Saturday, March 16, 2013

OBAT REMATIK apa ya ???

Q. Gw punya ortu sakit rematik dah lama and dah berobat kemana-mana...

A. Obat rematik ada golongan NSAID (Non Steroid Inflamation Drugs) dan SAID (Steroid Inflamation Drugs).

Untuk NSAID, ada piroksikam, indometasin , ibuprofen, natrium diklofenak, meloksikam, dll.

Untuk SAID ada dexamethason dan prednison.

Dosis dan cara pemberian obat berbeda menurut jenis obat, efek samping dan lama penggunaan.

Karena kebanyakan obat-obat ini termasuk obat daftar K (obat Keras), sebaiknya pemeberian berdasarkan pemeriksaan dan rekomendasi dokter.

Sandal rematik..? adakah toko yg menjual kusus sandal rematik...?
Q. adakah toko yg mnjual kusus sandal rematik.. jgan yg kzui ya udah punya...
saya di daerah cirebon.. tolong kasi thu dmn yg plg dekat sy bisa dpet sndal remtik...

A. Sandal rematik itu kan sandal yang ada benjol benjolnya.
Daripada beli sandal itu, beli saja batu kecil bulat bulat, dipasang di lantai dengan semen dan setiap jalan jalan di atasnya.

Mandi malam menyebabkan rematik?
Q. Saya sering dengar kalau sering mandi malam menyebabkan rematik..alasannya apa ya? Dan kalau mandinya pakai air hangat gimana? Apakah tetap bisa menyebabkan rematik? Apakah ada cara tetap mandi malam tp tdk kena rematik? Soalnya saya suka sekali mandi malam dgn air hangat, sebelum tidur..enak banget klo tidur dgn badan fresh gitu :)

A. ngak betul., kalo mandi malam ngak ada hubungannya dgn rematik, rematik mungkin timbul dr masalah lain sebelumnya, dan bukan dlm waktu singkat, bisa aja menuduh kalo sudah rematik krn sering mandi malam, mungkin aja rematik itu gara gara kesalahan makan makanan pantangan, atau mungkin pernah jatuh terkilir dgn luka membekas di dlm sendi, sehingga menyebabkan kelainan, kelainan itu dibawa sampe usia pertengahan tanpa kita sadari, kemudian kita menuduh mandi malam jadi rematik, padahal rematik mungkin timbul dr kelainan/luka yg dulu.

Obat penyakit rematik?
Q. obat untuk menyembuhkan penyakit rematik apa ya?

A. Coba dgn pengobatan herbal aja. Silakan kunjungi http://bit.ly/r6teCk dan pilih produk2 yg sesuai dgn kebutuhan kamu. Di website itu kamu bisa konsultasikan masalah rematik kamu supaya dpt diberikan pengobatan yg tepat.


Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis herbal ini. Caranya dgn mengklik Afiliasi/reseller utk mempelajari cara kerja bisnis herbal ini. Jika berminat silakan bergabung secara GRATIS! TANPA biaya pendaftaran!

mo nny masalah penyakit rematik..ada yg tau tidak?
Q. mo nny ciri2 penyakit rematik gmn?umur 30 th an sudah bisa kena rematik?
apa bener klo nyuci malem-malem pake air dingin ato mandi malem pake air dingin yg usianya sudah lbh dr 30th an bisa kena rematik?klo mandi pagi pake air dingin bisa kena juga nga?

A. Rematik : Penyakit yang menyerang sendi dan struktur jaringan sekitarnya (tendon ligament, sinovia, otot sendi, dan tulang).
Penyakit ini tidak terbatas menyerang sendi bisa juga mengenai organ lain.
Artritis = radang sendi.

G E J A L A :

* Pada umumnya : nyeri atau kaku sendi
* Kadang disertai pembengkakan dan kemerahan (arthritis)
* Kaku pinggang atau leher
* Gerakan sendi menjadi terbatas
* Nyeri gerak sendi
* Nyeri otot
* Pada penyakit rematik yang bersifat sistemik biasanya disertai gejala : demam, lemah, bengkak tubuh sesak, radang mata

JENIS-JENIS PENYAKIT REMATIK

Menurut WHO ada sekitar 150 jenis penyakit (pendapat lain, menyebutkan lebih dari 200 jenis) dikelompokkan :

* Penyakit degenerative (osteoarthritis)
* Penyakit jaringan ikat (penyakit otoimun)
* Penyakit spondiloartropati
* Penyakit metabolic (asam urat = gout arthritis)
* Penyakit akibat infeksi
* Penyakit extra artrikuler (otot, tendon, tulang)
* Penyakit akibat kerja/trauma
* Penyakit Fibromyalgia
* Penyakit akibat keganasan

Rematoid Arthritis

* Kelompok penyakit otoimun, terkait dengan factor genetic
* Ditandai dengan keradangan pada sendi kecil-kecil, bersifat simetris
* Gejalanya : nyeri dan kaku sendi jari-jari tangan lebih dari 1 jam disertai bengkak sendi
* Sendi yang terserang : jari-jari, siku, bahu, pergelangan tangan/kaki
* Mengakibatkan kecacatan karena adanya kerusakan sendi
* Gejala lain : mata, paru, ginjal
Membutuhkan pengobatan sepanjang hidup untuk mengurangi kerusakan sendi

PENYEBAB PENYAKIT REMATIK

* Sampai saat ini tidak semua penyakit rematik bisa dijelaskan sebabnya
* Beberapa penyakit rematik sudah diketahui penyebabnya : osteoarthritis (karena kegemukan), gout (karena asam urat)
* Kelompok penyakit otoimun â Diduga ada kaitan antara genetik, lingkungan dan infeksi. Ada sekelompok penyakit merupakan penyakit diturunkan (familial)

Siapa yang bisa terkena penyakit rematik ?

* Semua umur
* Semua jenis kelamin, suku, ras
* Tergantung pada jenis penyakit
Lupus, scleroderma, rematoid arthritis banyak pada perempuan tetapi gout arthritis, ankylosing spondilitis banyak pada laki-laki

Bagaimana diagnosis penyakit rematik ?

* Melalui riwayat penyakit
* Pemeriksaan klinik
* Pemeriksaan foto radiology, CT scan, MRI
* Laboratorium: Darah lengkap : Hb, Lekosit, trombosit, LED. Urinalisis : protein, bilirubin, urobilin, tanda infeksi. Antibody : ANA, dsDNA, Rematoid factor. CRP, CCP, Complement. Analisa cairan sendi




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment