Tuesday, June 25, 2013

Apa penyebab dari kolesterol?

Q. apa penyebab dari kolesterol?

A. Tujuh penyebab kolesterol tinggi
Ragam - Kesehatan
WASPADA ONLINE

Kolesterol tinggi berasal dari banyak sumber, mulai dari sejarah keluarga, stres hingga jenis makanan Anda. Ingin tahu beberapa penyebab angka kolesterol tinggi, berikut paparannya yang diambil INILAH.COM, dari berbagai sumber;

Diet Anda
Makan terlalu banyak lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Biasanya ditemukan lemak tak sehat dalam makanan yang berasal dari hewan. Daging sapi, babi, anak sapi, susu, telur, mentega, dan keju mengandung lemak jenuh.

Makanan kemasan yang mengandung minyak kelapa, kelapa sawit, kakao atau mentega dapat mengandung banyak lemak jenuh. Anda juga akan menemukan lemak jenuh dalam mentega, minyak sayur, dan sebagian besar kue, kerupuk, keripik, dan makanan ringan lainnya.

Berat badan Anda
Lemak perut Anda tidak hanya buruk bagi kehidupan sosial. Kegemukan yang dapat meningkatkan dan menurunkan HDL triglicerides, atau kolesterol baik.

Aktivitas kerja
Turun dari tempat dudukmu dan bergeraklah! Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan LDL atau kolesterol jahat, dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.

Umur dan jenis kelamin
Setelah mencapai usia 20, kadar kolesterol Anda alami mulai bangkit. Pada laki-laki, umumnya kadar kolesterol tinggi menetap setelah umur 50. Pada perempuan, kolesterol tinggi tetap cukup rendah sampai mati haid, setelah itu naik ke sekitar tingkat yang sama seperti pada laki-laki.

Kesehatan tubuh
Jangan melewatkan pemeriksaan fisik tahunan Anda, dan pastikan agar dokter menjelaskan risiko penyakit jantung Anda. Memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes atau hipotiroidisme, dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Riwayat kesehatan keluarga
Jika ada anggota keluarga mengidap kolesterol tinggi, bisa jadi Anda juga memiliki bakat.

Merokok
Anda pasti sudah tahu yang satu ini. Merokok dapat menurunkan kolesterol baik Anda. Dan rokok dapat membunuh Anda. Jadi mengapa tidak berhenti?

apa perbedaan kolesterol tinggi dan darah tinggi?
Q. apa perbedaan kolesterol tinggi dan darah tinggi? apakah kolesterol tinggi belum tentu menyebabkan hipertensi?

A. -Penyakit hipertensi atau darah tinggi adalah penyakit yang memiliki julukan 'silent killer' (pembunuh diam-diam), karena penyakit ini bisa menyerang seseorang secara mendadak tanpa ada gejala-gejala yang dirasakan sebelumnya (terutama pada penderita hipertensi primer).

-Kolesterol atau kadar lemak dalam darah umumnya berasal dari menu makanan yang dikonsumsi. Semakin banyak konsumsi makanan berlemak, maka akan semakin besar peluangnya untuk menaikkan kadar kolesterol.

belum tentu

Pantangan penderita Kolesterol dan Asam Urat?
Q. Kadar Kolesterol dan Asam Urat saya termasuk mulai meninggi meskipun belum tinggi sekali. Tapi yang saya bingung dari referensi yang saya baca tentang makanan yang harus dihindari (pantangan) adalah berlawanan antara Asam Urat dan Kolesterol. Contohnya: kacang2an adalah sangat baik untuk penurun Kolesterol tetapi justru akan memicu Asam Urat. Juga Susu dan Telur yang tidak dibatasi bagi penderita Asam Urat tetapi justru memicu Kolesterol. Apakah memang demikian kondisinya bagi kita yang ingin menurunkan Asam Urat dan Kolesterol secara bersamaan?

A. Jawaban Abun cukup baik. cuma sayangnya masih mengandalkan obat obatan.
obat2an sangat baik digunakan untuk hal2 yg mendesak. tapi kalau dalam waktu yg lama sebaiknya yg alami saja.

untuk menghindari kolesterol tidak harus selalu mengunakan kacang kacangan. kalau kacang2an menjadi kendala gunakan cara lain. yaitu direbus jangan digoreng.
maksudnya makanan kalau bisa direbus atau dikukus aja. mis sayur rebus, kalau singkong ya singkong rebus bukan singkong goreng, ikan tim, ayam pop (masakan padang) dll
hindari kuning telur terutama telur puyuh. cumi, udang kepiting itu semua pantangan kolesterol.

Asam urat pantangannya selain kacang2an juga jeroan (hati/ampla/jantung), kikil. sedangkan emping kadarnya kecil. yang menjadi besar karena kita makannya 1 toples dan sambil nonton bola diTV (info dari dokter pribadi)
nah semoga bermanfaat... ...

tentang kolesterol ny.. kesehatan laki laki..?
Q. bagaimana cara mengetahui klo kolesterol kita sedang tinggi..?? trus apa saja yg dpat kita lakukan untuk mengurangi kadar kolestrol trsebut...???

A. Dgn cek darah di lab. Atw alat detektor kolesterol di pengobatan alternatif.

Untk mengurangi, selain minum obat, konsumsi buah/sayur yg mengandung HDL.

Hihiihi

10 Makanan Penurun Kolesterol?
Q. Kacang kedelai
Kacang kedelai dan turunannya, alias kedelai yang sudah diolah misalnya menjadi tahu, tempe, susu kedelai, dan tepung kedelai mengandung isoflavon, yaitu zat yang bisa menekan LDL.
Tapi ingat, meski nikmat tahu dan tempe bisa tidak efektif menurunkan kolesterol bila diolah dengan sembarangan. Misalnya, digoreng dengan minyak jelantah atau dicampur santan. Sebab, santan dan minyak goreng adalah sumber lemak jenuh.
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menganjurkan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari untuk menurunkan kadar kolesterol.
2. Kacang-kacangan
Kacang adalah sumber serat larut yang sangat tinggi. Mengonsumsi serat larut bisa mengurangi kolesterol. Mengonsumsi kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang secara teratur selama enam minggu bisa mengurangi kadar kolesterol sebanyak 10%.
3. Ikan Salmon
Ikan salmon sangat baik karena mengandung asam Omega-3 yang bisa menurunkan LDL dan trigiserilda serta meningkatkan HDL. Salmon mengandung EPA dan DHA yang baik untuk kesehatan jantung.
The American Heart Association merekomendasi paling tidak dua porsi per minggu untuk mendapatkan manfaat maksimal. Selain salmon, ikan tuna, trout, sarden, makerel, dan hering juga baik.
4. Alpukat
Alpukat adalah sumber lemak tidak jenuh yang bisa meningkatkan level HDL. Sayangnya, alpukat tinggi kalori, sehingga harus dikombinasikan dengan sayur-sayuran yang bisa menekan kalori.
Satu buah alpukat berukuran sedang mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak tidak jenuh sedangkan kebutuhan tubuh manusia normal adalah 1.800 kalori dan 30 gram lemak tidak jenuh per harinya.
5. Bawang Putih
Sejak ribuan tahun lalu, bawang putih sudah dipercaya mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan manusia. Bangsa Mesir Kuno memakai bawang putih untuk meningkatkan stamina.
Di masa modern, bawang putih dipakai untuk menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi.
Hasil penemuan paling mutakhir, bawang putih bisa mencegah partikel kolesterol menempel di dinding pembuluh darah.
6. Bayam
Bayam mengandung banyak lutein. Lutein adalah zat penting yang bisa menjaga kesehatan dan ketajaman fungsi mata. Lutein juga ternyata bisa menjaga kesehatan jantung karena bisa mencegah lemak menempel di pembuluh darah. Dianjurkan, memakan bayam setiap hari sekitar setengah mangkuk untuk hasil maksimal.
7. Margarin
Beberapa jenis margarin bisa menurunkan kadar kolesterol. Misalnya margarin dari minyak biji bunga kanola
8. Mede, Almon, dan Kenari
Lemak tak jenuh tunggal, di dalam kacang mede, almon, dan kenari adalah bahan makanan rendah lemak yang baik untuk kesehatan jantung.
Kacang-kacangan itu juga mengandung vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang terkait erat dengan kesehatan jantung. Sayangnya, seperti alpukat, kacang-kacang ini sangat tinggi protein. Jadi, jangan rakus makan kacang agar manfaatnya benar-benar maksimal.
9. Teh
Teh, mau diminum dingin atau panas, sama saja manfaatnya. Teh mengandung antioksidan yang bisa membuat pembuluh darah rileks sehingga terhindar dari pembekuan darah.
Antioksidan di dalam teh, yaitu flavonoid bisa mencegah oksidasi yang menyebabkan LDL menumpuk di pembuluh darah. Menikmati segelas teh setiap hari bisa memenuhi kebutuhan antioksidan.
10. Cokelat
Cokelat ternyata sehat. Tentu saja, cokelat yang dicampur terlalu banyak susu mengandung terlalu banyak lemak. Jadi, pilihlah cokelat hitam atau pahit. Cokelat sehat karena mengandung banyak antioksidan dan flavanoid. Cokelat putih, tidak mengandung zat itu sehingga kurang sehat dikonsumsi.
Kandungan flavanoid cokelat bervariasi tergantung di mana cokelat itu tumbuh dan proses pengolahannya. [L1]

A. Tks bt info kesehatanny, sy yakin akn berguna bagi kt semua.
Sy mau ksh info kes. jg, semua bahan2 yg anda sebutkn d atas sdh terkandung dlm prodk nutrisi dr Shapeworks Cellular Nutrition.

Nutrisi ini 100% alami dr buah n sayur, tanpa zat kimia, pengawt ato zat pewarna. Nutrisi sdh terdaftr d 70 Depkes d dunia.

Nutrisi ini bgs utk pengelolaan BB ( turun/naik/stabil BB ) dan memulihkn kesehtan.

Sy konsumsi nutrisi ini 1.5 bln trn 7 kg, stamina fit gak gampang sakit, gej. jantung koroner teratasi. Ibu sy konsumsi 2 bln, keluhn darah tinggi, kencing manis, as. urat & kolesterol teratasi dan sdh tdk mengkonsumsi obat2an lgi.

Bs konsultasi dgn sy d 08179947664-02194573029-dr.Morin ato email d doktermorin@gmail.com




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment