Friday, December 14, 2012

Penyakit Kolesterol dan Penyebabnya?

Q. Kolesterol adalah penyakit yang mematikan di dunia. Di zaman serba instant sekarang terutama negara yang sedang berkembang tidak sedikit orang yang kena kolesterol, penyebabnya sebahagian besar dari faktor makanan yang kita makan sehari-hari.
Petanyaannya adalah :
1 Jenis makanan apa yang harus kita asup untuk menghinadari
penyakit ini ?
2. Apakah minyak goreng yang terbuat dari kacang kedelai bisa
menghilangkan kolesterol jahat?

A. Cuma meluruskan.

Kolesterol itu bukan suatu penyakit, Tidak semua kolesterol itu menyebabkan penyakit, bahakan kolesterol sangan penting sebagai penyusun otak.

Yang dapat menyebabkan penyakit itu karena kelebihan LDH (kolesterol Jahat dan atau Trigliserida
Sedangkan adajuga kolesterol baik yang berefek menghilangkan kolesterol jahat yaitu LDL

Jawab :
1. Mkan makanan yg banyak mengandung LDL (kolesterol baik,) Yaitu yang banyak mengandung omega 3 dan 9,
Misalnya : ikan ,/ minyak ikan, kedelai
2. BETUL
Kedelai banyak mengandung LDL / kolesterol baik yang dpt memecah ikatan LDH (kolesterol jahat),

apa bedanya kolesterol dengan lemak?
Q. apa bedanya kolesterol dengan lemak

A. Kolesterol ialah molekul yang ditemukan dalam sel. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.
Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.
Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah.

Lemak atau Lipid tidak sama dengan minyak. Orang menyebut lemak secara khusus bagi minyak nabati atau hewani yang berwujud padat pada suhu ruang. Lemak juga biasanya disebutkan kepada berbagai minyak yang dihasilkan oleh hewan, lepas dari wujudnya yang padat maupun cair.

,,,___,,,

Apa penyebab dari kolesterol?
Q. apa penyebab dari kolesterol?

A. Tujuh penyebab kolesterol tinggi
Ragam - Kesehatan
WASPADA ONLINE

Kolesterol tinggi berasal dari banyak sumber, mulai dari sejarah keluarga, stres hingga jenis makanan Anda. Ingin tahu beberapa penyebab angka kolesterol tinggi, berikut paparannya yang diambil INILAH.COM, dari berbagai sumber;

Diet Anda
Makan terlalu banyak lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Biasanya ditemukan lemak tak sehat dalam makanan yang berasal dari hewan. Daging sapi, babi, anak sapi, susu, telur, mentega, dan keju mengandung lemak jenuh.

Makanan kemasan yang mengandung minyak kelapa, kelapa sawit, kakao atau mentega dapat mengandung banyak lemak jenuh. Anda juga akan menemukan lemak jenuh dalam mentega, minyak sayur, dan sebagian besar kue, kerupuk, keripik, dan makanan ringan lainnya.

Berat badan Anda
Lemak perut Anda tidak hanya buruk bagi kehidupan sosial. Kegemukan yang dapat meningkatkan dan menurunkan HDL triglicerides, atau kolesterol baik.

Aktivitas kerja
Turun dari tempat dudukmu dan bergeraklah! Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan LDL atau kolesterol jahat, dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.

Umur dan jenis kelamin
Setelah mencapai usia 20, kadar kolesterol Anda alami mulai bangkit. Pada laki-laki, umumnya kadar kolesterol tinggi menetap setelah umur 50. Pada perempuan, kolesterol tinggi tetap cukup rendah sampai mati haid, setelah itu naik ke sekitar tingkat yang sama seperti pada laki-laki.

Kesehatan tubuh
Jangan melewatkan pemeriksaan fisik tahunan Anda, dan pastikan agar dokter menjelaskan risiko penyakit jantung Anda. Memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes atau hipotiroidisme, dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Riwayat kesehatan keluarga
Jika ada anggota keluarga mengidap kolesterol tinggi, bisa jadi Anda juga memiliki bakat.

Merokok
Anda pasti sudah tahu yang satu ini. Merokok dapat menurunkan kolesterol baik Anda. Dan rokok dapat membunuh Anda. Jadi mengapa tidak berhenti?

Pantangan penderita Kolesterol dan Asam Urat?
Q. Kadar Kolesterol dan Asam Urat saya termasuk mulai meninggi meskipun belum tinggi sekali. Tapi yang saya bingung dari referensi yang saya baca tentang makanan yang harus dihindari (pantangan) adalah berlawanan antara Asam Urat dan Kolesterol. Contohnya: kacang2an adalah sangat baik untuk penurun Kolesterol tetapi justru akan memicu Asam Urat. Juga Susu dan Telur yang tidak dibatasi bagi penderita Asam Urat tetapi justru memicu Kolesterol. Apakah memang demikian kondisinya bagi kita yang ingin menurunkan Asam Urat dan Kolesterol secara bersamaan?

A. Jawaban Abun cukup baik. cuma sayangnya masih mengandalkan obat obatan.
obat2an sangat baik digunakan untuk hal2 yg mendesak. tapi kalau dalam waktu yg lama sebaiknya yg alami saja.

untuk menghindari kolesterol tidak harus selalu mengunakan kacang kacangan. kalau kacang2an menjadi kendala gunakan cara lain. yaitu direbus jangan digoreng.
maksudnya makanan kalau bisa direbus atau dikukus aja. mis sayur rebus, kalau singkong ya singkong rebus bukan singkong goreng, ikan tim, ayam pop (masakan padang) dll
hindari kuning telur terutama telur puyuh. cumi, udang kepiting itu semua pantangan kolesterol.

Asam urat pantangannya selain kacang2an juga jeroan (hati/ampla/jantung), kikil. sedangkan emping kadarnya kecil. yang menjadi besar karena kita makannya 1 toples dan sambil nonton bola diTV (info dari dokter pribadi)
nah semoga bermanfaat... ...

tentang kolesterol ny.. kesehatan laki laki..?
Q. bagaimana cara mengetahui klo kolesterol kita sedang tinggi..?? trus apa saja yg dpat kita lakukan untuk mengurangi kadar kolestrol trsebut...???

A. Dgn cek darah di lab. Atw alat detektor kolesterol di pengobatan alternatif.

Untk mengurangi, selain minum obat, konsumsi buah/sayur yg mengandung HDL.

Hihiihi




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment