Thursday, March 14, 2013

gmn ngobatin migrain?

Q. aku sering bgt skt kepala sebelah' kena panas dkit suka lgsg migrain' mnum kopi item even it cm nyicip 1 tetes lgsg migrain, ada yg bs jelasin mungkin itu kenapa n gimana ngatasi atau mencegahny'??

A. MIGRAIN

Merupakan nyeri kepala berdenyut pada satu atau kedua sisi kepala dengan intensitas sedang sampai berat dan bertambah dengan aktivitas. Dapat disertai dengan mual dan atau muntah, atau fonofobia (sensitif terhadap suara) dan fotofobia (sensitif terhadap cahaya).

lab_b.pngMigrain dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu:

Migrain klasik

Migrain jenis ini terjadi pada 25% dari keseluruhan penderita migrain. Penderita migrain jenis ini merasakan gejala tertentu yang muncul sebelum serangan migrain. Gejala-gejala sistem saraf tersebut disebut dengan aura. Sehingga migrain klasik ini disebut juga migrain dengan aura. Aura tersebut disebabkan pembuluh darah yang menuju ke otak dan jaringan sekitarnya mengecil sementara waktu.
Aura tersebut meliputi aura visual, di mana penderita melihat titik-titik kecil yang banyak, atau melihat cahaya berbagai warna yang bergerak pelan pada salah satu mata, atau bisa juga melihat kilatan cahaya. Aura sensorik bisa berupa rasa kebas atau panas pada separuh badan. Aura motorik berupa kelemahan salah satu bagian anggota tubuh, kesulitan menelan atau bicara.

Migrain tanpa aura

Migrain jenis ini adalah nyeri kepala migrain yang datang secara tiba-tiba, tanpa peringatan terlebih dulu.

Serangan migrain dapat dicetuskan oleh beberapa hal, antara lain:

- Makanan tertentu, seperti teh, coklat, keju, anggur merah, tomat, kentang, kacang.
- Perubahan pola tidur, terlalu banyak atau kurang tidur.
- Keseimbangan hormonal pada wanita
- Stres
- Aktivitas fisik, kurang atau terlalu banyak aktivitas
- Merokok
- Penghentian minum kopi


Apabila tidak diterapi, serangan migrain akan berlangsung antara 4-72 jam. Secara garis besar, pengobatan migrain dapat dibagi menjadi 2, yaitu:

Dengan obat-obatan (farmaka)

Dibedakan lagi menjadi 2, yaitu pengobatan saat serangan migrain dan pengobatan pencegahan. Saat terjadinya serangan, dapat digunakan obat-obatan pengurang rasa sakit yang tidak spesifik untuk migrain.

Untuk pencegahan migrain, pengobatan diberikan dalam jangka waktu episodik, jangka pendek, atau jangka panjang. Pengobatan preventif ini harus selalu diminum tanpa melihat adanya serangan atau tidak. Terapi episodik diberikan apabila faktor pencetus nyeri kepala dikenal dengan baik sehingga sebelumnya bisa diberikan obat penghilang rasa nyeri. Terapi preventif jangka pendek diberikan apabila pasien akan terkena faktor risiko yang telah dikenal dalam jangka waktu tertentu, seperti migrain yang muncul saat menstruasi. Sedangkan terapi preventif jangka panjang diberikan dalam waktu beberapa bulan bahkan tahun tergantung respon pasien. Obat-obat yang digunakan untuk terapi preventif antara lain antidepresan, antikonvulsan, penghambat saluran kalsium, dll. Pasien sebaiknya membuat agenda harian nyeri kepala, sehingga frekuensi, lamanya, intensitas dan gejala penyerta nyeri kepala, faktor pencetus dan cara penanggulangannya dapat dipastikan.



Pengobatan nonfarmaka

Meliputi pemberian edukasi dan menenangkan pasien pada saat serangan. Pasien sebaiknya menghindari stimulasi sensoris yang berlebihan. Bila memungkinkan, beristirahat di tempat gelap dan tenang dengan dikompres dingin pada kepala. Terapi perilaku sangat berperan dalam mengatasi nyeri kepala. Termasuk di dalamnya adalah terapi relaksasi, cognitive-behaviour, biofeedback. Ada pula yang mengusulkan terapi alternatif seperti meditasi, hipnosis, akupunktur dan fitofarmaka.



Pasien dengan migrain yang terjadi pada saat menstruasi dianjurkan mengurangi garam. Olah raga yang teratur dan terarah umumnya sangat membantu.
Terapi lain seperti toksin botulinum (botox) setiap 3 bulan sekali memberi hasil yang menjanjikan untuk terapi preventif migrain sedang sampai berat.

Migrain (Sakit Kepala)!!!!!!!!!!!!!!?
Q. Saya sering sekali sakit kepala mulai dari malam sampai malam (seharian), apakah itu wajar?

Dan hari ini, kepala saya migrain (sakit kepala sebelah), dan rasa sakitnya itu sampai ke mata!, ada apa dengan saya?

Apakah itu wajar saja atau bagaimana?

A. migrain terjadi karena sistem saraf keseimbangan ada masalah, oleh karena itu harus diobati dengan tepat.

gunakan transfer factor plus

cara mengatasi migrain berkelanjutan?
Q. saya sering sekali mengalami sakit kepala migrain, hampir setiap hari,, apa lagi pas bangun tidur,
kepala terasa sakiiiit sakali.
kira" gimana ya solusinya???

A. secepat nya periksain ke dokter..
migrain berkelanjutan gtu dah parah, dan juga bisa mengakibat kan kanker otak seiring bertambah umur.

mengapa mata saya bengkak bila migrain saya kumat?
Q. Saya menderita migrain sudah hampir 3 tahun, semakin lama semakin parah, bila migrain saya kumat bisa sampai 2 - 3 hari baru sembuh.Berbagai obat migrain sudah saya coba namun tak ada yang ampuh.Sekarang bila migrain kumat rasa sakitnya kontak ke mata dan mata saya menjadi bengkak.

A. kemungkinan merupakan koplikasi dari migrain yang mengarah ke mata anda

disana cairan interstisial menumpuk sehingga muncul bengkakl

Adakah yang tahu cara mengobati batuk dan migrain? tapi dengan alternatif lain selain pakai obat?
Q. batuk dan migrain,saya sering mengalaminya,mungkin anda-anda disini mungkin juga prnh mengalaminya..
dan saya biasanya pakai obat-obat yg dijual diapotek..
adakah cara lain selain pakai obat-obat yg dijual diapotek-apotek?
alternatif apa selain pakai obat?
soalnya saya takut obat tsb malah menimbulkan efek negatif bagi saya.
terimakasih buat yang berkenan berbagi solusi sehingga tulisan ini lebih bermanfaat bagi orang lain.

A. ada cara alternatif yaitu dengan pijat,,,
jika batuk pijat dan urut bagian dada,,ikuti selah2nya tulang ( usahakan pkai balsem atau sejenisnya yg menimbulkan rasa hangat)
bila migrain,,pijit bagian otot samping leher dan otot bahu...jika migrain sebelah kana pijit bagian kanan,,,jika bagian kiri pijit bagian kiri




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment