Monday, June 3, 2013

Penyakit Tbc bisa kambuh lagi apa tidak?

Q. lima tahun yang lalu saya terkena Tbc setelah pengobatan 6 bulan dan tes dahak saya dinyatakan berhasil/sembuh.yang saya tanyakan apakah penyakit saya ini bisa kambuh lagi atau tidak.karena akhir-akhir ini saya merasa batuk lagi dan dada saya terasa nyeri.apakah itu disebabkan saya sekarang sudah sering tidur terlalu malam dan sedikit mulai merokok lagi?sekian pertanyaan saya semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang lain..trimakasih.

A. penyakit tbc bisa sembuh total asal berobat secara terus menerus sampai dikatakan sembuh oleh dokter,kebanyakan pasien tbc tidak disiplin,seperti males minum obat contohnya. sebaiknya kamu rajin minum obat terus sesuai anjuran dokter

Bagaimana cara pencegahan penularan Kuman TBC, bila kita hidup serumah dengan penderita TBC?
Q. Kuman TBC menular via udara / dahak/ ludah penderita, bgm cara untuk mencegah menularnya kuman TBC bila kita tinggal serumah dengan penderita, ataupun kita berhadapan dgn orng awam penderita TBC yg tdk kita ketahui?

A. Bakteri TBC itu sebenarnya sudah ada ditubuh kita, tapi dlm kondisi tidak aktif dan akan aktif apabila sistem imun kita menurun drastis. Jadi selama tubuh kita fit maka TBC ga kan menyerang.

bisa gak penderita tbc sembuh, trus hamil, ters kena tbc lagi?
Q. kalo gak salah penderita tbc tidak bisa hami.... n tbc bisa kambuh lagi setelah lama sembuh, meskipun sudah tidak berhungan dengan orang yang menulari tbc tsb

A. TBC bisa disembuhkan kalau penderitanya mau usaha buat sembuh. Setelah menjalani pengobatan selama 6 bulan secara teratur dan sesuai instruksi dokter. Biasanya akan dilakukan evaluasi ulang tentang kondisi TBC. Pemeriksaan sputum BTA 3x. Kalau hasilnya normal kemungkinan dia sembuh. Pemeriksaan rotgen biasanya dilakukan 1-2 tahun lagi. Kalau ga salah penyembuhan sikatrik yang tampak pada gambaran rotgen akan sembuh setelah waktu tersebut. Masalahnya TBC itu bukan cuma penyakit di paru-paru tapi bisa di kelenjar, dll.
TBC bisa kambuh lagi kalau orang mendapat kontak dengan penderita TBC. Kuman TBC namanya mycobacterium tuberculosis adalah kuman tahan asam, yang dapat hidup diudara bebas dan ditularkan dengan cara droplet (percikan ludah).
Pertanyaannya apakah penderita TBC bisa hamil yang pasti bisa selama tidak ada masalah dengan organ reproduksi. Biasanya penderita TBC yang sangat berat dapat menulari bayinya. Bayinya akan menderita TBC kongenital. Ada ibu hamil yang mendapat pengobatan TBC. Mungkin sebaiknya anda konsultasikan ke ahli pulmonologi dewasa. Jelaskan kondisi anda ke dokter kandungan. Agar dokter kandungan dapat melakukan antisipasi. Semoga cepat sembuh.

apakah ini TBC bukan yah?
Q. apakah penyakit gue ini yah TBC ato apa????

nih gue udah batuk" udah lebih dari 1 bulan
dan gue bakal batuk batuk kalau menghirup asem rokok
dada gue juga sering sakit
napas gue juga nggak kaya dulu sekarang baru sebentar lari udh nggak kuat lagi

dan
bagaimana sih ciri-ciri TBC itu?
juga bagaimana ciri TBC yg udah parah?

maaf banyak pertanyaannya makasih. ^.^

A. Setahu saya, ada jenis batuk yang disebut batuk 100hari, dilingkungan saya nyebutnya begitu. Obatnya cuma makan kacang hijau, entah dikolak atau direndam. Tentunya enakan dikolak ya? Atau minum air rebusan sirih, 3-5lembar 2 gelas jadi satu gelas, atau rebusan kembang belimbing juga bisa.
Jangan khawatir TBC dulu, biasanya TBC menyerang orang yang pola hidupnya tidak sehat, seperti tidak pernah jemur kasur, debu tidak pernah dibersihkan, pokoknya lingkungannya kotor.
Ciri2nya biasanya dada sakit, suka batuk tanpa bisa ditahan, terus-menerus sampai cape sendiri, kalau malam tidurnya gelisah dan keluar keringat dingin walaupun udara dingin.
ada yang gejala awalnya sakit leher dulu (seperti sariawan di sekitar tenggorokan sehingga makan dan minum pun susah).
Kalau sudah parah TBC-nya, badan kayak tengkorak, nafas tersengal2, batuk berdarah wah kalo gini sih sudah tinggal pesan tanah...

Penyakit TBC apakah berbahaya?
Q. Saya abis check up ke dokter. Katanya saya pernah kena TBC padahal saya sebelumnya cuma sakit demam biasa dan setelah check di bawah dagu leher kiri muncul benjolan. Apa penyebab dr benjolan ini karena TBC itu?

A. kemungkinan itu slah satu komplikasi dri TBC
pda dsarnya TBC itu berbahaya apabila sdah akut apalagi kronis, krena TBC bsa mnular dn sngat gmpang mnular
cpat tngani dngn baik sblum anda muntah drah krena komplikasinya bsa berbahaya




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment