Saturday, June 1, 2013

Obat tetes mata apa untuk penderita glaukoma?

Q. Suatu hari tiba-tiba penglihatanku menjadi kabur. Ada semacam blok hitam di tengah. Aku kesulitan membaca.

Aku kedokter, setelah menjalani serentetan pemeriksaan dokter belum bisa menyatakan jenis penyakit yang aku derita.

Ketika aku melihat sebuah gambar areal pandang penderita penyakit glaukoma, ternyata sama dengan areal pandang mataku. Ada semacam blok hitam di tengah2 mata. Aku langsung bilang ma dokternya kalau gejala penglihatan mataku seperti gambar itu, tapi dokter itu menampis kalau aku menderita glaukoma karena tekanan bola mataku juga tidak tinggi pada waktu itu dan aku tidak punya riwayat penyakit glaukoma dari keluargaku.

yang aku rasakan mataku sering sakit dan saat ini areal blok hitamnya semaikin meluas. Aku khawatir mataku menjadi buta. Dilihat dari gejalanya sepertinya aku menderita glaukoma. Apa yang harus aku lakukan dan katakan pada dokter?
Dulu aku pernah diberi obat tetes mata oleh dokter spesialis mata lain dan mampu mengobati gejala sakit,dan merah mataku.Aku lupa obatnya, kira2 ada yang tau apa saja obat tetes maat untuk penderita glaukoma?

A. Obat tetes mata anti glaukoma


Glaukoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh tingginya tekanan bola mata sehingga menyebabkan rusaknya saraf optik yang membentuk bagian-bagian retina dibelakang bola mata. Saraf optik menyambung jaringan-jaringan penerima cahaya (retina) dengan bagian dari otak yang memproses informasi pengelihatan.


Salah satu obat yang dapat digunakan sebagai anti glaukoma adalah obat adrenergik seperti epinefrin (0,25 â 2%), fenilefrin (2,5 - 10%), dan lain-lain. Obat-obat adrenergik ini tidak menimbulkan siklopegia. Epinefrin, dengan dosis yang lebih kecil dari fenilefrin, efektif digunakan sebagai obat glaukoma.


Epinefrin digunakan untuk mengurangi tekanan intraokuler pada penderita glaukoma sudut lebar berdasarkan efek vasokonstriksi lokal yang menyebabkan pembentukan cairan mata berkurang.


Pembahasan :pasien dengan penderita glaukoma memiliki kelebihan cairan pada bola mata yang menyebabkan mata membengkak. Karena itu digunakan obat mata hipertonis, sehingga cairan yang ada di mata ditarik dari yang hipotonis ke hipertonis

bagaimana pengobatan glaukoma?
Q. sebenarnya ada atau tidak pengobatan yang efektif untuk penyakit glaukoma?

A. >>Bagaimana cara pengobatan Glaukoma?

Pengobatan utama glaucoma bertujuan untuk merendahkan tekanan bola mata. Biasanya dengan memberikan obat tetes mata atau tablet yang bertujuan untuk mengurangi produksi cairan di dalam bola mata atau dengan membuka saluran pembuangan cairan sehingga dapat keluar lebih banyak. Jika pengobatan tidak membantu, maka umunya dokter mata akan menganjurkan untuk dilaser atau operasi (Trabeculectomy) yang bertujuan memperbesar saluran pembuanagn cairan di dalam bola mata.

>>Apakah Glaukoma dapat disembuhkan?
Glaukoma tidak dapat disenbuhkan, hanya dapat dicegah. Artinya, kerusakan luas pandang mata yang telah terjadi tidak akan dikembalikan seperti semula, tapi hanya dapat dicegah agar tidak meluas kerusakannya. Meskipun tidak dapat disembuhkan, detekdi di glaucoma yang efektif dengan observesi regular dan pengobatan yang efektif, akam meminimalkan kerusakn sehingga tidak akan menggangu kualitas hidup Anda

Glaukoma pada Hamster...?
Q. 1. apakah mata hamster yg membesar sebelah slalu penyebabnya penyakit glaukoma?
2. apakah penyakit glaukoma menyerang semua jenis/spesies hamster?
3. seberapa besar dampak dari glaukoma pada hamster, seberapa bahaya, dan apakah dapat menyebabkan kematian?
4. adakah cara menyembuhkan penyakit glaukoma pada hamster?

A. 1. Tidak juga , bisa juga akibat perkelahian antara hamster .
2. Tidak , jika kebersihan kandang terjaga .
3. Cukup berbahaya tetapi tidak selalu berakhir dengan kematian , pisahkan dan sendirikan . Jika dicampur akan mati diserang yang lain .
4. Bawa ke Dokter Hewan .

Glaukoma tkanan tak kunjung menurun?
Q. sore
saya pendrita glaukoma sudut tbuka primer
tp uda ampir seminggu ini tekanan bola mata saya tak kunjung menurun..
kbut pengeliatan uda aga ilang tp bola mata saya blm jg melunak masi tetap keras gt..pdhl uda minum glaucon ma ditetesin timolol..
ada yg tau knapa dan tau solusi na..
please help me teman..

A. Perhatikan Pantangannya!!! tidak boleh minum kopi, teh, soft drink, coklat ( termasuk kue coklat, es krim coklat ) Kemudian jaga makanan, hindari daging berserat merah (sapi, kambing, domba, kuda, kerbau).
cukup istirahat dan berpikir positif. Pengalaman ibu saya yg juga Glukoma, dia pakai Herbal Radix Vitae ditetes 1 x /hari 2 tetes/mata. Untuk membantu dari dalam, minum Spirulina (memang untuk ini agak mahal hrgnya 640 rb is 800 tablet dan diminumnya minimal 3 x 7 tablet. kalau mau tanya-tanya mengenai herbalnya hubungi langsung di 081280062886

Kena Glaukoma (Tekanan Bola mata naik..)?
Q. Rekan...
Orang tua saya (ayah) kena Glaukoma pada mata kiri, dia ada tekanan darah tinggi dan diabetes ringan, setelah itu sempat menjalani operasi untuk menurunkan tekanan bola matanya, sekarang visibilitynya menurut dokter tinggal 30%, Adakah cara-cara atau obat untuk memepertahankan atau meningkatkan daya pandangnya, Umur ayah sekarang menjelang 70 tahun. Mohon pencerahannya....

A. tanto...

"Glukoma merupakan sejenis kerusakan mata yang disebabkan tekanan cairan terlalu tinggi di dalam bola mata dan berdampak pada kerusakan sel retina maupun serabut saraf sehingga ruang penglihatan menjadi semakin sempit dan akhirnya buta," jelas Admadi.

Di Indonesia, kini penyakit glukoma merupakan penyebab kebutaan nomor tiga selain katarak dan refraksi. Menurut Admadi, salah satu penyebabnya adalah penggunaan obat tetes mata secara serampangan dan tanpa petunjuk dokter.

Masalahnya, masyarakat Indonesia masih bisa membeli obat tetes mata secara bebas. Termasuk pula, obat tetes mata yang semestinya harus menggunakan resep dokter. Padahal, jika tetes mata itu termasuk jenis obat keras dan digunakan dalam waktu lama akan sangat berbahaya bagi pengguna.

Admadi mengingatkan, glukoma pada umumnya tidak diawali gejala-gejala khusus. Bahkan glukoma kerap tanpa gejala sama sekali. "Sehingga dalam banyak kasus, glukoma baru terdeteksi setelah si penderita mengalami kerusakan mata serius," katanya.

Tiba-tiba penderitanya mengalami penyempitan penglihatan dan akhirnya mengalami kebutaan. Admadi mengingatkan, bila penanganan telah terlambat, glukoma tidak mungkin lagi disembuhkan baik dengan pengobatan maupun operasi sekalipun. Penyebabnya, karena sel endotel trabekular meshwork-nya telah hilang.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment