Tuesday, March 5, 2013

apa tbc keturunan dapat di sembuhkan.poin 5.?

Q. saya takut klo sy jg tbc.karena ibu sy dulu mengidap pnykit tbc.nha pertanyaan nya apkah penyakit tbc keturunan dapt disembuhkan sm halnya dengn tbc biasa.

A. TBC itu penyakit infeksi dari mycobacterium tuberculosa BUKAN penyakit turunan/genetik
jika ada keluarga yg menderita tbc, cara pencegahannya adl dg menggunakan masker. Terutama jika pasien tb batuk maka harus ditutup. Karena penyebaran droplet dr bakteri tb keluar saat pasien tb batuk.
Penyakit tb ini bisa sembuh asalkan pasien mengkonsumsi OAT (obat anti tuberkulosa) secara RUTIN. kalau tdk rutin akan menyebabkan resistensi obat. Dan bakteri akan berkembah lebih banyak lagi

Mengapa obat TBC harus 6 bulan?
Q. Obat TBC, pil berwarna merah besar, diberikan kepada pasien selama 6 (enam) bulan. Mengapa harus sebegitu lama mencapai 6 bulan? Mengapa pula diberikan secara cuma-cuma alias gratis di Puskesmas?

A. TBC (tuberculosis) merupakanpenyakit paru yang disebabkanoleh kuman mycobacterium tuberculosis. Mycobacterium tuberculosis merupakan jenis bakteri tahan asam , bakteri ini sulit untuk ditembus antibiotik. Obat yang diberikan selama 6 bulan tersebut merupakan kombinasi dari antibiotik, tujuan pemberian antibiotik dengan jenis bermacam2 adalah untuk mencegah terjadinya resistensi dari satu mcam antibiotik, kenapa diberikan dalam 6 bulan? karena bakteri tersebut sulit untuk d bunuh, pada 2 bulan pertama pemberian obat telah membunuh sebagian besar bakteri namun masih ada bkteri yang hidup, oleh karena itu dilanjutkan 4 bulan berikutnya. TBC merupakan penyakit menular,ditularkan melalui droplet (air liur yang sangat kecil) yang terhirup. satu orang penderita TBC dapat menularkan 10 orang,,oleh karena itu bila TBC tidak diobati maka akan sangat banyak orang yang terinfeksi TBC, oleh karena itu program pemerintah menggratiskan obat TBC. Indonesia merupakan negara dengan peringkat ke3 sedunia penderita TBC setelah India dan cina.

Penyakit Tbc bisa kambuh lagi apa tidak?
Q. lima tahun yang lalu saya terkena Tbc setelah pengobatan 6 bulan dan tes dahak saya dinyatakan berhasil/sembuh.yang saya tanyakan apakah penyakit saya ini bisa kambuh lagi atau tidak.karena akhir-akhir ini saya merasa batuk lagi dan dada saya terasa nyeri.apakah itu disebabkan saya sekarang sudah sering tidur terlalu malam dan sedikit mulai merokok lagi?sekian pertanyaan saya semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang lain..trimakasih.

A. penyakit tbc bisa sembuh total asal berobat secara terus menerus sampai dikatakan sembuh oleh dokter,kebanyakan pasien tbc tidak disiplin,seperti males minum obat contohnya. sebaiknya kamu rajin minum obat terus sesuai anjuran dokter

Bagaimana cara pencegahan penularan Kuman TBC, bila kita hidup serumah dengan penderita TBC?
Q. Kuman TBC menular via udara / dahak/ ludah penderita, bgm cara untuk mencegah menularnya kuman TBC bila kita tinggal serumah dengan penderita, ataupun kita berhadapan dgn orng awam penderita TBC yg tdk kita ketahui?

A. Bakteri TBC itu sebenarnya sudah ada ditubuh kita, tapi dlm kondisi tidak aktif dan akan aktif apabila sistem imun kita menurun drastis. Jadi selama tubuh kita fit maka TBC ga kan menyerang.

bisa gak penderita tbc sembuh, trus hamil, ters kena tbc lagi?
Q. kalo gak salah penderita tbc tidak bisa hami.... n tbc bisa kambuh lagi setelah lama sembuh, meskipun sudah tidak berhungan dengan orang yang menulari tbc tsb

A. TBC bisa disembuhkan kalau penderitanya mau usaha buat sembuh. Setelah menjalani pengobatan selama 6 bulan secara teratur dan sesuai instruksi dokter. Biasanya akan dilakukan evaluasi ulang tentang kondisi TBC. Pemeriksaan sputum BTA 3x. Kalau hasilnya normal kemungkinan dia sembuh. Pemeriksaan rotgen biasanya dilakukan 1-2 tahun lagi. Kalau ga salah penyembuhan sikatrik yang tampak pada gambaran rotgen akan sembuh setelah waktu tersebut. Masalahnya TBC itu bukan cuma penyakit di paru-paru tapi bisa di kelenjar, dll.
TBC bisa kambuh lagi kalau orang mendapat kontak dengan penderita TBC. Kuman TBC namanya mycobacterium tuberculosis adalah kuman tahan asam, yang dapat hidup diudara bebas dan ditularkan dengan cara droplet (percikan ludah).
Pertanyaannya apakah penderita TBC bisa hamil yang pasti bisa selama tidak ada masalah dengan organ reproduksi. Biasanya penderita TBC yang sangat berat dapat menulari bayinya. Bayinya akan menderita TBC kongenital. Ada ibu hamil yang mendapat pengobatan TBC. Mungkin sebaiknya anda konsultasikan ke ahli pulmonologi dewasa. Jelaskan kondisi anda ke dokter kandungan. Agar dokter kandungan dapat melakukan antisipasi. Semoga cepat sembuh.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment