Wednesday, June 26, 2013

Adakah beda dari sakit tenggorokan dan radang tenggorokan, serta obat yang cocok untuk radang tenggorokan?

Q. Ada yang ingin saya tanyakan untuk teman2.

1.Adakah beda antara radang tenggorokan dan sakit tenggorokan?

2.Obat apakah yang paling cocok? Apakah pemberian antibiotik seperti amoxicillin dan methyl prednisolone cocok? Saya baru memakai 2 obat itu dan adem sari.

Terima kasih atas jawabannya. Namun saya juga minta tolong untuk cantumkan sumber sehingga bisa saya pelajari lebih dalam lagi. Sekali lagi terima kasih. :)

A. Tanda2 radang tuh, "bengkak,merah,panas,sakit" pada daerah yang bersangkutan. radang sendiri terjadi sebagai bentuk pertahanan diri terhadap infeksi. pada radang tenggorokan,hampir semua terjadi karena infeksi kuman.antibiotik diberikan sebagai pencegahan infeksi lanjutan.
radang pada tenggorokan biasanya akan di ikuti infeksi saluran nafas atas (batuk,pilek,dll) bila tidak segera ditangani.
harus dibedakan penyebabnya bakteri atau virus.jika penyebabnya virus,pemberian antibiotik hanya akan sia2.karena keluhan2 yang timbul karena virus hanya akan sembuh jika kekebalan tubuh kita meningkat.
kembali ke radang tenggorokan tadi, kadang dengan obat2 antiradang atau kortikosteroid (prednison,dexametason,metylprednisolon,dll) dan antiseptik kumur sudah cukup membantu.

radang tenggorokan atau apa seh ini?
Q. sudah beberapa hari ini tenggorokan saya terasa sakit sekali..ada benjolan (luka) di bagian dalam...ini sangat mengganggu aktivitas saya sehari hari..sebenarnya penyakit apakah ini?
kok rasanya sakit bukan kepalang.untuk menelan ludah saja rasanya sakit sekali..
apa ini penyakit radang tenggorokan atau amandel atau apa?
saya seorang perokok dan suka sekali begadang..
tolong di jawab ya..atau kalau boleh,kirimkan jawabannya lewat mali saja..
hardy_anto88@yahoo.co.id
terima kasih

A. Itu akibat radang tenggorokan.
Minum antibiotik ( Rovamycine, Amoxicilline, dll ) + obat pengurang rasa sakit/ peradangan ( nonflamin, antalgin, dll.)

Kurangi merokok dan jangan bagadang.

Cara sederhana untuk menyembuhkan radang tenggorokan..?
Q. kemarin, waktu bangun tidur saya langsung mengeluh karena disaat menelan air liur pasti tenggorokan sakit sampai pada malam harinya saya demam. waktu saya tanyakan ke dokter, katanya radang tenggorokan. Cara sederhana untuk menyembuhkan radang tenggorokan bagaimana yah?

A. Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan - Jika tenggorokan terasa kering, bengkak dan sakit saat menelan, mungkin Anda sedang mengalami radang tenggorokan. Sakit atau radang tenggorokan paling sering disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek atau flu.

Banyak cara sebenarnya untuk mengatasi sakit tenggorokan. Namun kita harus memilih cara yang pas untuk mengatasi sakit tenggorokan yang sedang kita derita. Dengan memilih cara mengatasi sakit tenggorokan yang pas kita bisa merasa nyaman dan yakin bisa sembuh.

Link Sumber : http://info-mini.blogspot.com/2012/05/cara-mengatasi-sakit-tenggorokan.html#ixzz1yQMJQBsZ
Namun kadang-kadang sakit tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa kita obati, meski pada beberapa kasus ada yang berkembang menjadi serius. Namun Anda tidak perlu cemas. Ada beberapa cara pengobatan sederhana yang mungkin bisa Anda coba lakukan di rumah, seperti dikutip Healthcastle berikut ini:

1. Minum madu
Madu dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, meski sampai saat para ahli belum sepenuhnya memahami cara kerja dari makanan ini. Namun yang pasti, madu mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Cara penggunaannya: campurkan 1-2 sendok makan madu ke dalam secangkir air panas.

2. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air garam dapat mengurangi radang pada tenggorokan. Kenapa? Karena garam dapat menarik air keluar dari membran sel, sehingga cukup efektif mengurangi bengkak dan peradangan akibat sakit tenggorokan. Cara menggunakannya: tambahkan setengah sampai satu sendok teh garam untuk secangkir air hangat, dan berkumur dengan air campuran ini setidaknya sekali setiap jam.

3. Teh hijau
Sebuah riset menunjukkan bahwa peserta penelitian y ang menggunakan ekstrak teh hijau mengalami peningkatan respon imunitas karena mereka dapat mengeluarkan hormon interferon, yang mampu melawan virus. Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat menambahkan madu ke dalam secangkir teh hijau.

Link Sumber : http://info-mini.blogspot.com/2012/05/cara-mengatasi-sakit-tenggorokan.html#ixzz1yQMY1TIH
Pertimbangkan mengonsumsi vitamin D
Sebuah riset pada 2007 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen Vitamin D setiap hari tiga peluangnya lebih kecil mengalami gejala pilek dan flu. Dengan kata lain, jika Anda mengonsumsi vitamin ini, maka daya tahan tubuh akan membaik dan gejala sakit tenggorokan berkurang.

Link Sumber : http://info-mini.blogspot.com/2012/05/cara-mengatasi-sakit-tenggorokan.html#ixzz1yQMgnnLo

apa obat yang paling ampuh untuk radang tenggorokan?
Q. butuh saran dong gan, apa ya kira2 obat yg ampuh untuk radang tenggorokan..?

thanks ^_^

A. Obat untuk radang tenggorokan, a.l:
- Obat modern: FG Troches
- Obat tradional: jeruk nipis (...sudah banyak yang jawab..)
Tips:
- jangan minum dingin, dianjurkan untuk minum air hangat
- jangan makan pedas
- jangan makan goreng-gorengan
- jangan minum adem sari atau soda, karena tidak optimal hasilnya.
Semoga bermanfaat, semoga cepat sembuh, salam....

radang tenggorokan lagi. apakah aku kena HIV?
Q. 2 minggu yang lalu saya kena radang tenggorokan parah.. setelah ke dokter n minum obat 2 hari sembuh..
sekarang 1 minggu setelah sembuh tenggorokan saya kembali terasa tidak enak.. kaya ada sesuatu du daerah amandel. menelan ludah terasa sulit...
pernah berhubungan badan dnegan pacar sekitar 6 bulan lalu..
iini gejala HIV?

A. Gejala HIV : penurunan kekebalan tubuh sehingga seseorang mudah sakit.
Tetapi bukan berarti orang yg mudah sakit terkena HIV-AIDS.
Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan darah.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment