Monday, June 17, 2013

menghilangkan migrain?

Q. sudah 3 atau 4 hari ini saya mengalami migrain terus di sebelah kiri, sangat mengganggu, kira2 bagaimana cara menghilangkan migrain ya??

A. Migrain adalah sakit kepala sebelah yang meski tidak mengancam nyawa, tapi penyakit ini tergolong parah karena rasanya begitu menyiksa. Ketika migrain datang, ada cara yang bisa dilakukan.

Dr Carolyn Bernstein, ahli neurologi dari Cambridge Health Alliance-Cambridge Campus, seperti dilansir dari Dailymail, mengatakan selama ini orang migrain takut kopi karena diduga bisa memicu sakit kepala. Tapi sebenarnya, cukup dengan 1 sampai 2 cangkir kopi justru bisa meringankan migrain.

Cara untuk mengatasi migrain:

Secangkir atau dua cangkir kopi dapat membantu meringankan migrain
Kafein merupakan obat termurah, termudah dan paling banyak tersedia untuk mengatasi migrain. Mempersempit pembuluh darah dapat mengurangi rasa sakit. Jika mengalami migrain, minum satu atau dua cangkir kopi hitam atau minuman ringan berkafein, bagi kebanyakan orang dapat mengurangi gejala migrain.

Kafein juga membantu menyerap obat lain, yang menjadi penyebab migrain. Dan kafein merupakan stimulan otak yang dapat membantu orang berpikir lebih baik jika sedang berada pada âkabutâ migrain.

Pijat
Kejang otot dapat menjadi pemicu migrain bagi banyak orang. Anda mungkin mengalami kejang otot di leher, punggung atau bahu, terutama jika terlalu lama duduk di depan komputer atau mengemudi.

Gigi, otot-otot wajah atau kulit kepala kadang mencengkeram terutama pada malam hari, sehingga Anda terbangun dengan migrain. Pijat dapat membantu jika migrain disertai dengan kejang otot, karena ini akan membuat Anda rileks.

Meskipun datanya tidak cukup besar, sebuah studi di universitas besar menemukan bahwa melakukan pijat dua kali seminggu selama lima minggu dapat mengurangi 50 persen migrain.

Yoga
Sebuah studi baru-baru ini di India menemukan bahwa orang yang menderita migrain dan melakukan yoga dengan kombinasi meditasi dan teknik relaksasi lainnya, dapat mengurangi migrain dengan berkurangnya rasa nyeri. Kegelisahan dan depresi pun akan berkurang.

Magnesium
Magnesium mungkin merupakan mineral ajaib bagi penderita migrain. Meskipun tidak membantu setiap orang, mengonsumsi suplemen magnesium setiap hari dapat membantu mencegah migrain.

Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen magnesium dapat membantu meringankan migrain, termasuk mengurangi migrain akibat menstruasi.

Bagaimana magnesium dapat membantu? Magnesium merupakan mineral penting untuk beberapa fungsi dalam tubuh, termasuk jantung, tulang dan otot. Magnesium mengatur pembuluh darah beroperasi, mengurangi nyeri dan menenangkan sistem saraf, yang mungkin dapat membantu meringankan migrain.

Hal ini juga dapat membantu mengurangi stres dengan bekerja pada sistem saraf simpatik dan dapat mengatur kadar gula dalam darah, yang merupakan dua pemicu migrain.

Dan yang lebih penting lagi, magnesium akan mempengaruhi produksi dan regulasi serotonin. Serotonin merupakan zat kimia yang diproduksi oleh tubuh dan diperlukan sel-sel saraf dan otak untuk berfungsi.

Banyak orang yang kekurangan magnesium karena gula dan makanan tinggi lemak, yang menghalangi peneyrapannya ke dalam tubuh. Orang yang menderita migrain biasanya memiliki kadar magnesium di bawah normal.

Dr Bernstein menyarankan untuk mengonsumsi 400 mg magnesium per hari untuk masa percobaan dua bulan. Tapi Anda harus berkonsultasi pada dokter, bila Anda memiliki masalah dengan ginjal.â

gmn ngobatin migrain?
Q. aku sering bgt skt kepala sebelah' kena panas dkit suka lgsg migrain' mnum kopi item even it cm nyicip 1 tetes lgsg migrain, ada yg bs jelasin mungkin itu kenapa n gimana ngatasi atau mencegahny'??

A. MIGRAIN

Merupakan nyeri kepala berdenyut pada satu atau kedua sisi kepala dengan intensitas sedang sampai berat dan bertambah dengan aktivitas. Dapat disertai dengan mual dan atau muntah, atau fonofobia (sensitif terhadap suara) dan fotofobia (sensitif terhadap cahaya).

lab_b.pngMigrain dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu:

Migrain klasik

Migrain jenis ini terjadi pada 25% dari keseluruhan penderita migrain. Penderita migrain jenis ini merasakan gejala tertentu yang muncul sebelum serangan migrain. Gejala-gejala sistem saraf tersebut disebut dengan aura. Sehingga migrain klasik ini disebut juga migrain dengan aura. Aura tersebut disebabkan pembuluh darah yang menuju ke otak dan jaringan sekitarnya mengecil sementara waktu.
Aura tersebut meliputi aura visual, di mana penderita melihat titik-titik kecil yang banyak, atau melihat cahaya berbagai warna yang bergerak pelan pada salah satu mata, atau bisa juga melihat kilatan cahaya. Aura sensorik bisa berupa rasa kebas atau panas pada separuh badan. Aura motorik berupa kelemahan salah satu bagian anggota tubuh, kesulitan menelan atau bicara.

Migrain tanpa aura

Migrain jenis ini adalah nyeri kepala migrain yang datang secara tiba-tiba, tanpa peringatan terlebih dulu.

Serangan migrain dapat dicetuskan oleh beberapa hal, antara lain:

- Makanan tertentu, seperti teh, coklat, keju, anggur merah, tomat, kentang, kacang.
- Perubahan pola tidur, terlalu banyak atau kurang tidur.
- Keseimbangan hormonal pada wanita
- Stres
- Aktivitas fisik, kurang atau terlalu banyak aktivitas
- Merokok
- Penghentian minum kopi


Apabila tidak diterapi, serangan migrain akan berlangsung antara 4-72 jam. Secara garis besar, pengobatan migrain dapat dibagi menjadi 2, yaitu:

Dengan obat-obatan (farmaka)

Dibedakan lagi menjadi 2, yaitu pengobatan saat serangan migrain dan pengobatan pencegahan. Saat terjadinya serangan, dapat digunakan obat-obatan pengurang rasa sakit yang tidak spesifik untuk migrain.

Untuk pencegahan migrain, pengobatan diberikan dalam jangka waktu episodik, jangka pendek, atau jangka panjang. Pengobatan preventif ini harus selalu diminum tanpa melihat adanya serangan atau tidak. Terapi episodik diberikan apabila faktor pencetus nyeri kepala dikenal dengan baik sehingga sebelumnya bisa diberikan obat penghilang rasa nyeri. Terapi preventif jangka pendek diberikan apabila pasien akan terkena faktor risiko yang telah dikenal dalam jangka waktu tertentu, seperti migrain yang muncul saat menstruasi. Sedangkan terapi preventif jangka panjang diberikan dalam waktu beberapa bulan bahkan tahun tergantung respon pasien. Obat-obat yang digunakan untuk terapi preventif antara lain antidepresan, antikonvulsan, penghambat saluran kalsium, dll. Pasien sebaiknya membuat agenda harian nyeri kepala, sehingga frekuensi, lamanya, intensitas dan gejala penyerta nyeri kepala, faktor pencetus dan cara penanggulangannya dapat dipastikan.



Pengobatan nonfarmaka

Meliputi pemberian edukasi dan menenangkan pasien pada saat serangan. Pasien sebaiknya menghindari stimulasi sensoris yang berlebihan. Bila memungkinkan, beristirahat di tempat gelap dan tenang dengan dikompres dingin pada kepala. Terapi perilaku sangat berperan dalam mengatasi nyeri kepala. Termasuk di dalamnya adalah terapi relaksasi, cognitive-behaviour, biofeedback. Ada pula yang mengusulkan terapi alternatif seperti meditasi, hipnosis, akupunktur dan fitofarmaka.



Pasien dengan migrain yang terjadi pada saat menstruasi dianjurkan mengurangi garam. Olah raga yang teratur dan terarah umumnya sangat membantu.
Terapi lain seperti toksin botulinum (botox) setiap 3 bulan sekali memberi hasil yang menjanjikan untuk terapi preventif migrain sedang sampai berat.

Bagaimana cara Menghilangkan Migrain?
Q. Tersiksa banget rasanya kalo migrain kambuh, tiba2 sakit kayak
ditusuk2. pipi aja kalo disentuh sakit dan ngilu. Adakah obat yang
bisa menghilangkan migrain?

A. Memang migrain sangat menyiksa rasanya, obat yang paling paten menyembuhkan migrain adalah DEEP SEA dari produk SUNHOPE. Saya sudah mencoba macam2 obat yang katanya bisa menyembuhkan migrain. Tapi hanya deepsea yang bener2 mampu menyembuhkan migrain saya.

Saya bersyukur sekali kenal dengan produk yang satu ini. Sebelum mengkonsumsi deep sea, saya sering menderita sakit kepala sebelah bila banyak pikiran dan kecapekan. Tetapi setelah minum 1 paket deep sea dengan aturan yang ditentukan, lambat laun saya mulai merasa terbantu dengan kurangnya sakit kepala saat kurang tidur dan kecapekan.

Waktu bangun tidur pun pandangan mata lebih ringan dan terasa nafasnya menjadi lancar walaupun saya seorang perokok berat. Dengan deep sea saya menjadi lebih fokus dalam pekerjaan karena jarang terkena migraine seperti sebelum saya mengkonsumsi deep sea.

Dengan ini saya bisa membuktikan bahwa manfaat ob at ini sangat besar untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah situasi pekerjaan yang memang benar-benar membutuhkan konsentrasi.
Trima kasih deep sea.

cara mengatasi migrain berkelanjutan?
Q. saya sering sekali mengalami sakit kepala migrain, hampir setiap hari,, apa lagi pas bangun tidur,
kepala terasa sakiiiit sakali.
kira" gimana ya solusinya???

A. secepat nya periksain ke dokter..
migrain berkelanjutan gtu dah parah, dan juga bisa mengakibat kan kanker otak seiring bertambah umur.

mengapa mata saya bengkak bila migrain saya kumat?
Q. Saya menderita migrain sudah hampir 3 tahun, semakin lama semakin parah, bila migrain saya kumat bisa sampai 2 - 3 hari baru sembuh.Berbagai obat migrain sudah saya coba namun tak ada yang ampuh.Sekarang bila migrain kumat rasa sakitnya kontak ke mata dan mata saya menjadi bengkak.

A. kemungkinan merupakan koplikasi dari migrain yang mengarah ke mata anda

disana cairan interstisial menumpuk sehingga muncul bengkakl




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment