Tuesday, March 12, 2013

Perasaan anak terlalu sensitiv?

Q. Anak saya umur 5 tahun tetapi sikapnya sering seperti orang dewasa dan sangat perhatian kepada anggota keluarga sejak kecil. ke semua orang selalu nanya dan tidak ada habisnya kalau ngobrol, semua ditanyakan dan kadang kewalahan untuk menjawabnya. banyak yang memuji anak saya cepat akrab dan pinter. kemarin ada kejadian yang membuat saya sangat terharu. ketika kami jalan2 sekeluarga minus neneknya karena tidak ikut dengan alasan nemenin keponakan saya disebelah rumah. ketika mobil baru jalan 500 meter tiba2 dia diam dan keluar air matanya. ketika ditanya sama mamanya menangisnya semakin menjadi. setelah mobil berhenti karena panik lalu mamanya nanya kenapa nangis, dengan terbata-bata dia bilang sedih karena neneknya tidak ikut. saya merasa terharu anak 5 tahun sdh mempunyai perasaan yang kuat walaupun banyak kejadian yang menunjukkan dia sangat perhatian kepada keluarganya. besoknya ada kejadian mamanya menangis karena bertengkar dengan saya dan dia melihat kejadian tersebut. waktu saya ajak naik mobil ke bengkel dia kembali menangis terbata2 dan bilang dia sedih karena saya memarahin mamanya dan bilang benci ke saya walaupun cuman sementara.yang saya ingin tanyakan apakah ini tanda-tanda positiv atau negativ untuk pertumbuhan anak saya. atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

A. itu positif pak?
dimana sifat anak2 berbeda-beda karena faktor lingkungan juga.
bukan anak bapak saja? anak saya atau anak2 kebanykan yg hidup dilingkungan yg bagus dan penuh mengajarkan kasih sayang cenderung punya perasaan begitu.
pikiran otak anak itu ibarat lembaran kertas putih dimana dia akan menangkap kejadian2 sekitar dan menirunya.
jika diajarkan buruk ,maka kelakukan anak itu juga cenderung buruk
ingat kisa anak 2.5 th yg merokok ? itu semua dari peran ortu dan lingkungan.
jadi anda bersyukur menjadi ortu yg baik bisa mendidik anak dgn baik.

pengaruh makan susu bubuk?
Q. Anakku berusia 4 tahun, dia suka mengkonsumsi susu bubuk tanpa diseduh dengan air. adakah efek buruknya bagi kesehatan atau pertumbuhan anak?

A. saya rasa pengaruh buruk bagi kesehatan atau pertumbuhan anak anda tidak ada masalah
namun perlu anda ketahui pegaruh buruk pada sisi yang lain pertama yaitu susu bubuk anda akan cepat habis & yang kedua anda akan lebih sering bolak balik ke tempat penjual susu tersebut

tentang usulan penelitian..?
Q. kalau mw bikin usulan penelitian ttg pertumbuhan anak dan gizi buruk tuh yang harus ditaruh dalam tujuan khususnya tuh apa aja ya??apa aja yang harus diukur dalam penelitian itu??

A. analisis warga rt/rw, desa, kelurahan. kalo perlu satu kecamatan, dua kecamatan, atau satu kabupaten, dua kabupaten, baiknya satu provinsi, dua provinsi, kalo pengen dapat nilai memuaskan 1 negara, dua negara, pengen tambah puas satu benua atau dua benua. atau satu dunia (bumi) sampai matahari, bulan, bintang, menakjubkan nilai yang akan didapatkan vee. mau dapat gelar susah banget sih.
ukuran penelitiaan : mendingan gua sarani untuk data kuantitatif, dan variabelnya harapan dan kenyataan.

Membuat mainan sederhana tapi mendidik?
Q. Apakah ada yang bisa rekomendasi bahan petunjuk membuat mainan2/kegiatan2 yang sederhana (yaitu dengan memakai barang2 yang umum tersedia di rumah, tidak usah spesial beli) tetapi yang mendidik (bukan cuman sekedar bisa dimainkan, tetapi bisa menstimulasi pertumbuhan anak)? Ini supaya tidak usah selalu harus membeli mainan baru di toko. Target anak adalah batita dan balita. Trims ya.

A. Main jari kemudian urutkan abjad. misal bila nanti berhenti di G langsung aja sebutkan benda2 yang dikenal anak misal gajah dll. permainan ini untuk melatih vokal dan kosa kata.
bisa main kotak2 bekas apa saja terus disusun lalu dirobohkan terus disusun lagi dst.
apa saja bisa dimanfaatkan dan kita harus ikut pula seakan2 kita seusia.

Apakah menurut anda adil?
Q. Menurut pendapat anda semua . .
1. Bagaimana bila didalam suatu lingkungan keluarga ada salah satu anak-anaknya cenderung lebih dekat dengan Ayah atau ibu? dan masing2 orangtua tersebut lebih menyukai atau lebih menyayangi salah satu ank yang paling mrk sayangi ( lebih speasial dari anak-anak kandung lainnya)
2. Apakah secara spikologis baik untuk pertumbuhan anak?
3. Apakah anda setuju dengan seperti itu?
4. Saya ingin tahu dan saling berbagi, kalian-kalian semua lebih dekat dengan Ayah atau Ibu?
5. Jelaskan alasannya?

A. Jawaban :
1. Kadang2 orang tua memang ada yg menyayangi anaknya lebih dari yg lain. Itu manusiawi, tp pada dasarnya ORANG TUA SAYANG KPD SEMUA ANAKNYA !!!. (ini yg harus kamu ingat, krn kamu blm prnh merasakan jd orang tua).....jadi jangan munculkan perasaan NEGATIPmu berlebihan dalam melihat situasi ini. Berpikirlah POSITIP.
2. Secara psikologis tdk baik utk hubungan keluarga/psikologis anak tergantung juga dari cara berpikir masing2 anak. Klo anak tsb selalu berpikir NEGATIP maka otomatis akan mempengaruhi perkembangan dirinya sendiri.
3. TIDAK SETUJU, tp mungkin orang tua mempunyai pemikiran yg berbeda terhadap tindakan yg sdh mereka lakukan itu....ingat cara berpikir orang tua pasti LEBIH MATANG/DEWASA dibandingkan dengan anak2nya....jadi jgn berpikir bahwa pikiran anda lah yg benar (Cara berpikir Negatip ini).
4. Dekat kepada ayah atau ibu-nya itu tergantung dari rasa "SENANG" kita terhadap mereka !!.
5. Alasannya adalah ANAK WAJIB TAAT KEPADA ORANG TUA, jangan membantah terutama kepada IBU....USAHAKAN MEMBUAT SENANG HATI MEREKA (walaupun mungkin kita berlawanan dengan perasaan kita terhadap mereka)......

--selamat berpikir POSITIP-- karena suatu saat nanti anda juga akan menjadi orang tua, dan anak anda juga akan bertanya hal yg sama, spt yg anda tanyakan ini.....!!!




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment