Friday, June 7, 2013

apakah terlambat haid selalu identik dengan kehamilan ?

Q. penyebab terlambat haid

A. gak selalu. kalo terlambat haid tapi tidak pernah berhubungan badan maka tidak ada resiko hamil sama sekali.

biasa nya karna kecapean atau stress dapat menyebabkan terlambat datang bulan, ada juga yang memang siklus nya tidak teratur, kalo memang siklus nya bermasalah, lebih baik consult ke dokter specialist

haid telat sudah seminggu?
Q. haid udah telat seminggu tapi payudara saya udah membengkak dan terasa ngilu tetapi tidak kunjung haid juga .
apa ini bermasalah ?
bagaimana solusinya ?

A. Hi,

jangan panik, kalau anda gak pernah melakukan ML maka menstruasi yg terlambat seminggu '' bukan berarti anda hamil ''

siklus haid bisa saja setahun ada 3 kali tidak teratur, terkadang tidak menstruasi sampai 3 bulan dsb.
ada yg 2 minggu terlambat dan ada yg seperti anda seminggu.

jangan panik tanda2 payudara membengkak dan sakit kalau disentuh itu pertanda bekerjanya hormon esterogen dan progesteron dalam ovulasi. jadi tunggu saja mungkin besok atau minggu depan.
tidak berarti kalau hari ini payudara sakit maka besoknya harus haid, bisa juga tanda2 ini kira2 seminggu atau 2 minggu.

tidak ada masalah yg perlu dikhawatirkan yaa

solusinya tetap berpikiran positive, istirahatlah yg cukup dan tidak stress. sebab stress juga penyebab siklus haid terganggu.

thnx

Haid Datang Lebih Cepat?
Q. Haid ko dtangnya lebih cepat dri tanggal biasa... Kenapa ya...? Dan apakah bisa hamil berhubungan sehabis masa subur...?

A. "haid" yg datang lebih cepat itu mungkin aja bukan darah haid, tapi pendarahan krn implantasi/ penanaman embrio di rahim.
pendarahan ini cuma sebentar sekitar 1-2 hari, warnanya lebih terang/ merah pucat mirip warna pink, biasanya terjadi lebih cepat 1 minggu sebelum masa haidnya.

berhubungan setelah masa subur kemungkinannya kecil sekali utk bisa hamil krn kehamilan hanya terjadi kalo ada sel telur yg dibuahi. sel telur keluar/ ovulasi itu ya saat masa subur, jd kalo berhubungan setelah masa subur, sel telurnya sudah mati.

haid ga teratur...........?
Q. guys gmn ya?? aku ce umur 17 tahun sekarang kelas XII sma.
dari dulu haid ku ga teratur kadang telat 3 bulan sekali, 5 bulan sekali, bahkan waktu ku kelas 3 SMP 10 bulan menjelang UNAS ga haid2(selama kelas 3 haid cuma satu kali.....)
TAHUN 2009 ini aku blm haid2...terakir desmber 2008..
kata temen2 n mama ku aku ga boleh stres n banyak pikiran..tapi ya mo gimana lagi emag kadang ada sesuatu yang harus dipikirkan kaya pelajaran, relasi dengan temen2 dll...
Yang mo ku tanyakan:
1. apa aku kena anemia ya???
2. apa ada hubungannya dengan aku kadang suka beser???
3. apa aj akibatnya baik dalam jangka waktu pendek or panjang aku tidak haid??apa aku diungkinkan akan mandul????
4. apa ada hubungnnya dengan keadaan perutku ??dulu perutku sebelum haid, sangat datar dan langsing...tapi sekarang terasa agak membesar..itu bisa kurasakan karenahanya bagian perut yang kaya gitu...
5. kenapa klo ku lagi haid suka muntah2, mual. ga nafsu makan??
klo ada sesuap...aja nasi aku langsung terpicu untuk muntah....
jangankan makan or minum, lihat makanan aja aku ga betah langsung muntah...padahal hari2 biasanya ya biasa2 aja..
6. apa ada hubungannya juga dengan sering mencret ke belakang waktu haid???
7.apa solusinya??sementara aku udah tanyakan darah, haid dan permasalahan buang air keci/beser ku ke puskesmas but hasilnya NORMAL SEMUA....

A. Halo Rina!

Sebelumnya, komentar orang yang sebelumnya jangan ditanggapi, ya. Memang ada orang di dunia ini yang berpikir dirinya lucu, padahal tidak...

Anyway, aku mengerti kalo kamu khawatir dengan masalahmu. Kelainan menstruasi memang menyebalkan! (Jangan lihat profile-ku, ya, aku cewek, kok!)

Beban psikologis yang menyebabkan stres memang bisa mempengaruhi siklus haid. Tetapi, rasanya nggak bakal seekstrem itu. Biasanya, sih, kalau stres misalnya membuat satu kali menstruasi terlambat seminggu dua minggu, begitu. Kecuali kalau kamu memang stres berkepanjangan (misalnya seperti seseorang yang kurang mampu menghadapi dengan baik kematian seseorang yang berharga baginya, sehingga stres dan depresi). Dan dari ceritamu, sih, nggak ada...

Jawaban atas pertanyaanmu (yang amat banyak itu!):
1. Dari tes darahmu nggak, kan? Lagipula anemia nggak bakal menyebabkan orang nggak menstruasi. Yang benar itu menstruasi (apalagi kalau darah menstruasinya banyak banget) DAPAT menyebabkan anemia.
2. Anggap saja aku nggak gaul kalo kamu mau, tapi aku nggak tahu arti kata "beser"... Sorry.
3. Bukannya mau menakut-nakuti, ya, tapi siklus menstruasi yang tidak lancar memang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk punya anak. Apalagi kalau sampai nggak menstruasi sama sekali. Untuk jangka pendek, sih, jelas kamu khawatir, kan? Jadi itu mempengaruhi keadaan psikologismu, dan justru bisa bikin kamu stres. Jadi jangan terlalu dijadikan beban, ya.
4. Hm, ini agak sulit aku jawab. Berbicara tentang perut, maksudmu membesar itu seperti apa? Apakah lemaknya bertambah banyak - dengan kata lain (sorry!) kamu tambah gemuk di bagian perut? Atau kamu berbicara tentang organ-organ di dalamnya? Terasa seperti ada benjolan besar, misalnya? Bisa saja memang organ reproduksimu yang bermasalah, tetapi rasanya ini jarang menimbulkan perubahan pada perut di bagian luar.
5. dan 6. Ini juga agak sulit. Aku sangat jarang mendengar ada yang mengalami masalah saluran pencernaan (sulit makan, mual dan muntah dan diare) sebagai bagian dari gangguan menstruasi. Tapi bisa saja diare yang kamu alami itu karena cara makanmu yang berbeda dari biasanya saat menstruasi.
7. Menurutku, sih, di Puskesmas minta rujukan ke dokter OBGYN. Mereka bakal lebih tahu, dan mungkin akan menyarankan beberapa tes untuk mengetahui masalahnya. Ingat, ya, bawa catatan soal tanggal haidmu. Dan lagi, ini nggak bermaksud menakut-nakuti juga, tetapi biasanya untuk mengetahui apakah ada kelainan pada organ reproduksi, maka perlu juga "diraba dari dalam". Pada wanita yang sudah berhubungan seks, ini dilakukan melalui vagina. Pada wanita yang belum berhubungan seks, ini dilakukan melalui anus. Memang, nggak mengenakkan, dan bakal terasa nggak nyaman, tapi percaya deh, pemeriksaan ini dapat membantu menemukan beberapa kelainan, lho. Jadi jangan terlalu takut, ya!

Semoga bermanfaat dan cepat menemukan solusinya!

Haid yang berlebihan?
Q. saya mengalami masa haid yang lumayan lama, waktunya juga tak tentu. terkadang sampai 2minggu lebih, pokoknya sampai 10hari keataslah. dg mengeluarkan darah yg lumayan banyak dan mengalir hampir tiap jam, hal ini disertai juga dg rasa nyeri di bagian perut.
sehingga membuat saya merasa stres dan aktifitas saya pun juga ikut terganggu. bagaimana solusinya?

A. haid yang normal antara 5-8 hari, jadi kalau anda haid di atas 10 hari apalagi ada keluhan, berarti itu tidak normal, atau jangan2 itu penyakit. sebaiknya segera ke dr aja sebelum terlambat. dr kebidanan ya...




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment