Tuesday, March 5, 2013

Kurang tidur bahaya kah?

Q. maaf sebelumnya, mungkin postingan ini akan memuat banyak pertanyaan.. mohon bantuannya.

1. Kurang tidur itu bahaya ngga? terus ada ngga waktu wajib tidur? (mungkin jam kerja organ tertentu yg bisa efektif cuma kalo kita tidur)
2. Gimana ngatasin insomnia selain obat tidur ?
3. Saya sering ngerasa lapar tapi rasanya ga mau makan apa-apa.. itu normal kah?
4. saya belakangan sering sakit perut sekitar jam 11- 1 malam padahal sebelumnya ga makan yang aneh-aneh.. kira-kira kenapa ya?
5. menurutmu, seseorang bisa masuk kategori kopi addict itu kalo sehari minum kopi berapa kali?

thanks in advance~

A. 1. sangat berbahaya sekali kawan ku...
Beberapa pakar saraf meyakini bahwa salah satu tujuan tidur adalah memberikan peluang pada otak untuk membangun dan menguatkan jaringan penghubung saraf. Orang yang biasa tidur cukup akan memelajari informasi baru dengan lebih cepat dan memiliki memori yang lebih tajam. Namun apa jadinya bila Anda selalu kekurangan tidur dari hari ke hari? Mari kita coba hitung satu per satu.

Kekurangan tidur akan memberikan efek jangka pendek maupun jangka panjang. Efek langsungnya, ketika Anda terjaga dalam keadaan kaget karena mendengar suara alarm, Anda akan cenderung menjalani hari dengan mood yang kurang baik (1). Seiring berjalannya hari, Anda akan merasa bingung dan mudah jenuh. Tidur dalam waktu yang singkat juga akan mengurangi kecepatan reaksi Anda (2), sehingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan mobil dan musibah lain.

Lalu apa efek jangka panjangnya? Jam tidur yang berkurang dan terjadi secara rutin akan mengacaukan fungsi tubuh Anda. Salah satu buktinya, penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa menurunkan kadar hormon leptin (3), yang membantu mengontrol nafsu makan. Akibatnya, kalau Anda kurang tidur, ada kemungkinan Anda akan makan berlebihan.

Kekurangan tidur juga akan meningkatkan kadar hormon stres (4), yang akan memaksa tubuh mengirimkan lebih banyak glukosa ke dalam aliran darah. Tubuh juga akan menjadi kurang sensitif terhadap insulin.

Itu saja? Ternyata tidak. Penelitian lain menunjukkan bahwa kurang tidur akan menghentikan produksi senyawa kimia tertentu dalam sistem kekebalan tubuh (5), yang menjaga tubuh dari kuman. Kemudian, sebuah studi pada tahun 2009 juga mendapati bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari akan meningkatkan peluang mengalami flu tiga kali lipat (6).

Berapa sebenarnya jam tidur Anda dalam sehari? Enam jam? Atau bahkan lima jam? Ternyata, menurut penelitian lain, ketika mengurangi jatah tidur dari delapan jam menjadi enam jam sehari, Anda akan menimbulkan kadar peradangan kronis (7). Kondisi ini meningkatkan risiko berbagai problem lain, termasuk serangan jantung, stroke, dan osteoporosis.

2. caranya ialah, memaksa tidur kebih cepat..
jadi sekitar jam 10 langsung lah tidur...
jangan lakukan apa2, guling2 di kasur juga gak apa2..
karena anda akan ketiduran sendiri bila bosan..

3. seperti yang di jelaskan di atas, bahwa terkadang kita akan merasa lapar apabila kurang tidur. di karenakan kurangnya hormon leptin.

4. hormon leptin yang mengatur pola makan anda, berpengaruh terhadap lambung anda.
dengan kata lain, pola makan anda mungkin dapat di kontrol, namun kondisi pengeluaran zat asam lambung yang biasanya berhenti bila anda tidur akan terus memproduksinya sehingga kemungkinan magh lebih tinggi.

5. well, bisa lebih dari 4 kali sehari..
wa dulu juga gitu, namun udah wa kurangi sekarang..
:D

Kalian kebanyakan tidur atau kurang tidur?
Q. Kadang aq kurang tidur, kadang tidak. Kalau pacarku mngajak pergi jalan2 pasti pulang malam banget. pas jalan2 enak pakai motor, karena bisa berpegangan sambil memeluk tubuhnya.

A. aku kurang tidur.eh aku boleh tukeran twitter kamu gak? plis aku mau kenal kamu

Apakah dampak dari kurang tidur bisa diatasi?
Q. Aku itu kurang tidur, dan akibatnya :
- Kurang konsentrasi
- Pelupa
- Mempunyai lingkaran hitam di bawah mata
- Tubuh jadi lemah, tidak ada energi
- Beresiko terkena penyakit jantung, diabetes, dll
Dan katanya kurang tidur bisa timbul jerawat dan menyebabkan kulit jadi kotor/tidak sehat

Kalau aku tidurnya udah cukup, dampaknya berkurang/hilang ga?

A. Kalau tidur cukup, badan mempunyai kesempatan beristirahat dan konsolidari, semua keluhanmu akan sembuh.
Jerawat tidak ada hubungannya dengan kurang tidur.

Sehari tidur 6 sampai 8 jam rata rata

[SURVEY PAGI] Kalau kurang tidur apakah kamu...?
Q. Ohayou gozaimasu! Selamat Pagi! Good Morning! (^o^)/

Kalau semalam kurang tidur apakah akan mempengaruhi kegiatan kamu seharian nanti?

BQ: Apakah yang dapat mengubah mood menjadi lebih baik supaya kegiatan hari ini menjadi lancar?

Aku bawaannya malas dan ngantuk karena kurang tidur nih. :(

Kalian jangan malas untuk beraktivitas ya, supaya Allah juga akan semangat untuk melimpahkan rezeki yang baik dan halal untuk kalian. Selamat beraktivitas dan jangan lupa awali segala sesuatu yang baik dengan berdoa. Thank you. :)
@Agung Kasih: Aku sudah lama udah nggak sekolah lagi, anak udah 2. :p
@mahendra: Yup, aku setuju banget. Melihat senyum manis dan tingkah polah anak-anakku yang lucu-lucu bikin aku semangat untuk beraktivitas! Ganbatte! (^o^)/

Banyak yang merekomendasikan buah-buahan. Ada rahasia apa dengan buah-buahan ya?

A. Konnichiwa, Takao-san~ ^w^

Kalau semalam kurang tidur apakah akan mempengaruhi kegiatan kamu seharian nanti?
> Tergantung. Biasanya aku suka kurang tidur kalo di hari sekolah, tapi ga pernah ketiduran di kelas, namun kalo pelajarannya membosankan dan gurunya nerangin terus dari awal sampai akhir bisa aja tanpa sadar jadi ketiduran deh, seperti pelajaran IPS di kelasku, gurunya lebih banyak nerangin jadi kadang tanpa sadar ketiduran deh. ^q^

BQ: Apakah yang dapat mengubah mood menjadi lebih baik supaya kegiatan hari ini menjadi lancar?
> Apa ya? Mungkin sekedar nonton anime atau baca komik dan dengerin musik.


Haai~ Takao-san juga tetep semangat yaa ^q^
Sama-sama..

Kurang Tidur Mempercepat Kematian ???
Q. Kurang tidur ternyata memberikan pengaruh cukup besar terhadap kesehatan seseorang. Menurut penelitian di Inggris, orang yang mengalami kurang tidur beresiko dua kali lebih besar cepat meninggal dibandingkan seseorang yang memiliki penyakit jantung.

Lebih lanjut para peneliti mengungkapkan, kekurangan tidur memiliki kaitan erat dengan peningkatan tekanan darah. Artinya, kurang tidur akan meningkatkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.......

Namun, masih ada hal yang menjadi pertanyaan, yakni ditemukannya rata-rata angka kematian tinggi pada orang yang justru meningkatkan waktu tidur mereka hingga lebih dari sembilan jam. Perbedaannya kasus tersebut tidak terkait dengan kardiovaskular.

Menurut Cappuccio, memang ada kemungkinan waktu tidur yang lebih panjang berhubungan erat dengan masalah kesehatan lain, seperti depresi atau kanker yang berhubungan dengan fatigue (kelelahan).......

Bingung juga ya.....

A. sesuatu yg berlebihan itu ga baik, juga sebaliknya kalo terlalu kekurangan juga ga baik.
harusnya memang secukupnya saja.

kalo kita mau bercermin pada tokoh-tokoh besar, mereka sebenarnya tidur dalam sehari semalam rata-rata cuman 4 jam. dan itu sudah cukup menjadikan mereka orang-orang yng produktif dengan karya-karya mereka. tidur mereka ga terlalu banyak tapi efektif. sebenarnya yg diperlukan bukan durasi dari tidurnya, tapi seberapa efektif tidur kita.
1 jam tidur efektif lebih baik dari tidur 8 jam tapi ga efektif.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment