Saturday, December 29, 2012

kalau diare choleri-form obatnya apa? apakah neo kaolana hrs dihabiskan?

Q. anak saya 9 bulan,BB 7kg. diare 6-7 kali sehari. demam 38,5 C, fesesnya tak berdarah, tidak nyeri perut tapi nafsu makan dan minum sangat berkurang. dokter memberi cairan oralit, sanmol dan neo kaolana.

A. Setahu saya, kalau diare memang harus diberi cairan oralit sebagai pertolongan pertama. Karena diare mengeluarkan cairan dan juga mineral yang membuat tubuh jadi lemas (sekitar 60%, tubuh manusia terdiri dari cairan). tentunya akan mengganggu metabolisme tubuh. Pada bayi, bisa dilihat pada daerah ubun-ubun kepala (terlihat cekung), maka itu sudah tanda dehidrasi, jadi harus segera diberi cairan dan biasanya rawat inap (infus).karena pemberian oralit tidak mencukupi.Pada bayi, tetep harus diberi ASI. kalaupun susu, biasanya untuk sementara diberi susu rendah laktosa, untuk meringankan beban kerja usus. Sanmol diberikan untuk menurunkan panas. sebab kalau tubuh kekurangan cairan, metabolisme akan meningkat sehingga pengeluaran panas meningkat pula.Jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kejang akibat dehidrasi tersebut, dan bisa berakibat fatal (kematian). Jika masih panas terus-menerus, maka diberikan tiap 4 jam sekali.Neo kaolana digunakan untuk obat diare non spesifik. setahu saya, obat diare diminum jika masih mengalami gejala. Jadi kalau diare sudah berhenti, maka tidak diberikan.Sebaiknya, konsultasi ke dokter to penjelasan lebih lanjut. Satu hal yang pasti, jika anak mengalami masalah apapun itu, harus segera ditangani, karena mereka sangat rentan. Seorang ibu adalah dokter yang sesungguhnya bagi anak-anaknya... Semoga cepat sembuh... :D

gimana nih, aku diare?
Q. aduh!!!! udah 4 hari ini aku diare/mencret-mencret, mules banget, perut bunyi terus..
aku kemarin udah minum immodium tp nggak mampet sampe sekarang..,, tiap mencret disertai kentut, kemarin aja waktu kerja udah 10 kali aku ke wc. aduh gimana nih, muleeeees banget, rasanya perut kaya diaduk aduk.. :(
yg keluar cuma air, tp waktu lg ngeluarin mencretnya perut sakit banget..
td pagi waktu abis sarapan langsung kebelet mencret dan yg keluar makin nggak karuan, buanyak banget dan disertai kentut
minta bantuannya dong? harus minum apa?

A. gak usah pake obat, pake air kelapa aja terus, manfaatnya selain diare cepet kelar, ngilangin badan yang lemes dan mulihin ion tubuh

Apa obat diare untuk anak usia 9 bulan?
Q. Kalau anak qt kena diare obat herbal apa ya yang baik di konsumsi selain oralit,kata orang daun jambu biji. Bener kah?

A. wah, oralit itu bukan obat diare mbak. itu hanya utk mencegah kekurangan cairan pada anak krn sering mencret... oralit itu bs diganti dgn pocari sweat atau minuman bermineral lainnya. untuk daruratnya sih bisa dikasih campuran gula dan garam yg dilarutkan dalam air..

coba deh mbak kasih jus apel yg byk.. kl jambu biji jg bisa sih tp rebusan air daun jambu biji, teh jg bisa... dl anak sy tuh sy kasih minum apel tp rebusan apel trus ada kasih probiotik yg namanya " dialac" trus tuh botol minuman dan peralatan makan dia bener2 dicuci bersih dan direbus..

bayi diare...???bagaimana ya?
Q. anak saya masih berumur 2 bln, sudah hampir 5 hari ini diare blum juga sembuh, padhal sudah tak bawa ke dokter anak 2kali, bagaimana ya? perlukah ke rumah sakit?
apakah bayi 2 bulan apabila diberi oralit tidak apa2? trus dosisnya?

mohon doa agan2 semua semoga anakku lekas sembuh! trims...

A. Perlu diketahui bahwa dokter anak dalam mengobati pasien diare tidak akan memberikan obat yg segera menghentikan diare yg keluar. Loh kenapa? Karena pada bayi yg diare di dalam saluran pencernaannya terdapat kuman2 penyebab diare. Kuman2 itu harus dibuang melalui BAB nya, nah kalo diarenya dihentikan maka kuman didalam ususnya ga dapat di buang dan malah bisa menyebar ke berbagai organ lainnya, ITU BAHAYA. Makanya diarenya dihentikan secara bertahap.
Yg terpenting adalah cairan yg masuk harus lebih banyak dari cairan yg keluar. Bayi diare harus lebih banyak minum agar tidak dehidrasi. Oralit bisa diberikan dan banyak dijual diapotik dalam bentuk kemasan bubuk. Satu bungkus buat satu gelas air mineral. Setiap kali BAB diberikan seperempat gelas. Gunanya untuk menggantikan elektrolit yg terbuang.
Berikan jg suplemen ZINC, biasanya dalam bentuk sirup, kalo umur 2 bulan dikasih setengah sendok satu kali sehari selama 10 hari. Gunanya untuk mengurangi derajat keparahan diare dan mencegah diare berulang.
Antibiotik tidak selalu diberikan karena biasanya penyebab diare pada bayi itu virus.
Penyembuhan bervariasi antara 3 - 7 hari
Berikan ASI sebanyak yg bayi mau.
Waspada dgn gejala dehidrasi berat seperti ubun2 dan mata tampak cekung, dan bayi malas minum. Lihat apakah terdapat darah dlm BAB nya atau lihat apakah warna BAB seperti air cucian beras.
Jika gejala2 itu timbul, segera bawa ke rumah sakit

sakit apa ya....???? lemas, diare, ,,,(apa yang harus dilakukan?)?
Q. kalo orang menderita diare plus lemas,,,,pusing n g bertenaga sama sekali jangankan jalan duduk ato berdiri aja rasanya g bertenaga. padahal sebelumnya g da tanda2 apapun.......,

A. Anda diare ( mencret ) kemudian menjadi lemas, adalah hal yang wajar.
Diare atau mencret yang berkali-kali akan mengakibatkan banyak cairan tubuh dan elektrolit yang hilang. Inilah yang akan membuat lemas.
Oleh karena itu, bila anda diare , maka segeralah minum air putih yang cukup banyak ditambah dengan oralit.
Hindari makanan berserat, keras, berlemak, santan dan pedas.
Kalau ada infeksi harus minum obat antibiotika.
Dan beristirahatlah.

Salam sehat selalu.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment