Wednesday, March 27, 2013

apakah orang yang kena penyakit jantung bocor harus operasi?? apakah ada jalan lainnya?

Q. jantung bocor

A. anda perlu tanya kembali jantung bocornya bagian mananya?anda umur berapa? parahkah kerusakannya? apa ada kemungkinan sembuh sendiri?
biasanya kalau âjantung bocorâ, sebagian besar adalah karena sekat antar ventrikel tidak menutup (VSD ventricle septal defect).
bila kebocorannya kecil, maka penampakan di luarnya bisa tak terlihat.
bila bocornya besar, maka walaupun pada awalnya (masa kecil) tak terlalu berpengaruh, nanti saat besar akan semakin terasa pengaruhnya, dan kelainan ini bila tidak dikoreksi akan menyebabkan jantung terbebani, lalu timbul komplikasi, sehingga nantinya biaya pengobatannya akan jauh lebih membengkak.
kalau saya bilang, ibarat investasi, sekarang investasi agak besar, nanti kemudian hari tidak terbebani biaya yang jauh lebih besar.
setahu saya kalau kelainan anatomis besar seperti itu tidak ada obat minumnya, adanya obat operasi.
ibarat, gigi yang bolong, apa ada obat minum untuk menyembuhkan gigi bolong? obat gigi bolong itu cuma ditambal.

Penyakit jantung!!!!!?
Q. apa perbedaan gagal jantung dengan gagal jantung kongestif ?????

A. Gagal Jantung (Heart Failure)adalah suatu keadaan yang serius, dimana jumlah darah yang dipompa oleh jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung) tidak mampu memenuhi kebutuhan normal tubuh akan oksigen dan zat-zat makanan.

Kadang orang salah mengartikan gagal jantung sebagai berhentinya jantung.
Sebenarnya istilah gagal jantung menunjukkan berkurangnya kemampuan jantung untuk mempertahankan beban kerjanya.

Penyakit jantung pada lansia mempunyai penyebab yang multifaktorial yang saling tumpang tindih. Untuk itu kita harus terlebih dahulu memahami mengenai konsep Faktor Resiko dan Penyakit Degeneratif. Faktor resiko adalah suatu kebiasaan, kelainan dan faktor lain yang bila ditemukan/dimiliki seseorang akan menyebabkan orang tersebut secara bermakna lebih berpeluang menderita penyakit degeneratif tertentu.

Penyakit degeneratif adalah suatu penyakit yang mempunyai penyebab dan selalu berhubungan dengan satu faktor resiko atau lebih, dimana faktor-faktor resiko tersebut bekerja sama menimbulkan penyakit degeneratif itu. Penyakit degeneratif itu sendiri dapat menjadi faktor resiko untuk penyakit degeneratif lain. Misalnya: penyakit jantung dan hipertensi merupakan faktor resiko stroke.


Gagal jantung adalah merupakan suatu sindrom, bukan diagnosa penyakit. Sindrom gagal jantung kongestif (Chronic Heart Failure/ CHF) juga mempunyai prevalensi yang cukup tinggi pada lansia dengan prognosis yang buruk. Prevalensi CHF adalah tergantung umur/age-dependent. Menurut penelitian, gagal jantung jarang pada usia di bawah 45 tahun, tapi menanjak tajam pada usia 75 â 84 tahun.
Gagal jantung kongestif adalah ketidakmampuan jantung untuk memompa darah yang adekuat untuk memenuhi kebutuhan jaringan akan oksigen dan nutrisi. Istilah gagal jantung kongestif paling sering digunakan apabila terjadi gagal jantung sisi kiri dan sisi kanan.

Secara klinis keadaan penderita sesak napas disertai dengan adanya bendungan vena jugularis, hepatomegali, asites dan edema perifer. GAgal jantung kongestif biasanya diawali lebih dulu oleh gagal jantung kiri dan secara lambat diikuti gagal jantung kanan.

apa keistimewaan otot jantung?
Q. keistimewaan otot jantung

A. keistimewaan : otot jantung adalah salah satu otot yang bekerja secara tidak sadar.. sehingga kita tidak perlu menyuruh / memberi perintah kepada otot tersebut untuk bergerak... sehingga otot jantung akan terus bekerja tanpa kita perintah... tanpa otot jantung, jantung kita mungkin tidak akan bisa bergerak dan akan mengakibatkan kematian.



Otot jantung (MYOCARDIUM) adalah sejenis otot yang mempunyai keistimewaan bahwa otot ini tidak dikendalikan oleh kesadaran (otak). Seperti halnya otot-otot lain, otot ini bisa berkontraksi dan mengkonduksikan impuls-impuls elektris, seperti neuron dalam saraf. Suplay darah ke otot ini didapatkan dari arteri koroner. Lalu kenapa kok bisa gelap terang?

Hal ini dikarenakan didalam myocardium terdapat dua subset kendali otot yang berkerja berlawanan. Yang satu digunakan untuk menkontraksi jantung, yang lain untuk me release. Hal ini dikarenakan jantung harus berkerja tanpa kendali otak, oleh sebab itu otot dalam jantung harus dapat melakukan pekerjaannya tanpa interverensi otak.

tentang jantung?
Q. mau tanya,kalau jantung kurang oksigen, apa penyebabnya,bahaya ngak?apa obatnya?nama penyakitnya apa?tolongnya

A. eh, ini maksudnya sel jantung sendiri itu kan yg kekurangan darah?

mau nambahin dikit aja dari yg uda dijawab.
Pertama, penyebabnya,, bisa bermacam2, salah satunya arteri koroner jantung yang tersumbat. Nha, si jantung itu kan punya peredaran darah sendiri, yaitu peredaran darah koroner. Jadi ga sama kayak peredaran darah tubuh yg ke seluruh tubuh ataupun ke paru2. Jadi, kalo pembuluh darah koroner ini tersumbat, ya jelas terganggu kan peredaran darahnya. Maka, oksigen tidak dapat diantarkan seperti normal, dan CO2 juga tak kan bisa dibuang seperti normal. Penyumbatan pembuluh darah koroner inilah yg disebut Penyakit Jantung Koroner.

"Emang kalo kurang oksigen kenapa"? ya jelas lah, sel2 jantung bisa mati. Pertama ia akan mengalami ischemic, kekurangan O2. Jika keadaan ini lama dibiarkan, maka bisa terjadi infarc. Infarc adalah suatu kondisi khusus dimana jaringan itu mati karena kekurangan oksigen. Serangan kematian sel ini bisa terjadi akut, namanya Acute Myocard Infarc (akut= terjadi tiba2, myocard= otot jantung, dan Infarc = kematian jaringan karna kurang O2).
Ada ciri khas AMI ini, yaitu pada EKG, akan tampak elevasi gelombang ST (gelombang jantung kan kompleks P-QRS-T, lha ini di segmen S-T mengalami kenaikan gt)

"bahaya ngga?" Lha iya bahaya. Kematian otot jantung ini bisa mengakibatkan jantung berhenti. Awalnya, mungkin akan terjadi irama tak normal denyut jantung. Denyut tak normal jantung, ada kemungkinan peredaran darah ke tubuh dan paru juga akan tdk normal.

"apa obatnya?" jika benar telah terdiagnosis Acute Myocard Infarc, maka treatment yg digunakan adalah aspirin dengan dosis tertentu, yang dikombinasikan dengan Clopidogrel.
Kadang2 dibutuhkan operasi pembentukan pembuluh darah baru, ataupun bypass (tergantung kasus & keparahan).
begitu...

jantung koroner akut?
Q. apa penyebab jantung koroner akut dan apa obatnya

A. maybe Kolestrol, byk makan makanan berlemak, sehingga aliran darah dan oksigen yg harusnya ke jantung terhalang sm timbunan lemak....




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment