Tuesday, December 25, 2012

Apakah TBC bisa di sembuhkan?

Q. Saya suspect penderita TBC, dari hasil Rontgen menunjukan adanya bagian dari paru-paru saya yang tertutupi bagian putih. Pertanyaan saya, apakah TBC mungkin disembukan, model perawatan apa yang harus saya jalani untuk kedepannya. Saya mantan perokok, untuk informasi. Terima kasih.

A. Bisa!
Penyakit TBC bisa disembuhkan secara tuntas apabila penderita mengikuti anjuran tenaga kesehatan untuk minum obat secara teratur dan rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Pola hidup sehat adalah: dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan hidup kita, rumah harus mendapatkan sinar matahari yang cukup (tidak lembab), dll. Selain itu hindari terkena percikan batuk dari penderita TBC.

Merokok dapat menurunkan daya tahan dari paru-paru, sehingga relatif akan mempermudah terkena TBC.

Bakteri TBC dapat hidup berbulan-bulan walaupun sudah terkena antibiotika (bakteri TBC memiliki daya tahan yang kuat), sehingga pengobatan TBC memerlukan waktu antara 6 sampai 9 bulan. Walaupun gejala penyakit TBC sudah hilang, pengobatan tetap harus dilakukan sampai tuntas, karena bakteri TBC sebenarnya masih berada dalam keadaan aktif dan siap membentuk resistensi terhadap obat. Kombinasi beberapa obat TBC diperlukan karena untuk menghadapi kuman TBC yang berada dalam berbagai stadium dan fase pertumbuhan yang cepat.

Orang yang telah sembuh dari penyakit TBC dapat terjangkit kembali, karena walaupun sudah sembuh dari penyakit, namun tidak ada kekebalan seumur hidup. Jadi bila telah sembuh dari penyakit TBC kemudian tertular kembali oleh kuman TBC, maka orang tersebut dapat terjangkit kembali.

Semoga informasi ini membantu ^_^

apa tbc keturunan dapat di sembuhkan.poin 5.?
Q. saya takut klo sy jg tbc.karena ibu sy dulu mengidap pnykit tbc.nha pertanyaan nya apkah penyakit tbc keturunan dapt disembuhkan sm halnya dengn tbc biasa.

A. TBC itu penyakit infeksi dari mycobacterium tuberculosa BUKAN penyakit turunan/genetik
jika ada keluarga yg menderita tbc, cara pencegahannya adl dg menggunakan masker. Terutama jika pasien tb batuk maka harus ditutup. Karena penyebaran droplet dr bakteri tb keluar saat pasien tb batuk.
Penyakit tb ini bisa sembuh asalkan pasien mengkonsumsi OAT (obat anti tuberkulosa) secara RUTIN. kalau tdk rutin akan menyebabkan resistensi obat. Dan bakteri akan berkembah lebih banyak lagi

Mengapa obat TBC harus 6 bulan?
Q. Obat TBC, pil berwarna merah besar, diberikan kepada pasien selama 6 (enam) bulan. Mengapa harus sebegitu lama mencapai 6 bulan? Mengapa pula diberikan secara cuma-cuma alias gratis di Puskesmas?

A. TBC (tuberculosis) merupakanpenyakit paru yang disebabkanoleh kuman mycobacterium tuberculosis. Mycobacterium tuberculosis merupakan jenis bakteri tahan asam , bakteri ini sulit untuk ditembus antibiotik. Obat yang diberikan selama 6 bulan tersebut merupakan kombinasi dari antibiotik, tujuan pemberian antibiotik dengan jenis bermacam2 adalah untuk mencegah terjadinya resistensi dari satu mcam antibiotik, kenapa diberikan dalam 6 bulan? karena bakteri tersebut sulit untuk d bunuh, pada 2 bulan pertama pemberian obat telah membunuh sebagian besar bakteri namun masih ada bkteri yang hidup, oleh karena itu dilanjutkan 4 bulan berikutnya. TBC merupakan penyakit menular,ditularkan melalui droplet (air liur yang sangat kecil) yang terhirup. satu orang penderita TBC dapat menularkan 10 orang,,oleh karena itu bila TBC tidak diobati maka akan sangat banyak orang yang terinfeksi TBC, oleh karena itu program pemerintah menggratiskan obat TBC. Indonesia merupakan negara dengan peringkat ke3 sedunia penderita TBC setelah India dan cina.

Penyakit Tbc bisa kambuh lagi apa tidak?
Q. lima tahun yang lalu saya terkena Tbc setelah pengobatan 6 bulan dan tes dahak saya dinyatakan berhasil/sembuh.yang saya tanyakan apakah penyakit saya ini bisa kambuh lagi atau tidak.karena akhir-akhir ini saya merasa batuk lagi dan dada saya terasa nyeri.apakah itu disebabkan saya sekarang sudah sering tidur terlalu malam dan sedikit mulai merokok lagi?sekian pertanyaan saya semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang lain..trimakasih.

A. penyakit tbc bisa sembuh total asal berobat secara terus menerus sampai dikatakan sembuh oleh dokter,kebanyakan pasien tbc tidak disiplin,seperti males minum obat contohnya. sebaiknya kamu rajin minum obat terus sesuai anjuran dokter

Bagaimana cara pencegahan penularan Kuman TBC, bila kita hidup serumah dengan penderita TBC?
Q. Kuman TBC menular via udara / dahak/ ludah penderita, bgm cara untuk mencegah menularnya kuman TBC bila kita tinggal serumah dengan penderita, ataupun kita berhadapan dgn orng awam penderita TBC yg tdk kita ketahui?

A. Bakteri TBC itu sebenarnya sudah ada ditubuh kita, tapi dlm kondisi tidak aktif dan akan aktif apabila sistem imun kita menurun drastis. Jadi selama tubuh kita fit maka TBC ga kan menyerang.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment