Tuesday, March 26, 2013

PENYAKIT LEVER ............................?

Q. Mau nanya , mengapa orang yang pecandu alkohol bisa terkena lever sih ?

A. Penyakit lever atau sering disebut dengan Hepatitis adalah peradangan atau kerusakan sel-sel di jaringan hati. Peradangan ini timbul bisa dari beberapa faktor, bisa karena infeksi maupun karena virus. Gejala awal yang bisa dikenali adalah adanya perubahan warna pada kulit, telapak tangan, kuku, bahwa pada mata menjadi berwarna kuning. Gejala lain adalah perut menjadi kembung dan sering mual, badan terasa lemas dan rasanya ngantuk terus. Ada beberapa jenis hepatitis yaitu A, B, C,D dan E. Untuk jenis hepatitis A dan E, ini adalah tipe yang paling ringan dan secara medis masih bisa disembuhkan, tetapi untuk Hepatitis B,C dan D, maka kerusakan di jaringan hati adalah sangat parah dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Bagi yang sudah akut, maka perut akan membesar dan kalau diraba terasa keras.

Secara medis bahwa jika jaringan hati sudah mengeras, maka tingkat kesembuhan adalah sangat kecil bahkan bagi yang didiagnosis sirosis, jika tidak dilakukan transplatasi hati, maka hasil pengamatan, antara 3-4 bulan pasien meninggal dunia.

Pertanyaannya adalah apakah pasien yang mengidap Sakit Lever atau Hepatitis bisa sembuh? Secara medis memang sulit karena sampai sekarangpun belum ada obat nya. Obat yang diberikan hanyalah vitamin untuk meningkatkan ketahanan tubuh, tetapi tidak bisa mengobati jaringan hati yang rusak.

Kalau ditinjau dari segi psikologis dengan menggunakan pendekatan secara religi, insyaallah sakit lever atau hepatitis masih bisa sembuh. Tidak ada cara lain untuk sembuh, maka kita harus mau kembali kepada Sang Penyembuh yaitu ALLAH.

Secara faktor psikologis, sakit lever atau hepatitis ini timbul sebagai akibat dari sifat atau perilaku yang kaku, bahkan keras. Yaitu jika memiliki pendapat itu kaku, tidak mau diberikan pendapat oleh orang lain. Perilaku yang lain adalah emosi tinggi yang disimpan dihati, bahkan timbul rasa tidak suka kepada orang lain yang berlebihan. Maka dari itu muncullah ungkapan âhatinya kaku dan kerasâ tidak bisa dibelokkan. Dari sifat yang kaku dan keras inilah maka penyakit lever atau hepatitis bisa muncul.

Terus bagaimana solusinya? Solusinya tidak lain adalah merubah semua perilaku yang kaku dan keras ini menjadi lunak. Terimalah masukan orang lain, dengarkanlah pendapat orang lain, jangan paksakan pendapat kepada orang lain dll.

Cara kedua adalah meminta ampun kepada Allah setiap waktu. Sholatlah tahajud dan lalu mohon ampun atas semua kesalahan yang sudah diperbuat. Insyaallah dengan merubah semua perilaku yang kaku dan keras ini serta memohon ampun dan kesembuhan kepada Allah, Allah akan kembali mengempukan hati yang keras ini. Jika hati yang sudah keras ini sudah diempukkan oleh Allah, maka artinya adalah kesembuhan.

Kenapa sholat tahajud? Sholat tahajud dilakukan di sepertiga malam, dalam kondisi yang sepi ini maka doa akan lebih khusyuk. Dasar sholat tahajud kan jelas di Al Quran, Surat Al âIsraaâ ayat 79.

Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahhan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

Sholat adalah ibadah yang sangat lengkap, semua permintaan sudah ada disini. Allah Maha Pengampun dan Maha Penyembuh. Tidak usah berkecil hati ketika ditimpakan kesulitan atau sakit. Ketika ditimpa sakit atau kesusahan artinya Allah masing sayang dan mengingatkan kita untuk kembali kepada-Nya. Mari kita kembali kepada Allah, tempat dari segala tempat untuk mengajukan berbagai macam proposal dan kepentingan.

Perihal Lever. Adakah obat yang beredar di masyarakat yang dapat mengakibatkan penyakit ini?
Q. Dari bermacam obat yang beredar di masyarakat, adakah obat yang dapat mengakibatkan Lever? Mungkin akibat dari salah pakai atau kelebihan dosis? Jangka waktu berapa lama hingga akhirnya disebut menderita Lever? Apa nama dari jenis obat tersebut?
Terima kasih

A. ada
salah satunya parasetamol yang kita kenal sebagai analgetik dan penurun panas.
metabolit parasetamol bersifat hepatotoksik yang berbahaya bagi lever jika dikonsumsi dalam kurun waktu yang lama.
oleh karena itu, pengobatan dengan parasetamol hanya bertujuan untuk meredakan gejala, bukan menghilangkan penyakitnya.
sehingga, apabila gejala sakit kepala hilang, konsumsi parasetamol harus dihentikan.
sekian.

cowok yang dulu pernah menyakiti aku ternyata mengidap penyakit lever?
Q. cow itu dulu pernah menyakiti ak dan kami pun udah putus kontek sekitar 1bulanan dan ak mendapat kabar katanya dia terkena penyakit lever dan karena terlalu banyak memikirkan ak,apa yang harus ak lakukan sedangkan cow itu masih punya istri dan anak.dan kami tinggal di satu kompleks.disatu sisi ak takut dikecewakan lagi dan disisi lain ak tidak tega melihat dia sakit.thanks

A. Hi,

dear @meteor girl, pusatkan pikiran anda saat ini pada kenyataan.

anda benar bahwa anda peduli akan keadaan orang lain, tetapi anda juga harus melihat kenyataan bahwa dia sudah berkeluarga.
apa yang ingin anda lakukan untuk dia, menolong dia lalu bagaimana !

mungkin anda dapat menolong sebagai orang lain yang tidak ada hubungan apa-apa, tetapi bukan sebagai kekasih,
bagaimana perasaan keluarganya.
pikirkanlah masak-masak tentang hal ini,

dia memang sudah 2 x mengecewakan anda

- dia sudah berkeluarga dalam arti dia tidak bisa lepas dari istrinya atau dia tidak mau melepas istrinya itu sudah jelas

- dia bilang dia sakit lever '' karena dia memikirkan anda ''.
apakah anda yakin sakit levernya karena anda!, saya rasa tidak.
sakit lever timbul karena pola hidup yang tidak diperhatikan seperti terlalu banyak makan makanan yang banyak mengandung zat pengawet, warna dll , cara hidup yg sembarangan seperti kurang isttirahat karena terlalu banyak bekerja dll.

jadi kalau dia bilang karena dia memikirkan anda, itu sama sekali tidak benar.

yang @Della mau menerangkan disini adalah, si-dia mengekspos keadaan dirinya untuk '' memanipulasi diri anda lagi atau kembali ''.

saya tahu anda sangat bingung dengan situasi ini, tetapi kalau anda baca baik-baik tulisan saya diatas, maka anda bisa menemukan kebenaran mengapa anda '' dikecewakan oleh si-dia ''.
berpikirkah sekali lagi sebelum anda jatuh dikecewakan kembali.
anda sudah dewasa dan anda berhak menetapkan sendiri jalan hidup anda, bila ia benar-2 mencintai anda, maka cinta dia '' tidak terbagi apapun alasan dia '', kecuali anda memang mau menjadi orang kedua dalam hidup dia dalam perkawinan.

advis @Della, jangan cepat jatuh iba / kasihan dengan taktik seperti ini.
saya tahu anda berhak bahagia dalam hidup ini, tetapi tidak dengan cara demikian.

thnx

sebenarnya hati itu jantung kita atau hati (lever) kita, atau cuma kata yang klise yang gak bisa dipastikan ?
Q. sebab kalau itu memang jantung berarti semua sakit hati itu adalah sakit jantung, trus bukannya kalau sakit hati ke lever ? gimana ya ... ada yang bisa bantu jelasin ???

A. Ni jawabnya:
Hati (kata benda nyata) = lever (kata benda nyata). Contoh barangnya banyak di restoran padang, dijual sebagai gulai hati sapi.
[ Inggris ] Heart (kata benda nyata) = jantung (kata benda nyata). Keberadaannya bisa anda rasakan dengan sentuhan tangan didada anda.
[ Inggris ] Heart (kata benda abstrak) = hati (kata benda abstrak). Karana barangnya abstrak, tidak bisa saya kasih lihat. Gambarannya kalau anda sakit hati sama pacar, nah itu dia.

"Sakit hati" dalam bahasa Indo bisa berkonotasi dua arti. Levernya sakit (benda nyata), atau sakit hati abstrak seperti ditinggal pacar diatas. Tetapi "sakit hati" lebih sering (80%) berarti sakit hati abstrak. Kalau hati betulan (lever) yang sakit, biasanya orang mengatakannya "sakit lever".

Penyakit Tumor Lever?
Q. Pertanyaan saya:
1. Apa penyebab tumor lever?
2. Tanda-tandanya?
3. Cara penyembuhannya/obatnya?
4. Makanan/minuman yang harus dimakan?
5. Pantangannya?
6.Apa bisa disembuhkan..?

Terima kasih untuk jawabannya..

A. Mungkin lebih tepat disebut kanker liver.
Kanker liver, sebagaimana kanker lainnya terjadi karena adanya inflamasi/infeksi tahunan yang tidak kunjung sembuh. Dalam kasus liver, penyebab utamanya adalah infeksi virus hepatitis C, A dan B.

Tandanya: sering lemah/lesu, mata dan kulit kuning, ada pembengkakan pada perut/abdomen atas dan tentunya diketahui setelah Anda menjalani pemeriksaan darah (SGOT, SGPT dan AFP).

Kalau sudah kanker, masih perlu dilihat, apakah bisa dilakukan resection (pengangkatan tumornya), atau perlu dilakukan kemoterapi. Pada stadium lanjut (advance) stage, biasanya juga dicombine dengan targeted therapy dengan obat-obatan canggih, seperti: sorafenib (yg harganya bs puluhan juta).

Lebih baik juga dibarengi dengan herbal, seperti Typhonium Plus (dari Keladi Tikus) dan diimbangi dengan diet bebas lemak&protein tinggi.

Tergantung stadium, kalau masih stadium dini, mudah-mudahan dengan treatment yang tepat serta disiplin dari pasien (utk jaga pola makan) bisa disembuhkan.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment