Saturday, March 9, 2013

bagaimana mengatasi penyakit radang paru-paru?

Q. diagnosa dokter aku terkena radang paru-paru.bagaimana pola hidup yang benar bagi penderita radang paru-paru?
adakah obat traditional yang berkasiat untuk menyembuhkan penyakit ini?

A. Pneumonia yang kerap disebut paru-paru basah termasuk jenis penyakit berbahaya. Perkuat tubuh dengan gizi seimbang dan menjaga lingkungan adalah langkah terbaik nmnghindarinya.

Ketika seorang anak atau orang dewasa berbaring di lantai tanpa alas, kerap muncul seruan, "Eh, jangan tiduran begitu, nanti kena paru-paru basah, lho!"Yang ditegur pun menurut, lalu pindah ke sofa atau tempat tidur.

Banyak orang menganggap, lembabnya udara dari lantai atau yang kita hirup bisa menyebabkan paru-paru basah. Benarkah? Apa sebenarnya paru-paru basah itu?

30 Sumber Infeksi

Dalam dunia kedokteran, tidak dikenal istilah paru-paru basah. Yang ada pneumonia, yaitu infeksi yang menyebabkan paru-paru meradang. Kantong-kantong udara dalam paru (alveoli) dipenuhi nanah dan cairan, sehingga kemampuan menyerap oksigen berkurang.

Dr. Prajna Paramita, MD, FCCP, menyebutkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh sekitar 30 macam sumber infeksi. Namun, penyebab utamanya adalah bakteri, virus, mikroplasma, jamur, berbagai senyawa kimia, dan partikel.

Meski kasus pneumonia akibat bakteri tidak terlalu banyak, jenis ini cenderung menimbulkan infeksi lebih berat daripada yang disebabkan oleh nonbakteri. Virus sinsitial pernapasan (respiratory syncitial virus atau RSV), painfluenzae, influenzae, dan adenovirus merupakan yang paling kerap menyebabkan pneumonia.

Umumnya infeksi virus saluran pernapasan bawah berlangsung selama musim dingin atau hujan. Dan RSV yang paling umum menjadi penyebab pneumonia, terutama pada bayi.

Sulit Bernapas

Pneumonia muncul karena kuman penyakit terhirup hidung dan mulut. Bila lingkungan di sekitar ada orang atau anak yang terinfeksi, risiko tertular sangat besar, apalagi bila daya tahan tubuh sedang tidak baik.

"Pneumonia termasuk penyakit yang serius dan berbahaya," ujar spesialis paru dari RSPAD Gatot Subroto yang akrab disapa Dr. Mita ini.

Gara-gara nanah dan cairan memenuhi paru-paru, oksigen di selsel tubuh pun berkurang dan tidak bisa bekerja. Akibatnya, selain penyebaran infeksi ke seluruh tubuh, penderita bisa meninggal.

Pneumonia ditandai oleh batuk disertai sulit bernapas, napas sesak, atau terjadi penarikan dinding dada sebelah bawah ke dalam (severe chest indrawing). Gejala sulit bernapas bisa juga disertai gejala sianosis (kebiruan di bagian kulit dan mukosa karena hemoglobin berkurang dalam darah kapiler) sentral dan tidak dapat minum.

Pada anak usia di bawah 2 bulan, pneumonia berat ditandai kerapnya frekuensi bernapas. Bisa 60 kali permenit atau lebih tarikan napas, dengan penarikan kuat pada dinding dada sebelah bawah ke dalam.

Gejala lain adalah radang tenggorokan (laringitis). Akibatnya suara berubah serak karena di sekitar pita suara banyak terdapat lendir.

Lewat pemeriksaan rontgen dada, bisa diketahui ada masalah di paru. Tanda klinis yang bisa ditemui biasanya flek pada paru. Namun, tanda klinis ini tidak mencukupi sebab tuberkulosis pun ditandai oleh flek ini.

Karena itu, pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, dahak, serta gejala sangat penting untuk menentukan flek ini pertanda TBC atau pneumonia.

Perlu Mengatur Makan

Pengobatan awal untuk pneumonia biasanya berupa antibiotika. Bila penyebabnya bakteri, mikroplasma, dan rickettsia, biasanya antibiotika ini cukup manjur. Untuk pneumonia akibat virus, sampai saat ini belum ada panduan khusus, meski beberapa obat antivirus telah digunakan.

Selain antibiotika, pasien juga akan mendapat terapi tambahan berupa pengaturan makan dan oksigen untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam darah. Istirahat panjang diperlukan untuk mengembalikan kondisi tubuh.

Langkah untuk Mencegah

Jenis dan parahnya penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk usia, jenis kelemin, musim, dan kepadatan penduduk. Pada anak, infeksi lebih sering mengenai laki-laki dibanding anak perempuan. Puncak serangan infeksi antara usia 2 dan 3 tahun dan sesudahnya akan menurun sedikit demi sedikit.

Beberapa kasus pneumonia tidak disebabkan infeksi mikroorganisme. Bisa juga akibat aspirasi makanan atau asam lambung, benda asing, hidrokarbon, bahan lipoid, reaksi hipersensitivitas dari saluran napas, akibat obat, radiasi, serta kondisi lingkungan.

Agar terhindar dari pneumonia perlu beberapa langkah strategis seperti:

* Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
* Mengusahakan sirkulasi udara yang baik.
* Hindari rokok dan penderita batuk.
* Makanlah dengan gizi seimbang,
* Lakukan imunisasi, terutama untuk anak. Vaksin Hb sudah banyak dipakai untuk menangkal pneumonia, selain meningitis. Vaksin ini untuk menangkal serangan bakteri Haemophyllus influenzae tipe B yang bisa menyebabkan kedua jenis penyakit itu.

Sudah Ada Vaksinnya

Pneumonia Bakteri
Jenis ini bisa menyerang bayi sampai usia lanjut. Pecandu alkohol, pasien pasca operasi, penderita penyakit pernapasan, sedang terinfeksi virus atau kekebalan tubuh menurun, rentan terkena penyakit ini.

swktu ponakan saya terkena ini, saya

gejala penyakit radang paru paru, nama virus penyebab penyakitnya terus sama bagian tubuh yang diserang?
Q. bisa ngasih tau gak gejala penyakit radang paru paru, nama virus penyebab penyakitnya terus sama bagian tubuh yang diserang TOLONG YAA.... MAKASIH!!! (BINTANG % KALO BERHASIL)

A. pneumonia atau radang paru2 adalah peradangan paru2 dimana alveolus berisi cairan eritrosit
yang berlebihan

jenis pneumonia yang umum : pneumonia bakteri
--> infeksi dalam alveolus ---> membran paru2 mengalami peradangan dan berlubang-lubang jadi cairan eritrositnya masuk ke dalam. dengan demikian alveolus terinfeksi oleh cairan eritrosit
infeksi disebarkan oleh bakteri dari satu alveolus ke alveolus lainnya, dapat meluas ke seluruh lobus bahkan paru2

nama bakteri : Bacterial pneumonia

kalau yang jenis infeksi dari virus
nama virus: Viral pneumonia

dari jamur:
Fungal pneumonia

dari parasit:
Parasitic pneumonia

lebih lanjut baca di
http://en.wikipedia.org/wiki/Pneumonia

penyakit radang paru-paru apakah bisa disembuhkan?
Q. seseorang yang terkena penyakit radang paru-paru apa sajakah yang harus perlu dihindari ? apakah berenang tidak boleh?
dan juga makanan apa sajakah yang harus dihindari?

A. bisa disembuhkan, yang penting, pikiran tetap positif, jauhkan pikiran tentang penyakit, berenang boleh saja, namun jangan terlalu lama berendan dalam air, istirahat yang cukup, jangan begadang malam, makan2an sehat dan bergizi, tidur jangan dilantai langsung, kalau sesak nafas telentangkan tangan keatas, olahraga walaupun sedikit, jangan sering emosi, banyak minum air putih, susu cap beruang, minumkan setiap hari minimal 2 kaleng kecil, pagi dan sore.pasti sembuh.saran saya beli susu cap beruang yang thailand punya, ada koq disupermarket namun harganya mahalan dikit.^_^!semoga bermanfaat

bagaimana cara hidup sehat setelah terkena radang paru-paru.?
Q. Anak saya baru keluar dari rumah sakit karena terkena radang paru-paru fase awal, anak saya berusia 14 bulan.

A. untuk nutrisi yang paling baik dan murah bisa dengan ganggang laut, metode pembaharuan molekul ini telah terbukti bisa menyembuhkan pasien saya yang jantungnya bocor.

konsultasi bisa di 0815-10314468

link gambar-gambar virus beserta strukturnya dan SEBUTKAN JUGA FUNGSI-FUNGSI TIAP BAGIANNYA?
Q. bisa kasih tau gak link gambar-gambar virus beserta strukturnya:
-virus influenza
-virus radang paru-paru
-virus cacar
-virus campak
-virus rubella
-virus demam kuning
-virus herpes
-virus hepatitis
-virus polio
-virus gondong
-virus hiv
SEBUTKAN JUGA FUNGSI-FUNGSI TIAP BAGIANNYA YA....!!!! MAKASIH (BINTANG 5 KALO BENER)

A. virus influenza: link: http://sciencebiotech.net/mengenal-virus-influensa/
virus radang paru: virus, jarang menyebabkan radang (bakteri-pneumonia). link:
http://www.sciencedaily.com/releases/2007/08/070827143507.htm
virus cacar: http://pujopratama.blogspot.com/
virus campak (rubeola): http://deddyprihadi.wordpress.com/
virus rubella: link: http://qwickstep.com/search/rubella-viruses.html
virus demam kuning (togaviridae): http://www.public-health.uiowa.edu/adv/aboutAdeno.html
virus herpes: link: http://isheti.wordpress.com/page/2/
virus hepatitis: www.hepatitis-central.com/hbv/hepbfaq/viroligy.html
virus polio: link bilbo.bio.purdue.edu/~baker/projects/picorna/polio/polio.html
virus gondong: (myxovirus) http://www.elib.scot.nhs.uk/portal/elib/Pages
/MeSHSubjectBrowseResults.aspx?referer=AAS&un=nousername&
fl=M&ret=%2Fportal%2Felib%2Fpages%2Fbrowse.aspx%3Freferer%3DAAS%26un%3Dnousername&sl=O

HIV: link: www.thebody.com/content/art6722.html

fungsi struktur virus secara umum sama/ hampir mirip:

1. envelope (kapsul): pelapis capsid (membran lipid) dan tempat pelekatan spike
2. spike: alat pelekat ke surface host yang spesifik
3. capsid: protein pelapis virus: fungsi: menjaga nuclei acid dicerna enzim (host defense), tempat melekatnya virus ke dinding host, membantu virion penetrasi ke dalam sel host
4. nuclei acid (asam nukleat): tempat virus bereplikasi (DNA/RNA)




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment