Tuesday, June 4, 2013

infeksi saluran kemih?

Q. hai aq mo tnya nich, kira kira infeksi saluran kemih tu paan y, n dimana bisa dapet situs rujukannya. thank 4 u

A. Apa jadinya jika saluran kemih kita terinfeksi oleh bakteri? Bagaikan serangan gerilya, infeksi bakteri ke saluran kemih seringkali tak disadari oleh penderitanya. Bahkan, setelah terinfeksi pun, ada penderita yang tak merasakan gejalanya. Jika infeksi tak bergejala ini terjadi pada ibu hamil dan tak ditangani sampai tuntas, maka risikonya bisa merambat ke ginjal. Bahkan, jika tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan keguguran.



Apakah infeksi saluran kemih itu?

Infeksi saluran kemih adalah infeksi bakteri pada saluran kemih terluar (pembuangannya) sampai ke ginjal. Infeksi yang biasa ditemui adalah infeksi kandung kemih. Sementara infeksi lain yang sering terjadi adalah infeksi ginjal dan infeksi urethra (saluran membranosa yang mengalirkan urin dari kandung kemih ke luar tubuh). Infeksi ini bisa asimptomatik (tak bergejala), tetapi bakterinya tetap tumbuh di saluran kemih. Sebaliknya, ada juga yang bergejala, sehingga mudah dilacak oleh dokter.



Bagaimana mendeteksi infeksi saluran kemih?

Gejala infeksi saluran kemih pada setiap orang memang tidak selalu sama. Ada yang merasakan gejalanya seperti terbakar ketika buang air kecil, terasa selalu ingin buang air kecil setiap 30â60 menit, atau merasa seolah-olah ingin buang air kecil kembali ( anyang-anyangan ). Pada beberapa kasus, mungkin terlihat sedikit darah pada air seninya yang baunya sangat menyengat.

Untuk infeksi yang tidak bergejala (asimptomatik bakteriuria), dokter Anda dapat memeriksa dengan tes urin di laboratorium. Asimptomatik bakteriuria pada ibu hamil harus segera ditangani.



Apa penyebab infeksi saluran kemih?

Lemahnya pertahanan tubuh telah menyebabkan bakteri dari vagina, perineum (daerah sekitar vagina), rektum (dubur) atau dari pasangan (akibat hubungan seksual), masuk ke dalam saluran kemih. Bakteri itu kemudian berkembang biak di saluran kemih sampai ke kandung kemih, bahkan bisa sampai ke ginjal.

Wanita mamang lebih rentan untuk terkena infeksi ini dibanding pria, karena saluran urethra pada wanita yang lebih pendek dibandingkan dengan pria. Selain itu, berbagai perubahan hormon pada wanita hamil juga meningkatkan risiko menderita infeksi saluran kemih, seperti:

*

Riwayat kesehatan pasien yang pernah mengalami infeksi tersebut.
*

Pasien menderita diabetes mellitus .
*

Penanganan anemia sickle sell (anemia karena adanya kelainan pada sel-sel darah merah).
*

Adanya ketidaknormalan pada saluran kemih orang yang bersangkutan.
*

Kehamilan lebih dari tiga kali.
*

Adanya batu ginjal (nephrolithiasis ).



Bagaimana pengaruhnya terhadap janin?

Jika di masa hamil Anda mengalami infeksi saluran kemih dan tidak ditangani dengan baik, maka hal ini dapat menyebabkan infeksi ginjal. Infeksi ginjal dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Tidak itu saja, infeksi saluran kemih yang berat dapat menyebabkan infeksi yang meluas (sitemik) dan keadaan ini dapat menyebabkan kelahiran prematur. Infeksi saluran kemih yang berat juga sering mempengaruhi infeksi pada dinding rongga amnion (ketuban), sehingga menyebabkan ketuban pecah dini, yang akibatnya dapat meningkatkan risiko infeksi pada janin. Untungnya, asimptomatik bakteriuria pada kandung kemih atau saluran kemih ini, biasanya dapat ditemukan segera sebelum ginjal orang yang bersangkutan terinfeksi. Jika dokter segera menangani infeksi saluran kemih ini sejak dini dan ditangani sampai tuntas, maka hal ini tidak akan mengganggu kehamilan Anda maupun janin Anda.



Bagaimana menangani infeksi ini?

Dokter biasanya akan memberikan resep obat yang aman untuk Anda dan bayi Anda. Anda juga dapat membantu kesembuhan ini dengan minum banyak air putih untuk membantu mendorong bakteri keluar melalui air seni, dan tidak menunda buang air kecil.

Untuk mengetahui apakah pengobatan itu berhasil atau tidak, adalah dengan melihat tanda-tandanya. Jika suhu tubuh meningkat, menggigil, bagian bawah perut sakit, mual, muntah, atau sakit di ulu hati, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter. Demikian juga, bila Anda merasakan kontraksi, atau jika setelah minum obat dokter selama tiga hari tetapi masih terasa seperti terbakar ketika buang air kecil.



Bagaimana mencegah infeksi ini?

Ada beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah infeksi saluran kemih ini, antara lain:

*

Minumlah banyak cairan (dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas air putih sehari).
*

Segera buang air kecil sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual.
*

Jika membersihkan kotoran, bersihkan dari arah depan ke belakang, agar kotoran dari dubur tidak masuk ke dalam saluran kemih.
*

Periksakan air seni secara rutin selama kehamilan. Dengan pemeriksaan tersebut akan dapat segera diketahui apakah Anda terinfeksi atau tidak.
*

Jangan terlalu lama menahan keinginan buang air kecil.

tentang infeksi saluran kemih?
Q. saudara aku perempuan, ada yang kena penyakit infeksi saluran kemih,padahal umurnya masih 14 tahun.yang aku mau tanyain adalah:
1.apa sih penyebab infeksi saluran kemih?(maksud aku penyebab utamanya,klo bsa secara rinci)
2.apa ada akibatnya dengan alat reproduksi?apalagi saudara aku itu masih remaja.takutnya nanti ada hal yang tidak diinginkan.
3.bagaimana supaya penyakit itu tidak kambuh?soalnya saudara aku itu kadang penyakitnya kambuh.

makasih ya bwt tmen" yg dah mw jawab.

A. Penyebab infeksi saluran kemih (ISK) adalah bakteri. Mungkin disebabkan karena setelah BAB, dia tidak membersihkan diri dengan cara yang benar (dari depan ke belakang, bukan sebaliknya karena bakteri dari BAB bisa masuk ke saluran kemih). Bisa juga karena bakteri yang tumbuh di pembalut saat haid. Kurang minum, suka menahan BAK, kateterisasi, perubahan hormon (terutama kehamilan) dapat memicu timbulnya ISK.

Jika ISK diobati dengan tuntas, tidak akan ada masalah, insya Allaah. Dokter biasanya memberikan antibiotik untuk menyembuhkan ISK. Saat saya hamil, saya mudah sekali terkena ISK, dan disarankan untuk banyak minum dan mengkonsumsi jus Cranberry atau pil supplemen Cranberry (ada di GNC). Juga tidak menahan BAK, mengenakan pakaian dalam katun dan sering ganti, memastikan setelah BAB membersihkan diri dengan tepat. Dan alhamdulillaah untuk saya sih sangat membantu mengobati dan mencegah ISK.

Untuk lebih lengkapnya, silakan baca link-link berikut ini, ya ...

infeksi saluran kemih,,,tolong duuunkkkk,,,?
Q. Hai Teman teman ,,,Saya wanita umur 29 tahun, sekitar 4 tahun lalu saya mengalami infeksi saluran kemih,lalu dokter beri saya obat dan sembuh. tapi sekitar 1 tahun lalu saya mengalaminya lagi lalu kedokter lg diberi obat dan sembuh.tapi setelah itu beberapa bulan kemudian saya merasa tiap malam hari saat tidur saya selalu terbangun ingin kencing walaupun saya sudah tidak minum bagian perut bawah saya terasa seperti anyang2an dan juga saat melakukan hubungan badan saya jg merasa ingin kencing.
apakah ini infeksi saluran kemih lagi ? kenapa ya tiap kali saya mengalami infeksi saluran kemih ? bagaimana mengatasinya ?
(saya juga sudah minum cranberry juice tiap hari 1 gelas. tapi tetap saja tidak sembuh.) Terima Kasih Banyak atas jawabannya.

A. coba minum obat ciprofloxacin 2x1 selama 3 hari jangan putus ya terus yang paling penting setiap bangun pagi wajib minum air putih kuran lebih 3-4 gelas sekali minum (emang pertama kali rasa mual muntah tapi lama lama akan terbiasa) terus usahakan dalam sehari habiskan 8 liter air putih coz infeksi saluran kemih bisa juga dari atau menyebabkan sakit ginjal dan obat paling mujarab adalah seperti yang aku sebutkan tadi AIR PUTIH
coz bukan hanya melancarkan peredaran darah juga mengobati berbagai penyakit coz semua berasal dari kelancaran peredaran darah.
thanks
mudah mudahan bermanfaat.....
selamat mencoba....

infeksi saluran kemih?
Q. apa ciri ciri infeksi saluran kemih?

A. Pedih, bernanah, cairannya bau tidak enak seperti biasanya. Gatal2 Segera ke dokter sebelum alat anda rusak dan DNA akan dirusak sampai keturuanan anda cacat. Jangan main dengan wanita kotor dan ber STD.

Infeksi saluran kemih?
Q. waktu bangun tidur,saya kencing bercampur darah.saya di diagnosa infeksi saluran kemih.saya melihat literatur bahwa bakteri tersebar karena adanya hubungan seksual.apakah orang yang masih perawan bisa terkena infeksi saluran kemih?kalau bisa,apakah penyebabnya?trm ksh

A. bisa mbak...

Krna sering nahan BAK, kelelahan + kurang hygiene genetal.

Mg bs membntu




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment