Tuesday, March 19, 2013

Dampak Anemia?

Q. Apakah Anemia juga mengganggu konsentrasi dalam belajar..??
Maksudnya,berpengaruh parah atau tidak...
Soalnya saya biasanya kurang konsentrasi dalam belajar...
Walaupun sebagian bisa masuk dalam otak..
Tetapi saya rasa,saya belum dapat konsentrasi 100%...
Cuman 50%.......
Bagaimana cara menanggulangi anemia ini....??

A. Apakah Itu Anemia?

Anemia adalah kekurangan hemoglobin (Hb). Hb adalah protein dalam sel darah merah, yang mengantar oksigen dari paru ke bagian tubuh yang lain.

Anemia menyebabkan kelelahan, sesak napas dan pusing. Orang dengan anemia merasa badannya kurang enak dibandingkan orang dengan tingkat Hb yang wajar. Mereka merasa lebih sulit untuk bekerja. Ini berarti mutu hidupnya lebih rendah.

Tingkat Hb diukur sebagai bagian dari tes darah lengkap (complete blood count/CBC). Lihat Lembaran Informasi 121 untuk informasi lebih lanjut tentang tes laboratorium ini.

Anemia didefinisikan oleh tingkat Hb. Sebagian besar dokter sepakat bahwa tingkat Hb di bawah 6,5 menunjukkan anemia yang gawat. Tingkat Hb yang wajar adalah sedikitnya 12 untuk perempuan dan 14 untuk laki-laki.

Secara keseluruhan, perempuan mempunyai tingkat Hb yang lebih rendah dibandingkan laki-laki. Begitu juga dengan orang yang sangat tua atau sangat muda.

Apa Penyebab Anemia?

Sumsum tulang membuat sel darah merah. Proses ini membutuhkan zat besi, dan vitamin B12 dan asam folat. Eritropoietin (EPO) merangsang pembuatan sel darah merah. EPO adalah hormon yang dibuat oleh ginjal.

Anemia dapat terjadi bila tubuh kita tidak membuat sel darah merah secukupnya. Anemia juga disebabkan kehilangan atau kerusakan pada sel tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan anemia:

* Kekurangan zat besi, vitamin B12 atau asam folat. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan jenis anemia yang disebut megaloblastik, dengan sel darah merah yang besar dengan warna muda (lihat Lembaran Informasi 121).
* Kerusakan pada sumsum tulang atau ginjal
* Kehilangan darah akibat pendarahan dalam atau siklus haid perempuan
* Penghancuran sel darah merah (anemia hemolitik)

Infeksi HIV dapat menyebabkan anemia. Begitu juga banyak infeksi oportunistik (lihat Lembaran Informasi 500) terkait dengan penyakit HIV. Banyak obat yang umumnya dipakai untuk mengobati HIV dan infeksi terkait dapat menyebabkan anemia.

Anemia dan HIV

Dahulu, anemia parah jauh lebih umum. Lebih dari 80% yang didiagnosis AIDS mengalami anemia dengan tingkat tertentu. Orang dengan penyakit HIV lebih lanjut, atau dengan kadar CD4 lebih rendah, mengalami angka anemia lebih tinggi.

Angka anemia menurun setelah Odha mulai memakai terapi antiretroviral (ART). Anemia parah jarang terjadi di negara maju. Namun ART belum memberantas anemia. Satu penelitian besar menemukan bahwa kurang-lebih 46% pasien mempunyai anemia ringan atau sedang, walaupun sudah memakai ART selama satu tahun.

Beberapa faktor yang berhubungan dengan angka anemia semakin tinggi pada Odha:

* Kadar CD4 yang lebih rendah (lihat Lembaran Informasi 124)
* Viral load yang lebih tinggi (lihat Lembaran Informasi 125)
* Memakai AZT (lihat Lembaran Informasi 420)
* Pada perempuan

Kelanjutan penyakit HIV kurang-lebih lima kali lebih umum pada orang dengan anemia. Anemia juga dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi. Mengobati anemia tampaknya dapat menghapuskan risiko ini.

Bagaimana Anemia Diobati?

Mengobati anemia tergantung pada penyebabnya.

* Pertama, mengobati pendarahan kronis. Ini mungkin pendarahan dalam, wasir, atau bahkan sering mimisan
* Berikut, memperbaiki kelangkaan zat besi, vitamin B12 atau asam folat, jika ada
* Berhenti memakai, atau mengurangi dosis obat-obatan yang menyebabkan anemia

Pendekatan ini mungkin tidak berhasil. Mungkin mustahil berhenti memakai semua obat yang menyebabkan anemia. Dua pengobatan lain adalah transfusi darah dan suntikan EPO.

Transfusi darah dahulu satu-satunya pengobatan untuk anemia parah. Namun, transfusi darah dapat menyebabkan infeksi dan menekan sistem kekebalan tubuh. Transfusi darah tampaknya mengakibatkan kelanjutan penyakit HIV yang lebih cepat dan meningkatkan risiko kematian pada Odha.

EPO (eritropoietin) merangsang pembuatan sel darah merah. Pada 1985, ilmuwan berhasil membuat EPO sintetis (buatan manusia). EPO ini disuntik di bawah kulit, biasanya sekali seminggu.

Sebuah penelitian besar terhadap Odha menemukan bahwa suntikan EPO mengurangi risiko kematian. Transfusi darah tampaknya meningkatkan risiko kematian. Karena risiko dari transfusi darah, sebaiknya kita hindari transfusi untuk mengobati anemia.

Garis Dasar

Anemia menyebabkan kelelahan dan rasa kurang enak. Anemia juga meningkatkan risiko kelanjutan penyakit dan kematian. Anemia dapat diakibatkan infeksi HIV atau penyakit lain. Banyak obat yang dipakai untuk mengobati HIV dan infeksi terkait juga dapat menyebabkan anemia.

Anemia sejak awal adalah masalah untuk Odha. Angka anemia parah menurun secara bermakna di negara maju sejak orang mulai memakai ART. Namun hampir separuh Odha masih mengalami anemia ringan atau sedang.

Mengobati anemia meningkatkan kesehatan dan daya tahan hidup Odha. Memperbaiki pendarahan, atau kekurangan zat besi atau vitamin adalah langkah pertama. Jika memungkinkan, sebaiknya berhenti memakai obat-obatan yang menyebabkan anemia. Jika perlu, pasien sebaiknya diobati dengan eritropoietin (EPO), atau jika tidak ada pilihan lain, dengan transfusi darah.


semoga dapat membantu anda

Anemia & Hemoglobin......?
Q. Aku punya cwek yang kena anemia, trus dia bilang kalo penyakit anemia itu gak bisa disembuhkan tetapi cuma bisa diminimalisir (sering pingsan kalo lgi kena haid+anemianya kambuh), udah sebulan yang lalu aku larang cwekku mengkonsumsi SANGOBION, soalnya takut ketergantungan N takut kena gagal ginjal, trus yg mw aku tanyakan:

1.Suplemen atw obat apakah yang dapat menaikkan kadar Hemoglobin?

2.Dokter spesialis apakah yang perlu aku n cwekku kunjungi?

3.Apa Sangobion dapat menimbulkan efek samping yang serius jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama?

makacih bwat tmen2 yg bersedia mnjawab.....

A. Setau gw anemia itu ada macam-macam bisa ketauan ï½ï½ï½ï½ï½ãanemia dengan pemeriksaan lab Hematologi rutin (HB, Hematrokrit, Leukosit, Trombosit). Hitung Jenis, Gambaran darah tepi dan HB elektroporesis. Dari pemeriksaan tersebut dapat diketahuin penyebab dan obat yang cocok. Misalnya kalau penyebabnya kekurangan zat besi maka pemberian zat besi sangobion akan cocok. Tapi kalau penyebabnya bukan karena kurang besi maka obat yang lain dikasih. Tapi bukan cuma obat-obatan doang. Makanan yang berwarna hijau juga baik dikonsumsi. Bisa konsultasi ke dokter ahli hematologi or dr penyakit dalam or dr kandungan. Cewek lu pingsan lagi mens karena sakit/ nyeri yang hebat or karena emang lemas banget. Kalau ga salah kalau kelamaan efek obat nya konstipasi deh.

Atasi Anemia?
Q. Gimana ya cara ngatasi anemia yang sering kambuh? trus ada ga obat yang buat menyembuhkan anemia?

A. anemia itu ada berbagai macam jenisnya. Dan yang dimaksud kurang itu adalah darah merahnya. Jangan asal minum obat penambah darah. Bisa dari kelainan bentuk sehingga sel darah merah mudah pecah, ada juga yang karena penyakit, sehingga darah dipecahkan, atau bisa juga karena efek samping obat.

Untuk tau pengobatannya, kita harus tau dulu penyebabnya.
Kalau yang karena penyakit, yach sembuhkan saja penyakitnya. Kalau karena efek samping obat yach berhentikan saja obatnya.

berhubung katanya sering kambuh, maka kesimpulan sementara saya, penyebabnya adalah kelainan bentuk sel darah merah. Ini sulit, karena penyebabnya adalah kelainan genetik. Tidak ada obatnya, cuma gejalanya bisa diredakan. Bisa dengan transfusi, dll. Tapi untuk jelasnya silakan konsul ke bagian hematologi.

semoga membantu, dan jangan lupa konsul.

Anemia nyebabin rambut rontok ?.?
Q. apa anemia nyebabin rontok ?.
aku pengidap anemia yang gaaak ilang-ilang, nah beberapa minggu ini rambutku rontok parah, apa anemia yang nyebabin itu ? .

A. Anemia bukan penyebab utama rambut rontok

Rambut rontok dan kebotakan merupakan momok yang menakutkan bagi setiap orang. Berbagai upaya dilakukan untuk menghindari masalah tersebut. Ratusan ribu duit melayang untuk melakukan perawatan rambut di salon salon ternama berikut membeli obat obatan pencegah rambut rontok dengan berbagai macam merek.

Secara garis besar, kerontokan rambut disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor herediter atau keturunan dan faktor didapat. Kerontokan oleh karena faktor keturunan memang tidak banyak yang bisa dilakukan selain mencegah agar kerontokan tidak berlangsung dengan cepat. Sedangkan faktor yang didapat, ada yang disebabkan oleh karena penyakit dan ada pula karena kesalahan perawatan rambut.
Berikut beberapa tip yang bisa anda lakukan untuk mengurangi terjadinya kerontokan rambut :
* Makanlah makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.
* Hindari stres karena stres akan menganggu metabolisme tubuh yang imbasnya ke rambut juga.
* Jauhi obat obatan yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut.
*Rajin lahh berolah raga. Berolah raga secara teratur akan memperlancar peredaran darah termasuk peredaran darah pada kulit kepala yang akan menutrisi rambut.
* Selain rajin berolah raga, beristirahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut anda lebih optimal.
* Berhentilah merokok, kurangi konsumsi kafein. Kedua zat ini tidak baik untuk rambut anda.
* Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas dan hindari pula menggunakan pengering rambut yang terlalu sering.Keringkan lahh rambut anda hanya dengan handuk dan meng-anginkan di udara terbuka.
* Lindungilah kulit kepala anda dari sinar matahari langsung.
* Pilihlah menggunakan shampoo herbal yang bagus, jangan menggunakan shampoo yang terbuat dari bahan kimia yang tidak jelas.
*Sisir lahh rambut anda dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah.
* Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut.Gunakan lahh produk yang terbuat dari bahan alami.
* Saat anda mencukur rambut,sarankan lahh tukang cukur anda menggunakan gunting yang cukup tajam.
* Hindari kebiasaan menarik narik rambut dengan alasan tidak jelas.
ANEMIA
Anemia (dalam bahasa Yunani: Tanpa darah) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.
Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.
Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang d Gejala
Gejala-gejala yang disebabkan oleh pasokan oksigen yang tidak mencukupi kebutuhan ini, bervariasi. Anemia bisa menyebabkan kelelahan, kelemahan, kurang tenaga dan kepala terasa melayang. Jika anemia bertambah berat, bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung.
Diagnosa
Pemeriksaan darah sederhana bisa menentukan adanya anemia. Persentase sel darah merah dalam volume darah total (hematokrit) dan jumlah hemoglobin dalam suatu contoh darah bisa ditentukan. Pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari hitung jenis darah komplit (CBC).

Anemia dan Hipotensi?
Q. Apa sih bedanya anemia dan hipotensi?
Gimana aja sih gejalanya?
Trus, gimana cara bedainnya???

A. Anemia berarti hb darah kurang,hipotensi berarti kerja jantung memompa darah lemah. Tanda2 hampir sama lemah , letih, lesu, kadang pusing,dll




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment