Friday, August 2, 2013

kelenjar getah bening?

Q. maaf,, mengganggu,, berapa hari ini saya resah..

karna di leher bwh kuping ada benjolan,, benjolan itu tdk menimbulkan sakit tp benjolan itu keras..

saat saya demam dgn suhu badan yang tinggi dan mata saya memerah,, saya pergi kedokter..

dokter bilang ini kelenjar getah bening,, dan besarnya sudah sebesar telur puyuh,, bsa krn tbc atau yang lain..

tp saya jarang sekali batuk,, udh beberapa bulan tdk batuk.. ko bsa terkena tbc?

saya dikasih antibiotik,, harus tunggu selama seminggu.. klo msh blm kempes bsa ditinjak lanjuti.

sekarang yang saya alami keringatan setiap mlm, panas bdan yang g tentu malah pernah sampe 40 drajat c,, nyeri/pegel bagian tangan n paha,, sesekali batuk n sesekali jg sesek nafas n gatel dibagian leher..

saya baca banyak artikel,, tp knp banyak yg blng kelenjar getah bening adalah kanker?? apakah penyakit saya ini termasuk kankernya atau terserang bakteri?


*mohon bantuannya

A. Asal jumlah, tempat dan ukuran kelenjar yang bengkak tidak berubah, orang dengan PGL (
Limfadenopati generalisata yang persisten ) tidak membutuhkan pengobatan lebih lanjut, selain pemantauan setiap periksa ke dokter. Perubahan pada ciri kelenjar harus secepatnya dilaporkan ke dokter.

Bila kelenjar menjadi semakin besar, berwarna merah, sakit atau tampaknya berisi cairan bila diraba, dan dokter mencurigai ada infeksi bakteri, dokter mungkin akan memberi obat antibiotik. Kalau tidak ada perubahan, dokter mungkin akan melakukan aspirasi (mengambil contoh kecil dari kelenjar dengan jarum tipis, untuk diperiksa dengan mikroskop). Aspirasi ini berguna untuk menyingkirkan diagnosis limfoma, limfadenopati karena sarkoma Kaposi, penyakit jamur, TB atau penyebab yang lain. Bila kelenjar terus membesar, mungkin dokter akan menyedot cairan isinya dengan jarum kecil (aspirasi) agar tidak meledak.

Apakah Limfadenopati Tanda AIDS?

Limfadenopati dapat terjadi dari awal infeksi HIV, dan PGL biasanya dialami waktu belum ada gejala lain, sering pada waktu jumlah CD4 di atas 500. Sebaliknya, hilangnya PGL dapat menunjukkan kita tidak lama lagi akan masuk tahap AIDS, berarti sebaiknya kita mempertimbangkan mulai terapi antiretroviral (ART).

Garis Dasar

Limfadenopati sering di antara gejala pertama infeksi HIV, yang dialami waktu infeksi primer atau akut, beberapa minggu setelah terinfeksi. Penyakit ini ditandai pembengkakan pada satu atau lebih kelenjar getah bening, biasanya di leher dan ketiak, tetapi kadang kala di tempat lain. Gejala ini biasanya cepat hilang tanpa diobati. Namun gejala ini dapat bertahan terus, menjadi PGL.

Limfadenopati generalisata yang persisten (PGL) adalah kelenjar yang bengkak di sedikitnya dua tempat secara simetris. PGL biasanya dialami waktu tahap infeksi HIV tanpa gejala, dengan jumlah CD4 di atas 500, dan sering hilang sebagaimana jumlah CD4 menurun menjelang 200.

Selain infeksi HIV sendiri, limfadenopati dapat disebabkan oleh infeksi lain, termasuk TB di luar paru dan sifilis. Jika ada gejala lain, sebaiknya ada pemeriksaan secara teliti untuk menyingkirkan alasan lain. Bila tidak ada alasan lain, limfadenopati tidak perlu diobati.

Limfadenopati tidak berkembang menjadi limfoma (kanker pada sistem limfatik â lihat LI 509), dan tidak menunjukkan peningkatan dalam kemungkinan limfoma akan terjadi.

Apakah " KANKER" Bisa Terdeteksi Sejak Dini ? BagaiMana Caranya ?
Q. Sejak 3 Bulan saya sering mengalami Kepala Pusing bahkan sampai keleyengan... setelah itu benjolan di leher sebelah kiri agak membesar dan terasa gatal, saya khawatir sekali Takut mengalami "kanker kelenjar getah bening? " APakah Gejala-gejala diatas termasuk Gejala awal KANKER KELENJAR GETAH BENING ? Bagaimana caranya untuk mendeteksi apakah saya terkena penyakit tsb atau tidak ??? Terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

A. Sebaiknya anda periksa ke Rumah sakit.Jika anda berada disekitar P.mas, bisa ke.RS.Ongkomulyo,dng dr.Hendry.Naland. (ahli Tumor & kanker).tlp.4723332.

Please bantu saya."Pengobatan alternatif mana yg bisa menyembuhkan kanker"??
Q. menurut dokter ayah saya mempunyai penyakit kanker kelenjar getah bening stadium 4.
dan menurut dokter spesialis bisa disembuhkan dengan perlahan-lahan,namun pengobatan saya hentikan karena biaya pengobatan sudah tidak mampu saya lanjutkan.

adakah cara penyembuhan alternatif untuk kanker stadium 4?
please beri konsultasi dan informasinya?

Saya mohon dengan sangat bantuan anda

A. Namanya saja pengobatan alternatif, sedapat mungkin jangan dijadikan yang utama. Pengobatan medis yang secara ilmiah dan telah teruji secara klinis sebaiknya tetap dilanjutkan. Pengobatan alternatif dapat dilakukan sebagai ikhtiar saha sehingga dapat saling menguatkan.

Bila biaya menjadi kendala, dapat meminta keterangan tidak mampu untuk mendapatkan pengobatan secara gratis di klinik/rumah sakit pemerintah.

Saya doakan semoga ayah anda mendapatkan kesembuhan dan berkurang penderitaannya. Amin

Penyakit yg saya derita in ap?
Q. Saya mw tny benarkah benjolan d leher sbelah kanan bawah saya in kanker kelenjar getah bening atw sring d sebut limfoma non hodgkin? Krn sring sx batuk". Juga sring perih perut. Demam yg gx jelas.d tmbh in sdh hmpir 3thn.

A. Gejala kanker getah bening
Gejala pada Limfoma secara fisik dapat timbul benjolan yang kenyal, tidak terasa nyeri, mudah digerakkan, dan tidak ada tanda-tanda radang. Hal ini dapat segera dicurigai sebagai Limfoma non-Hodgkin. Namun , tidak semua benjolan yang terjadi di sistem limfatik merupakan Limfoma. Bisa saja benjolan tersebut hasil perlawanan kelenjar limfa dengan sejenis virus atau mungkin tuberkulosis limfa.

Terdapat 3 gejala spesifik pada Limfoma :
- Demam berkepanjangan dengan suhu lebih dari 38 oC
- Sering keringat malam
- Kehilangan berat badan lebih dari 10% dalam 6 bulan

Limfoma atau Kanker Getah Bening adalah tipe kanker yang menyerang sel darah putih dan terkumpul dalam kelenjar getah bening. Sel tersebut cepat menggandakan diri dan tumbuh secara tidak terkontrol. Limfoma Non Hodgkin sering disingkat jadi LNH.

Karena limfosit bersirkulasi ke seluruh tubuh, maka selain di kelenjar getah bening tempat yang paling sering terkena Limfoma adalah limpa dan sumsum tulang. Selain itu bisa terbentuk di perut, hati atau yang jarang sekali di otak. Seringkali lebih dari satu bagian tubuh terserang oleh penyakit ini. Limfoma pada otak atau urat saraf tulang belakang disebut limfoma susunan saraf pusat (SSP).

Penyakit Limfoma dapat menyerang disegala usia, namun lebih sering menyerang usia tua 65 tahun.

Untuk mendeteksi Limfoma memerlukan pemeriksaan seperti sinar-X, CT scan, PET scan, biopsi sumsum tulang dan pemeriksaan darah. Biopsi atau penentuan stadium adalah cara mendapatkan contoh jaringan untuk membantu dokter mendiagnosis Limfoma non Hodgkin. Ada beberapa jenis biopsi:


- Biopsi kelenjar getah bening, jaringan diambil dari kelenjar getah bening yang membesar
- Biopsi aspirasi jarum-halus, jaringan diambil dari kelenjar getah bening dengan jarum suntik. Ini kadang-kadang dilakukan untuk memantau respon terhadap pengobatan.
- Biopsi sumsum tulang di mana sumsum tulang diambil dari tulang panggul untuk melihat apakah Limfoma non Hodgkin telah melibatkan sumsum tulang.

Penyebaran Limfoma dapat dikelompokkan dalam 4 stadium. Stadium I dan II sering dikelompokkan bersama sebagai stadium awal penyakit, sementara stadium III dan IV dikelompokkan bersama sebagai stadium lanjut.

- Stadium I : Penyebaran Limfoma hanya terdapat pada satu kelompok yaitu kelenjar getah bening.
- Stadium II : Penyebaran Limfoma menyerang dua atau lebih kelompok kelenjar getah bening, tetapi hanya pada satu sisi diafragma, serta pada seluruh dada atau perut.
- Stadium III : Penyebaran Limfoma menyerang dua atau lebih kelompok kelenjar getah bening, serta pada dada dan perut.
- Stadium IV : Penyebaran Limfoma selain pada kelenjar getah bening setidaknya pada satu organ lain juga seperti sumsum tulang, hati, paru-paru, atau otak

Penyakit yg saya derita in ap?
Q. Saya mw tny benarkah benjolan d leher sbelah kanan bawah saya in kanker kelenjar getah bening atw sring d sebut limfoma non hodgkin? Krn sring sx batuk". Juga sring perih perut. Demam yg gx jelas.d tmbh in sdh hmpir 3thn.

A. lebih baik periksakan aja.
disini benjolannya keras, lembek berisi air ato gimana?? ukuranseberapa??
disini mungkin kelenjar getah beningnya bermasalah, tp jng beranggapan kanker dulu.
dan penyebabnya bukan karna batuk dan perut yg perih, itu hanya hal yang menyertai nya termasuk demam (terjadi karna adanya penolakan tubuh oleh suatu invasi <kuman, bakteri, virus, suatu benda dll>)




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment