Monday, June 10, 2013

saya mau tanya nie................???

Q. saya bru2 nie kna infeksi saluran kemih alias ayang2n jdi klo kencing tu sakit n sering bgt kya gt gmn cara ngatasi nya????????

A. Aku pernah posting jawaban ini sekitar 3 minggu yg lalu, waktu itu ditanyakan oleh saudara fahrun. Semoga postingan ini juga bermanfaat untuk anda...

Gejala kandung kemih, kondisi ini bisa diatasi dengan salah satu cara di bawah ini:

Teknik Perilaku
Teknik ini mengajari anda cara mengendalikan kandung kemih dan otot sphincter. Latihan ini akan membantu anda mengendalikan keinginan untuk buang air kecil sambil secara bertahap dan mengurangi kunjungan ke kamar kecil. Teknik ini dianjurkan bagi penderita pembengkakan dorongan. Anda kemungkinan diminta mengurangi minum.

Rehabilitasi otot pelvis
Latihan olah raga, seperti Kegel dapat membantu memperkuat otot lemah yang memopang kandung kemih. Penanganan lainnya adalah mencatat feedback biologis dan latihan lantai guna menstimulasi tulang pinggul.

Pengobatan
Antibiotik, terapi pergantian hormon (HRT) dan obat lainnya untuk kandung kemih atau pengendalian otot kandung kemih bisa digunakan mengatasi infeksi air kencing, penggantian hormone dan memperkencang otot kandung kemih yang lemah.

Operasi
Ini adalah pilihan terakhir jika seluruh pengobatan tidak berhasil. Bentuk operasi bergantung pada jenis dan penyebab pembengkakan kandung kemih. Operasi dianjurkan untuk wanita yang menderita pembengkakan tekanan. Kini terdapat prosedur yang menggunakan pita bebas tekanan atau TVT (tension-free tape) untuk mengembalikan kandungan kemih ke posisi aslinya. Untuk pria yang terkena pembengkakan prostat, operasi endoskopi yang dikenal sebagai TURP (transurethral resection prostata) telah menggantikan prosedur operasi yang bertujuan untuk membuang sumbatan pada kandung kemih. Mereka yang memiliki kandung kemih kecil dapat melakukan operasi ini untuk memperbesar kandung kemih sehingga dapat lebih banyak menampung air kencing.

Cara Lain
Terdapat produk-produk di luaran seperti pembalut khusus dan kateter yang dapat digunakan untuk mengelola pembengkakan kandung kemih. Kateter adalah selang tipis yang dimasukan ke dalam saluran tubuh atau ditempatkan di dalam kandung kemih yang akan kosong setelah buang air kecil. Bagaimanapun, AHCPR menyatakan selang itu hanya harus digunakan untuk mendukung penanganan atau jika penanganan lainnya telah gagal.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati
Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah pembengkakan kandung kemih:

1. Jangan malas untuk buang air kecil atau buang air besar
2. Jaga agar pergerakan buang air besar anda teratur dan jangan abaikan âalarmâ untuk buang air besar
3. Cari bantuan medis jika terjadi kebocoran air kencing yang tidak dapat dikendalikan, merasa sakit saat buang air kecil atau jika ada darah dalam air kencing
4. Paling tepat untuk pencegahan, sebagaimana biasa, adalah jalani hidup gaya hidup sehat dengan berolahraga teratur dan hindari kegemukan.

Semoga bermanfaat............

Pencegahan dan pengobatan?
Q. Bagaimana pencegahan kencing batu klo sudah tau ginjel kita lemah dan produksi batu? Trus apa ada vitamin yang membantu kesehatan ginjal seperti efek temu lawak pada lever gitu ? mohon jawaban yang serius dan rinci

A. Pada awalnya batu ginjal tidak menimbulkan keluhan/gejala, tetapi apabila batu bergeser dan menggelinding ke saluran ureter yaitu penghubung antara piala ginjal dan kandung kemih, maka akan timbul rasa nyeri yang hebat didaerah pinggang. Hal ini karena saluran ureter tersebut kecil sekali ukurannya sehingga batu akan meregangkan dindingnya, bahkan merobek atau menyumbat lubangnya. Gejala lain yang sering terjadi pada penderita batu ginjal adalah :
Terjadi nyeri hebat pada waktu air seni keluar dari dalam ginjal melalui aliran ginjal kedalam kantong kemih.
Rasa sakitnya hilang timbul pada pinggang dan perut.
Rasa sakit dimulai dari pinggang bawah menuju ke pinggul kemudian ke alat kemaluan luar.
Perasaan mual, muntah dan perut terasa kembung yang disertai dengan rasa sakit yang hebat.
Pada waktu ada serangan sakit pinggang, kadang-kadang air seni bercampur dengan darah karena terjadi pergesekan antara batu dengan dinding saluran hingga menimbulkan lecet.
Penderita batu ginjal juga mengalami panas, dan kedinginan.
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah terbntuknya batu ginjal atau agar batu tidak timbul kembali adalah :
Jangan menahan buang air kemih terlalu lama, karena dapat menyebabkan kandungan garam dalam urin menjadi pekat
Minumlah air putih yang banyak, minimal 8 gelas sehari, agar urin menjadi lebih encer, batupun menjadi lebih sulit mengendap.
Apabila kita seorang pekerja yang membutuhkan duduk yang terlalu lama, cobalah untuk bergerak sedikit, dan perbanyaklah berjalan disekitar tempat duduk.
Sebelum pergi tidur biasakan untuk minum terlebih dahulu, karena malam yang panjang memudahkan air seni yang pekat mengendapkan batu.
Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk membantu pengobatan batu ginjal mempunyai efek menghancurkan batu ginjal dan batu saluran kemih, sebagai anti-inflamasi untuk mencegah peradangan, peluruh kemih (diuretik) untuk mencegah terkumpulnya urin di dalam ginjal, dan analgetik (mengurangi rasa sakit). Apabila batu terlalu besar untuk digusur secara alami maka dianjurkan untuk operasi.

Berikut beberapa jenis tumbuhan obat untuk mengatasi batu ginjal :
KEJIBELING (Strobilanthes crispus Bl.)
Efek & khasiat : sebagai diuretik kuat, mengatasi batu ginjal, batu kandung kemih, kemih tidak lancar, dan lain-lain.
KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus Miq.)
Efek & khasiat : sebagai antiradang, diuretik, menghancurkan batu ginjal dan saluran kemih, infeksi ginjal, dan lain-lain.
MENIRAN (Phyllanthus urinaria L.)
Efek & khasiat : sebagai diuretik, berkhasiat mengatasi batu ginjal & saluran kemih, radang ginjal, susah buang air kemih disertai sakit , dan lain-lain.
AKAR ALANG-ALANG (Imperata cylindrica [L.] Beauv.)
Efek & khasiat : sebagai diuretik, menghentikan pendarahan, berkhasiat mengatasi radang dan batu ginjal, air kemih berdarah, dan lain-lain.
TEMPUYUNG (Sonchus arvensis L.)
Efek dan khasiat : sebagai diuretik, menghancurkan batu ginjal, batu saluran kemih dan batu empedu, buang air kemih terasa sakit.
JAGUNG (Zea mays L.)
Efek dan khasiat : sebagai diuretik, berkhasiat mengatasi batu dan radang ginjal, infeksi saluran kemih, dan lain-lain.
DAUN SENDOK (Plantago mayor L.)
Efek & khasiat : sebagai antiradang, diuretik, mengatasi gangguan saluran kemih seperti infeksi dan batu saluran kemih, air kemih berdarah, dan lain-lain
Berikut contoh beberapa resep tumbuhan obat untuk pengobatan batu ginjal :

Resep 1.
50 gram daun kejibeling segar + 7 lembar daun ungu + 60 gram akar alang-alang, dicuci bersih dan direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, disaring, airnya diminum untuk 3 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Resep 2.
30 gram daun kumis kucing + 30 gram daun sendok + 30 gram meniran, semuanya dicuci bersih, lalu direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, disaring, airnya diminum 3 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Resep 3.
30 gram tempuyung + 6 lembar daun alpokat + 30 gram pegagan, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, disaring, airnya diminum 3 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Resep 4.
30 gram kejibeling + 6 buah tongkol jagung + 50 gram rambut jagung + 30 gram kumis kucing, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, disaring, airnya diminum 3 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Catatan :
- pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur
- Untuk perebusan gunakan periuk tanah, atau panci enamel.
- Tetap konsultasi ke dokter.

suami saya lgsg demam ketika kena tetes air hujan, apakah daya tahan tubuh ny lemah? mksh teman"..?
Q.

A. Hoaaamm . . betapa indahnya pagi hari . .

Suami anda gak pernah olah raga lari pagi? atau sekedar jalan-jalan santai tanpa kendaraan??
lari pagi di hari minggu atau cuma sekedar jalan-jalan santai sekitar komplek atau ke area Monas (jika anda di Jakarta), itu olahraga yang murah dan sangat efektif loh,

selain memacu detak jantung (berarti bersangkut paut dengan aliran darah) (jogging), juga untuk kelancaran saluran pembuangan (BAB, kandung kemih dan sperma)

secara kasat mata, jogging emang apa sih gunanya? cuma lari-lari di pagi hari . . pernyataan yang kurang tepat, coba klik link di bawah ini sebagai sumber anda

http://gugling.com/2011/04/30/manfaat-jogging-secara-fisik-dan-psikologis/

buang air kecil mulu?
Q. kenapaya ya saya kecingmulu dan selang waktunya cuman 15 menit setelah itu pengen kencing lagi.penyebabnya kenapa ya...? cara mengobatinya gimanaya.....?mohon bantuannya.

A. Mungkin kandung kemih anda lemah.
Anda dapat melatihnya dengan senam kegel ketika sedang buang air kecil.

jari kelingking dan 1/2jari manis hingga telapak tangan(sejajar dengan kedua jari tersebut) kesemutan?
Q. jari kelingking dan 1/2jari manis hingga telapak tangan(sejajar dengan kedua jari tersebut) kesemutan tidak sembuh hingga 2minggu sudah berlalu...! apakah penyebab dan akibatnya??? dan cara penyembuhannya?? mohon bantuannya....^^

A. Pada dasarnya kesemutan merupakan suatu gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalur secara penuh dengan sebab macam-macam.Kesemutan yang tidak disertai gejala-gejala lain biasanya menandakan adanya gangguan pada reseptor di kulit atau pada cabang-cabang saraf tepi.
Untuk mengetahui penyebab dan akibat dari gejala-gejala tersebut ada baiknya diperhatikan hal-hal berikut ini :
Gundukan / gunungan jari kelingking mengempes tandanya sexualitas lemah. Gundukan jari kelingking berwarna keunguan dan kempes berarti ginjal dan organ reproduksinya kurang berfungsi sehingga tenaga sex menurun. Pijatlah titik dibawah jari kelingking sebanyak 20 kali pijatan dipagihari dan sore.
Telapak tangan berbintik-bintik berarti peredaran darahnya kurang lancar. Jika tidak segera diobati dapat menimbulkan bermacam-macam penyakit. Pengobatan yang baik dan murah untuk melancarkan peredaran darah dengan cara push up (menurunkan dan menaikkan tubuh dengan bertumpu dikedua telapak tangan).
Jari manis kuku, kurus tidak lincah berarti hati-hati dan kandung empesu dan limpanya lemah. Biarpun banyak makan, badan tetap kurus. Hal tersebut terjadi karena zat-zat makan tidak dapat dicerna dengan baik. Selain itu juga menandakan adanya penyakit darah dan icretis. Pijatlah titik dibawah jari manis.
Jari kelingking berubah warna jadi keunguan, keras berarti jantung, kandung kemih dan usus lemah. Akibat yang terjadi sering mengompol, penyakit ginjal, mudah mencret. Pijatlah titik dua titik di bawah kuku jari kelingking bagian dalam dan bagian luar.
Lingkaran sabit di kuku jari manis berwarna merah muda berarti haid tidak teratur. Karena suhu badan naik turun akan mengganggu peredaran darah, daya tahan tubuh menjadi lemah. Pijatlah titik dibawah kulit jari manis bila anda menderita gejala tersebut.
Lingkaran sabit dikuku jari kelingking berwarna merah muda berarti energi jantung menjadi lemah. Sakit jantung biasanya sulit diketahui secara dini. Bila telah diketahui biasanya sakit jantungnya sudah kronis. Untuk mendeteksi secara dini, sering-seringlah memijit dua titik di bawah kuku jari kelingking bagian dalam dan luar.
Kuku masuk / tenggelam ke dalam daging berarti hati lemah. Pasien dengan kondisi demikian karena terlalu banyak makan daging, kurang makan sayuran dan buah-buahan. Hal tersebut menyebabkan hati jadi kurang sehat. Pijatlah titik diruas kedua jari manis dibagian jari dalam
Untuk menjaga kesehatan anda secara teratur pijatlah semua titik-titik dibawah kuku setiap hari. Bila kuku jari menjadi merah setelah ditekan, berarti peredaran darahnya baik dan organ yang berhubungan dengan meridian ditangan cukup baik. Bila kuku jari setelah ditekan tidak segera memerah, berarti peredaran darah tidak lancar dan organ yang berhubungan dengan meridian ditangan kurang sehat. Organ-organnya ialah paru-paru, usus besar dan usus kecil.
Bila sudah anda cek kesemuanya,anda sudah dapat mendiagnosa sendiri.Selamat mencoba!




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment