Thursday, June 20, 2013

mengapa hidung saya mimisan

Q. saya sering mimisan bila sdg stress ato kecapean...pokoknya kalo mikir yng berat2...
ada yang tau gak sebabnya??mungkin jg penyembuhannya??

A. Mengatasi dan Mencegah Perdarahan Hidung (Mimisan)
Hembing Wed, 11 Aug 2004 13:20:00 WIB

Oleh : Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma

Tanpa tahu sebab jelas, tiba-tiba hidung berdarah. Kejadian ini umumnya menyerang anak-anak, walaupun kadang-kadang juga dijumpai pada orang dewasa. Dalam masyarakat, perdarahan hidung lebih dikenal dengan istilah mimisan dan dalam istilah kedokteran disebut dengan epistaksis. Mimisan ditandai dengan keluarnya darah dari hidung. Darah yang keluar dari lubang hidung, biasanya berasal dari bagian depan hidung berupa darah segar, encer dan berwarna merah terang. Perdarahan hidung umumnya terjadi hanya pada satu lubang hidung, kecuali jika disebabkan oleh penyakit darah atau luka berat.

Mengapa bisa terjadi perdarahan pada hidung ? Hidung berdarah bisa terjadi karena pembuluh darah yang berada di selaput lendir hidung pecah. Pecahnya pembuluh darah tersebut menyebabkan darah keluar secara terus-menerus dari hidung. Ada banyak faktor yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah hidung, antara lain:
Mengorek-ngorek lubang hidung atau karena peradangan pada hidung yang menyebabkan pembuluh darah mudah pecah.
Menderita demam
Demam biasanya ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat, sehingga tubuh terasa panas. Hal itu dapat menyebabkan selaput lendir hidung mengering. Keringnya selaput lendir hidung tersebut menyebabkan pembuluh darah di
hidung mudah pecah.
Menghirup bahan-bahan kimia yang menyebabkan iritasi pada mukosa (selaput lendir) pada hidung.
Luka akibat kecelakaan atau terbentur dengan benda keras, dipukul dan dihantam yang mengenai hidung
Infeksi lokal saluran hidung
Kemasukan benda-benda, hidung terjepit, meniup lewat hidung
Hilangnya sejumlah darah akibat mimisan dapat menyebabkan sakit kepala ringan, pusing dan sedikit sukar bernafas. Mimisan ringan dapat berakhir/berhenti kurang dari 10 menit setelah diberi pertolongan. Mimisan dapat juga menjadi perdarahan yang berat dan membutuhkan penanganan lebih serius. Pada perdarahan hidung berat, darah merembes dari pembuluh darah hidung yang pecah, masuk ke dalam bagian tengah telinga juga ke sudut mata. Perdarahan berat dapat mengakibatkankan tekanan darah rendah, jantung berdetak lebih cepat, sukar bernafas dan muka menjadi pucat. Perdarahan dapat dikategorikan berat jika darah berhenti keluar dalam waktu lebih dari 10 menit setelah diberi pertolongan dan menyebabkan kehilangan darah 1 liter / jam.

Mimisan yang dikategorikan berat merupakan perdarahan yang keluar dari ruang hidung yang sangat dalam sehingga disebut dengan mimisan posterior. Mimisan seperti itu, mengeluarkan banyak darah dan sulit dihentikan. Jenis mimisan ini biasanya terjadi pada orang tua dan disebabkan oleh beberapa hal:
- aterosklerosis (pengerasan) pembuluh darah di daerah hidung,
- tekanan darah tinggi,
- tumor hidung

Mimisan ini membutuhkan penanganan serius dan memerlukan perawatan dokter yang intensif. Keluarnya darah secara terus-menerus dari hidung memang dapat membuat orang menjadi panik dan takut, tetapi usahakan untuk tetap tenang, sebab untuk menghentikan perdarahan hidung dibutuhkan ketenangan. Kepanikan dan buru-buru dapat menyebabkan darah keluar dengan deras. Untuk mimisan minor (tidak serius), sebagai pertolongan pertama untuk mencegah darah keluar secara terus-menerus, dapat dilakukan langkah-langkah berikut ini :
duduk dengan kepala agak condong ke depan. Jangan menunduk, sebab dapat menyebabkan darah keluar semakin deras dari hidung
Jepit lubang hidung dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk sedemikian rupa sehingga septum nasal (sekat yang memisahkan lubang hidung kanan dan kiri) seperti dipijat dengan pelan. Lakukan selama 15 menit dan jangan dilepaskan.
Bernafaslah melalui mulut
Kompres daerah sekitar hidung dengan menggunakan kain bersih yang telah dicelupkan ke dalam air dingin (es)
Dalam waktu 24 jam, jangan mengangkat benda-benda keras atau berolahraga terlalu berat untuk menghindari hidung berdarah kembali.
Darah yang keluar dari hidung dapat juga merembes masuk ke dalam mulut dan tenggorokan. Darah tersebut jangan ditelan dan harus dikeluarkan dari mulut. Tertelannya darah dalam jumlah besar dapat menyebabkan kondisi perut menjadi tidak nyaman dan akhirnya, muntah-muntah. Jika perdarahan hidung tidak berhenti setelah 10 menit, jangan panik dan tetap tenang untuk mencari pertolongan dokter. Kepanikan dan berlari saat mimisan terjadi menyebabkan darah semakin cepat keluar.

Tips untuk mencegah menghindari mimisan:
Jangan mengorek atau memasukkan sesuatu ke dalam lubang hidung.
Bersin dengan mulut terbuka
Saat demam dan suhu tubuh meningkat, kompres untuk menormalkan suhu tubuh. Sebab suhu tubuh yang meningkat dapat menyebabkan selaput lendir hidung mengering dan mempermudah pecahnya pembuluh darah yang menimbulkan mimisan
Menggunakan pelembab udara jika tinggal di daerah panas.

Berikut ini cara mengatasi mimisan dengan menggunakan tumbuhan obat.
Resep 1
1 lembar daun sirih yang agak muda dilumatkan, kemudian digulung untuk menyumbat hidung yang berdarah.
Resep 2
30-60 gram akar alang-alang segar dicuci bersih dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, diminum setelah dingin.
Resep 3
Bunga jengger ayam + daun urang aring masing-masing 15 gram, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.
Resep. 4
200 gram akar teratai dijus, airnya diteteskan ke hidung sekitar 2-3 tetes, dan sisanya diminum.

Catatan :
- Untuk perebusan gunakan periuk tanah, penci enamel, atau panci kaca.
- Mimisan dengan pendarahan yang hebat dan sulit dihentikan, harus tetap konsultasi ke dokter.



Sumber: CBN

Assalaalaikum wr.wb user muslim..................?
Q. Waktu sholat pd saat ruku hidung keluar mimisan , apakah sholatnya batal ?

A. Apabila darahnya sedikit, maka tidak membatalkan shalat. Apabila darah yang keluar banyak dan mengenai sebagian dari badan dan pakaiannya, maka wajib membatalkan diri (red; shalatnya), meskipun shalat jumat.

Dasar Pengambilan Hukum

Bughyat al Musytarsyidin Halaman 53

Ùائدة : Ùا٠Ù٠اÙتحÙØ© : ÙÙ٠رع٠Ù٠اÙصÙاة ÙÙÙ Ùصب٠إÙا اÙÙÙÙÙ ÙÙ ÙÙطعÙا Ø ÙØ¥Ù Ùثر ÙزÙÙ٠عÙÙ ÙÙÙص٠عÙÙ Ø ÙØ¥Ù Ùثر Ùا أصاب٠ÙزÙÙ ÙطعÙا ÙÙ٠جÙعة Ø Ùإ٠رع٠ÙبÙÙا ÙاستÙر Ùإ٠رج٠اÙÙطاع٠ÙاÙÙÙت Ùتسع اÙتظر٠ÙØ¥Ùا تحÙظ ÙاÙسÙس اÙÙ.
Faidah: Mushannif berkata dalam kitab Tuhfah: âAndai seseorang mimisan didalam shalat, dan darah yang keluar hanya sedikit, maka tidak membatalkan shalatnya. Apabila darah yang keluar banyak hingga mengenai bagian badan yang lain. Apabila darah yang mengenai bagian badan lain sangat banyak, maka seseorang yang sedang shalat itu harus membatalkan shalatnya meski dia sedang shalat jumat. Bila mimisan keluar sebelum shalat dan keluar terus, namun dimungkinkan mimisan berhenti dan waktu shalat masih cukup, maka dianjurkan untuk ditunggu hingga berhenti, apabila tidak mungkin ditunggu hingga berhenti, maka hidung disumpal saat shalat sebagaimana orang yang beser.

Itu yang di bawah mimisan kok darah kotor, ngawur.....

Secara medis, mimisan merupakan gejala keluarnya darah dari hidung yang dapat terjadi akibat sebab kelainan lokal pada rongga hidung ataupun karena kelainan yang terjadi di tempat lain dari tubuh. Kelainan lokal dapat berupa trauma misalnya mengorek hidung, terjatuh, terpukul, benda asing di hidung, dan iritasi gas yang merangsang. Mimisan bisa timbul sewaktu-waktu.(red)

sy knp nich dog ? sy sakit ap?
Q. badan sy gemetar,, hidung sy mimisan,, napsu mkn sy ilang,, ga bs tdr tiap mlm,, bdn sy sakit,, pegel kyk ditonjok2 setan,, bbrp hri lalu sy kejang,, tp kok sy blm mati ya, dok? anthrax? kira2 obat apa yg bagus ya? beliny dmn? mohon bantuanny mumpung suami sy blm balik,,,,, sy blm siap pisah ranjang wkwkwkwk,,,
serius amat,, kg mkn rumput y lu wkwkwkwk

A. owh,,,segera dateng ke petshop aja mbakk/mas
ntar milih pasangan ranjangnya sendiri

Duch, ngapa gw jd takut mati...apresiasi sampe akar yah teman2
Q. mendengar kata-kata dokter
serasa kepala mumet dan semaput
mendengar kata-kata test darah
serasa badan lemas ga bisa berdiri lagi
duch....gw sakit apa nih, lirih berbisik

darah yang terus keluar seperti air sungai
membuat pedih seluruh hidung
mengapa mimisan ga henti-henti
harus disumbatkah, atau ditutup sekali agar terhenti
Tuhan gw sakit apa sih, seolah ga ngerti..

selalu takut saat mata akan mengantuk
takut tertidur dan ga bangun lagi
ngapa gw jadi takut mati
padahal dosa belum sampe lebihi bukit tinggi
tetap gw takut dan takut..

jangan mati dulu dunkz..
selalu berharap akan kemurahanNya
masih banyak yang belum gw kerjakan
dan mengharap maaf adalah kemudahan
pada bokap yang galak adalah kekesalan

--------------------------------
silahkan kritik dan comment deh

salam sayang dari april..

A. padahal dosa belum melebihi bukit tinggi??? itu menurut sobat sendiri lho. itu pemikiran yang picik yang seharusnya dibuang jauh.
bila perlu disaat kita punya dosa dan salah sebesar biji padi, sebaiknya kita segera introspeksi. HANYA dengan cara introspeksi dan pasrah ikhlas pada-Nya niscaya Tuhan akan menyembuhkan penyakit sobat.

semoga cepat sembuh dan jangan takut mati.
yang perlu sobat takutkan adalah cukup modalkah sobat untuk mati dan bertemu dengan-Nya?

terima kasih
salam persobatan
Ponco

Tolong... Saya!!! (BAGI KALIAN SEMUA TOLONG SAYA PLEASE)?
Q. Bagi kalian yang tinggal di Depok,
Tolong saya.....

Saya duduk di Kelas 7 SMP di Al-Muhajirin Depok....
Saya minta tolong kepada kalian semua....
Saya punya kesan selama sekolah di SMP Al-Nuhajirin Depok...
Jadi gini, pas saya masuk pertama kali sekolah, itu say udah ketakutan ngeliat 2 baris cowok yang nakal itu. Terus hari keduanya kan ada ulangan itu semua cowok pada nanya ke saya semua, kan saya gak mau. Nah pas disitu tuh saya di cakar pas istirahat sampe tangan saya luka & hampir berdarah. Dan hari ketiganya itu kan ada ulangan lagi tuh tapi apa pelajarannya gitu (soalnya saya lupa), itu tuh barisan cowok itu pada ngancemin & terorin saya kan jadi saya ketakutan, dan pas istirahat itu saya ditonjok semua cowok sampe hidung saya mimisan sampe 3 kali. Itu tuh saya sudah ngelaporin ke kantor guru tapi gurunya cuman ngomong ".....ya sebentar dulu." setiap hari. Dan hari ke empatnya tas saya dibuka & digeledah sama semua cowok yang nakal , nah kan saya kan kesel banget tuh sampe tas saya itu ada yang robek. Hari kelimanya kan ada PR & ulangan itu tuh tas saya diambil sama semua cowok yang nakal, sehabis itu tas saya langsung dimasukkin ke tong sampah yang di kelas itu. Nah kan saya itu dah gak bisa nahan nangis, Itu tuh saya nangis pelan-pelan. Akhirnya ibu saya ngomong ke kantor guru dan akhirnya gurunya ngomong giini nih ".....iya bu, kami lagi rapat tentang anak ibu (alias saya yang dirapatin)," Nah gurunya ngomong gini nih "..... ibu, kalo ibu mau pindah sekolah gimana bu? soalnya kami gak bisa berurusan seperti ini bu." Ya udah akhirnya ibu saya marah sama semua guru. Dan ya udah deh saya jadinya mau pindah, tapi saya mesti nunggu semster 1 dulu soalnya masih ribet., tapi gw maunya cepet-cepet biar saya aman. Makannya saya maunya sekarang mau pindah.

Bagi semua orang (yang di Depok)...
Tolong saya...

ini adalah nomor handphone saya 087882428490....

Dan, bagi yang orang tua kalian ataupun kalian yang bisa membantu saya ke SMP NEGERI di Depok... harap telpon saya..
Karena Saya sedang dirawat di rumah sakit dikarenakan penyakit jantung lemah....

Saya harap,,, anda ataupun kalian dapat membantu saya.......

A. Lapor ke komnas perlindungan anak secepatnya & dinas pendidikan kota depok! Bilang ke ortu kamu!
Turut prihatin...smoga cpt sehat lagi




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment