Thursday, August 29, 2013

Apakah kurang tidur karena begadang dapat mengurangi IQ otak kita? *5?

Q. 1. Apa pendapat anda tentang pendapat tersebut? Apakah benar?
2. Dan apa saja efek kurang tidur?
Mohon penjelasan buat masing2 pertanyaan saya..

A. 1 bukannya gitu orang begadang otaknya kurang relax
2 Berikut dampak negatif kurang tidur terhadap kesehatan

1. Penyakit Kardiovaskular

Tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan jantung Anda. Dalam jurnal Sleep yang diterbitkan tahun 2010, dicantumkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau ulang data dari 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi yang dilakukan oleh National Health Interview pada tahun 2005. Berdasarkan tinjauan tersebut, diketahui bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7 jam setiap malam berisiko terhadap penyakit jantung.

Bahkan wanita di bawah usia 60 tahun yang hanya tidur 5 jam atau kurang di malam hari, memiliki risiko 2 kali lipat mengembangkan penyakit jantung.

2. Diabetes

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes pada tahun 2011, peneliti dari University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa ketika penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki jam tidur yang mencukupi di malam hari, akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah hingga 9 persen.

Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar insulin hingga 30 persen dan meningkatkan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2 hingga 43 persen.

3. Kanker Payudara

Peneliti dari Tohuku University Graduate School of Medicine di Jepang melakukan penelitian terhadap 24.000 wanita yang berusia 40 sampai 79 tahun dan menemukan bahwa peserta yang memiliki jam tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya memiliki risiko kanker payudara 62 persen lebih besar dibandingkan peserta yang tidur hingga 9 jam setiap malam.

4. Masalah pada Kandung Kemih

Dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh American Urological Association tahun 2011, para peneliti dari New England Research Institute menyatakan bahwa kurangnya jam tidur di malam hari meningkatkan risiko masalah pada kesehatan kandung kemihnya.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 4.145 pria dan wanita dewasa dan peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 5 jam setiap malamnya dan yang telah terjadi selama 5 tahun meningkatkan risiko nokturia hingga 80 sampai 90 persen.

Nokturia adalah kondisi kesehtan yang mengharuskan seseorang bangun di malam hari untuk buang air kecil atau jika tidak Anda dapat mengompol ketika tidur. Para peneliti menyatakan bahwa kurangnya tidur dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih.

5. Kanker

Dalam sebuah studi terhadap 1.240 orang pada tahun oleh para peneliti dari Case Western University, menemukan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari berisiko menderita polip kolorektal yang dapat menjadi kanker hingga 47 persen dibanding orang yang memiliki jam tidur yang cukup.

6. Kematian

Sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun terhadap 16.000 orang oleh para peneliti di Copenhagen University menghubungkan antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian.

Ternyata orang-orang di bawah usia 45 tahun yang tidak memiliki jam tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko kematian dua kali lipat dibandingkan orang yang memiliki jam tidur yang cukup. Hal ini terjadi karena banyaknya efek buruk kurangnya jam tidur malam terhadap kesehatan seseorang.

apa dampak dari kurang tidur dan bagaimana caranya untuk mengatasi?
Q. saya kan tiap hari tidur malam seperti jam 3 baru tidur dan seterusnya,terus siang tak pernah tidur,yang saya tanyakan apa dampak dari kurang tidur tersebut dan bagaimana caranya terhindar dari penyakit malam.atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.
Sukron kasir........

A. Mas RidwanuL...
MmmmMMmm...Aku kurang bisa nJawab pertanYaan tentang bagaimana dampak kuraNG tiduR buat kesehatan,,

Aku bisa kasih saran Nih tentang bagaiMana mengatuR "JadwAL" tiduR dengan baik, serta rahaSiaA "begadaNG",,

Pertama,,
Salah satu penelitian membuktikan bahwa tidur itu dibagi dalam 3 fasa/langkah,, tiap fasa berbeda-beda ,,
Fasa Pertama: Kondisi "Tidur", dimana mata kita benar-benar tertutup dan tidak berkedip-kedip (dalam istilah medis dikenal sebagai REM, Rapid Eye Movement), fasa ini berlangsung selama 65 menit,,
Fasa Kedua: Kondisi "Bermimpi", dimana kita masuk dalam "dunia mimpi" kita, fasa ini berlangsung hanya 20 menit dengan ditandai adanya aktiiftas REM,,
Fasa Ketiga: Kondisi "Tidur" kembali terjadi, namun lebih singkat, yaitu hanya 5 menit,,

Nah! Ketiga Fasa berjumlah 90menit,,
Dan akan terus berulang selama tidak ada gangguan (seperti alarm, suara, dll), bisa 4 1/2 jam, 6 jam, 7 1/2 jam, atau 9 jam (kelipatan 90 menit),,

Hal yang "mengejutkan" bukan terletak disana,,
melainkan,,

Bila kita terbangun dalam keadaan masih dalam perjalanan 3 fasa ini, atau dikatakan fasa tertidur tidak lengkap, atau jam tidur kita tidak berkelipatan 90 menit, maka tubuh kita akan mengatakan "BELUM TIDUR!!!",,

Bisa terbayang bukan!!

Kita sudah meluangkan waktu, misalkan, 7jam (waktu yang lama untuk ukuran orang dewasa) untuk tidur,, maka tubuh anda berkata:
"KAMU KURANG TIDUR,, AYO TIDUR LAGI,,"

Alhasil, tidur kita pun terasa sia-sia,,

Oleh karena itu,,
Mari belajar sejak dini,,
Tidur berkelipatan 90 menit,,

: D
mau tau lebih banyak lagi,,

Gangguan kesehatan apa yang disebabkan oleh kurang tidur / kurang istirahat?
Q. Apakah kurang tidur / kurang istirahat membuat rambut rontok?

A. Ya,,biasanya sih ga mood beraktivitas,,rasanya ingin tidur/males,,leher sakit

Kurang tidur-skit kpala-ada urat2 di blakang lher..?
Q. Kenapa ya kalo kurang tidur jadi kayak urat2 di belakang leher pas sakit, ga nyaman deh, apa gra2 dlu gw pernah begadang slama 1 bulanan penuh!?

A. Namany jg kurang tdur, smw otot2 tegang, peredaran darah kurang lancar.
Nah, smw organ jg ikt 'sakit'.
Makanya tdur yg ckup, jgn brlebih n jgn trlalu kurang.

Hihiihi

kurang tidur tp dibawa olahraga?
Q. apa efek pd pria 30an bila sering kurang tidur atau tidur tdk nyenyak tp tidak dibalas dgn tidur melainkan dibawa olahraga 30mnt sampai 1jam sprt renang,lari,angkat beban pada pagi hari.krn katanya tdk baik tidur saat matahari pagi.thanks 4 yours

A. Saya juga pernah memiliki case seperti anda, ketika itu saya tidur hanya 3 jam kemudian DIPAKSA ber olahraga.. HAsilnya? Segar.. Tetapi akhirnya keseimbangan mental terganggu.. Kenapa? KArena tidur itu sebenarnya adalah salah satu bentuk relaksasi mental.. 8 jam adalah yg terbaik.. Ketika kurang dan dipaksa ber olahraga maka akan timbul 'kecacatan' bisa berupa sakit, depresi, emosi, dan efeknya jelas ke jantung..

Jadi rumus sehat = tidur 8 jam + olahraga teratur + makan bergizi + seks dng pasangan yg dicintai




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment