Tuesday, June 4, 2013

seberapa penting PlayGroup itu bagi anak-anak ?

Q. PG (playgroup) uda mahal, kaya biaya kuliahan saja..

apakah playgroup itu penting bagi pertumbuhan anak. saya sering liat anak 1 tahun saja sudah masuk PG, saya saja tdk mengenal PG lgsg TK, toh sya tumbuh wajar dan cukup pintar (haha.. sedikit)

apakah anak anda ikut PG juga, bukankah pendidikan di rumah sudah cukup sebelum dia masuk TK

mohon opininya

A. Play group adalah suatu tempat dimana anak dapat mengembangkan beberapa kemampuan dasarnya seperti kemampuan motorik kasar dan halus, mengembangkan kemandirian, bersosialisasi, berbahasa dan berkomunikasi, mengenal kehidupan beragama, ketrampilan dll. Diharapkan dengan anak mengikuti kegiatan di play group ini tumbuh kembangnya menjadi optimal sampai sebelum ia memasuki pendidikan dasar. Yang perlu diingat adalah PLAY GROUP BUKANLAH PRA TAMAN KANAK-KANAK. Jadi tidak setiap anak yang mau masuk taman kanak-kanak ia harus masuk dulu ke play group.

Beberapa alasan memasukan anak ke playgroup, diantaranya :
⢠Menambah kemampuan sosialisasi anak.
Hal ini diperlukan terutama jika anak kesepian di rumah, misalnya karena teman sebayanya sedikit.
⢠Mendapatkan sarana bermain yang edukatif.
Playgroup biasanya menyediakan sarana bermain yang lebih lengkap dan edukatif. Baik untuk kemampuan motorik kasar anak ataupun motorik halusnya. Seperti perosotan, mobil-mobilan dan motor-motoran yang bisa dikendarai oleh anak, puzzle, buku-buku, dsb.
⢠Mendapatkan pendidikan budi pekerti yang baik.
Sekarang ini banyak anak yang sepanjang hari bersama pembantu dan televisi saja. Maka tontonan, obrolan, dan tingkah lakunya pun menyerupai âmbaknyaâ itu. Dengan anak yang ayah dan ibunya bekerja, maka anak akan belajar budi pekerti yang lebih baik lagi jika dia disekolahkan (bukan berarti perilaku semua âmbakâ itu tidak baik lo yaâ¦.).
⢠Dan sebagainya yaâ¦tergantung kondisi keluarga seorang anak dan lingkungan sekitarnya.

Di samping hal-hal positif yang bisa kita dapatkan di playgroup, ada juga beberapa alasan orangtua yang tidak ingin anaknya masuk ke playgroup, diantaranya :
⢠Anak berusia 3 tahun atau kurang masih perlu memusatkan kegiatannya di rumah, dengan orangtua dan keluarga lainnya.
⢠Anak dibawah usia 4 tahun belum bisa membedakan baik dan buruk perilaku orang lain.
Anggapan seperti ini membuat orangtua takut membaurkan anaknya terlalu dalam dengan orang-orang yang baru dikenalnya, karena takut terpengaruh hal-hal buruk. Misalnya perkataan yang kotor dan sebagainya.

Jadi, pentingkah playgroup bagi balita ?
Semua kembali pada keputusan orangtua, yang tentunya juga terantung pada situasi dan kondisi keluarga. Menurut saya, jika di rumah anak memiliki teman atau saudara yang lumayan banyak, mainan yang edukatif dan tidak membosankan, pembimbing yang professional, maka memang lebih baik baik anak dibawah usia 4 tahun di rumah saja. Karena akan lebih mudah mengontrol semua gerak-gerik anak, dan mendidik sesuai keinginan orangtua. Tapi jika semua fasilitas itu kurang memadai, apalagi jika orangtua sibuk dan anak hanya dengan baby sitter, maka jauh lebih baik jika anak dimasukan ke lembaga pendidikan dengan penanganan yang lebih profesional.

Putri saya usia 3.5th, rencananya sih tahun ini mau dimasukkan play group. Alasannya:
1. Dia sudah minta sekolah, kalau TK 2 tahun dan masuk TK tahun ini, waktu lepas TK (seharusnya) dia baru berusia 6 tahun, belum cukup untuk masuk SD
2. Saya dan suami kerja, jadi mungkin apa yang tidak bisa dia dapat dari kami, bisa dia peroleh dari teman dan pengajarnya.
3. Supaya belajar bersosialisasi, karena saat ini walau mudah berteman, dia juga mudah sekali bermusuhan.

Kalau dari segi akademis sih saya tidak terlalu menekankan. Si kecil saat ini sudah kenal angka dan abjad atas keinginannya sendiri.

Apa obat untuk pertumbuhan / tinggi badan ?
Q. saya perlu sekali untuk pertumbuhan anak saya yang masih di sekolah dasar

A. Untuk menambah tinggi badan bisa dibantu dengan akupuntur ataupun chinese herbal.
Untuk info lebih lanjut hubungi 021 99140027 atau klik profile disamping

kenapa anak susah makan nasi?
Q. anak saya berusia 2 tahun,, tapi setiap dia makan nasi selalu muntah,, semua makanan yang tadi sudah dimakan keluar semua,,dia cuma mau makan roti saja,,saya jadi khawatir,, apakah ini bisa mempengaruhi pertumbuhan anak,, tolong minta bantuannya semua ,,,

A. Cb dibantu makan Shapeworks Cellular Nutritions.

100% alami dr buah dan sayur, giziny lengkap dan seimbang, tdk ada efek samping, cocok utk semua umur ( bayi-lansia, hamil-menyusui ).

Rasany enak spt es krim, bs dicampur buah, yoghurt dll sesuai selera...

Teman sy konsumsi 3 bln BB naik 15 kg, kelihatan lbh fresh dan badan lbh berisi, ga hrs k gym.
Anak teman sy, usia 5 thn sebulan BB naik 5-6 kg dan bonusny proses penyembuhan peny. flek paruny jd lbh cpt.

Bs konsultasi seputar nutrisinya dgn sy d 0857 1192 8580-dr.Morin atau mll email doktermorin@gmail.com

Anak saya yang pertama berumur 3,5 tahun kayaknya menderita authis, benarkah?
Q. Sulit diajak komunikasi, hanya dengan orang terdekatnya saja dia mau berinteraksi. Kosa kata yang digunakan belum jelas, lebih asyik bermain sendiri tanpa menghiraukan sekitarnya. Sudah kami coba berobat alternatif (dipijat urat dan jamu) tapi belum ada hasilnya, karena kalau untuk ke dokter spesialis kami tidak ada biaya dan kami sebagai orangtuanya sering merasa malu karena pertumbuhan anak kami tidak seperti teman-teman sebayanya.

A. Gejala2 yang bpk/ibu utarakan , belum cukup utk bisa menyimpulkan anak tsb sebagai penyandang autisme.
Bagaimanapun dr.adalah tempat ideal utk bisa memastikan hal itu , sementara itu belum dilakukan , ibu/bpk tidak boleh mendiagnosa sendiri tentang penyakit anak tsb , apalagi sampai memutuskan jenis pengobatan .
Bagaimana mungkin kita bisa mengobati sedang kita ngga tau penyakitnya .
Satu hal lain yang penting sekali adalah rasa "malu" kalian sebagai orang tua .
Wah....ini yang paling bahaya bu/pak .
Coba renungkan lagi , bukan maunya anak kalian dgn keberadaannya yang seperti sekarang ini , kalaupun betul dia autis , ada jutaan anak lain juga yang seperti dia , kenapa bu/bpk harus malu ?
Harusnya kalian berusaha keras utk menjadikan sang anak menjadi seseorang berdasar kemampuan dan keberadaannya dan banggalah utk hal itu .
Soal biaya , kalau memang sdh dipastikan dia autis , coba hubungi yayasan autisme indonesia , mereka dapat membantu segala sesuatu yang berkaitan dgn anak penderita autisme , termasuk masalah pembiayaan pengobatan.

Gigi anak 3 tahun bisa tumbuh lagi ?
Q. Gigi anak saya rusak termasuk gigi grahamnya, coklat dan permen tidak terlalu sering ia makan, tapi dulu kalo makan suka diemut (tdk langsung ditelan) terkadang minum kopi (punya saya) dan suka minum antibiotik bila sakit agak lama.
Kira-kira apa penyebab kerusakan giginya ?
Apakah gigi graham anak yang rusak bisa tumbuh lagi ?
Pengaruh ngativ gigi rusak pada pertumbuhan anak ?
Makasih atas jawabannya ..........

A. hai Pak Bob...
akan coba saya jawab yah^^
gigi anak usia 3 tahun..yg totalnya 20 itu semua gigi susu atau gigi sulung yg nantinya akan tanggal dan diganti dengan gigi tetap...kira2 mulai usia 6 tahun...gigi depan atas dan bawah mulai tanggal...dan biasanya dibarengi dgn munculnya gigi geraham tetap....
walaupun dia jarang makan coklat dan permen dan terkadang minum kopi...tp kebersihan gigi dan mulutnya harus dijaga...umur 3 tahun seharusnya sudah tidak minum dr botol susu dan sehabis minum susu di malam hari sangat dianjurkan untuk dibersihkan gigi, lidah dan rongga mulutnya...jangan langsung dibiarkan tidur....gunakan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk anak2...sikat seluruh permukaan giginya mungkin bapak dpt membantu menyikatkan gigi anak anda...jika anak anda belum nyaman dgn sikat gigi...dapat anda gunakan kain kassa untuk membersihkan gigi dan mulutnya...
pemberian antibiotik pada anak tidak apa2 asal itu merupakan anjuran dokter anak anda...pemberian antibiotik golongan tetrasiklin (nama dagang supertetra) sangat tidak dianjurkan untuk anak-anak...karena nantinya gigi tetapnya akan ada hitamnya dan itu tidak akan hilang jika hanya disikat...
Pengaruh negatif pasti ada...jika giginya rusak dan akhirnya ompong...dia akan minder jika bermain bersama teman seumurannya...dr segi kenyamanan...mungkin dia akan rewel karena giginya sakit...dan gigi susu yg rusak dapat mempengaruhi jaringan gusi dan tulang penopang gigi dan gigi tetap yg nantinya akan muncul...
tips untuk bapak:
segera bawa anak anda ke dokter gigi untuk segera dilakukan perawatan...
saat menyikat gigi anak...pasta giginya cukup sebesar biji kacang kedelai...karena kemungkinan busa pasta gigi tertelan pada anak itu besar...kandungan fluor yg tinggi yg ada di pasta gigi jika tertelan juga dapat mempengaruhi gigi tetap anak...menjadi kecoklatan...
semoga membantu^^




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment