Tuesday, June 18, 2013

bagaimana cara menyembuhkan penyakit gondok (bukan gondong) tanpa harus operasi & apa bahaya nya?

Q. gondok belum terlalu besar,masih kecil

A. Dokter bisa merekomendasikan salah satu dari poin-poin di bawah ini:
kalo gondok-nya masih kecil dan tidak bermasalah, tindakannya: wait-and-see

Dengan obat; dapat diberikan terapi pengganti/sulih hormon dengan levothyroxine. Bila ada radang, bisa digunakan aspirin atau corticosteroid

Bedah; ini untuk gondok yg besar. Jadi santai aja...'-'

Terapi iodin radioaktif; kerjanya menghancurkan sel-sel pada kelenjar tiroid. Efek negatifnya, mengebabkan kelenjar itu seterusnya jadi kurang aktif. Rasanya untuk kasus-kasus tingkat lanjut deh...

smoga terbantu ",

gondok itu yang mana sih? (bintang 5)?
Q. gondok itu yg
hypothyroidism ato hyperthyroidism??
bingung nih..
oia bedanya apa?
bknya xma" jadi bengkak??
thx yg jwb plng lengkap bintang 5!

A. Kedudukan kelenjar Gondok (Thyroid), berada di leher bagian depan, di bawah jakun. Kelenjar ini menghasilkan hormon Thyroid, yang fungsinya adalah untuk mengatur berbagai âMetabolismeâ tubuh, terutama yang berhubungan dengan pembentukan energi, penggunaan tubuh atas hormon hormon lain dan vitamin serta mengatur pertumbuhan dan pematangan dari sel jaringan tubuh. Kegagalan pada âpengaturanâ produksi hormon kelenjar gondok ini akan menyebabkan terjadinya :

1. Hypothyroidism (kekurangan hormon kelenjar Gondok)
2. Hyperthyroidism (Kelebihan hormon kelenjar Gondok)

Penyebab terjadinya Hypothyroidism :

* Kehilangan jaringan : Akibat dari berbagai tindakan medis yang menyebabkan hilangnya jaringan kelenjar (seperti tindakan operasi, penyinaran dsb.)
* Antibodi Antithyroid: Ini dapat terjadi pada sejumlah penderita dengan diabetes, lupus, rheumatoid arthritis, chronic hepatitis, atau Sindroma Sjogren. Antibodi ini dapat menyebabkan menurunnya produksi hormon Thyroid.
* Kongenital (Kelainan bawaan) : Hypothyroidism dapat terjadi sejak lahir.
* Kelainan pada produksi hormon thyroid : âHashimoto thyroiditisâ, adalah gagalnya kelenjar Gondok memproduksi hormon Thyroid, hal mana ditandai dengan meningkatnya jumlah TSH di dalam darah. Meningkatnya TSH ini akan menyebabkan âGoiterâ (pembesaran kelenjar Gondok yang nyata, nampak di depan leher)
* Akibat pengobatan : Beberapa tindakan pengobatan yang mengandung mineral lithium (Eskalith, Lithobid), mempunyai efek samping hypothyroidism.

Penyebab terjadinya Hyperthyroidism :

* Penyakit Grave : Adalah dimana kelenjar Thyroid, mengalami rangsangan yang berlebihan dalam pembentukan hormon. Rangsangan ini diduga oleh senyawa yang ada di dalam peredaran darah yang dikenal dengan Thyroid Stimulating Immunoglobulin (TSI). TSI ini dapat menyebabkan rangsangan yang berlebihan dan menimbulkan Goiter.
* Toxic multinodular goiter : Kelainan ini timbul akibat produksi hormon Thyroid yang berlebihan dari kelenjar Gondok itu sendiri tanpa ada pengaruh rangsangan dari mana mana. Juga tanpa adanya rangsangan dari TSH. Kelainan ini biasanya terjadi pada penderita yang telah lama mengalami Goiter yang tak terkontrol, seperti pada usia lanjut. Penyakit Toxic multinodular goiter berbeda dari Penyakit Grave, karena gejala hyperthyroidism nya lebih ringan, dan komplikasi kelainan mata juga tidak separah Grave.
* Thyroiditis : Radang kelenjar Gondok. Peradangan dapat menyebabkan satu lonjatan hyperthyroid, sehingga dapat menimbulkan keadaan hypothyroidism, dan akan menurun ketika radang teratasi.
* Pituitary adenoma : Penyakit tumor kelenjar pituitary, yang menyebabkan meningkatnya TSH diluar sistem pengaturan. Hal ini mempengaruhi kelenjar Gondok, sampai terjadi rangsangan yang berlebihan dan menyebabkan produksi hormon Thyroid yang juga berlebihan.
* Drug-induced hyperthyroidism : Keadaan ini adalah akibat efek samping pengobatan.

Mengenai gondok beracun?
Q. Saya pernah bertanya ke dokter spesialis gondok bahwasannya penderita gondok beracun tidak dianjurkan mengkonsumsi umbi2an salah satunya LOBAK. tp dipenangan tradisional yg bpk/ibu beri kenapa harus minum jus lobak? Kira2 mana yah yang betul???

A. Untuk penanganan penyakit gondok beracun itu banyak sekali caranya. Bisa melalui medis sesuai dengan ilmu kedokteran dan bisa juga melalui alternatif sesuai dengan pengalaman dan resep pengobatan warisan orang tua :). Dalam masalah ini saya sarankan untuk mengkonsumsi produk herbal guna menghindari timbulnya efek samping pada kesehatan yang lainnya.

Biaya Gondok ?
Q. minta masukan dong, biaya operasi gondok brapa yaa ?
thx.

A. Duh, bukannya bahaya ya kalau gondok operasi? Semoga cepat sembuh ya

informasi eceng gondok?
Q. bagaimana cara mengolah eceng gondok menjadi pupuk secara rinci.saya butuh informasinya untuk diterapkan di daerah saya.

A. Coba aja mas buka google / yahoo search, dgn memasukkan kata kunci enceng gondok. Mudah2an ktmu apa yg mas butuhkan. U/ semenetara ini saya blm tw.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment