Monday, March 25, 2013

sinusitis itu apa ya....?

Q. dokter bilang, gw kena gejala sinusitis...
emangnya sinusitis itu apa???
bahaya nggak bwad kseHatan kita???
peNyebabnya apa ya...

A. Wah kog ga ditanyakan langsung ma dokternya he..he...

Key, kurang lebih begini:

Sinusitis, adalah suatu keadaan dimana sinus (hidung) mengalami pembengkakan akibat bakteri yang ada di dalam rongga hidung.

Bahaya ga?? Semua penyakit jika di biarkan tentu akan berbahaya bagi tubuh kita.
Gejalanya, pilek yang berlebihan, keluar lendir berwarna hijau dan berbau, pusing" dan bengkak disekitar pangkal hidung.
Sejauh mana diagnosa dokter terhapap penyakit anda? Bisa disimpulkan bila keluar lendir yang berwarna dan berbau tentu itu segera dilakukan tindakan medis baik pengobatan atau bahkan operasi.

Penyebab sinusitis adalah kuman atau bakteri yang masuk melalui hidung atau dapat pula dari gigi berlubang, disamping itu jg bisa disebabkan karena alergi.


TIPS.
> Waspadai pilek yang berkepanjangan.
> Jangan menghirup lendir (saat pilek) dalam-dalam karena akan bersarang di rongga pipi atau rongga hidung dan apabila tidak dapat keluar dapat terjadi pembusukan.
> Segera pergi ke Dokter THT untuk tindakan medis lebih lanjut

Bagaimana menyembuhkan sinusitis?
Q. saya sudah 10 th mengidap penyakit sinusitis. kalau setiap alergi dingin atau terlalu lelah , sinusitis saya kambuh. kalau sudah kambuh susah nafas dan pusing. apakah ada cara lain selain dengan obat-obatan? atau ada operasi yang pernah berhasil? dokter THT atau rumah sakit yang bagus yang pernah operasi sinus?

A. saya penderita sinusitis selama 20thn. saat dokter menyarankan dioperasi, saya tolak krn banyak efek sampingnya abis oprerasi. trus,saya ditawari pengobatan alternatif akupuntur.. ternyata setelah menjalani terapi itu, sinus saya berkurang.. tidak sembuh total, tapi tdk pernah kambuh sampai tahap yang parah(pusing/mimisan/migren).kambuhnya cuma mindeng aja

penyakit sinusitis seperti apa?
Q. teman saya terkena penyakit "sinusitis"
katanya, kadang kalau sedang tidur susah bernafas lewat hidung.. dan terpaksa bernafas dengan hidung. saya baru dengar penyakit "sinusitis",, seperti apakah penyakitnya?

A. penyakit sinusitis adalah penyumbatan rongga hidung oleh lendir atau cairan yg seharusnya keluar bersamaan dgn ingus sewaktu kita terserang FLU.
jd di dalam tengkorak kepala kita (tepatnya disekitar hidung dan mata)ada empat ruang kosong yg seharusnya berisi udara untuk memperlancar pernafasan.namun jika sewaktu kita terserang flu,kadang kita merasa malas ato jijik untuk mengeluarkan lendir kotoran,akibatnya lendir itu akan berkumpul di rongga udara tersebut.
nah...karena rongga udara yg seharusnya berfungsi sebagai peredaran nafas terisi lendir maka kepala akan terasa berat terutama di daerah sekitar mata dan tak jarang di selingi pusing yg berkepanjangan.
sebagian orang ada yg blg klo dibiarkan makin parah bs menjadi kanker,tp sebagian orang jg bilang klo itu tdk berdampak serius tetapi efeknya hanya bersifat menggangu saja (siapa sih yg gak merasa terganggu klo merasa pusing tiap hr).
solusinya klo sudah rongga itu terisi penuh oleh lendir....ya hrs di sedot (operasi kecil) bs dilakukan tanpa rawat inap.nantinya lendir2 yg kadang bercampur dgn nanah itu akan dikeluarkan secara paksa melalui hidung dan mulut.
dan untuk pencegahan selanjutnya ,hindari minuman dingin,hawa dingin,klo terkena flu segera obati,dan jgn segan2 mengeluarkan lendir/ingus saat flu.
lbh jelasnya bisa di konsultasikan dgn dokter THT.
semoga membantu......

penyakit sinusitis itu apa ya?
Q. sepupuku punya penyakit sinusitis.. klo aku liat,kaya'y dia menderita bgt dengan penyakit'y itu. mang'y penyakit ittu berbahaya? obat'y apa ya? thx

A. Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga yang ada di dalam kepala (sinus)

Pengobatan sinusitis tergantung dari penyebabnya.

Sinusitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri memerlukan terapi antibiotika, sedangkan yang disebabkan oleh infeksi virus atau alergi tentu saja tidak. Bila dokter memberikan terapi antibiotika, habiskan sesuai anjuran. Jangan sekali-kali menghentikan sendiri penggunaan antibiotika walaupun anda merasa sudah sehat. Minumlah sesuai dosis yang ditentukan oleh dokter.

Selain antibiotika, obat golongan dekongestan juga digunakan untuk semua jenis sinusitis. Untuk sinusitis yang disebabkan oleh faktor alergi, dokter juga akan memberikan obat golongan anti alergi. Untuk meringankan rasa sakit dan panas tubuh, obat-obat golongan analgetik antipiretik seperti pasatemol, ibuprofen maupun metamizole seringkali diberikan oleh dokter.

Mencegah dan mengatasi sinusitis secara alamiah

1. 100 gram rambut jagung + 2 batang daun bawang putih + 10 gram jahe, diblender dengan air hangat secukupnya lalu diminum.

2. 20 gram daun mint/menthol + 10 gram jahe + 10 lembar daun sambung nyawa, diblender dengan air hangat secukupnya. Tambahkan madu secukupnya, aduk rata lalu diminum.

3. 10 gram jahe dan gula merah secukupnya direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 150 cc, saring airnya. Gunakan tersebut untuk memblender 150 gram nanas yang telah dikupas kulitnya. Tambahkan cuka beras putih secukupnya, aduk rata lalu diminum.

4. 75 gram kaktus yang telah dikupas kulitnya + 1 buah belimbing manis + 10 gram jahe + 1- 2 buah kiam boi/sun boi (buang bijinya), diblender dengan air secukupnya lalu diminum.

5. 10 gram jahe + 3 batang daun bawang putih + 75 gram jail yang telah direndam hingga lembut dan dikukus hingga matang, diblender dengan air secukupnya lalu diminum

Apakah sinusitis dapat disembuhkan dengan pengobatan natural di Annise Herbal anisherbal.com?
Q. Sinusitis terjadi akibat radang pada rongga-rongga sinus yang disertai dengan infeksi saluran pernafasan. Lebih dari 50% dari kasus sinusitis diakibatkan oleh bakteri. Terapi Annise Herbal dapat membantu menyembuhkan radang pada rongga sinus dan mematikan bakteri serta membantu mengeluarkan lendir pada rongga sinus. Untuk informasi selanjutnya dapat mengunjungi anisherbal.com

A. bisa dicoba deh........ kebetulan saya juga sinusitis.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment