Saturday, June 8, 2013

aku kurang darah ni!?

Q. aku sering lemas, pusing apa ini gejala kurang darah.
terus aku harus bagaimana ya supaya darah aku stabil lagi?

A. Bambang,

Mungkin itu memang gejala kurang darah. Namun belum tentu juga. Kurang darah atau anemia, harus memiliki beberapa kondisi tertentu sehingga bisa benar-benar dikatakan anemia. Semisal konjungtiva yang pucat secara klinis, atau kadar hemoglobin di bawah 12g/dL secara laboratoris.

Dan kamu harus memeriksakannya agar bisa menentukan bahwa itu anemia. Karena jika bukan, percuma saja kamu terapi anemia, toh itu bukan anemia, nanti terapinya jadi sia-sia, dan kamu malah stres karena gejalanya tidak mengalami perbaikan ^_^

Jika nanti terbukti anemia, kamu harus mencari tahu apa penyebab anemiamu. Apakah karena asupan nutrisimu kurang,apakah karena kamu mengalami perdarahan kronis tanpa kamu sadari (semisal perdarahan lambung karena tukak lambung atau gastritis kronis), atau karena infeksi parasit, semisal cacingan. Karena tiap penyebab memiliki pendekatan terapi yang berbeda-beda.

Semisal asupan yang kurang harus diganti dengan makanan yang bernutrisi tinggi, kaya zat besi, asam folat dan protein, sebagaimana komponen-komponen penting dalam pembentukan hemoglobin dan sel darah merah. Usahakan nutrisi alami dulu, jika dirasa kurang, dapat dipacu dengan suplemen kaya besi, seperti ferosulfat.

Kalau ternyata penyebabnya perdarahan, maka perdarahan harus dihentikan. Percuma nutrisi dan suplemen kaya besi dan asam folat segudang, kalau perdarahan jalan terus. Demikian juga misalnya pada kasus cacingan.

Penanganan anemia tidak sesederhana iklan-iklan di televisi, namun juga tidak sulit selama tidak ada komplikasi berat. Kita harus menjadi bijaksana bagi diri sendiri.

Saya sertakan referensi, semoga dapat membantu.

Kurang Darah nih..........?
Q. hai Guys... Kemarin aku periksa ke dokter, tensi aku 100/75
pantes kemarin kemarin pusing banget..

btw ada yang tahu ga gimana caranya mengobati kurang darah cara tradisional.. biar ga pusing mulu..

sekalian juga nambah berat badan gimana ya.. hehe

Thx berat ya :)))

A. Berikut resep tradisional kurang darah:

Bahan-bahan:

- 2 butir telur ayam kampung
- 1 sendok makan madu asli(madu arab)
- 1 buah jeruk nipis
- daun bayam satu genggam

Cara meramunya:

- telur ayam diambil kunignya saja,kemudian kocok sampai rata
- campurkan madu,aduk lagi hingga rata
- peras jeruk nipis tadi,campurkan lalu aduk lagi sampai rata.
- tumbuk bayam dan ambil sarinya saja,masukan kemudian aduk lagi.
- ramuan siap diminum....


Menambah berat badan cara tradisional:

Bahan-bahan:
- Biji Ceguk (50 Butir)
- Madu (1 Sendok makan)
- Air Panas (1/2 Cangkir)

Cara Pemakaian:
Cuci bersih Biji Ceguk, kemudian giling hingga halus. Seduh dengan 1/2 cangkir Air Panas dan 1 Sendok makan Madu. Minumlah air ramuan tersebut selagi hangat pada malam hari (sebelum tidur)....

Apa sih bedanya kurang darah dengan darah rendah?
Q. Ada yang tau gak, perbedaan kurang darah sama darah rendah?

A. Kurang darah; berkurangnya sel darah merah (Hb). Bila kurang darah, badan cepat lemas, gampang pusing, capek.
Darah rendah; suplay darah yg
dipompa ke jantung sangat
lambat. Yg penting cukup
istirahat, tekanannya bisa
normal kembali.

Obat kurang darah ? apa yang ampuh ?
Q. Saya setiap tidur siang , pasti ketika bangun sakit kepala ( punyeng ) .
Kata orang saya kurang darah ?
Terus obat kurang darah yang ampuh yang bisa dibeli diapotek apa ya ?

A. Maksudnya "sakit kepala"? Kalau terasa "sakit" kemungkinan bukan kurang darah karena kekurangan darah tidak menimbulkan gejala rasa sakit melainkan perasaan seolah berputar dan lemas serta berkurangnya konsentrasi.
Timbul rasa sakit bisa diakibatkan tekanan darah yang tidak normal.
Mungkin kamu terlalu lama tidur siang sehingga ketika bangun terasa "sakit kepala".

Apakah karena kurang darah dapat menyebabkan mata menjadi rabun terutama rabun jauh ?
Q. belakangan ini saya gampang lelah ,mengantuk , dan kepala sering pusing , menurut pengetahuan yg saya tau itu adalah gejala kurang darah , tetapi mata saya jga ikut rabun terutama melihat tulisan yg kecil dan jauh , namun dlu tdk seperti itu , apakah itu jg karena kurang darah atau tidak ?
terimakasih

A. Kurang darah atau kekurangan gizi, terutama kekurangan vitamin A memang bisa menyebabkan mata rabun jauh.

Penyebab rabun jauh
1. Jarak terlalu dekat membaca buku, menonton televisi, bermain videogames, main komputer, main hp ponsel, dll. Mata yang dipaksakan dapat merusak mata. Pelajari jarak aman aktivitas mata kita agar selalu terjaga kenormalannya.

2. Terlalu lama beraktifitas pada jarak pandang yang sama seperti bekerja di depan komputer, di depan layar monitor, di depan mesin, di depan berkas, dan lain-lain. Mata butuh istirahat yang teratur dan sering agar tidak terus berkontraksi yang monoton.

3. Tinggal di tempat yang sempit penuh sesak karena mata kurang berkontraksi melihat yang jauh-jauh sehingga otot mata jadi tidak normal. Atur sedemikian rupa ruang rumah kita agar kita selalu bisa melihat jarak pandang yang jauh.

4. Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata kita seperti membaca sambil tidur-tiduran, membaca di tempat yang gelap, membaca di bawah sinar matahari langsung yang silau, menatap sumber cahaya terang langsung, dan lain sebagainya.

5. Terlalu lama mata berada di balik media transparan yang tidak cocok untuk mata dapat mengganggu kesehatan mata seperti sering kelamaan memakai helm, lama memakai kacamata yang tidak sesuai dengan mata normal kita, dan sebagainya.

6. Kekurangan gizi yang dibutuhkan mata juga bisa memperlemah mata sehingga kurang mampu bekerja keras dan mudah untuk terkena rabun jika mata bekerja terlalu diporsir. Vitamin A, betakaroten, ekstrak billberry, alpukat, dan lain sebagainya bagus untuk mata.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment