Thursday, June 6, 2013

adakah sesuatu yg menyembuhkan migrain???

Q. aq selalu menderita migrain, yg diawali dg mata buram, setelah mata terang kembali lalu terasa mual dan sakit kepala sebelah.. saya pernah baca artikel gejala itu seperti gejala jenis migrain klasik, yg ga cuma pusing tp ada disertai mual dan diawali gangguanvpenglihatan. adakah obatnya utk penyakit yg menyiksa ini?? sakit ini terutama muncul saat menjelang tao sewaktu haid.. yaa mesi tidak menutup kemungkinan muncul di waktu laen selain menjelang ato sewaktu haid.

A. Bila sakit atau nyeri berdenyut pada satu atau ke dua sisi kepala disertai perasaan mual atau muntah dan rasa sakit nya akan bertambah parah bila melakukan aktivitas pisik, melihat cahaya terang, mendengar bunyi keras atau gaduh maka anda menderita migren (migraine). Gejala awal serangan migren kadang melihat cahaya (aura) atau melihat bintik buta, adanya perasaan lemah atau terjadi gangguan berbicara. Kadang kala waktu melihat aura disertai perasaan sangat gembira dan penuh energi. Kadang ingin makan sesuatu yang rasanya manis atau timbul perasaan haus atau rasa ingin tidur (mengantuk) atau mudah tersinggung dan menjadi depresi.


Jenis lain, yaitu sakit atau nyeri seluruh kepala seperti di ikat tali dengan kuat. Perasaan nyeri sering di jalarkan ke bagian bawah kepala dan leher belakang sampai ke bahu disebut sakit kepala (tension headache). Awalnya serangan sakit kepala hanya ringan dan sebentar. Tetapi makin lama makin nyeri dan waktu serangan menjadi lebih lama hingga beberapa jam bahkan beberapa hari. Bila serangan terjadi setiap hari disebut sakit kepala kronis yang dapat disertai perasaan nyeri pada seluruh kulit kepala dan leher serta nyeri pada otot bahu. Akibatnya menjadi sulit tidur (insomnia), timbul rasa lelah dan letih, mudah tersinggung, kurang konsentrasi dan tidak ada selera makan. Penyakit migren ddan sakit kepala ini sangat mengganggu, sehingga mengakibatkan hidup tidak nyaman dan terganggu serta efek nya akan menurunkan semangat dan prestasi kerja..

penyebab migren dan sakit kepala:

Karena terjadinya penurunan hormon serotonin dan endorphin dalam darah di otak sehingga akan merangsang saraf Trigeminal (saraf kepala no5 yang terletak di muka) melepaskan neuro-peptide ke meningeal (selaput otak) dan menyebabkabkan delatasi (pelebaran) dan inflamasi (radang) pada pembuluh darah di kepala sehingga akibatnya terjadi serangan nyeri kepala berdenyut (migren) pada pelipis.Sedangkan pada sakit kepala, terjadi penurunan hormon serotonin dan endorphine di dalam darah di otak yang menyebabkan kontraksi dan ketegangan dari oto-otot muka, leher dan bahu sehingga terjadi serangan sakit kepala disertai kekakuan leher dan bahu.

sepupu saya memakan Ft, Evg, dan Act (maaf saya tdk bisa menyebutkan nya, nanti dkira iklan).
alhasil migrain nya sudah tdk pernah kambuh lg.

mribka25@yahoo.com

Kenapa saya sering sekali 'migrain' atau sakit kepala sebelah?
Q. tolong ya..coz aku sering bgt migrain,dan klo uda migrain bisa sampai 4 atau 6 jam

A. 1. Diet

Salah satu alasan paling umum sakit kepala karena adanya perubahan pola makan yang mendadak beralih ke diet kalori sangat rendah. Konsultan ahli gizi Niti Desai setuju bila ini dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika diet mengurangi atau menghilangkan karbohidrat sama sekali. Otak hanya dapat menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar. Selain itu, asupan air yang sangat rendah juga dapat memicu sakit kepala.

2. Daging olahan dan keju

Tyramine adalah asam amino yang diduga memicu sakit kepala melalui pengurangan kadar serotonin di otak yang mempengaruhi pelebaran pembuluh darah. Karena hubungannya dengan migrain, makanan yang mengandung tyramine menjadi pemicu penting bagi penyakit ini. Zat tersebut terkandung dalam makanan seperti anggur merah, keju, dan daging olahan tertentu.

3. Minuman beralkohol

Dr Dube mengatakan bahwa anggur merah mengandung tyramine, fitokimia yang disebut fenol, yang mungkin menjadi pemicu nyata. Bagi sebagian orang, minum segala jenis alkohol dapat membawa pada migrain. Senyawa lain dalam bir, wiski, dan anggur bisa menguras kadar serotonin -sejenis hormon riang yang ada di otak- yang juga dapat memicu migrain.

Jadi bila Anda ingin tetap jauh dari migrain, kuncinya terapkan pola hidup sehat dan giat berolahraga. Karena mencegah itu lebih baik mengobati

Kenapa sehabis bangun tidur malah migrain?
Q. apa yg menyebabkan migrain ketika bangun tidur yah? Mohon jawabannya

A. Beberapa cara alami berikut :

1. Jahe
Jahe juga berkhasiat untuk membantu mengurangi nyeri kepala Anda.
Tanaman ini bertindak sebagai obat anti alergi dan juga anti radang, sehingga sangat efektif untuk mencegah migrain menjadi semakin bertambah buruk.

2. Omega 3
Omega 3 yang terdapat pada ikan, khususnya ikan salmon, juga terbukti efektif dalam melawan nyeri kepala akibat migrain.

3. Magnesium
Jenis makanan yang kaya akan magnesium seperti yang terdapat dalam
jenis sayur bayam, kacang polong dan labu juga dapat mengurangi
serangan migrain yang muncul tiba-tiba.

4. Vitamin B2
Asupan makanan kaya akan vitamin B2 dapat meningkatkan energi pada
otak dan sel-sel otot. Sumber vitamin ini sama efektifnya dengan
aspirin yang sudah Anda ketahui khasiatnya dalam mengurangi dan
mengatasi migrain. Dipresumsikan bahwa vitamin B2 membantu mengurangi pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan migrain.

5. Kafein
Kafein efektif untuk mengurangi sakit kepala. Khasiatnya hampir sama dengan ibuprofen. Jika Anda mengkombinasikan keduanya, kafein dan ibuprofen maka akan mendapatkan hasil yang baik, namun perlu sangat hati-hati dengan dosis atau takarannya. Terkadang kafein juga bertanggung jawab atas munculnya rasa nyeri pada bagian kepala Anda.Kafein ini bisa Anda temukan pada kopi atau teh.

6. Konsumsi Karbohidrat
Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Kandungan zat ini banyak terdapat pada roti gandum, nasi dan pasta. Fungsinya adalah membantu memberikan energi yang tubuh Anda butuhkan, sehingga dapat membantu mengurangi intensitas munculnya migrain dan mencegahnya bertambah parah.

7. Aromaterapi.
Cara lain yang terbilang ampuh untuk mengatasi migrain adalah dengan aromaterapi. Pilihlah aroma wewangian apel hijau yang diketahui efektif dalam mengurangi nyeri sakit kepala Anda

Apa perbedaan Migrain dan Vertigo ?
Q. mau Tanya dong , perbedaan Vertigo dan migrain ?

A. Migrain dengan vertigo adalah dua jenis keluhan yang berbeda. Migrain adalah nyeri kepala pada satu sisi kepala, sedangkan vertigo adalah pusing berputar (merasa seperti sedang di atas kapal laut). Bila nyeri kepala muncul karena banyak pikiran, mungkin anda menderita nyeri kepala psikogenik.

Namun untuk lebih pastinya, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf.

Suka sakit kepala & migrain?
Q. mohon info obat herbal penghilang sakit kepala dan juga migrain ???

A. Sakit kepala sebelah atau migrain menunjukkan kurang lancarnya peredaran darah kepala.
Dapat diberikan tanaman obat Pegagan.
Tentunta pola makan dan pola hidup sehat harus dijalankan.
Perbanyak minum air putih dan sempatkan olahraga pagi min 30menit.
Untuk terapi dapat dipilih terapi pijat refleksi atau terapi bekam.

Bila membutuhkan obat herbal, silahkan mampir di toko online kami http://www.sartikaherbal.com

Semoga membantu, salam hangat
Sartika Herbal




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment