Thursday, December 13, 2012

apa keistimewaan otot jantung?

Q. keistimewaan otot jantung

A. keistimewaan : otot jantung adalah salah satu otot yang bekerja secara tidak sadar.. sehingga kita tidak perlu menyuruh / memberi perintah kepada otot tersebut untuk bergerak... sehingga otot jantung akan terus bekerja tanpa kita perintah... tanpa otot jantung, jantung kita mungkin tidak akan bisa bergerak dan akan mengakibatkan kematian.



Otot jantung (MYOCARDIUM) adalah sejenis otot yang mempunyai keistimewaan bahwa otot ini tidak dikendalikan oleh kesadaran (otak). Seperti halnya otot-otot lain, otot ini bisa berkontraksi dan mengkonduksikan impuls-impuls elektris, seperti neuron dalam saraf. Suplay darah ke otot ini didapatkan dari arteri koroner. Lalu kenapa kok bisa gelap terang?

Hal ini dikarenakan didalam myocardium terdapat dua subset kendali otot yang berkerja berlawanan. Yang satu digunakan untuk menkontraksi jantung, yang lain untuk me release. Hal ini dikarenakan jantung harus berkerja tanpa kendali otak, oleh sebab itu otot dalam jantung harus dapat melakukan pekerjaannya tanpa interverensi otak.

tentang jantung?
Q. mau tanya,kalau jantung kurang oksigen, apa penyebabnya,bahaya ngak?apa obatnya?nama penyakitnya apa?tolongnya

A. eh, ini maksudnya sel jantung sendiri itu kan yg kekurangan darah?

mau nambahin dikit aja dari yg uda dijawab.
Pertama, penyebabnya,, bisa bermacam2, salah satunya arteri koroner jantung yang tersumbat. Nha, si jantung itu kan punya peredaran darah sendiri, yaitu peredaran darah koroner. Jadi ga sama kayak peredaran darah tubuh yg ke seluruh tubuh ataupun ke paru2. Jadi, kalo pembuluh darah koroner ini tersumbat, ya jelas terganggu kan peredaran darahnya. Maka, oksigen tidak dapat diantarkan seperti normal, dan CO2 juga tak kan bisa dibuang seperti normal. Penyumbatan pembuluh darah koroner inilah yg disebut Penyakit Jantung Koroner.

"Emang kalo kurang oksigen kenapa"? ya jelas lah, sel2 jantung bisa mati. Pertama ia akan mengalami ischemic, kekurangan O2. Jika keadaan ini lama dibiarkan, maka bisa terjadi infarc. Infarc adalah suatu kondisi khusus dimana jaringan itu mati karena kekurangan oksigen. Serangan kematian sel ini bisa terjadi akut, namanya Acute Myocard Infarc (akut= terjadi tiba2, myocard= otot jantung, dan Infarc = kematian jaringan karna kurang O2).
Ada ciri khas AMI ini, yaitu pada EKG, akan tampak elevasi gelombang ST (gelombang jantung kan kompleks P-QRS-T, lha ini di segmen S-T mengalami kenaikan gt)

"bahaya ngga?" Lha iya bahaya. Kematian otot jantung ini bisa mengakibatkan jantung berhenti. Awalnya, mungkin akan terjadi irama tak normal denyut jantung. Denyut tak normal jantung, ada kemungkinan peredaran darah ke tubuh dan paru juga akan tdk normal.

"apa obatnya?" jika benar telah terdiagnosis Acute Myocard Infarc, maka treatment yg digunakan adalah aspirin dengan dosis tertentu, yang dikombinasikan dengan Clopidogrel.
Kadang2 dibutuhkan operasi pembentukan pembuluh darah baru, ataupun bypass (tergantung kasus & keparahan).
begitu...

Lemah Jantung? Apa ada pengobatannya?
Q. Lemah jantung? Bahaya gak sih?
heheh.
bukan aku yang kena lemah jantung.
aku cuma mau tau buat penelitian aku.
huhh.

A. Lemah jantung adalah keadaan bila jantung tidak dapt mengepam jumlah darah yang cukup ke anggota badan.
Lemah jantung boleh terjadi akibat
Fungsi jantung rosak spt serangan jantung, darah tinggi
Lebih tekanan pada jantung spt valvular regurgitation
Sekatan aliran darah dari jantung spt aortic stenosis
Penyakit yang mengakibatkan pertambahan aliran darah spt anaemia
Kelemahan pengisian jantung spt pericarditis
Gangguan degupan jantung spt arrythmias.

kmu makan SRR (maaf ga bsa scr rinci, ntar dikira iklan).
mribka25@yahoo.com

jantung koroner akut?
Q. apa penyebab jantung koroner akut dan apa obatnya

A. maybe Kolestrol, byk makan makanan berlemak, sehingga aliran darah dan oksigen yg harusnya ke jantung terhalang sm timbunan lemak....

Klw jantung gampang berdebar apa itu tanda" penyakit jantung?
Q. Jantung suka langsung berdebar klw kaget/dpt berita buruk.

A. belum tentu,,karena saat kita kaget itu kita mendapat suatu tekanan yg membuat kontraksi jantung kita lebih cepat jika dibanding dalam keadaan normal,,hal itu wajar,,penyakit jantung dpt terjadi kalau jantung kita terutama di daerah arteri koronarianya mengalami sumbatan,,sehingga suplay darah k jantung terhambat




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment