Wednesday, June 19, 2013

kapan waktunya kecerdasan anak dibentuk???

Q. mau tanya dong..
kapan sih saatnya kecerdasan anak dibentuk, kapan saat yang tepat untuk menjadikan anak manjadi pintar?
bagaimana caranya??
tolong yaaa..

A. 1. Kecerdasan anak dapat dipentuk sejak dr dlm kandungan contohnya : dengan makan makanan yang bergizi dan bernutrisi n minum susu yang banyak mengandung folat krn baik u/ pertumbuhan otak janin, untuk dari luarnya bisa dengan dengerin musik jazz / clasic krn janin yg dlm kandungan tu udah bisa menerima komunikasi dari lingkungan luar terutama ibunya, sering2 aja dia bercerita biar ada kaitan psikologi antara ibu dan anak sejak dini
2. Stlah lahir masa umur 1-3 thn adalah masa emas untuk perkembangan otak, usahakan kasih ASI n asupan makanan yang bergizi, jgn hindarkan mereka dari lemak (lemak yg baik) krn mereka sngt butuh lemak untuk perkembangan otaknya)

Bagaimana menstimulir kecerdasan anak batita?
Q. 1. Bagaimana caranya menstimulir kecerdasan pada anak batita, misal usia 1 tahun?
2. Saya pernah baca sekilas tentang adanya macam2 kecerdasan (kecerdasan motorik, sosial, visual, dst), apakah ini? Dan bagaimana menstimulirnya di anak batita?
3. Bagaimana dengan advance learning yang sepertinya sekarang sedang trend, misalnya Mind Map yang saya dengar berkali-kali disinggung di radio. Apakah applicable untuk batita? Advance learning apa yang bisa diterapkan di batita? Dan apakah memang cara2 advance learning baik/perlu diterapkan pada anak (mengingat di beberapa negara lain justru dilarang/tidak di-encourage)?
Thanks.

A. Hai T.O.S.I !

Gw udah coba ini sama keponakan gw, dan kayaknya ada hasil tuh.... Kesian ya dia jadi kelinci percobaan :D

1. Hal yang paling sederhana adalah megajak dia bicara, seolah-olah dia bisa mengerti apa yang kita bicarakan, sesering mungkin. Hasilnya sama ponakan gw adalah dia lebih cepat bicara daripada anak sebayanya. Dia juga mampu mengucapkan huruf "R" walaupun belom sempurna, tapi yang penting ga cedal.

Ini gw lakukan sejak dia baru lahir, dia udah gw ajak ngomong.

2. kecerdasan motorik= kemampuan untuk bergerak dan mangatur tenaga, apakah arah gerakan tepat dan apakah distribusi tenaganya sesuai.
Sosial=kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain, memahami etika dalam hubungan antar pribadi, dan mengembangkan empati.
Visual=kemampuan untuk memahami bentuk-bentuk lewat penghilatan, mampu memperkirakan dimensi lewat penghilatannya.

cara stimulir secara keseluruhan: cara terbaik adalah mengajaknya bermain, mulai dari motorik kasar (kayak berjalan, lari-larian kalo udah bisa lari), motorik halus (bermain lipat kertas atau origami, menggambar dan mewarnai), mendampingi sambil nonton tv acara anak-anak, dan berusaha menjawab dengan sabar setiap dia tanya "kenapa?"

3. Untuk advanced learning, lebih baik konsultasi langsung sama profesional, terutama psikolog anak.

Apa saja manfaat lagu anak buat anak-anak? - By Kak Zepe?
Q. Banyak orang melupakan lagu anak. Mereka hanya tidak tahu betapa bermanfaatnya lagu anak buat perkembangan psikologi dan kecerdasan anak. Misalnya, sebagai guru saya sering menggunakan lagu-lagu anak yang ada di blog saya LAGU2ANAK.BLOGSPOT.COM sebagai media pembelajaran. Bagaimana dengan pendapat anda?

A. LAgu anak memang bagus untuk anak karena bisa melatih ilmu musikalnya dengan dengan lagu anak2 juga dapat menjadi lebih aktif selain itu anak2 pun akan menjadi lebih ceria dan riang

bagaimana cara mendidik anak yang hiperaktif?
Q. kata kunci; lebih mahal mana barang2 kita dengan kecerdasan anak? ini kudapatkan dalam peltihan. "orang tua jangan sampai memarahi anak".

A. buah tidak jatuh dari pohonnya
jadi
untuk mengajar anak yang hiperaktif, akan dijawab sendiri oleh orang tuanya, dengan pengalamannya.
ada saatnya anak dimarahin
dalam agama pun diajarkan gunakanlah rotan untuk mengajar anakmu.

mengapa anak yang hiperaktif tidak mempunyai kemampuan motorik halus yang baik dibandingkan anak biasa?
Q. disebuah situs mengatakan bahwa salah satu problem yang biasa dialami anak hiperaktif di sekolah yaitu salah satunya anak hiperaktif memiliki ketrampilan motorik halus yang secara umum tidak sebaik anak biasa. Dengan kata lain bahwa anak hiperaktif tidak mempunyai kemampuan motorik yang baik dibandingkan anak biasa.mengapa bisa dikatakan demikian, sedangkan yang saya ketahui bahwa kecerdasan anak yang hiperaktif itu diatas rata-rata.saya mohon bantuannya untuk menjawab pertanyaan saya sebagai bahan referensi saya dan juga sebagai bahan acuan saya mengenai anak yang hiperaktif.

A. Karena anak yang hiperaktif mengalami gangguan pemusatan perhatian motorik (konsentrasi ) selalu gelisah dan tidak tenang, dalam sistem saraf pusat dan otak ada kerusakan kecil sehingga rentang konsentrasi sangat pendek dan sulit dikendalikan dan ia sering gagal menyelesaikan tugas.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak hiperaktif tidak mempunyai kemampuan motorik yang baik. seperti:pengaruh lingkungan, epilepsi,temperamen bawaan,mal fungsi otak,gangguan di kepala (gagar otak, persalinan sulit , kepala pernah terbentur,gizi buruk,alergi makanan).
Gangguan ini tidak terlihat karena si anak tidak mengeluh,walau sebetulnya sudah terjadi gangguan pada saraf pusat.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment