Tuesday, March 12, 2013

Bagaimana menstimulir kecerdasan anak batita?

Q. 1. Bagaimana caranya menstimulir kecerdasan pada anak batita, misal usia 1 tahun?
2. Saya pernah baca sekilas tentang adanya macam2 kecerdasan (kecerdasan motorik, sosial, visual, dst), apakah ini? Dan bagaimana menstimulirnya di anak batita?
3. Bagaimana dengan advance learning yang sepertinya sekarang sedang trend, misalnya Mind Map yang saya dengar berkali-kali disinggung di radio. Apakah applicable untuk batita? Advance learning apa yang bisa diterapkan di batita? Dan apakah memang cara2 advance learning baik/perlu diterapkan pada anak (mengingat di beberapa negara lain justru dilarang/tidak di-encourage)?
Thanks.

A. Hai T.O.S.I !

Gw udah coba ini sama keponakan gw, dan kayaknya ada hasil tuh.... Kesian ya dia jadi kelinci percobaan :D

1. Hal yang paling sederhana adalah megajak dia bicara, seolah-olah dia bisa mengerti apa yang kita bicarakan, sesering mungkin. Hasilnya sama ponakan gw adalah dia lebih cepat bicara daripada anak sebayanya. Dia juga mampu mengucapkan huruf "R" walaupun belom sempurna, tapi yang penting ga cedal.

Ini gw lakukan sejak dia baru lahir, dia udah gw ajak ngomong.

2. kecerdasan motorik= kemampuan untuk bergerak dan mangatur tenaga, apakah arah gerakan tepat dan apakah distribusi tenaganya sesuai.
Sosial=kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain, memahami etika dalam hubungan antar pribadi, dan mengembangkan empati.
Visual=kemampuan untuk memahami bentuk-bentuk lewat penghilatan, mampu memperkirakan dimensi lewat penghilatannya.

cara stimulir secara keseluruhan: cara terbaik adalah mengajaknya bermain, mulai dari motorik kasar (kayak berjalan, lari-larian kalo udah bisa lari), motorik halus (bermain lipat kertas atau origami, menggambar dan mewarnai), mendampingi sambil nonton tv acara anak-anak, dan berusaha menjawab dengan sabar setiap dia tanya "kenapa?"

3. Untuk advanced learning, lebih baik konsultasi langsung sama profesional, terutama psikolog anak.

Apa saja manfaat lagu anak buat anak-anak? - By Kak Zepe?
Q. Banyak orang melupakan lagu anak. Mereka hanya tidak tahu betapa bermanfaatnya lagu anak buat perkembangan psikologi dan kecerdasan anak. Misalnya, sebagai guru saya sering menggunakan lagu-lagu anak yang ada di blog saya LAGU2ANAK.BLOGSPOT.COM sebagai media pembelajaran. Bagaimana dengan pendapat anda?

A. LAgu anak memang bagus untuk anak karena bisa melatih ilmu musikalnya dengan dengan lagu anak2 juga dapat menjadi lebih aktif selain itu anak2 pun akan menjadi lebih ceria dan riang

bagaimana cara mendidik anak yang hiperaktif?
Q. kata kunci; lebih mahal mana barang2 kita dengan kecerdasan anak? ini kudapatkan dalam peltihan. "orang tua jangan sampai memarahi anak".

A. buah tidak jatuh dari pohonnya
jadi
untuk mengajar anak yang hiperaktif, akan dijawab sendiri oleh orang tuanya, dengan pengalamannya.
ada saatnya anak dimarahin
dalam agama pun diajarkan gunakanlah rotan untuk mengajar anakmu.

mengapa anak yang hiperaktif tidak mempunyai kemampuan motorik halus yang baik dibandingkan anak biasa?
Q. disebuah situs mengatakan bahwa salah satu problem yang biasa dialami anak hiperaktif di sekolah yaitu salah satunya anak hiperaktif memiliki ketrampilan motorik halus yang secara umum tidak sebaik anak biasa. Dengan kata lain bahwa anak hiperaktif tidak mempunyai kemampuan motorik yang baik dibandingkan anak biasa.mengapa bisa dikatakan demikian, sedangkan yang saya ketahui bahwa kecerdasan anak yang hiperaktif itu diatas rata-rata.saya mohon bantuannya untuk menjawab pertanyaan saya sebagai bahan referensi saya dan juga sebagai bahan acuan saya mengenai anak yang hiperaktif.

A. Karena anak yang hiperaktif mengalami gangguan pemusatan perhatian motorik (konsentrasi ) selalu gelisah dan tidak tenang, dalam sistem saraf pusat dan otak ada kerusakan kecil sehingga rentang konsentrasi sangat pendek dan sulit dikendalikan dan ia sering gagal menyelesaikan tugas.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak hiperaktif tidak mempunyai kemampuan motorik yang baik. seperti:pengaruh lingkungan, epilepsi,temperamen bawaan,mal fungsi otak,gangguan di kepala (gagar otak, persalinan sulit , kepala pernah terbentur,gizi buruk,alergi makanan).
Gangguan ini tidak terlihat karena si anak tidak mengeluh,walau sebetulnya sudah terjadi gangguan pada saraf pusat.

Apa bener mempelajari Piano dengan benar bisa meningkatkan kecerdasan dan empati pd anak?
Q. Sy guru Piano cewe berpengalaman umur saya sekarang 26 tahun dan saya sudah mengajar sudah cukup lama dengan metode mudah tidak terpaku pada buku musik yang menjenuhkan dan terkadang buat saya sendiri membosankan. apalagi melihat anak sekarang dengan kurikulum dan pelajaran yang kadang membuat mereka pusing dan kemudian pulang ketemu guru musik yang menambah kepusingan mereka. kasian ga sih.kenapa saya bilang mudah karena apa yang saya kasih berupa lagu yang sudah terbentuk tentu saja tetap pada acuan not balok sehingga murid nantinya akan mandiri.

Karena setiap hal akan terasa mudah karena dinikmati bukan karena menjadi beban demikian juga untuk anak2.sehingga akan timbul malas dan daya tangkap yang kurang jika pada awalnya membosankan. kenapa saya lontarkan pertanyaan ini karena saya ingin berbagi pengalaman dengan semua bahwa pertanyaan saya itu terbukti benar.karena pada alat musik terutama alat musik piano melatih otak kanan maupun kiri sehingga akan meningkatkan kecerdasan anak. dengan pengalaman yang sy miliki, sy sudah membuktikannya. anak2 yang saya ajarkan rata2 mereka peringkat kelas di sekolahnya.tertarik hub saya di 68488977

A. >>>

benar




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment