Saturday, March 16, 2013

Penyebaran TB (tuberkulosis) di Indonesia berada pd ranking 3 dunia. Bgm penanggulangannya yg efektif?

Q. Itu jelas mrp tanggung jawab semua orang. Bukan cuma keluarganya; bukan cuma urusan negara/ pemerintah saja. Bgm cara melibatkan famili, tetangga, teman, pendeknya komunitas scr keseluruhan? Adakah Anda punya pengalaman (best practices) dlm hal ini?

A. Menurut saya bagi para keluarga pasien yang menderita TB atau orang yang merawat pasien TB dan hidup disekitar pasien penderita juga harus :

1. menjaga kebersihan tubuh, mengingatkan pasien untuk menjaga kebersihan dengan tidak batuk dan membuang dahak pada sembarang tempat. usahakan setiap batuk tidak menghadap ke orang lain langsung dan saat membuang dahak menggunakan tissue yang langsung dibuang ke kotak sampah. Penularan TB setelah kontak atau hidup bersama pasien TB kurang lebih satu bulan.

2. Ikut membantu proses penyembuhan pasien dengan mengawasi dan memberikan obat secara teratur, karena sering sekali penderita lalai atau bosan sehingga penyakit tidak kunjung sembuh, mengingat penggunaan obat TB yang mencapai 3-9 bulan, umumnya 6 bulan. Sehingga secara otomatis mengurangi jumlah penderita TB dan mempersempit ruang penularan TB.

3. Rontgen dan Cek BTA (basil tahan asam) secara teratur pada keluarga dan pendamping pasien untuk mengidentifikasi secara dini TB yang secara otomatis mencegah penularan lebih lanjut dan mengatasi kemungkinan pasien yang belum sembuh total.

4. Bila merasakan adanya gejala yang mencurigakan misalnya batuk lama tidak kunjung sembuh, badan cenderung membungkuk, tidak nafsu makan hingga terjadi penurunan berat badan, batuk hingga berdarah, rasa tidak enak badan, pada wanita terjadi gangguan menstruasi, pusing kepala, dll segeralah melakukan check up sehingga didapatkan diagnosa dini demi penyembuhan yang lebih cepat.

Sekian, terimakasih ^_^ Vote yaaa hehehe

bantu menemukan link jurnal tentang tuberkulosis khusus nya tuberkulosis anak dan hubungannya dengan rokok?
Q. tolong

A. http://www.ppti.info/index.php/component/content/article/46-arsip-ppti/144-rokokdantbc

ada yang tau gak, penyakit tuberkulosis paru bisa sembuh gak ya?
Q.

A. bisa sembuh asala mau dan teratur minum obat yang rasanya tidak enak dan bikin mual itu,, kalau nggak teratur minum obat malah bakternya akan menjadi kebal dan tidak mempan dengan obat apapun juga. pengobatan TB sangat susah makanya dia menggunakan 4 sampai 5 kombinasi antibiotik yang bisa dibilang sangat keras,, karena bakteri tuberculosis adalah bakteri multiresistana antibiotik,,,
asala kembangkan pola hidup sehat,, obat yang teratur, dan pengobatan anggota keluarga lain yang terkena mudah2an dapat sembuh

Please perbedaan kanker paru dgn tuberkulosis?
Q.

A. Salam tanpa panjang lebar kunjungi saja website ini biar lebih jelas dan tidak binggung dengan tulisan yang terlalu banyak http://4life-transferfactormedan.com

tau gak teh susu telur(TST) berasal dari kota mn?
Q. krn minuman ini menyehatkan badan tdk klh sm jamu

A. Tuberkulosis System Trendrian (TST -88)
bukan nya agen pembunuh biologi!




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment