Thursday, June 13, 2013

bagaimanakah caranya supaya malaria tidak kambuh lagi?

Q. anak saya berumur 2 th, 4 minggu yg lalu anak saya terkena malaria dan sudah di beri obat sama dokter dan hasilnya sudah sehat, minggu lalu anak saya terkena lagi malaria, menurut dokter virus malaria belum sembuh total, jadi pada saat kondisi anak tdk fit, akan terkena malaria, apa memang susah menghilangkan parasit malaria di dlm tubuh!

A. Ibu jenis penyakitnya malaria ada bermacam2 seperti : falcifarum, vivax, malariae, ovale dan mix anak ibu terkena penyakit malaria yg mana? obatnya malaria ada 2 macam act dan non act, parasit malaria tidk bisa di bunuh 100% di dalam tubuh anak ibu satu saat iya bisa kambuh kembali saat tubuh anak ibu kurang fit, saran saya anak ibu tidak boleh main sampai kecapean dan makan makan sesuai petunjuk dokter semoga bermamfaat ya ibu

Saya sudah 6 tahun menderita malaria,,apa nama obat yang ampuh agar sembuh?
Q. bagi saudara yang pernah malaria menahun dan sudah sembuh,,tolong kasih jawaban,,trims sebelumnya...

A. Jawaban Saya Sama dg yg dulu :

Mungkin Pengobatan yg anda lakukan Gak tepat. ( kok sampai 6 tahun )
Obat anti malaria yang ada di Dunia dikelompokkan jadi :
- Kelompok Kuinolin ( Klorokuin, kina, primakuin, amodiakuin, meflokuin dan halofantrin )
- Kelompok Anti Folat : Sulfadoksin, pirimetamin, proguanil, klorproguanil. dan dapson
- Kelompok antimalaria Baru : Artemisinin, Lumefantrin, Atovakuon, Tavenokuin, Pironaridin, Piperakuin, Artemizon, WR99210, dan antibiotik.

Obat yg anda makan itu yg standar, malah itu obat malaria yg pertama ada, dan emang sudah banyak yg resisten dg obat itu, mungkin termasuk anda.
Coba kunjungi dokter, ceritakan kalo anda telah menderita sampai 6 tahun. Kalo perlu bilang aja minta pengobatan radikat dengan primakuin, ini perlu kepatuhan anda minum obat sampai 5 hari.
Memang beberapa dokter melakukan pengobatan hanya diagnosis klinis, pengobatan dilakukan dg monotherpy dg obat standar, karena dg pertimbangan ketersediaan primakuin biasanya terbatas ( artinya juga Mahal )

Sementara obat alternatif lain bisa dibarengkan, tentunya dg konsultasi Dr unt menentukan kompabilitasnya, Gak pakai obat alternatifpun Gak papa.

Moga cepet sembuh

Lengkapnya liat sini http://www.litbang.depkes.go.id/~djunaedi/data/Emil.pdf

apa beda demam berdarah dengan Malaria?
Q. Demam berdarah dengan Malaria...apakah sama -sama penyebabnya nyamuk?
lalu apa beda diantara keduanya?
akibatnya juga apa?

A. Keduanya sama-sama disebabkan oleh gigitan nyamuk, cuma jenis nyamuknya beda
- DBD disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti
- Malaria disebabkan oleh protozoa golongan Plasmodium yang ditularkan lewat nyamuk Anopheles

Gejalanya juga beda
DBD
- Demam mendadak yang tetap tinggi selama 2-7 hari, kemudian menurun. Demam disertai gejala tidak spesifik seperti hilangnya nafsu makan, tidak enak badan, nyeri pada punggung, tulang, persendian, dan kepala.

- Manifestasi perdarahan, seperti petekia (bintik-bintik merah pada kulit), perdarahan gusi, mimisan, ruam kulit, dsb.

- Pembesaran pada hati dan nyeri bila ditekan, tanpa ikterus

- Dengan atau tanpa disertai shock/renjatan.

Malaria
- Demam yang bersifat periodik (tidak terus-menerus). Pada malaria tertiana, demam terjadi tiap hari ke-3. Sedangkan pada malaria kuartana, demam terjadi tiap 4 hari. Demam khas malaria terdiri atas 3 stadium yaitu menggigil (15 menit-1 jam), puncak demam (2-6 jam), dan berkeringat (2-4 jam).

- Anemia, disebabkan oleh penghancuran sel darah merah yang berlebihan.

- Splenomegali (pembesaran limpa), merupakan gejala khas malaria kronik.

- Ikterus (penumpukan zat warna bilirubin yang ditandai dengan kulit dan mata menguning).

Tapi kalo gak ditangani dengan benar, keduanya bisa menimbulkan KEMATIAN.

Apa sih pantangan orang sakit malaria?
Q. aku uda check up dokter, katanya aku sakit malaria tertiana. katanya malaria ini ga bahaya. tapi pas aku tanya dokternya "dok, kalo sakit malaria ada pantangannya gak??" abis itu dokternya bilang Gak ada... ga ada pantang2an untuk sakit malaria... aku jadi bingung deh.... tolong jawab ya thx

A. Malaria tersiana,,, satu lagi malaria tropika..
Untuk malaria hanya tidak boleh kecapaian, makan teratur, istirahat yang cukup..
malaria akan kembali kambuh bila kondisi tubuh menurun..
Saya tinggal di papua.. malaria sudah biasa,,dan semua orang bilang pantangan malaria itu saja..
semoga lekas sembuh

Pantangan makanan/minuman orang yang sakit/sudah sembuh dari Malaria apa?
Q. Saya baru sembuh dari penyakit malaria paling ringan, malaria tertiana. dan Kata teman saya, orang malaria (yang sudah sembuh) tidak boleh makan mie kuning, ikan parang, dan apalagi minum soda2. Tapi, pas saya check up ke dokter pas minggu yg lalu, kata dokter untuk penyakit malaria GAK ada pantangannya.... berarti apakah saya aman makan mie kuning atau minuman soda? apa benar penyakit malaria gak ada pantangannya dan aman makan apa saja? mohon djawab, thx

A. Yakinlah pada dokter anda. Tidak ada pantangan makanan bagi mantan penderita malaria. tapi tentunya anda harus menjaga makanan, dan hanya makan makanan yang bersih. Karena mungkin saja kalu anda makan sembarangan, meski malarianya sembuh, malah sakit demam thyphoid (typus).




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment