg bag luar ga bs didesak ke arah luar (kan ada tulang rusuk)..jadi otomatis cairan hasil infeksi tsb akan mendesak ke arah dalam. Ke arah paru2..
Secara logika., paru2 kan buat nafas. Kl ruang gerak utk kembang kempisnya berkurang krn terdesak cairan yg ada di pleura, yah jadi susah dong narik nafasnya..sesak lah si pasien..
Jadi makanya ga akan ngefek sih pakai inhaler..krn pada efusi, yg terjadi bukan penyempitan bronchus-alveoli, tapi ketidakmampuan paru2 untuk mengembang,krn terdesak/adanya cairan yang ada di pleura pembungkus paru2..
Tp kl mau di coba yah silahkan aja sih..
Siapa tahu juga terjadi penyempitan brochus alveoli..saya kan ga periksa pasiennya..jadi saya ga tahu apakah adanya cairan di pleura keluarga anda, juga disertai penyempitan bronchiolus-alveoli..
Semoga keluarganya cepat sembuh yah.

tentang paru-paru basah........>>kl bs jwb<<klik>>!!!!!!?
Q. sebenernya apa sih penyakit paru-paru basah itu........
berbahaya gak sih.........
sama gak sih kayak radang paru-paru sama bronkhitis....
bisa sembuh gak sih................
buat kak aji,,,,
kalo paru-paru basah ada hubungannya gak sama maag??
buat kak aji,,,,
kalo paru-paru basah ada hubungannya gak sama maag??

A. Paru paru basah itu paru parunya kerendem air ( w serius ga maen maen)

Penyebab utamanya
-Adalah pola hidup yang ga bener
-Tinggal di tempat/daerah yang lembab
-Sering mandi malam (antara jam 21.00 - 04.00) terutama setelah beraktifitas dan berkeringat.
-Sering begadang.

Gejala nya biasanya seperti maag,tapi letaknya aga keatas samping ulu hati (coba kmu pegang pinggang kmu ,trus keatasin dikit,nah kira kira di sekitar sana terasa sakitnya)

Trus kalo kerasa biasanya sesak nafas tapi sebentar,unutk bisa nafas mesti nekuk kaki ke dada untuk nahan sakit dan biar bisa ngambil nafas.

Kalo sudah mulai parah biasanya gejalanya seperti flu.Demam tinggi tapi tiap tengah malam panasnya turun,seperti mau sembuh dan kambuh lagi di pagi hari.Dan lidah masih bisa mengecap rasa,ga ngerasa pait kalo makan.

Paru paru basah ga sama dengan bronkhitis tapi masih sekeluarga ,yaitu keluarga TBC .. cuma beda tempat nyarangnya doang..

Bisa disembuhin dengan cara cairan yang ada di paru2 disedot keluar (pake operasi kecil) ,dan pengobatan yang continue selama 6 bulan tanpa putus (jika telat obat 1 hari maka pengobatan akan diulang selama 6 bulan lagi)

w pernah kena paru paru basah,3/4 paru paru sebelah kiri w kerendem air ... dirawat 2 minggu di RS,berobat jalan selama 6 bulan,sembuh ... Mmmh kira kira darimana ya tu air masuk???


add :

Ga ada hubungannya antara maag dan paru paru basah,cuma gejalanya seperti maag tapi aga atas ,bukan daerah sekitar lambung..yaa sekitar ujung tulang rusuk lah,dan sakitnya bisa cuma satu sisi (kalo yang terendam air hanya sebelah) bisa keduanya (jika dua duanya terendam air)

w saranin ..

Kalo merasakan gejala yang ga biasa,mending chek up ke dokter,biar ketauan penyebabnya,dan kalopun itu penyakit parah setidaknya bisa diatasi kalo masih dalam stadium awal.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment