Tuesday, December 25, 2012

Malaria tertiana itu bahaya gak sih?

Q. setngah bulan yg lalu aku kena malaria tertiana. skrg uda sembuh. tpi hampir tiap hari aku pusing sejak kena malaria tertiana. apa iya pusingnya dateng karena kondisi tubuh kurang istirahat/kecapekan? soalnya aku lumayan sering main laptop... takutnya kambuh deh. kira2 malaria tertiana itu bahaya gak sih? trus gmana cara menjaga kondisi tubuh biar gak kambuh malaria? jawab ya, thx

A. Untuk pengobatan malaria, beberapa jenis obat (lihat juga âObat Malariaâ) yang dikenal umum adalah:
- Obat standar: klorokuin dan primakuin
- Obat alternatif: Kina dan Sp (Sulfadoksin + Pirimetamin)
- Obat penunjang: Vitamin B Complex, Vitamin C dan SF (Sulfas Ferrosus)
- Obat malaria berat: Kina HCL 25% injeksi (1 ampul 2 cc)
â obat standar dan Klorokuin injeksi (1 ampul 2 cc) sebagai obat alternatif.



Malaria Tertiana. Malaria tertiana disebabkan oleh parasit Plasmodium vivax yang ditularkan oleh penyakit Anopheles. Spesies Plasmodium vivax ini menyebabkan penyakit âMalaria tertiana benignaâ atau disebut malaria tertiana. Nama tertiana adalah berdasarkan fakta bahwa timbulnya gejala demam terjadi setiap 48 jam. Nama tersebut diperoleh dari istilah Roma, yaitu hari kejadian pada hari pertama , sedangkan 48 jam kemudian adalah hari ke 3.

Penyakit malaria tertiana banyak terjadi di daerah tropik dan sub tropik. Hampir 43% kejadian penyakit malaria disebabkan oleh Plasmodium vivax. Proses schizogony exoerytrocytic dapat terus terjadi sampai 8 tahun, disertai dengan periode relaps, disebabkan oleh terjadinya invasi baru terhadap erythrocyt. Kejadian relaps terciri dengan pasien yang terlihat normal (sehat) selama periode laten. Terjadinya relaps juga erat hubungannya dengan reaksi imunitas dari individu.

Plasmodium vivax hanya menyerang erytrocyt muda (reticulocyt), dan tidak dapat menyerang/tidak mampu menyerang erytrocyt yang masak. Segera setelah invasi kedalam erytrocyt langsung membentuk cincin., cytoplasma menjadi aktif seperti ameba membentuk pseudopodia bergerak ke segala arah sehingga disebut âvivaxâ.

Malaria Tertiana yang disebabkan oleh parasit Plasmodium vivax memunculkan gejala malaria seperti demam setiap tiga hari sekali. Malaria tertiana termasuk jenis penyakit malaria yang tidak berbahaya, tetapi jika tidak dirawat dapat juga merengut nyawa.

Saya sudah 6 tahun menderita malaria,,apa nama obat yang ampuh agar sembuh?
Q. bagi saudara yang pernah malaria menahun dan sudah sembuh,,tolong kasih jawaban,,trims sebelumnya...

A. Jawaban Saya Sama dg yg dulu :

Mungkin Pengobatan yg anda lakukan Gak tepat. ( kok sampai 6 tahun )
Obat anti malaria yang ada di Dunia dikelompokkan jadi :
- Kelompok Kuinolin ( Klorokuin, kina, primakuin, amodiakuin, meflokuin dan halofantrin )
- Kelompok Anti Folat : Sulfadoksin, pirimetamin, proguanil, klorproguanil. dan dapson
- Kelompok antimalaria Baru : Artemisinin, Lumefantrin, Atovakuon, Tavenokuin, Pironaridin, Piperakuin, Artemizon, WR99210, dan antibiotik.

Obat yg anda makan itu yg standar, malah itu obat malaria yg pertama ada, dan emang sudah banyak yg resisten dg obat itu, mungkin termasuk anda.
Coba kunjungi dokter, ceritakan kalo anda telah menderita sampai 6 tahun. Kalo perlu bilang aja minta pengobatan radikat dengan primakuin, ini perlu kepatuhan anda minum obat sampai 5 hari.
Memang beberapa dokter melakukan pengobatan hanya diagnosis klinis, pengobatan dilakukan dg monotherpy dg obat standar, karena dg pertimbangan ketersediaan primakuin biasanya terbatas ( artinya juga Mahal )

Sementara obat alternatif lain bisa dibarengkan, tentunya dg konsultasi Dr unt menentukan kompabilitasnya, Gak pakai obat alternatifpun Gak papa.

Moga cepet sembuh

Lengkapnya liat sini http://www.litbang.depkes.go.id/~djunaedi/data/Emil.pdf

Apa sih pantangan orang sakit malaria?
Q. aku uda check up dokter, katanya aku sakit malaria tertiana. katanya malaria ini ga bahaya. tapi pas aku tanya dokternya "dok, kalo sakit malaria ada pantangannya gak??" abis itu dokternya bilang Gak ada... ga ada pantang2an untuk sakit malaria... aku jadi bingung deh.... tolong jawab ya thx

A. Malaria tersiana,,, satu lagi malaria tropika..
Untuk malaria hanya tidak boleh kecapaian, makan teratur, istirahat yang cukup..
malaria akan kembali kambuh bila kondisi tubuh menurun..
Saya tinggal di papua.. malaria sudah biasa,,dan semua orang bilang pantangan malaria itu saja..
semoga lekas sembuh

Pantangan makanan/minuman orang yang sakit/sudah sembuh dari Malaria apa?
Q. Saya baru sembuh dari penyakit malaria paling ringan, malaria tertiana. dan Kata teman saya, orang malaria (yang sudah sembuh) tidak boleh makan mie kuning, ikan parang, dan apalagi minum soda2. Tapi, pas saya check up ke dokter pas minggu yg lalu, kata dokter untuk penyakit malaria GAK ada pantangannya.... berarti apakah saya aman makan mie kuning atau minuman soda? apa benar penyakit malaria gak ada pantangannya dan aman makan apa saja? mohon djawab, thx

A. Yakinlah pada dokter anda. Tidak ada pantangan makanan bagi mantan penderita malaria. tapi tentunya anda harus menjaga makanan, dan hanya makan makanan yang bersih. Karena mungkin saja kalu anda makan sembarangan, meski malarianya sembuh, malah sakit demam thyphoid (typus).

Pantangan makanan/minuman orang yang sakit/sudah sembuh dari Malaria apa?
Q. Saya baru sembuh dari penyakit malaria paling ringan, malaria tertiana. dan Kata teman saya, orang malaria (yang sudah sembuh) tidak boleh makan mie kuning, ikan parang, dan apalagi minum soda2. Tapi, pas saya check up ke dokter pas minggu yg lalu, kata dokter untuk penyakit malaria GAK ada pantangannya.... berarti apakah saya aman makan mie kuning atau minuman soda? apa benar penyakit malaria gak ada pantangannya dan aman makan apa saja? mohon djawab, thx

A. Menurut pendapat saya tidak ada patangan makanan/minuman orang yang sakit/sudah sembuh dari malaria.

Tapi dari internet, ada pendapat (lihat: lapar.com/makanplus/penyakit-dan-pantangannya/)
Makanan yang harus dihindari adalah kopi, teh kental, makanan olahan, saus, bumbu masak, acar, gula, tepung putih, minuman beralkohol, dan semua produk daging.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment