Friday, June 14, 2013

kenapa petani, pelukis, risiko terkena kanker prostat lebih besar?bagaimana pemaparannya?

Q. kanker prostat

A. karena petani banyak beban berat dalam bekerja dan pelukis banyak duduk. akibatnya sirkulasi darah di bagian bawah tidak lancar. juga banyak tekanan di sana segingga memicu terjadinya gangguan prostat.
bagaimana ada masalah ???
silakan hubungi saya...
salam....

apakah prostat dapat disembuhkan?
Q. prostat adalah penyakirt pria yang berumur sekitar 50 tahun keaatas

A. Ada 3 jenis gangguan pada prostat :

1. Infeksi Prostat : disebabkan oleh bakteri dan non bakteri
Bila disebabkan oleh bakteri penyembuhannya dengan pemberian antibiotik.
Sedangkan yg disebabkan oleh non bakteri biasanya sembuh jika diberikan obat anti radang.

2. Pembesaran prostat jinak/ Benign Prostatic Hyperplasia
( BPH )
Disebabkan karena produksi hormon testosteron menurun
dilain pihak hormon estrogen relatif tetap.
Akibatnya jumlah sel yg mati menurun drastis sedangkan
pertumbuhan sel baru tetap sehingga terjadi pembesaran
prostat untuk menampung jumlh sel yang semakin banyak.
Penanganan oleh Dokter :
- Watchful waiting : dipilih bila pasien tidak terlalu terganggu. Biasanya dilengkapi dengan pemberian obat yg gunanya untuk meringankan gejalanya bukan untuk mengecilkan volume prostat.
- Dilakukan Trans Urethral Needle Ablation :
yakni memasukkan selang berisi jarum melalui urethra, setelah mencapai prostat, maka prostat akan dipanaskan dalam suhu 110 derajat Celcius menggunakan media jarum dalam selang tsb.
Proses akan berlangsung selama 20-30 menit.
Pasien boleh langsung pulang dengan memakai kateter selama 2-3 hari.
Prostat akan mengecil dalam 3-4 minggu.

- Melakukan TURP (Transurethral Resection of Prostat.
Yakni operasi dengan cara memasukkan alat resectoscope yg mengeluarkan sinar sehingga dokter dapat melihat bagian mana dari prostat yg membesar agar dapat dilakukan irisan dengan electrosurgical cautery atau laser.

3. Kanker Prostat.
Dalam hal ini ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan
oleh dokter sesuai dengan stadiumnya ( Early prostate cancer, Locally advanced prostate cancer dan stadium terakhir adalah Advanced prostate cancer ).
Tindakan yg dilakukan dokter :

- Watchful waiting : mengawasi dan memantau perkembangannya.

- Pengangkatan prostat

- Terapi radiasi ( Radiation Therapy )

- Terapi hormon ( Hormonal Therapy )

- Chemotherapy

benarkah prostat disebabkan krn onani berlebihan?
Q. apa penyebab utama prostat?

A. Tidak.
Penyebab pembesaran kelenjar prostat sampai sekarang belum diketahui.
Yg terkena biasanya pria diatas 50 th..>

Apakah prostat bisa menyerang remaja ?
Q. apakah remaja bisa terkena prostat ???
karena saya berumur 17 tahun dan mengalami gejala gejala prostat jinak sedikit pada saat berkemih di waktu waktu tertentu dan tidak tiap saat ...
Saya benar benar butuh bantuan karena saya cemas sekali dengan penyakit ini !

A. apa yang saudara maksudkan ? prostat merupakan struktur anatomis yang ada pada semua laki-laki. mungkin yang saudara maksudkan adalah pembesaran prostat sehingga memperkecil ukuran jalan keluar air kemih. biasanya pembesaran prostat menyerang lansia tetapi tidak menutup kemungkinan menyerang remaja. terkadang juga, gejala-gejala yang kita rasakan belum tentu merujuk pada suatu penyakit yang pasti (secara, kita bukan dokter). bila saudara merasa khawatir, tidak ada slahnya memeriksakan di dokter. itu bukan hal yang memalukan. supaya bisa mendapat kepastian apa sebenarnya yang saudara takutkan itu..

semoga bermanfaat !

Apa sih penyakit prostat itu, mohon penjelasan!?
Q. Prostat sering disebut sebagai momok yang ditakuti manusia, khususnya kaum pria. Apa sesunggunya penyakit prostat itu, dan apa penyebabnya serta bagaimana mengantisipasi dan mengobatinya?

A. Prostat adalah kelenjar seks pria yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kencing (uretra). Ukuran organ ini sebesar biji kemiri dengan diamater empat sentimeter. Semakin bertambah usia, ukuran prostat akan semakin membesar. Pada pria usia 25-30 tahun prostat mencapai berat maksimal, sekitar 25 gram.

Prostat memegang peranan sangat penting dalam memproduksi cairan mani. Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi pada prostat. Menurut beberapa referensi, sekitar 90 persen laki-laki yang berusia 40 tahun ke atas mengalami gangguan berupa pembesaran kelenjar prostat. Inilah yang biasa disebut hiperplasia prostat jinak atau BPH (benign prostate hyperplasia).

Bila gangguan ini muncul, harus segera diatasi karena bisa berlanjut pada radang prostat. Dan jika tidak juga diobati, bisa menjadi kanker prostat. Ini bisa terjadi jika asupan makanan yang mengandung betakaroten, lignan, dan vitamin E, rendah.

Pada tahap awal, gangguan prostat ditandai dengan rasa nyeri di bagian bawah perut terutam bila menahan kencing. Rasa sakit ini sampai menyebabkan keluarnya keringat dingin.

Gejala lainnya adalah aliran air seni kurang lancar dan tidak tuntas. Sehingga keinginan untuk buang air kecil tinggi. Dalam sehari semalam bisa 10-20 kali buang air kecil. Kemudian demam dan berat badan merosot drastis. Gejala ini biasanya muncul setelah gangguan pada prostat semakin memburuk dan berkembang menjadi radang prostat (prostatis).

Untuk menghindari gangguan prostat, pria berusia 40 tahun ke atas perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Menjalankan pola hidup sehat. Cara yang paling sederhana adalah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan yang penting bagi prostat, seperti tomat, avokad, dan kacang-kacangan.

2. Cukupi kebutuhan lemak esensial. Asam lemak omega 3, dan mineral seng dapat mengurangi gejala gangguan prostat. Makanan yang kaya akan katekin terutama epigalokatekin galat (epigallocatechinsgallate), selenium, sulforafan, dan vitamin C mendorong kemampuan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan racun pencetus kanker (karsinogenik). Tidak hanya itu, zat-zat tersebut juga meningkatkan pembentukan enzim penumpas sel tumor dan kanker, termasuk kanker prostat.

3. Seringlah mengonsumsi kubis-kubisan. Beberapa hasil penelitian menyebutkan, pria yang sering mengonsumsi kubis-kubisan kurang berisiko mendapatkan gangguan prostat.

4. Periksakan kesehatan prostat secara rutin ke dokter. Ini untuk mengantisipasi munculnya gangguan pada prostat. Jika ditemukan problem, maka bisa segera diobati.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment