Saturday, March 30, 2013

Apakah anda masih peduli terhadap pertumbuhan tubuh anda?

Q. Hampir 90 persen kepadatan tulang orang dewasa dibangun selama masa remaja. Untuk itu, sangat penting bagi remaja untuk mendapatkan nutrisi yang tepat agar tulang menjadi kuat.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang, Physician's Committee for Responsible Medicine merekomendasikan remaja untuk mengonsumsi banyak buah dan sayur.

Buah dan sayuran menyediakan nutrisi esensial untuk pembangunan tulang, seperti kalsium, kalium, magnesium, vitamin C, D dan K. Sedangkan fosfor, mineral penting lain yang ditemukan di tulang, terutama ditemukan dalam makanan hewani seperti daging dan susu.

Berikut nutrisi penting yang dibutuhkan agar tulang remaja kuat, seperti dilansir Livestrong, Senin (8/8/2011):

1. Kalsium
Menurut American Dietetic Association, kalsium merupakan mineral utama yang diperlukan untuk pertumbuhan sel tulang. Anak usia 9 hingga 18 tahun membutuhkan 1300 mg kalsium per hari. Sumber makanan kaya kalsium antara lain kedelai, buncis, kubis brussel, kale dan sayuran hijau lainnya, susu, almond, apel, jus jeruk dan sereal yang diperkaya kalsium.

2. Vitamin D
Vitamin D membantu tubuh menggunakan kalsium secara efektif. Meskipun vitamin ini diproduksi oleh tubuh saat terpapar sinar matahari, sumber makanan yang baik juga direkomendasikan. Remaja perlu mengonsumsi makanan seperti salmon, sarden, udang, susu kedelai, hati dan kuning telur untuk memenuhi 600 IU (International Unit) per hari untuk kebutuhan vitamin D.

3. Vitamin K
Vitamin K juga membantu merangsang pertumbuhan tulang. Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, sumber makanan kaya vitamin K adalah sayuran berdaun hijau, kedelai, dan minyak nabati seperti kanola, kedelai, zaitun dan biji kapas. Remaja membutuhkan 75 mg vitamin K per hari.

4. Kalium
Kalium membantu mengurangi hilangnya kalsium dari kerangka tubuh. Makanan seperti tomat, pisang, jeruk, kentang dan buncis merupakan sumber kalium yang baik dari makanan. Remaja memerlukan 4,7 g kalium per hari.

5. Magnesium
Magnesium merupakan mineral yang juga memberikan kontribusi untuk kekuatan tulang. Makanan seperti kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan terbaik magnesium. Remaja laki-laki membutuhkan 410 mg per hari, sedangkan remaja perempuan 360 mg per hari.

6. Vitamin C
Vitamin C membantu pembentukan kolagen, yaitu jenis jaringan ikat yang dibutuhkan mineral selama pertumbuhan tulang. Untuk memenuhi kebutuhan harian 65 mg untuk gadis remaja dan 75 mg untuk remaja laki-laki, masukkan sumber makanan kaya vitamin C adalah jeruk, tomat, paprika, brokoli, stroberi dan kentang dalam menu diet remaja.

7. Fosfor
Fosfor merupakan bagian integral dari struktur tulang dan remaja membutuhkan 1250 mg mineral ini per hari. Sumber terkaya fosfor adalah produk makanan hewan seperti susu, yoghurt, salmon, halibut dan daging sapi. Makanan nabati yang banyak mengandung fosfor seperti almond, lentil dan kacang tanah.

smoga bermanfaat :D

met pagi :D

A. Aamiin... Mkch info x..

Apakah saya mengalami kekurangan hormon pertumbuhan? Apakah saya masih bisa tumbuh?
Q. Permisi para pembaca, hanya ingin sekadar sharing, pengalamn hidup saya sejak kelas 5 sd saya seperti mengalami pertumbuhan yang lambat, sebelum kelas 5 SD pertumbuhan badan saya seperti teman-teman kebanyakan, tapi saat lulus SD, terlihat diri saya mulai terlihat lebih kecil dibanding teman-teman SD saya, begitupun saat SMP, pertumbuhan tubuh saya hanya bertmabah sedikit selama retang waktu SMP. Kelas 3 smp Tinggi ane hanya sekitar 150cm (termasuk pendek), baru setinggi ibu saya, termasuk pendek untuk ukuran cowok.

Pas SMA ane baru mengalami yg namanya mimpi basah, padahal temen2 saya sudah mengalamin sejak SMP, bahkan ada yang SD. nah sejak saat itu pertumbuhan badan saya emang mulai kelihatan, Tinggi saya bertambah mungkin sampai sekitar 162cm ketika SMA, suara berubah, muncul jakun di leher, bulu kaki,ataupun rambut halus pada kemaluan, ketiak, dsb. Ketika kelas 3 sma tinggi saya setara dengan bapak saya. Namun pertumbuhan pada tubuh saya rasanya ada yang aneh, tulang kaki dan paha membesar, tapi tulang tangan, lengan, rongga dada, bahu terlihat pertumbuhannya tidak sesuat denganpertumbuhan tulang tubuh bagian bawah saya.

Sekarang umur saya 21 tahun, tinggi badan saya sekitar 165 cm (sedikit lebih tinggi dari bapak saya), pada saat reuni SD, saya bertemu teman-teman SD saya, yang dulunya banyak yang lebih tinggi daripada saya, kini kami banyak yang hamper setara dengan saya. Tetapi saya melihat hal aneh dalam perkembangan pada tubuh saya, secara tinggi mungkin kami setara, tapi secara visual, teman-teman saya terlihat lebih dewasa, kumis dan jenggot sudah mulai tumbuh di wajahnya, begitupun juga ukuran bahu, dada, dan otot-otot. Sementara saya, kumis masih sangat pendek dan sedikit seperti anak smp, jenggot hanya 1-3 batang (ini juga baru tumbuh sekitar umur 19 thn), juga bahu dan dada saya yang kurang merengkah dan lebar, seperti yang saya jelaskan sebelumnya mengenai pertumbuhan tulang badan bagian atas. Bahkan teman saya yang lebih pendek/ kurus dari saya, memiliki tulang tangan, bahu dan dada yang lebih besar dari saya.

Kalo dilihat dari dari orang tua, bentuk pertumbuhan tulang dan perkembangan tubuh mereka normal, walaupun saat ini saya sedikit lebih tinggi dari mereka. Bapak saya juga memiliki kumis dan jenggot yang cukup lebat, tapi saya belum. Padahal kalo dilihat dari gizi, dari kecil kecil saya selalu diberi makanan yang bergizi, bahkan dari bayi sampai sekarang rutin mengkonsumsi susu, bahkan sudah seperti dopping, rasanya lemes jika tidak minum.

Sekarang umur saya 21 tahun, tapi banyak yang yang mengira saya masih berumur 15-16 tahun, yang saya mau tanyakan apakah saya kekurangan hormone pertumbuhan? Dan apakah saya masih bisa tumbuh? Apa yang harus saya lakukan untuk mempercepat pertumbuhan saya ataupun memacu hormone pertumbuhan dalam tubuh saya?

Sekian penjabaran saya, maaf jika kepanjangan, sekiranya pembaca ingin memberikan solusi untuk saya⦠ï

A. Hal diatas bisa saja disebabkan karena faktor hormon, karena pertumbuhan dan perkembangan sangat dipengaruhi oleh hormon hormon pertumbuhan dan perkembangan itu sendiri. Apabila ada masalah dengan hormon anda, anda bisa melakukan terapi hormon.


Atau mungkin hal hal dibawah ini juga bisa membantu anda

Merencanakan nutrisi

Pria aktif yang ingin mempunyai tubuh kuat, gempal dan sehat harus mengimbangi porsi latihan dan porsi makan. Untuk mengontrol ini yang menjadi acuan biasanya adalah berat badan dan tinggi badan.
Nutrisi pokok yang harus dipenuhi yaitu kalori, lemak, protein dengan penekanan pada beberapa porsi harian buah, biji-bijan, kacang-kacangan, sayuran dan yang tidak kalah penting yaitu air yang cukup untuk hidrasi optimal.

Dalam setiap latihan olahraga intensitas sedang-tinggi hampir pasti terdapat kerusakan-kerusakan otot meskipun sedikit. Untuk memperbaiki otot-otot yang rusak kita memerlukan protein dan nutrisi-nutrisi lainnya
Makanan yang bersahabat dengan otot

Sayur dan buah â Seperti semua jenis diet sehat, diet (pengaturan makan) untuk tujuan apapun entah untuk menurunkan berat badan atau untuk membentuk otot harus memenuhi nutrisi-nutrisi penting dalam tubuh. Kebutuhan vitamin, mineral dan serat dapat di temukan dalam sayur-sayuran dan buah-buahan.

Susu rendah lemak â susu rendah lemak atau susu skim menyediakan vitamin, karbohidrat dan protein. Nutrisi yang terkandung dalam susu rendah lemak diantaranya vitamin D, kalsium dan potasium. Susu coklat adalah minuman pemulihan yang enak dan baik untuk otot. Bagi yang tidak tahan dengan laktosa mungkin dapat mentolerir yoghurt atau bisa menggantinya dengan susu kedelai.

Daging â merukapan sumber protein tinggi. Mengandung zat besi untuk membentuk hemoglobin dalam sel darah merah sebagai transportasi oksigen ke sel-sel tubuh. Daging juga mengandung mengandung asam amino leusin yang diduga menjadi pemicu pertumbuhan otot.
Daging ayam tanpa kulit â selain protein, daging ayam tanpa kulit memberikan zat besi dan seng yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

Telur â telur sudah menjadi makanan wajib yang harus dikonsumsi saat seorang pria ingin membentuk tubuh atletis. Banyak laki-laki yang membuang kuning telur karena banyak mengandung lemak. Hal itu salah karena telur mengandung hampir semua asam amino esensial dan mengandung lutein yang baik untuk kesehatan mata.

Kacang dan biji-bijian â kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein nabati, vitamin, karbohidrat, serat dan anti oksidan.
Saat seseorang latihan untuk membentuk otot maka akan lebih cepat lapar karena kebutuhan energi dan nutrisi lain yang meningkat. Kita harus tahu dan dapat mengontrol berapa berat badan yang diinginkan. Kontrol dan konsistensi sangat diperlukan. Lakukan olahraga untuk tujuan lifestyle, bukan hanya sekedar membentuk otot.

ada yang punya pengalaman patah tulang paha?
Q. ada yang punya pengalaman patah tulang paha??ceritain donk dari awal pengobatannya sampai bener2 sembuh, berapa lama??& perawatannya apa ja & apa ja yang perlu dikonsumsi untunk mempercepat pertumbuhan tulang...thx

A. mudah mudahan bukan patah pada bonggolnya, karena bila disana menurut pengalaman harus diganti dengan titanium melalui proses operasi, yaitu dengan mengganti bonggol dan memberi plastik special ( silicon ) untuk menunjangnya, akan memakan waktu yang lama dan biaya yang besar, serta ditangani oleh dokter yg ahli

[sunnah] Logiskah Allah memberi pahala kepada yang memelihara janggut [2]?
Q. insipirasi : pertanyaan ini
http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AnYPMPHS.B0cjeYCN2VrBALDbRV.;_ylv=3?qid=20080827212407AAqoFws
co-pas satu penjawab :
Secara medis pertumbuhan janggut akan merangsang beberapa kelenjar yg ada disekitar rongga mulut dan memaksimalkan pertumbuhan tulang rahang jadi manfaat yg diterima pemelihara janggut banyak sekali.

pertanyaan
a[ kelenjar apa itu ya yang dimaksud ?
b] tulang rahang pada wanita apakah tidak tumbuh maksimal ?
c] manfaat yang lain apa ya - karena disebutkan : "manfaat yg diterima pemelihara janggut banyak sekali."

untuk edukasi
salam
@Moel

mungkin tidak selalu mudah membedakan budaya dan agama

A. Secara medis pertumbuhan janggut akan merangsang beberapa kelenjar yg ada disekitar rongga mulut dan memaksimalkan pertumbuhan tulang rahang jadi manfaat yg diterima pemelihara janggut banyak sekali.

Pernyataan "POLITIS" seperti diatas banyak sekali ditemukan di berbagai situs.

Menurut aku pernyataan seperti itu adalah pencarian pembenaran dari para pemeluk Agama untuk sekedar "membenarkan" PRAKTEK-PRAKTEK yg sudah terjadi di budaya-budaya tertentu.

Mungkin saja ada beberapa pernyataan itu yg valid, tapi banyak diantaranya yang terlalu mencari-cari.
Bila pernyataan yg "terlalu mencari-cari" itu dielaborasi lebih lanjut akan terlihat "kekonyolan" dan "kelucuan".

Oleh karena itu alangkah baiknya kalau kita tidak berusaha mati-matian untuk membenarkan apa yg dipraktekkan di Agama kita bila ingin membela Agama kita.
Yg dapat kita lakukan untuk membela Agama kita adalah dengan melakukan hal-hal yang baik dan menguntungkan masyarakat atas nama ajaran Agama kita.
Sedangkan untuk hal-hal yg tidak berkaitan dengan kepentingan dan kebaikan masyarakat kita biarkan saja sebagai sebuah praktek "Budaya", mau ikut boleh tidak juga boleh.

Islam yes, budaya Arab ambil yg bagus dan cocok aja sisanya gak usah ya !!!

Apa yang ada dalam sumsum sapi?
Q. kami memiliki putra usia 6 bulan, selama ini putra kami hanya minum ASI saja (tanpa ada tambahan lain).
menurut info yang kami dapat "SUMSUM SAPI" itu baik untuk pertumbuhan tulang dan penambahan hemoglobin darah, apakah ini benar?
Sebenarnya apa yang ada dalam sumsum sapi itu?
Apakah baik untuk balita?

A. Sumsum sapi mengandung banyak lemak, jadi untuk anak usia 6 bulan kurang baik untuk diberikan. Yang terbaik untuk penambahan HB dan pertumbuhan tulang pada anak seusia itu adalah susu (baik asi maupun formula) karena susu (terutama asi) mengandung zat gizi yang mudah dicerna dan dapat dimanfaatkan dengan sempurna, namun pada usia 6 bulan, asi saja tidaklah mencukupi, haruis mulai diberikan makanan tambahan yang lain dalam jumlah kecil yang kemudian ditingkatkan secara bertahap




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment