Friday, March 29, 2013

Kenapa saya sering sekali 'migrain' atau sakit kepala sebelah?

Q. tolong ya..coz aku sering bgt migrain,dan klo uda migrain bisa sampai 4 atau 6 jam

A. 1. Diet

Salah satu alasan paling umum sakit kepala karena adanya perubahan pola makan yang mendadak beralih ke diet kalori sangat rendah. Konsultan ahli gizi Niti Desai setuju bila ini dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika diet mengurangi atau menghilangkan karbohidrat sama sekali. Otak hanya dapat menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar. Selain itu, asupan air yang sangat rendah juga dapat memicu sakit kepala.

2. Daging olahan dan keju

Tyramine adalah asam amino yang diduga memicu sakit kepala melalui pengurangan kadar serotonin di otak yang mempengaruhi pelebaran pembuluh darah. Karena hubungannya dengan migrain, makanan yang mengandung tyramine menjadi pemicu penting bagi penyakit ini. Zat tersebut terkandung dalam makanan seperti anggur merah, keju, dan daging olahan tertentu.

3. Minuman beralkohol

Dr Dube mengatakan bahwa anggur merah mengandung tyramine, fitokimia yang disebut fenol, yang mungkin menjadi pemicu nyata. Bagi sebagian orang, minum segala jenis alkohol dapat membawa pada migrain. Senyawa lain dalam bir, wiski, dan anggur bisa menguras kadar serotonin -sejenis hormon riang yang ada di otak- yang juga dapat memicu migrain.

Jadi bila Anda ingin tetap jauh dari migrain, kuncinya terapkan pola hidup sehat dan giat berolahraga. Karena mencegah itu lebih baik mengobati

Kenapa sehabis bangun tidur malah migrain?
Q. apa yg menyebabkan migrain ketika bangun tidur yah? Mohon jawabannya

A. Beberapa cara alami berikut :

1. Jahe
Jahe juga berkhasiat untuk membantu mengurangi nyeri kepala Anda.
Tanaman ini bertindak sebagai obat anti alergi dan juga anti radang, sehingga sangat efektif untuk mencegah migrain menjadi semakin bertambah buruk.

2. Omega 3
Omega 3 yang terdapat pada ikan, khususnya ikan salmon, juga terbukti efektif dalam melawan nyeri kepala akibat migrain.

3. Magnesium
Jenis makanan yang kaya akan magnesium seperti yang terdapat dalam
jenis sayur bayam, kacang polong dan labu juga dapat mengurangi
serangan migrain yang muncul tiba-tiba.

4. Vitamin B2
Asupan makanan kaya akan vitamin B2 dapat meningkatkan energi pada
otak dan sel-sel otot. Sumber vitamin ini sama efektifnya dengan
aspirin yang sudah Anda ketahui khasiatnya dalam mengurangi dan
mengatasi migrain. Dipresumsikan bahwa vitamin B2 membantu mengurangi pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan migrain.

5. Kafein
Kafein efektif untuk mengurangi sakit kepala. Khasiatnya hampir sama dengan ibuprofen. Jika Anda mengkombinasikan keduanya, kafein dan ibuprofen maka akan mendapatkan hasil yang baik, namun perlu sangat hati-hati dengan dosis atau takarannya. Terkadang kafein juga bertanggung jawab atas munculnya rasa nyeri pada bagian kepala Anda.Kafein ini bisa Anda temukan pada kopi atau teh.

6. Konsumsi Karbohidrat
Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Kandungan zat ini banyak terdapat pada roti gandum, nasi dan pasta. Fungsinya adalah membantu memberikan energi yang tubuh Anda butuhkan, sehingga dapat membantu mengurangi intensitas munculnya migrain dan mencegahnya bertambah parah.

7. Aromaterapi.
Cara lain yang terbilang ampuh untuk mengatasi migrain adalah dengan aromaterapi. Pilihlah aroma wewangian apel hijau yang diketahui efektif dalam mengurangi nyeri sakit kepala Anda

Apa perbedaan Migrain dan Vertigo ?
Q. mau Tanya dong , perbedaan Vertigo dan migrain ?

A. Migrain dengan vertigo adalah dua jenis keluhan yang berbeda. Migrain adalah nyeri kepala pada satu sisi kepala, sedangkan vertigo adalah pusing berputar (merasa seperti sedang di atas kapal laut). Bila nyeri kepala muncul karena banyak pikiran, mungkin anda menderita nyeri kepala psikogenik.

Namun untuk lebih pastinya, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf.

Suka sakit kepala & migrain?
Q. mohon info obat herbal penghilang sakit kepala dan juga migrain ???

A. Sakit kepala sebelah atau migrain menunjukkan kurang lancarnya peredaran darah kepala.
Dapat diberikan tanaman obat Pegagan.
Tentunta pola makan dan pola hidup sehat harus dijalankan.
Perbanyak minum air putih dan sempatkan olahraga pagi min 30menit.
Untuk terapi dapat dipilih terapi pijat refleksi atau terapi bekam.

Bila membutuhkan obat herbal, silahkan mampir di toko online kami http://www.sartikaherbal.com

Semoga membantu, salam hangat
Sartika Herbal

apakah jenis KB IUD dapat menyebabkan migrain?
Q. semenjak menggunakan jenis KB IUD jika capek sedikit aja sering migrain dan rasanya sampai ke mata dan leher terasa tegang banget.

A. yg saya ketahui tentang efek samping dari penggunaan KB IUD itu tidak ada yg menggaggu metabolisme dalam tubuh . karena KB ini termasuk jenis non-hormonal.
jadi kayanya bukan karena IUD-nya, Anda jd migrain buu...
mungkin ada penyakit lain atau hanya sugesti ajah . untuk tau penyebabnya bisa dicek ke dokter paling tidak coba cek tekanan darah Anda .




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment