Friday, March 1, 2013

Bagaimana cara menghilangkan atau mengurangi rambut uban dikepala ?

Q. Saya sangat terganggu sekali dengan rambut uban di kepala saya. Terutama dibagian atas kepala (ubun-ubun) . Sulit sekali kalau saya coba cabut sendiri dan saya dengar kalau dicabut akan bertambah banyak rambut uban nya. Menutup rambut uban dengan cara mewarnai rambut percuima, karena akan tumbuh rambut uban yang baru lagi. Apakah ada yang tahu cara menghilangkan atau mengurangi pertumbuhan rambut uban dikepala saya ? Mungkin berupa obat atau ramuan tradisional ? Thanks.

A. klo udh umur tua emang udah wajar, klo anda msh muda mungkin anda sering ganti2 sampoo, cara efektif d semir rambut aja. yg sesuai dgn jenis kulit kepala.

permasalahan rambut nih?
Q. apa penyebab tumbuhnya rambut uban pada usia masih muda,saya mengalaminya pada umur 18 tahun bahkan yang se usia saya juga banyak yang mengalaminya.?apa mungkin saya dulunya memakai minyak rambut BRISK tapi sekarang minyak rambut tsb kayanya sdh tidak ada di pasaran.atau juga gonta ganti shampo juga ada pengaruhnya

A. Uban adalah gejala yang sering muncul pada orang yang sudah lanjut usia. Uban sering kali diidentikan dengan datangnya usia lanjut bagi manusia. Pada saat ini, uban tidak hanya menjadi identitas kamum lanjut usia belaka, namun kawula mudapun sudah banyak yang didera oleh uban ini. Munculnya rambut putih merupakan gejala adanya gangguan sintesa protein. Sel melanosit jadi tak mampu lagi menghasilkan pigmen sehingga rambut menjadi kehilangan warna. Bila uban sudah muncul di rambut, terkadang tangan terasa gatal ingin mencabutinya. Padahal cara ini justru membawa efek buruk. Jika uban dicabut, hal itu akan merusak pori-pori rambut serta mengganggu saraf akar rambut.

Proses terjadinya uban seringkali dihubungkan dengan bertambahnya usia. Namun ada juga penyebab lain yang bisa mendorong munculnya uban walau usia masih terbilang muda.Faktor genetik merupakan faktor penyebab yang cukup kuat. Jika ayah atau ibu kita sudah beruban ketika menginjak usia 30-an, maka kemungkinan besar kita pun akan mengalami hal yang sama.

Faktor lain yang dapat menjadi penyebab timbulnya uban adalah: 1) Stres, 2) Kurang gizi, 3) Syok, 4) Kekhawatiran atau kesedihan yang terlalu dalam, 5) Ketegangan, dan 6) Sakit keras. Kondisi tersebut akan memperlambat produksi pigmen sehingga muncullah rambut putih atau uban.

Sejumlah cara (tips) yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mencegah timbulnya uban adalah:

1. Memberi nutrisi yang cukup pada rambut. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar. Vitamin A banyak terdapat dalam sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.
2. Vitamin B berperan dalam melancarkan produksi minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. Vitamin B banyak terdapat dalam sayuran hijau daun, sereal, hati, yogurt, pisang.
3. Mineral yang esensial bagi rambut adalah zinc, zat besi, dan copper. Banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut (sea food).
4. Protein, terutama nabati amat penting untuk menjaga tekstur rambut dan membuatnya tetap bersinar. Banyak terdapat dalam biji-bijian, terutama kedelai.
5. Terapkan pola hidup sehat, tingginya tingkat stres akan mempercepat munculnya uban
6. Konsumsilah nutrisi yang bergizi, rambut putih muncul karena produksi pigmen warna rambut yang disebut melamin terhambat. Dengan menkonsumsi nutirsi yang bergizi maka prosuksi peigmen tersebut akan ikut meningkat.

Pola hidup sehat dan menkonsumsi makanan yang bergizi akan sangat membantu untuk mencegah timbulnya uban. Uban yang muncul pada usia muda merupakan warning (peringatan) bahwa pola hidup kita tidak sehat dan harus segera di perbaiki sebelum terlambat.

apakah uban itu rambut yang berevolusi?
Q. uban itu sebenarnya apa sih?
aku pernah meneliti kalo uban itu akarnya lebih panjang dari rambut normal, apakah umumnya memang begitu?

apakah rambut uban lebih tahan rontok dari pada rambut biasa?

kalo begitu dapat disimpulkan uban adalah rambut yang 'bervolusi' menjadi lebih baik?

A. Wuah.. Teori yg menarik !! aku baru tahu tuh.... tapi bukankah uban terjadi krn tubuh kurang memproduksi zat pigmen krn usia tua atau kekurangan hormon tertentu ?

cara hilangin rambut beruban?
Q. aku punya rambut uban kadang 3 sekali aku semir...tapi belom ada sebulan ubannya kelihatan sampai aku pasrah.tau sih ada cara tradisional.tapi kok kayake harus telaten gitu.aku bingung.gimana nya cara ilanginnya.padahal umurku masih di bawah 20 thn.tapi ubannya dah lebihin ortuku.tolong kasih tau dung

A. KURANG VITAMIN B5

rambut ber uban di usia muda apakah bisa hilang ?
Q. rambut ber uban karena pigmen mati kan karena sering di cat rambut..
apakah ada obat tradisional untuk menumbuhkan pigmen hidup kembali agar rambut bisa hitam kembali ???
thanks

A. Saya pernah mengalami....
Coba sering berdiri dengan kepala dibawah , bersandar di tembok....




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment