Sunday, December 30, 2012

Tiap malam selalu susah tidur, apa yang menyebabkannya?

Q. Apa yang menyebabkan susah tidur? Adakah obat untuk mengatasi susah tidur? Berapa harganya?

A. Anda sedang terbebani masalah apa sehingga mengalami susah tidur atau insomnia?
Menurut saya lebih baik anda jangan sampai ketergantungan obat tidur.Coba obati susah tidur dengan cara alami.Seandainya Anda mengkonsumsi obat tidur tetapi banyak masalah yang menggangu,saya kira obat tidur Anda harus diganti dengan obat penenang.
Coba Anda telaah kembali apa saja yang sedang menggangu pikiran saat ini.Selesaikan.Ini demi mendapat ketenangan pikiran.
Konsumsi makanan yang bergizi dan berserat tinggi.
Kurangi makanan siap saji.
Kurangi tidur siang.
Perbanyak aktifitas yang melibatkan gerak badan.
Sebelum istirahat bersihkan badan sehingga merasa segar.
Jikalau masih belum bisa tidur juga,lakukan ibadah malam.Dengan demikian Anda bisa mengurangi rasa tersiksa karena susah tidur.Seperti mengaji,shalat sunah,wiridan,membaca buku,deelel.
Tenangkan pikiran.
Selamat mencoba semoga tidur Anda tenang dan bermimpi indah.

apa obat susah tidur.ada yang tahu tolong bagi2 pengalamanya?
Q. saya ahir2 ini susah tidur entah mengapa.
mungkin kalina punya tips trik untuk mengatasih susah tidur. Apa itu tolong bagikan disini terima kasih,

A. aku jg pernah susah tidur
caraku memperbanyak aktivitas fisik biar agak lelah begitu
misalnya senam, olahraga lari
jg enggak tidur siang biar tidur malamya menjadi nyenyak

Gimana supaya gak susah tidur ?
Q. Gimana supaya gak susah tidur ?
aku kalo malam susah banget tidur....
aku kadang aku bisa tidur jam 3 pagi baru bisa.... gak enak rasanya kalo gak tidur.... pikiran aku melayang-layang , negatif mulu , mikir yang aneh2 , dan menerka-nerka.... aku gak mau kayak gini terus.... tiap mau tidur pasti pkiran aku melayang-layang terus dan stres.... gimana caranya supaya mudah tidur? aku pengen minum obat ctm tapi takut ah nanti ketergantungan...aku bingung banget....ada gak ramuan herbal supaya murah tidur ? dan supaya aku gak mikir yg aneh2 lagi (aku suka berpikir jauh banget sampai kemana-mana , suka berandai-andai yg buruk , pengen tidur buat istirahatkan otak tapi susah banget, tolong kasih tau ya)

A. Tips Mengatasi Susah Tidur / Insomnia

1. Olahraga teratur
Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
2. Kurangi konsumsi kaffein
Minimalisasikan asupan kafein seperti teh atau kopi. Bila Anda ingin mengkonsumsinya, lakukanlah di pagi hari, atau paling lambat 4 jam sebelum tidur di malam hari. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan menghambat datangnya rasa kantuk.
3. Perhatikan waktu makan
Anda mesti memperhatikan waktu makan, beri waktu minimal dua jam sebelum tidur setelah menyantap makanan terakhir makan malam. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak.
Jika benar-benar kelaparan, pilihlah cemilan seperti sereal gandum yang dicampur susu, tofu, bubur gandum, atau roti yang ditaburi wijen. Namun, tetap saja berikan jarak minimal satu jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan waktu untuk merangsang otak.
4. Makanlah makanan berkarbohidrat menjelang tidur
Untuk bisa tidur dengan nyenyak, tubuh Anda membutuhkan trytophan atau yang sering disebut zat penidur. Trytophan, yang merupakan jenis asam lemak, berfungsi menghasilkan serotonin yang dapat mengendurkan syaraf pada pusat otak. Saat otak sudah rileks, Anda akan lebih mudah tertidur dengan kualitas yang baik.
Trytophan banyak terdapat pada makanan berkabohidrat ringan. Kue muffin, biskuit, atau buah bisa dijadikan solusi. Namun jangan terlalu kenyang, pencernaan Anda akan terbebani karena harus bekerja keras mencerna, sehingga istirahat Anda tidak dapat maksimal.
5. Lakukan aktivitas yang membuat Anda nyaman untuk tidur
Anda bisa memulainya dengan menuangkan minyak aromaterapi pada diffuser, mandi air hangat, menyetel lagu favorit atau melapisi tempat tidur dengan selimut yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
6. Tempat tidur hanya untuk tidur
Bila Anda ingin membaca atau menonton tv sebaiknya lakukan di tempat lain sehingga saat Anda pergi ke tempat tidur, âalarmâ di tubuh Anda segera mengingatkan bahwa ini adalah waktu untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.
7. Jernihkan pikiran
Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

8. Tidur dan bangunlah dalam periode yang teratur
Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.
Jika tips-tips ini tidak mampu juga memberikan hasil yang positif bagi Anda, segeralah hubungi dokter.

Atau kalau pakai obat:
OBAT ALAMI SULIT TIDUR
Siapkan:
1 sendok teh biji jintan putih, 3 potong kangkung sayur, 2 lembar daun pegagan dan ¼ sendok makan ketumbar.
Rebus secara bersamaan semua bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tersisa tinggal 1 gelas, lalu saring.
Minum air rebusan tersebut menjelang tidur secara teratur

Gimana ya cara mengatasi susah tidur ??
Q. gw susah tidur neg.. kadang2 kalo dipaksa si bisa, tapi kadang2 juga ga bisa tidur sama sekali, giman donx ??

A. kenali pola tidur anda

kalo gw paling ga bisa lampu nyala

tapi kalo lampu mati susah tidur juga.

jadi gw baca2 buku sampe ngantuk baru matiin lampu

Bagaimana cara mengatasi susah tidur.?
Q. Sudah tengah malam,kok masih susah tidur.
Pada hal besok kita masuk kerja jam 08.00 pagi.

A. Susah tidur terjadi karna penyempitan urat punggung,hingga darah tdk lancar ke otak kita. . .Biasanya ini terjadi karna tubuh kita jarang kecapean berolahraga, usahkan 8jam sebelum mau tidur tdk mengkomsumsi kopi , perbanyaklah air minum dan jangan lupa makan madu dan habatus sauda(lada hitam) pagi dan menjelang malam.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment