Monday, March 4, 2013

mengatasi radang tenggorokan?

Q. siaanngg... bagaimana cara mengobati radang tenggorokan pada bayi yang masih berumur 2 minggu... tolong infonya......

thank's

A. Radang tenggoraokan merupakan penyakit yang umum pada bayi hingga orang dewasa. Apakah anda sudah yakin bahwa bayi anda menderita radang tenggorokan? Radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri, terutama streptococcus dan virus. Untuk radang infeksi bakteri, perlu dilakukan pemberian antibiotik seperti amoxicillin (Kalmoxicillin, Farmoxil dll). Untuk bayi biasanya diberikan dalam sedian drop (tetes) atau dalam bentuk puyer. Saran saya, konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga medis untuk memastikan penyakit dan obat, termasuk juga dosisnya. Salah
obat dan dosis bisa membahayakan, apalagi pada bayi.

obat radang tenggorokan utk anak?
Q. tahu gak obat radang tenggorokan buat anak kecil , selain ke dr. karna kalo ke dr pasti dikasihnya antibiotik lagi.
apa gak apa tuh antibiotik terus.

A. Radang tenggorokan


Diagnosa radang tenggorokan ini sangat sering terdengar di kalangan ibu-ibu yang memiliki anak kecil (dari bayi sampai balita), walau di kalangan orang dewasa 'penyakit' ini juga populer. Tadinya aku mau cuek aja. Tapi setelah jalan-jalan ke blog teman, dan menyimak milis sehat, tak urung aku berkomentar juga, "Banyak banget sih yang tenggorokannya radang!". Di milis tersebut, tiap minggu ada saja yang posting tentang radang tenggorokan (sampe bosen aku emoticon), dan obat-obat yang diberikan juga fantastis! Sebenarnya apa sih radang tenggorokan itu?

Di terminologi kedokteran, ada yang namanya sore throat dan strep throat (thanks to our bahasa's richness, sulit sekali mencari padanan katanya yang tepat dalam bahasa Indonesia! jadi tolong izinkan diriku menjelaskannya dengan bahasa campur aduk). Kalau dipaksa ke bahasa Indonesia menjadi radang tenggorokan dan radang tenggorokan akibat bakteri strep. Apakah keduanya berbeda? Berbeda sama sekali, sodara-sodara⦠Mari kita bahas emoticon

SORE THROAT



Seringkali anak-anak dan dewasa menderita 'sore throat' minimal sekali setahun. How can you tell it's a sore throat? Haruskah ke dokter? Atau cari obat bebas? Panduan dari dr. Sears untuk diagnosa dan perawatan sore throat ini adalah sebagai berikut.

Penyebab SORE THROAT

* Virus. Hingga kini, penyebab paling umum dari sore throat adalah virus, yang tidak dapat diobati dengan antibiotik. Virus ini dapat menyebabkan demam tinggi dan rasa sakit di tenggorokan. Rasa sakitnya sulit dibedakan dari strep throat.
* Batuk dan pilek. Virus common cold (selesma alias batuk-pilek) dapat menyebabkan sore throat yang disertai berbagai gejala lain. Batuk dan lendir (alias ingus) dapat membuat tenggorokan teriritasi.
* Strep throat. Ini disebabkan oleh bakteri strep (Streptococcus), dan harus diobati dengan antibiotik.
* Virus coxsackie (hand, foot, and mouth disease alias HFMD). Ini adalah virus yang menyebabkan demam tinggi dan radang pada tenggorokan, pipi, gusi, atau bibir.
* Alergi. Alergi tidak menyebabkan sore throat secara akut/tiba-tiba, melainkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap).

Sejauh ini, kesimpulannya adalah: sore throat (alias radang tenggorokan) itu GEJALA, bukan penyakit. Gejala infeksi virus, gejala selesma, gejala strep throat, gejala alergi, dll.

Yang dapat dilakukan untuk meringankan sore throat ini adalah:



* Pain reliever. Asetaminofen (parasetamol) atau Ibuprofen dapat membantu mengatasi rasa sakit dan demam.
* Berkumur dengan air-garam hangat. Campurkan 1/4 - 1 sendok teh garam dengan segelas (sekitar 200 mL) air hangat.
* Obat kumur anestetik (Anesthetic throat gargle) -Di sini ada gak yah?- atau
* Mengulum (mengemut?) es batu (!!), minum minuman dingin atau hangat. Ya pokoknya yang meringankan sakit lah.
* Teh. Beberapa jenis teh herbal dengan madu atau lemon dapat membantu. Sebaiknya tidak terlalu banyak, karena teh dapat menghambat penyerapan zat besi dan mineral penting lainnya.

Jus buah bangsa sitrus, mis. jus jeruk, kadang 'membakar' sore throat yang diakibatkan oleh virus, tapi biasanya tidak menyakitkan untuk strep throat.

Pertanyaan yang paling genting adalah: Apakah sore throat ini disebabkan oleh virus atau bakteri?

STREP THROAT

Berikut adalah beberapa gejala strep throat:



* Demam; gejala yang sangat umum untuk strep throat, walaupun virus juga dapat menyebabkan demam. Demam yang lebih tinggi dari 38,5C selama lebih dari 3 hari mungkin menandakan strep throat. (mungkin! bukan pasti!)
* Tenggorokan dengan 'noda-noda' merah terang pada bagian belakang dinding tenggorok dan lendir keputihan pada tonsil/amandel. Dengan catatan, beberapa virus juga dapat menampakkan gejala serupa, bahkan kadang strep throat tidak tampak separah ini.
* Terpapar oleh seseorang yang diketahui menderita strep throat.
* Sangat jarang terjadi pada anak berumur di bawah 3 tahun.
* Kelenjar-getah-bening-pada-leher yang membengkak.
* Rasa sakit saat menelan atau ketika kelenjar di leher ditekan atau saat batuk biasanya BUKAN gejala strep throat.
* Apabila terdapat pilek dan batuk, maka kecil kemungkinan itu adalah strep throat.
* Dapat disertai sakit kepala, sakit perut, dan muntah-muntah.
* Terdapat bercak tertentu yang terkadang menyertai strep throat, berupa benjolan mirip jerawat berwarna merah pada tubuh (dada, perut, dan punggung) yang bila diraba terasa kasar serta terlihat mirip sunburn. Bercak ini, beserta strep throat, disebut Scarlet Fever. Don't worry; ini tidak seburuk yang dibayangkan. Ini hanya reaksi tubuh terhadap racun yang disebabkan oleh bakteri strep. Tidak berarti infeksi ini lebih serius daripada strep throat yang tidak disertai bercak.

STREP THROAT FOR SURE

Yang akan diperiksa oleh dokter adalah tenggorokan dan kelenjar getah bening di leher. Pendekatan lanjutannya adalah dengan tes usap tenggorok untuk mengetahui ada/tidaknya bakteri strep. Ada dua jenis tes usap tenggorok:



* Rapid strep test. Tes ini dapat dilakukan langsung di ruang praktek dokter, dan hanya membutuhkan waktu 5 menit. Tingkat akurasi sekitar 95%. (but I'm not sure Indonesian MDs can do this instantly in their offices, they usually do the 2nd option below)
* Kultur tenggorok. Tes ini umumnya dilakukan di laboratorium menggunakan hasil usap tenggorok pasien dari dokter yang merujuk tes. Tingkat akurasi 99%, dan membutuhkan waktu 24 hingga 48 jam untuk menumbuhkan biakan strep.

Kecenderungan untuk menggunakan usap tenggorok sebagai penegas diagnosa semakin tinggi. Hal ini untuk mencegah penggunaan antibiotik yang tidak diperlukan dan menghindari resistensi antibiotik (kekebalan suatu bakteri terhadap antibiotik tertentu akibat pasien atau orang di lingkungan pasien sering mengonsumsinya). Semakin sering kita makan antibiotik, semakin banyak mikroba patogen yang resisten alias superbugs.

Seluruh jenis infeksi pada tenggorokan dapat ditularkan melalui ludah, yang keluar pada saat batuk atau yang terdapat pada tangan/barang pribadi penderita infeksi. Masa inkubasi adalah 2 - 5 hari, sedangkan apabila penyebabnya adalah virus maka masa inkubasi berkisar antara 3 hari hingga 2 minggu.

Kesimpulan hingga titik ini adalah: jika gejala yang tampak bukan seperti gejala strep throat, maka sore throat disebabkan oleh virus.

WHAT TO DO?

Jangan tergesa-gesa datang ke dokter pada gejala pertama sore throat. Tunggu 1 - 2 hari untuk pengamatan, sabar ajaâ¦, atau tunggu hingga demam berlangsung 72 jam. Jika gejala yang dialami mulai menyerupai gambaran strep throat yang telah disebutkan, then see your doctor.

Logikanya: jika disebabkan oleh bakteri, maka pengobatan dilakukan dengan pemberian antibiotik. Jangan dibalik: jika diberi antibiotik maka sakitnya disebabkan oleh bakteri! SO WRONG!

Lalu bagaimana kalau ternyata penyebabnya virus? Just bear it emoticon. Yang dapat dilakukan hanya meringankan gejalanya. Again, antibiotics won't work. It'll only make things worse much later.

apakah radang tenggorokan kronik susah sembuhnya?
Q. kira2 sudah satu bulan saya mengalami radang tenggorokan kronik..
meski tidak menyiksa tapi rasanya terkekang saat makan sesuatu..
sudah mencoba minum antibiotik, c**ling5, dll tapi tidak mempan..
buat yang pernah pengalaman radang ternggorokan kronik apakah emang susah/ lama sembuhnya?
n gimana cara mengatasinya?? thx
kalo dibuat makan g ada masalah..
cuma terkadang kaya ada yang mengganjal dan gatal

A. Semua penyakit dapat disembuhkan, dengan izin Allah, hanya saja manusia harus berusaha. Kalau anda mengalami radang tenggorokan kronik susah disembuhkan, coba anda cari buah mentimun.
Belahlah buah mentimun tersebut dan ambil bijinya, kemudian biji buah mentimun haluskan dicampur dengan garam dan diberi air secukupnya. Gunakan air larutan biji mentimun yang sudah diberi garam tersebut untuk berkumur dan sisakan sedikit untuk ditelan. Lakukanlah hal tersebut pagi dan sore selama beberapa hari sampai kelihatan hasilnya. Selamat mencoba semoga anda berhasil.

Makanan saat radang tenggorokan?
Q. Makan apa ya yg enak tp bagus utk radang tenggorokan?

A. Pada saat radang tenggorokan makanan yang enak biasanya adalah

Makanan berkuah yang dihidangkan dalam bentuk panas, seperti sup, bakso, soto, mi kuah, bihun kuah dsb.
Usahakan nasi agak lunak, jangan terlalu keras.
Makanan lunak seperti bubur beras (bubur ayam), bubur sumsum, bubur kacang hijau (di makan dalam keadaan hangat) juga cukup baik, hanya saja apabila memakai gula, jangan terlalu banyak gulanya.
Sebisa mungkin hindari makan keras, berminyak, pedas dan makanan dalam keadaan dingin. Karena akan sulit ditelan, membuat hilang selera atau bahkan memperparah radang.

Untuk minum setahu saya paling bagus adalah air tawar hangat, atau teh hangat yg tidak terlalu manis. Bisa juga dengan wedang jahe, tetapi jangan terlalu banyak jahenya.
Kalau bisa hindari susu kental manis, kopi, serta semua sirup.

Pada penyakit radang tenggorokan usahakan makanan dan minuman dalam keadaan hangat. Ini akan menambah selera, dan akan membuat badan terasa lebih nyaman apalagi bila radang tenggorokan tersebut disertai demam.

Agar leher selalu hangat saat radang tenggorokan sebaiknya menggunakan syal, meskipun kadang dirasakan mengganggu.

mudah-mudahan membantu

Apa cie ciri ciri radang tenggorokan?apa aq kena radang tenggorokan?
Q. Dokter2 yg dyahoo answer jwb ya,
1.ciri2 radang tenggorokan apa?
2.disebabkan oleh apa?
3.obat yg dpt menymbuh kan apa?


saya stiap pagi pst batuk+mengeluarkan darah,bahkan tdr dr mulut melainkan dr hidung juga.ini trjadi styp pg,kejadian sudah 2hr smp hr ini.
saya tdk merasa skt ato ap,stlah btuk saya merasa shat,cm kadang panas sprti hari ini.
sebelum kjdian saya mengkonsumsi kacang2n.

A. 1.radang tenggorokan akibat infeksi Virus
rasa pedih, gatal,kering,batuk dan bersin,demam,suara serak,hidung meler.
2.radang tenggorokan akibat Streptokokus
tonsil dan kelenjar leher bengkak.sakit waktu menelan,bg belakang tenggorokan warna merah dan bercak2 putih.demam tinggi disertai menggigil.
radang tenggorokan disebabkan oleh:virus dan bakteri 80% virus,batuk/pilek yg membuat tenggorokan luka[iritasi] virus Coxsackie[mouth disease],pembesaran amandel,alergi,bakteri Streptokokus,
pengobatan :antibiotik,untuk meringankan sakitnya obat penghilang rasa nyeri.
waspadailah sering minum obat sembarangan akan mempercepat kerusakan ginjal.
kalau nggak merasa sakit seperti ciri tsb diatas bukannya radang tenggorokan melainkan ada luka di saluran sekitar tenggorokan.sehigga jika batuk darah luka terdorong keluar dari tenggorokan.
sebaiknya periksakan ke dokter sebelum luka semakin parah dan terinfeksi,dan kuman dapat menyerang katub jantung yg menimbulkan demam rhematik, dan paru-paru.

ciao




Powered by Yahoo! Answers

1 comment:

  1. Suara saya serak sudah hampir setahun.. dan kalau terkena AC atau dalam keadaan dingin sepertinya seraknya bertambah parah.. dan saya juga sering merasa ingin mengeluarkan dahak di tenggorokan saya.. Bbrpa kali ke dokter tht minum obat, tpi hasilnya ttp aja gak sembuh2..
    Mohon solusinya..
    Terima Kasih

    ReplyDelete