Sunday, March 17, 2013

apa nama nyamuk penyebar demam berdarah?

Q. sekarang lagi musim hujan, hati-hati demam berdarah, jangan lupa pake lotion nyamuk, semprot pake baygon, bakar obat nyamuk, kaleng-kaleng kubur, jangan nyimpen air terlalu lama, bersihin got, fogging bila perlu, makan yang bergizi, jangan tidur siang-siang, bersihin sampah, jangan gantung baju sembarangan jadi sarang nyamuk, pake baju panjang celana panjang, jangan lupa tutup pintu dan jendela kalau udah malam.

A. aedes aegepty...
Tapi, hati2 juga. Nyamuk aedes aegepty nggak hanya menyebarkan virus demam berdarah, tapi juga chikungunya atau yang biasa disebut flu tulang. Gejalanya mirip demam berdarah sama malaria. Semua sendi2 sakit, panas dingin, dll. Walaupun katanya gak lebih berbahaya dari db, tapi dari pengalaman, lebih sakit rasanya daripada demam berdarah.

peran biologi dalam mengatasi masalah demam berdarah dan cabang-cabang biologi yang mengatasinya?
Q. peran demam berdarah dalam biologi

A. peran biologi terhadap masalah DBD :
- menemukan cara kerja dan memeutus rantai kerja siklus demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk aedes.sistem imun yang sudah terbentuk di dalam tubuh setelah infeksi pertama justru akan mengakibatkan kemunculan gejala penyakit yang lebih parah saat terinfeksi untuk ke dua kalinya.sehingga peran biologi diperlukan dalam mencari penyebab dan mencari solusi terbaik dalam upaya pengobatan

cabang2 biologi yg mengatasinya :
a. bioteknologi, cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.
b. embriologi, ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio.
c. genomika, ilmu yang mempelajari tentang bahan genetik dari suatu organisme atau virus.
d. ontogeni, ilmu yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup dari zigot menjadi dewasa.

Apa saja yang boleh dan tidak boleh diberikan kepada penderita demam berdarah?
Q. adik saya sedang memderita demam berdarah dan sedang dirawat di rumah sakit. mohon doanya untuk kesembuhan adik saya. God bless you. terima kasih atas jawabannya

A. Pada umumnya semua penyakit akibat virus tidak memerlukan pengobatan khusus untuk mengusir sang virus, karena bersifat self limiting disease alias sembuh sendiri.

begitu juga penyakit demam berdarah yg disebabkan oleh virus dengue ini.
bukan infeksi virus nya yang kita takutkan melainkan interaksi antara kekebalan tubuh kita dengan virus tersebut.

yang paling membuat DBD menjadi ancaman bila tubuh kita kehilangan cairan akibat kebocoran2 pada pembuluh darah kita, karena itu disebut demam berdarah, tetapi bukan hanya darah nya yang keluar melainkan cairan plasma nya hingga akan kekurangan cairan yang berat dan cepat.
maka cairan akan menjadi salah satu yang wajib diberikan kepada pasien DBD.
cairan juga tidak boleh berlebihan, dengan sederhana kita dapat memperhatikan kapan pasien membutuhkan cairan.
1. bila pasien mengeluh / meminta minum.
2. saat melihat bibir atau lidah pasien terlihat kering.
3. saat merasakan kulit pasien menjadi lebih longgar
4. saat melihat urine pasien berwarna lebih pekat tanpa akibat warna dari obat yang di makan. atau bahkan jarang sekali buang air kecil.
5. bila sangat kekurangan cairan akan timbul gejala yang lebih parah seperti penurunan kesadaran

yang perlu juga diingat saat memberikan cairan / minuman kepada penderita DBD di rumah sakit, harap mencatat berapa banyak yang diberikan dan setelah itu di beritahukan kepada perawat / dokter yang bertugas.
karena keseimbangan cairan pada penderita DBD akan di monitor secara ketat baik masuk atau keluar nya cairan.

Yang dilarang biasanya tidak ada, hanya perlu diingat pemberian cairan seperti sari buah-buahan sering kali akan mengganggu pencernaan pasien akibat keasaman minuman tersebut, sementara pada semua penderita DBD (bahkan hampir semua penyakit) akan terjadi gangguan pencernaan karena peningkatan asam lambung
akibat stres tubuh akibat penyakit dan juga stres pikiran serta nafsu makan yang pasti berkurang.

semoga adik retha cepat sembuh

perawatan demam berdarah?
Q. Anak saya wanita usia 23 thn, menderita demam berdarah, hr ke 1 di RS trombosit 48rb, hr ke2 pagi: 15 rb, sorenya jd 10 rb; hari ke 3 pagi: 13 rb tp sore hari tinggal 4000. dokter yg merawat tenang2 sj, itu biasa ktnya, bahkan dia biasa merawat pasien tggl 1000 bahkan nol. pada hari ke dua, setelah bertemu dgn dokter , baru di berikan tambahan/ kombinasi infus haemaccel pd hari ke dua malam terus hingga saat ini hr ke 3. dokter melarang minum pocari sweat, padahal teman2 bilang harus minum ini yg banyak. Jadi sebenarnya harus makan/ minum apa bila kena DB ? dan apakah analisa/ informasi diatas lumrah ? kemudian apakah siantan dapat diberikan campur dgn obat dokter ? Terima kasih atas info & saran yg diberikan.

A. Menurut pengalaman kakak saya yang pernah dirawat di RS karena DBD sih banyak2 minum air putih, dan diberi semacam beras berwarna merah kalo gk slah namanya angka, bisa dibeli di supermarket.

Trus jgn pake jaket waktu sakit karena bisa menyebabkan demam yang tidak sembuh2, dan juga ketika si penderita mengalami demam yang tinggi sekali dan berkeringat biarkan saja, malah itu adalah pertanda bahwa penyakitnya akan sembuh.

apa beda demam berdarah dengan Malaria?
Q. Demam berdarah dengan Malaria...apakah sama -sama penyebabnya nyamuk?
lalu apa beda diantara keduanya?
akibatnya juga apa?

A. Keduanya sama-sama disebabkan oleh gigitan nyamuk, cuma jenis nyamuknya beda
- DBD disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti
- Malaria disebabkan oleh protozoa golongan Plasmodium yang ditularkan lewat nyamuk Anopheles

Gejalanya juga beda
DBD
- Demam mendadak yang tetap tinggi selama 2-7 hari, kemudian menurun. Demam disertai gejala tidak spesifik seperti hilangnya nafsu makan, tidak enak badan, nyeri pada punggung, tulang, persendian, dan kepala.

- Manifestasi perdarahan, seperti petekia (bintik-bintik merah pada kulit), perdarahan gusi, mimisan, ruam kulit, dsb.

- Pembesaran pada hati dan nyeri bila ditekan, tanpa ikterus

- Dengan atau tanpa disertai shock/renjatan.

Malaria
- Demam yang bersifat periodik (tidak terus-menerus). Pada malaria tertiana, demam terjadi tiap hari ke-3. Sedangkan pada malaria kuartana, demam terjadi tiap 4 hari. Demam khas malaria terdiri atas 3 stadium yaitu menggigil (15 menit-1 jam), puncak demam (2-6 jam), dan berkeringat (2-4 jam).

- Anemia, disebabkan oleh penghancuran sel darah merah yang berlebihan.

- Splenomegali (pembesaran limpa), merupakan gejala khas malaria kronik.

- Ikterus (penumpukan zat warna bilirubin yang ditandai dengan kulit dan mata menguning).

Tapi kalo gak ditangani dengan benar, keduanya bisa menimbulkan KEMATIAN.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment