Saturday, June 8, 2013

asam lambung naik sakiiiit?

Q. bagaimana ciri-ciri penyakit asam lambung

A. Jika lapisan lendir (mukosa) pada lambung masih baik, maka walaupun asam lambung naik, tidak akan terasa sakit. Lapisan lendir (mukosa) ini berfungsi untuk mencegah agar lapisan otot dan kelenjar pada lambung tidak terkikis oleh asam lambung (HCl) yang merupakan asam kuat. Akan tetapi jika lapisan lendir tersebut tipis, maka lambung akan terasa sakit jika asam lambung naik. Rasa sakit dan nyeri ini disebabkan oleh rangsangan asam lambung terhadap lapisan mukosa lambung, sehingga ujung-ujung syaraf yang ada padanya lebih peka terhadap rasa nyeri. Rasa nyeri ini biasanya dirasakan di daerah ulu hati dan terasa jelas sehingga bisa ditunjukkan dengan pasti lokasinya. Kadang-kadang nyeri ini dirasakan di dinding dada depan atau bisa juga di punggung. Selain nyeri, rangsangan asam lambung tadi juga mengakibatkan munculnya rasa mual. Nyeri ini akan terasa saat lambung kosong dan hilang setelah diisi makanan.

Penyakit sakitnya lambung karena kenaikan asam lambung ini biasa dinamakan dengan âmaagâ. Maag adalah sakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam lambung yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan. Namun produksi asam di lambung dapat lebih besar dari yang dibutuhkan, bila pola hidup kita tidak teratur dan sehat.

Ciri-ciri sakit maag antara lain : nyeri perut bagian atas, rasa seperti terbakar, sakit kepala, lambung perih dan nyeri, kembung, mual dan kadang-kadang disertai muntah atau asam yang naik ketenggorokan, sering mengalami nyeri di ulu hati, lebih-lebih bila telat makan. Tidak semua penderita sakit maag merasakan adanya keluhan seperti tersebut di atas. Ada juga yang tanpa gejala, tapi tiba-tiba terjadi muntah darah atau buang air besar dengan darah yang menghitam. Oleh karena itu perlu waspada setiap saat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan pada semua usia. Karena begitu sering terjadi, maka penyakit ini termasuk salah satu masalah dalam bidang kesehatan.

Ada beberapa hal yang menjadikan seseorang bisa terserang radang lambung, antara lain:
a. Pola makan yang tidak teratur
b. Sering memakan makanan pedas dan asam
c. Stres emosi
d. Pemakaian obat golongan salisilat dan asam mifenamat (misal aspirin, ponstan) serta obat-obat rematik
e. Adanya penyakit seperti luka bakar, pembedahan gagal ginjal, dan lain-lain.
f. Alkohol dan rokok.

Semoga bisa membantu

penyakit asam lambung?
Q. Ada yang bisa menjawab, tentang penyakit asam lambung yang saya derita bertahun-tahun namun tak sembuh juga. Saya sudah capek menghadapi penyakit ini. Makan salah apalagi tidak makan...cape deh..tolong yang punya informasi ttg obatnya...thx ya..

A. saya pikir mungkin anda cuma menderita sakit maag biasa (sindrom dispepsia) atau mungkin juga lebih berat lagi dari sekedar sindrom dispepsia, seperti tukak lambung (ulkus gaster), gastritis (akibat obat, makanan, kopi, dll), atau sindrom asam lambung berlebih (zollinger ellison syndrome), atau refluks esofagitis (isi asam lambung naik sampai kerongkongan).

oleh karena itu menurut saya anda perlu berkonsultasi dengan seorang internis (ahli penyakit dalam), mungkin beliau dapat memberikan beberapa macam solusi untuk anda.

untuk obat, selain obat maag biasa (macam promag, milanta) yang isinya basa, ada juga obat penghambat histamin 2 (AH2 antihistamine-2), dan penghambat pompa proton (PPI proton pump inhibitor). tapi untuk obat2 seperti AH2 dan PPI tidak saya anjurkan membeli bebas, karena efek sampingnya juga lebih berat dari sekedar obat maag biasa.

SAYA MENGIDAP ASAM LAMBUNG?
Q. Betulkah pnyakit ASAM LAMBUNG dapat membuat perasaan mnjadi gelisah, jntung berdebar2.
Dan dapat membuat stress.

A. terbalikâ¦â¦â¦â¦

Stress, perasaan gelisah dan makan tdk teratur yg membuat asam lambung meningkatâ¦â¦â¦

dan akhirnya u akan mengalami maag, ataw gastritisâ¦â¦â¦

jika gastritis parah, akan terjadi nyeri hebat d'perut, muntah2, bahkn kelumpuhan sementara

asam lambung langsung tinggi setelah makan siang?
Q. kira- kira penyebab asam lambung langsung meningkat dagi segi apa ya?ada yg bisa info?
Menu : Lontong balap (lontong, tahu, lentho, sayur kecambah, dg sedikit kecap dan petis), sate kerang, minum teh tawar

A. Peningkatan asam lambung yang berlebihan dalam
dunia kedokteran sering disebut dengan hiperasiditas. Peningkatan asam lambung ini dapat menyebabkan dispepsia (berkurangnya daya atau fungsi pencernaan; nyeri lambung)(Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008) atau yang sering dikenal dengan sakit maag. Dispepsia atau sakit maag adalah gangguan yang terjadi pada saluran cerna bagian atas. Asam lambung yang berlebih akan mengaktifkan rangsang nyeri sehingga biasanya penderita mengeluhkan kembung, nyeri di ulu hati,
mual, dll yang merupakan gejala dari sakit maag. Peningkatan asam lambung yang berlebih dapat mengenai baik pria maupun wanita. Beberapa penyebab meningkatnya asam lambung : 1. ketidakteraturan waktu makan 2. stres fisik (misal pada pembedahan, penyakit berat, luka bakar) maupun mental 3. merokok 4. kopi 5. alkohol 6. obat â obatan tertentu, dll. Berdasarkan dari penyebab meningkatnya asam lambung, maka menghindari faktor penyebab merupakan pencegahan yang terbaik. Namun demikian bila sudah mengalami peningkatan asam lambung maka beberapa obat yang dapat dipakai untuk menekan asam lambung atau menetralkan asam lambung adalah sebagai berikut : 1. antagonis H2 reseptor (contoh : simetidin, ranitidine, famotidin) Obat â obat ini bekerja dengan menghambat pengeluaran (sekresi) asam lambung. Obat ini dapat melewati tali pusat dan ASI 2. antasida (magnesium hidroksida/aluminium hidroksida) antasida adalah obat yang menetralkan asam lambung. Antasida tidak mengurangi jumlah asam lambung yang keluar. Antasida lebih aman digunakan untuk wanita hamil dan menyusui 3. penghambat pompa proton (contoh : omeprazole, pantoprazole, lansoprazole) penghambat pompa proton merupakan penghambat sekresi asam lambung lebih kuat dibandingkan dengan antagonis H2 reseptor. Penghambatan berlangsung lama antara 24 â 48 jam dan produksi asam baru kembali 3 â 4 hari setelah pengobatan dihentikan. 4. misoprostol misoprostol selain berfungsi untuk menghambat pengeluaran asam lambung, misoprostol juga berfungsi untuk mencegah terjadinya tukak saluran cerna yang disebabkan oleh obat â obat pereda nyeri. Misoprostol tidak boleh diberikan pada wanita hamil. Selain penggunaan obat â obat di atas, menjaga pola makan yang sehat dan istirahat yang cukup juga diperlukan. Karena dengan menjaga pola hidup sehat, kemungkinan untuk terjadi kekambuhan menurun.

kadar asam lambung normal ?
Q. Ph kadar asam lambung normal

A. pH lambung harus dipertahankan minimal di atas 3, bahkan untuk penyakit tertentu seperti esofagitis refluks, pH dipertahankan di atas 4. Pada pH di atas 3 secara fisiologi aktivitas pepsin sangat menurun, sedang pada pH di atas 4 aktivitas pepsin hampir tidak ada.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment